Testimoni dalam Bisnis Kosmetik, Apakah Berpengaruh?

Ketika akan membeli sebuah produk kosmetik di e-commerce, sebelum melakukan transaksi kamu pasti selalu meneliti kolom komentar untuk melihat testimoni yang diberikan oleh pembeli sebelumnya.

Nah, kalau ternyata testimoninya dipenuhi dengan komentar buruk, kamu pasti membatalkan niatan transaksi dan beralih pada toko lain.

Well, fenomena yang sangat umum terjadi di atas adalah gambaran pentingnya testimoni dalam bisnis kosmetik. Karena tidak hanya berpengaruh pada reputasi brand, tapi juga sangat berkaitan dengan psikologi dan kepercayaan konsumen.

Testimoni atau testimonial adalah sebuah bukti transaksi berupa video atau tulisan (komentar) yang bisa memberikan kepercayaan kepada calon konsumen. Bahwa produk kosmetik yang kamu produksi dan jual itu berkualitas, memiliki kelebihan tersendiri, dan brand milikmu dapat dipercaya.

Ketika kamu mendapatkan banyak testimoni bagus, maka kepercayaan pembeli akan semakin meningkat. Ini pun akan mempengaruhi keputusan calon pembeli dalam melakukan transaksi di toko kosmetik kamu.

Sebagai seorang brad owner kosmetik baru kamu pasti ingin tahu lebih banyak tentang testimoni produk kosmetik, manfaatnya buat brand milikmu, dan bagaimana mengolah testimoni ini menjadi konten promosi?

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, cukup baca ulasan berikut ini sampai habis ya, Beautypreneur!

Beragam Manfaat Testimoni untuk Bisnis Kosmetik

Meski terlihat sepele, testimoni yang diberikan pelanggan untuk brand kosmetik milikmu memiliki manfaat yang sangat beragam.

Tak hanya sebagai kritikan untuk memperbaiki apa yang masih belum maksimal, testimoni untuk bisnis kosmetik juga bisa memberikan banyak manfaat lain, seperti dalam ulasan berikut.

Dapat Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Manfaat testimoni untuk bisnis kosmetik yang pertama adalah membantu meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand kosmetik kamu.

Apalagi kini hampir semua kegiatan promosi, transaksi jual beli, dan launching produk dominan dilakukan secara online. Karenanya, testimoni yang diberikan oleh pembeli sebelumnya akan sangat mempengaruhi bagaimana citra brand kosmetik kamu di mata masyarakat.

Karenanya, kamu harus benar-benar memperhatikan kebutuhan dan keluhan dari konsumen kamu. Bila ada kesalahan dalam pengiriman atau pengemasan, usahakan untuk memberikan solusi seefektif mungkin.

Dengan begitu, testimoni yang akan diberikan mengenai brand kosmetik milikmu akan lebih positif.

Membantu Menciptakan Kredibilitas pada Brand Kosmetik

Manfaat kedua testimoni untuk brand kosmetik milikmu adalah membantu menciptakan kredibilitas dan mengurangi skeptisitas dari masyarakat.

Yah, seperti yang kamu tahu, industri kosmetik maju dengan sangat pesat. Banyak sekali brand-brand kosmetik baru yang bermunculan di pasaran, baik brand lokal maupun dari Luar Negeri.

Nah, tidak bisa dipungkiri, fenomena ini pun membuat banyak orang yang skeptis mengenai manfaat dan keampuhan sebauh produk kosmetik dari brand baru.

Di sinilah peran testimoni untuk brand kosmetik, sebagai sebuah bukti bahwa pelayanan dan produk yang kamu jual memiliki nilai unik yang harus dipertimbangkan masyarakat.

Testimoni bisa mendorong dan meyakinkan seseorang bahwa sebuah produk tersebut memiliki kualitas, serta layak untuk dicoba. Cara ini diakui bekerja dengan sangat baik untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk kosmetik yang kamu jual.

Dapat Menjadi Media Promosi yang Efektif

Masih berkaitan dengan dua manfaat sebelumnya, testimoni yang baik pun akan dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang efektif.

Secara tidak langsung, testimoni yang diberikan pelanggan di media sosial mereka bisa menghadirkan nilai promosi yang menguntungkan untuk brand kosmetik kamu.

Sebagai contoh, ketika membacan dan menonton review positif dari pelanggan dapat memperkuat keyakinan orang lain bahwa produk kosmetik milikmu memang pilihan yang tepat, serta patut untuk dicoba.

Inspirasi untuk Melakukan Inovasi pada Produk

Dalam testimoni yang diberikan oleh pelanggan biasanya berisi deskripsi produk yang mereka beli, proses pengiriman, juga pengemasan barang.

Nah, dari testimoni ini kamu dapat mendengarkan pendapat pembeli dan pengguna produk kosmetikmu secara jujur. Ketika mereka memberikan keluhan atau kritikan terhadap aspek tertentu, maka kamu bisa membuat produk kosmetik yang kamu jual berkembang lebih baik ke depannya.

Tak hanya itu, dengan membaca testimoni-testimoni ini kamu jadi bisa menemukan inspirasi untuk membuat produk kosmetik baru yang memang dibutuhkan oleh pelangganmu.

Tujuan Adanya Testimoni untuk Bisnis Kosmetik

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, ada bebera tujuan testimoni untuk bisnis kosmetik yang perlu kamu tahu. Simak baik-baik, ya!

Menunjukkan Komitmen Brand Kosmetik

Pembuatan testimoni ini bisa memberikan kesan bahwa kamu sangat berkomitmen dalam merintis brand kosmetik tersebut. Dalam hal ini, pembeli akan melihat bahwa brand kosmetik kamu sangat terpercaya dan kompeten.

Menggambarkan Profesionalitas Bisnismu

Tak hanya itu, testimoni yang baik akan memberikan kesan profesionalisme juga. Sebagai brand kosmetik baru, kamu tentu susah untuk mendapatkan kepercayaan konsumen dan melepas rasa skeptis mereka.

Untuk itu, adanya testimoni ini akan membantu mereka percaya bahwa produk yang kamu buat aman, telah melewati uji klinis yang dianjurkan, dan lain sebagainya.

Menunjukkan Nilai Kelebihan dan Keunggulan dari Brand Kosmetik

Tahukah kamu, testimoni juga bisa jadi salah satu media untuk menunjukkan nilai kelebihan dan keunggulan dari brand kosmetik milik kamu.

Sebab, ketika pembeli merasa puas terhadap produk tersebut, mereka biasanya akan menjelaskan komponen apa saja yang membuat mereka bahagia. Misalnya aroma dari prdoukmu yang menenangkan, aromanya yang ringan, hingga manfaatnya yang luar biasa.

Calon pembeli lain yang melihat testimoni ini akhirnya akan tergugah dan bukan tidak mungkin akan melakukan pembelian juga. Menarik bukan?

Mendorong Perkembangan Brand Kosmetik

Inti dari penggunaan testimoni ini sebenarnya adalah membuat brand kosmetik kamu jadi lebih mudah untuk berkembang dan maju. Karena, rasa percaya yang diberikan oleh konsumen dan calon pembeli adalah hal yang penting untuk ditumbuhkan.

Ketika rasa percaya ini juga semakin besar, maka transaksi produk kosmetik pun akan turut meningkat. Bukan tidak mungkin, kalau dalam beberapa waktu saja kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar karena testimoni pelanggan yang puas.

Sederhananya, ketika kita sering melihat sebuah produk kosmetik mendapatkan review atau testimoni yang baik, maka lama kelamaan kita akan merasa penasaran dan ingin mencoba langsung produk tersebut.

Cara Membuat Iklan dari Testimoni untuk Bisnis Kosmetik

Menyadari betapa penting dan bermanfaatnya sebuah testimoni untuk bisnis kosmetik kamu, tentu akan sangat disayangkan kalau kamu tidak dapat mengolahnya sebagai konten promosi yang menarik.

Nah, berikut ini ada beberapa cara membuat iklan dari testimoni yang bisa kamu coba terapkan untuk mengembangkan brand kosmetikmu.

Video Testimonial

Cara yang pertama adalah dengan membuat video testimonial, atau testimoni yang berbentuk video. Jenis ini mungkin cukup sulit, tapi kamu bisa memberikan kepercayaan pada konsumen dengan lebih baik lagi.

Karena konsumen dapat melihat barang riil dari foto produk yang mereka lihat di e-commerce atau official Intagram bisnismu.

Untuk membuat video testimonial ini, kamu bisa menyuruh pelanggan yang puas untuk mereview produk kosmetik tersebut dalam bentuk video sederhana.

Isinya juga enggak perlu rumit atau script aneh-aneh, yang penting produk terlihat jelas, kemudian pelanggan mendeskripsikan kepuasannya terhadap produk tersebut, dan memberikan sedikit kalimat ajakan kepada konsumen lain untuk turut membeli.

Untuk menambah minat pembeli, kamu bisa memberikan gift sederhana kepada mereka. Baik memberikan voucher pulsa dan belanja, ataupun bonus potongan di pembelian selanjutnya.

Komentar Positif dari Konsumen

Tak sama seperti video, konten testimoni dari pelanggan dalam bentuk komentar ini cenderung lebih mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mem-backup komentar positif yang ditinggalkan pembeli di media sosial, kolom komentar e-commerce, juga lewat pesan pribadi.

Nah, kamu bisa mengabadikan komentar-komentar ini dalam tangkapan layar. Kemudian membagikannya sebagai konten promosi lewat media sosial.

Testimoni dengan Menggandeng Influencer

Yang satu ini masih berkaitan dengan endorsement untuk bisnis kosmetik, ya. Gimana enggak? Kamu bisa menyewa jasa influencer tertentu untuk melakukan review singkat terhadap produk kosmetik yang kamu miliki.

Dibandingkan dengan dua jenis testimoni yang lain, kamu tentu memerlukan modal khusus untuk membayar influencer ini. Namun, kamu bukannya tidak menguntungkan sama sekali. Justru tindakan ini akan memberikan banyak manfaat untuk brand kosmetik kamu.

Untuk mendapatkan testimoni ini kamu bisa mengirimkan produk kosmetikmu ke influencer, dengan begitu mereka dapat merekam testimoni itu secara langsung. Baik mengulas bagaimana tekstur, aroma, juga kesan pertama mereka menggunakan produk tersebut.

Nah, itu adalah manfaat testimoni untuk bisnis kosmetik, tujuannya, serta cara membuat iklan yang tepat dari testimoni tersebut.

Apakah kamu tertarik menggunakan testimoni untuk menaikkan branding merk kosmetik yang kamu miliki?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment