Lebih Praktis, Manfaat Menjual Produk Kosmetik Lewat e-Commerce

manfaat memasarkan produk lewat e-commerce

Di era yang serba canggih ini, apa sih yang nggak bisa? Mau makan tapi malas keluar, atau mau beli barang tapi tidak ada waktu untuk pergi ke toko, semua bisa pesan secara online dan diantar langsung ke rumah. Teknologi yang serba canggih ini membuat kegiatan bertransaksi jadi semakin mudah.

Kegiatan bertransaksi secara online inilah yang disebut dengan e-Commerce atau yang memiliki kepanjangan dari electronik commerce. Sejak adanya e-Commerce, kegiatan manusia untuk bertransaksi pun tak perlu ribet. Bahkan tak perlu mengeluarkan uang cash untuk membayar sesuatu. Cukup dengan pencet-pencet ponsel saja.

Oleh karena itu, metode penjualan lewat e-Commerce kini sangat digandrungi para pebisnis. Bagaimana tidak? Sekarang tidak perlu punya toko fisik untuk memulai berjualan. Beautypreneur cukup membuat toko lewat Marketplace saja. Dengan begitu kegitan jual beli bisa dilakukan.

Nggak hanya makanan, minuman, bahan pokok dan fashion saja yang bisa dijual melalui e-Commerce. Kini semua hal bisa dijual secara e-Commerce, termasuk kosmetik.

Bahkan di era ini, banyak konsumen yang mengaku lebih suka belanja kosmetik melalui e-Commerce daripada datang langsung ke toko untuk membelinya.

Ini kesempatan buat Beautypreneur untuk lebih gencar menjual produk kosmetik lewat e-Commerce. Tapi tunggu dulu. Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya Beautypreneur mengetahui apa saja manfaat menjual produk kosmetik lewat e-Commerce terlebih dahulu. Simak baik-baik ya!

Manfaat Menjual Produk Kosmetik Lewat e-Commerce

product bundling

Tak bisa dipungkiri jika kini masyarakat lebih suka berbelanja secara online. Selain lebih praktis, belanja lewat e-commerce juga dinilai lebih murah. Sebab berbagai marketplace lebih banyak memberi diskon daripada toko fisik.

Inilah alasan yang membuat para Beauty Enthusias lebih tertarik dengan e-Commerce untuk belanja skincare ataupun produk kosmetik lainnya. Mereka bisa mendapat produk yang sama dengan harga yang lebih murah.

Hal tersebut tentu tidak hanya menguntungkan pihak mereka saja, namun penjual juga sangat diuntungkan di sini. Ini dia berbagai keuntungan atau manfaat menjual produk kosmetik lewat e-Commerce.

Jangkauan Lebih Luas

Manfaat menjual produk kosmetik lewat e-Commerce yang pertama adalah jangkauan yang lebih luas. Ini sangat menguntungkan bagi Beautypreneur yang ingin membangun brand atau menjual produknya dengan skala internasional.

Sebab di era digital ini membuat komunikasi tidak kenal jarak dan waktu. Jadi untuk para Beautypreneur tidak perlu repot-repot membangun toko fisik di tempat lain jika ingin menjangkau konsumen di wilayah tertentu.

Dengan e-Commerce, satu toko bisa menjangkau semua wilayah. Tentu hal ini lebih efisien dan tidak memakan budget yang lebih. Hal ini tentunya juga memudahkan para konsumen. Mereka tidak perlu khawatir tidak bisa membeli kosmetik yang kamu jual.

Karena dimana pun mereka berada, para konsumen ini akan selalu bisa bertransaksi selama ada jaringan internet.

Tidak Perlu Modal Besar

Beautypreneur tidak perlu khawatir akan menelan biaya yang fantastis ketika memulai bisnis secara e-Commerce. Sebab tidak perlu toko fisik untuk memulainya. Jadi biaya untuk pembuatan toko bisa diakomodasikan untuk keperluan lain.

Cukup bermodalkan perangkat dari rumah dan internet, Beautypreneur sudah bisa membuka toko kosmetik berskala internasional.

Tak hanya itu, semua yang serba online ini juga sangat menguntungkan dalam hal promosi. Karena promosi secara online dinilai memakan biaya lebih rendah ketimbang promosi secara offline. Bahkan Beautypreneur bisa memanfaatkan promosi online secara gratis melalui media sosial.

Konsumen Lebih Tertarget

Manfaat menjual produk kosmetik lewat e-Commerce lainnya adalah konsumen lebih tertarget. Jadi Beautypreneur tidak perlu khawatir jika produk kosmetik yang dipasarkan tidak sesuai sasaran. Sebab dengan berjualan lewat e-Commerce bisa memanfaatkan fitur-fitur promosi yang disediakan oleh marketplace.

Dengan fitur-fitur promosi itu, Beautypreneur bisa memanfaatkannya untuk menargetkan siapa konsumen yang ingin dituju. Selain itu, mayoritas pemakai kosmetik adalah mereka yang berusia 17 hingga 35 tahun. Usia tersebut merupakan usia produktif yang mana juga merupakan usia dengan pengguna digital terbanyak.

Oleh karena itu, jika Beautypreneur memilih e-Commerce sebagai tempat untuk menjual kosmetik. Itu adalah pilihan yang tepat.

Waktu Lebih Fleksibel

Selain konsumen lebih tertarget, memilih e-Commerce sebagai tempat untuk berjualan konmetik juga memberi manfaat lain untuk Beautypreneur. Yaitu lebih hemat dan fleksibel waktu. Tidak adanya toko fisik membuat kamu bisa melakukan hal lain dalam waktu bersamaan.

Tak hanya itu, Beautypreneur juga tidak perlu tinggal di toko dan menentukan jam kerja untuk menjaganya. Meskipun sebenarnya membuat toko secara online juga ada jam buka dan tutupnya, tapi paling tidak kita tidak harus stay untuk menjaga.

Selain bermanfaat untuk penjual, e-Commerce juga mempunyai manfaat lain bagi konsumen. Mereka tidak perlu mengantre di toko untuk berbelanja. Cukup dengan memainkan ibu jari di ponsel, konsumen bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa perlu mengantre. Jadi lebih efisien dan hemat waktu.

Promosi Lebih Mudah

Manfaat menjual produk kosmetik lewat e-Commerce selanjutnya adalah promosi lebih mudah. Semua yang serba digital membuat promosi terhadap kita lebih efisien. Benefit yang didapatkan pun juga akan lebih terlihat secara langsung daripada melakukan promosi melalui media offline.

Jika Beautypreneur melakukan promosi melalui media sosial, juga bisa langsung disambungkan dengan toko online. Dengan cara seperti ini, konsumen bisa mengunjungi toko secara langsung hanya dalam hitungan detik.

Sehingga akan lebih meningkatkan penjualan. Selain itu, melakukan promosi melalui digital juga akan lebih mendatangkan konsumen yang tak terbatas. Mulai dari semua kalangan hingga berbagai wilayah, tidak ada batasan tertentu yang mengekang. Oleh karena itu, e-Commerce sangat efektif bagi Beautypreneur yang ingin menjual produk kosmetiknya.

Itu semua adalah beberapa manfaat menjual produk kosmetik lewat online. Lalu bagaimana cara menjual produk kosmetik secara online agar laris di pasaran? No worries, karena kami sudah merangkum dari berbagai sumber tentang tips menjual produk kosmetik agar laris di pasar.

Penasaran apa saja? Simak ulasan di bawah sampai habis ya. Selamat membaca!

Tips Menjual Produk Kosmetik Lewat e-Commerce

manfaat menjual produk kosmetik lewat e-commerce (2)

Menggunakan e-Commerce sebagai metode berjualan juga ada caranya loh. Gunanya untuk meningkatkan antensi konsumen kepada produk yang sedang kamu jual. Jadi tidak terkesan asal-asalan. Nah, berikut adalah tips menjual produk kosmetik lewat e-Commerce:

Buatlah Review Produk

Poin utama untuk meningkatkan minta konsumen terhadap produk kosmetikmu adalah dengan membuat review. Konsumen online cenderung tidak bisa melihat barang dan bentuknya secara langsung. Oleh karena itu, pada umumnya mereka akan mencari-cari review terhadap suatu produk sebelum membeli.

Biasanya mereka akan lebih percaya jika produk kosmetik ini sudah direview oleh pengguna yang sudah menggunakannya untuk waktu yang lama. Itu untuk kosmetik skincare. Jika make up, pada umumnya mereka akan melihat review atau testimoni dari pembeli.

Beautypreneur bisa memanfaatkan beberapa platform digital untuk mereview produk. Seperti website dan media sosial.

Review Produk Kosmetik Melalui Website

Jika menggunakan website, Beautypreneur harus merevie produk yang dijual dengan tulisan. Tulislah review senatural mungkin. Jelaskan mulai dari bahan-bahan yang digunakan, manfaat hingga efek samping dan larangan-larangan tertentu jika ada.

Dengan review seperti ini konsumen akan semakin yakin dengan produk yang sedang dijual. Selain itu, Beautypreneur juga bisa memanfaatkan keberadaan Beauty Blogger untuk mereview produk. Sehingga produk bisa lebih dipercaya.

Lakukan research dan optimasi SEO dalam sebuah konten yang akan ditulis. Dengan seperti ini artikel tentang review kosmetikmu akan lebih mudah dikenali Google dan bisa masuk ke halaman pertama. Tentu ini akan membuat konsumen lebih percaya dengan produkmu.

Jangan lupa juga untuk menyambungkan website dengan marketplace yang sedang Beautypreneur kelola. Ini berguna untuk mempermudah konsumen untuk mengunjungi toko dan membeli produk.

Review Produk Kosmetik Melalui Sosial Media

Sosial media saat ini memang sedang digandrungi banyak kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mereka menjadi pengguna sosial media. Bahkan saat ini konten kecantikan di sosial media menjadi topik paling banyak di cari.

Mulai dari Instagram, Facebook, TikTok hingga Youtube. Jika Beautypreneur menggunakan sosial media sebagai sarana pemasaran, review produk harus berupa visual. Biasanya pengguna sosial media lebih menyukai review dengan bentuk video daripada foto. Karena lebih dianggap natural dan lebih meyakinkan.

Video ini bisa berupa tutorial, make up challenge, hingga skincare  review. Bermacam-macam konten ini bisa sangat membantu menjual produkmu di e-Commerce.

Beautypreneur juga bisa menggunakan tokoh tertentu untuk mereview produk. Seperti Selebgram, Beauty Influencer atau bahkan Artis. Dengan menggunakan beberapa tokoh itu, nama brand Beautypeneur bisa terangkat dan mendapat audience lebih banyak.

Selain itu juga harus sangat peka dengan tren. Dengan mengikuti tren, kontenmu akan mendapatkan enggagement lebih dari audience. Hal ini juga akan semakin menjaring banyak audience di sosial media.

Tak lupa juga untuk menyambungkan sosial media ke marketplace. Agar konsumen bisa langsung mengunjungi toko dan membeli produk yang diinginkan.

Baca Juga: Testimoni dalam Bisnis Kosmetik, Apakah Berpengaruh?

Berikan Harga Khusus

Jika sudah menyangkut masalah harga, semua pasti sensitif. Harga yang lebih murah akan cenderung lebih dilirik ketimbang yang mahal. Dan hal itu juga yang membuat sebagian besar Beauty Entusiastmemilih e-Commerce sebagai tempat membeli produk kosmetik.

Beautypreneur bisa memberikan harga khusus untuk produk kosmetik yang dijual. Selain itu, Beautypreneur juga bisa menggunakan penawaran diskon yang diberikan oleh beberapa marketplace. Dengan menggunakan diskon tersebut, konsumen pasti akan lebih tertarik untuk membeli.

Apalagi saat ini beberapa marketplace juga sedang gencar memberikan diskon. Nah, ini juga kesempatan untuk Beautypreneur untuk lebih bisa menjaring lebih banyak konsumen lagi.

Give Away

Salah satu tips menjaring banyak konsumen adalah dengan melakukan give away. Siapa sih yang nggak suka dengan produk kosmetik gratis? Metode ini sudah banyak digunakan beberapa pemilik brand besar untuk mendapatkan konsumen baru.

Dengan give away, Beautypreneur bisa memberi persyaratan tertentu bagi para pesertanya. Seperti tag teman, follow sosial media membuat review terhadap produk. Nah, metode ini juga bermanfaat untuk branding produk. Sehingga akan semakin banyak audience yang tahu tentang produk yang sedang Beautypreneur pasarkan.

Bagaimana, sudah jelas penjelasan tentang manfaat menjual produk kosmetik lewat e-Commere? Bisa langsung diterapin nih untuk para Beautypreneur.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment