6 Tips Copywriting Instagram yang Menarik, Brand Owner Wajib Tahu!

Siapa sih, yang tidak suka menghabiskan waktunya untuk berselancar di media social? Well, kita semua pasti suka melakukannya!

Hingga kini media social menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh serta digunakan. Baik itu oleh masyarakat remaja, orang dewasa, hingga para orang tua.

Inilah yang kemudian menjadikan media social sebagai lahan pemasaran yang cukup menjanjikan, apalagi untuk brand kosmetik, yang memang lebih menonjolkan aspek keindahan visual.

Salah satu jenis media sosial yang terbilang sangat populer dengan miliaran pengguna aktif, dan cocok digunanakan untuk mempromsikan brand kosmetik milikmu adalah Instagram.

Terlebih, bagi konten yang menonjolkan visual seperti produk-produk kosmetik. fitur-fitur yang ada Instagram sangat mendukung pembuatan konten tersebut.

Tak hanya itu, dilansir pada Oberlo pada Juni 2018 lalu, tercatat bahwa Instagram memiliki penggubna aktif lebih dari satu milyar banyaknya. Jumlah ini sudah dipastikan bisa akan terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun.

Apalagi pihak Instagram juga meningkatkan fitur-fitur baru yang lebih canggih dan dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.

Selain membuat konten pemasaran di Instagram yang menarik, kamu juga harus menyusun deskripsi konten dengan tepat. Nah, menyadari pentingnya hal ini, kami memberikan tips copywriting Instagram untuk brand kosmetik berikut ini.

Kepoin artikel ini sampai habis ya, Beautypreneurs!

Membuat Caption Instagram yang Relevan dengan Konten Promosi

Sebenarnya untuk melakukan tips copywriting Instagram brand kosmetik, kamu enggak perlu menjadi ahli marketing atau pakar media social untuk membuat sebuah caption di Instagram.

Kamu hanya perlu tahu cara Menyusun kata-kata yang baik dan dapat menggugah minat audiens. MIsalnya dengan membuat caption Instagram yang keren dan menarik hati minat masyarakat.

Instagram memiliki pengguna yang sangat besar dan mempunyai segmen pasa luas, misalnya dari berbagai jenis kelamin, umur, dan profesi yang berbeda-beda.

Karena keberagaman target ini, kamu harus melakukan riset ulang target pasar dari Instagram bisnis kamu. Tanpa menentukan riset terlebih dahulu akan mengakibatkan kegagalan dalam menyusun copywriting.

Audience pada tiap akun Instagram sangat berbeda, begitu pula pada akun Instagram official brand kosmetik yang kamu miliki. Untuk mengetahui target konsumen yang kamu miliki, maka kamu bisa menggunakan Instagram analytic untuk mengetahui demografi audiens dari akun Instagram bisnis kamu.

Setelah kamu mengetahui audiens potensial Instagram-mu, maka kamu bisa mengetahui postinganmu relevan dengan target audience tersebut.

Tujuan dari penargetan audience ini bisa membaut followers-mu lebih merasa bahwa dirinya orang yang kamu maksud dalam konten promosi yang kamu buat.

Sehingga, kemungkinan akan memicu interaksi dan relatibilitas pada audiens akun Instagram kamu. Dan akan sukarela memberikan like, comment, atau bahkan membagikan konten yang kamu buat di akun Instagram-mu sendiri.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat postingan dari Instagram official The Body Shop berikut ini.

tips copywriting instagram 1

Dalam postingan di atas, terdapat gambar produk yang dituangkan ke kulit di sertai copywriting di foto. Caption yang digunakan pun berhubungan erat dengan gambar yang ada di postingan tersebut.

Misalnya dengan memberikan hint kepada audience tentang isi konten, misalnya menyebutkan apa saja bedanya essence, serum, dan targeted serum?

Tak hanya itu, gaya penulisan caption ini pun disesuaikan dengan audiens potensial The Body Shop, yang notabene-nya diisi oleh perempuan dan anak-anak muda.

Buat Kalimat Ajakan pada Audiens Instagram Milikmu

Tips copywriting Instagram official brand kosmetik selanjutnya adalah dengan menambahkan kalimat ajakan pada audiens Instagram milikmu.

Misalnya, ketika kamu membuat sebuah konten Instagram pada akun official brand kosmetik, maka kamu bisa menyisipkan kalimat ajakan untuk mengapresiasi konten tersebut. Seperti memberikan komentar, like, bahkan bisa membagikannya di akun pribadi.

Agar kamu punya gambaran, coba perhatikan copywriting untuk Instagram official brand kosmetik Innisfree berikut ini.

Dalam copywriting yang digunakan dalam postingan tersebut ada kalimat ajakan kepada audiens untuk mengunjungi website official Innisfree.

Postingan dengan menyisipkan ajakan tersebut bisa juga kamu padukan dengan pemberian giveaway. Hal ini sangat efektif untuk brand kosmetik milikmu, untuk meningkatkan jumlah followers, penyuka, dan komen pada akun official.

Apalagi jika hadiah yang kamu berikan bernilai cukup besar dalam konten give away, maka kamu bisa memberikan caption ajakan untuk menandai teman-teman mereka di kolom komentar.

Saat kamu sudah mendapatkan banyak interaksi yang kamu inginkan, akun Instagram brand kosmetikmu pun akan lebih banyak diketahui oleh orang-orang serta target konsumen kamu.

Sehingga, kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak followers untuk akun official brand kosmetikmu pun semakin meningkat.

Bahkan, dengan pertambahan followers ini bisa berpengaruh sangat besar terhadap jumlah transaksi pada produk kosmetik yang akan kamu jual.

Minimalisir dan Efektifkan Penggunaan Hashtag Konten

Meskipun banyak anggapan bahwa hashtag dapat berpengaruh besar pada jangkauan konten Instagram kamu. Tapi, banyak ahli yang justru membantah adanya anggapan tersebut, dan mengatakan bahwa itu kurang tepat.

Karena, terkadang para professional pun bisa melakukan banyak kesalaan dalam penggunaan hashtag ini. Tindakan ini dinilai terlalu berlebihan dalam mengejar algoritma Instagram.

Meskipun hastag bisa digunakan untuk menjangkau audiens dalam skala yang lebih luas, kamu enggak perlu melakukannya juga kok. Karena, yang paling penting untuk kamu jangkau adalah mencapai target pasar yang kamu inginkan untuk brand kosmetik kamu.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan lebih banyak transaksi dan perhatian dari target pasar yang kamu inginkan. Untuk membuat penggunaan hashtag ini lebih efektif, kamu bisa memakai hashtag maksimal lima hingga sepuluh hashtag yang memang relevan pada kontenmu.

Berikan Nilai Lebih pada Tiap Konten yang Kamu Buat

Langkah selanjutnya dalam tips copywriting Instagram brand kosmetik adalah dengan memberikan nilai lebih pada tiap konten yang kamu buat.

Artinya, kamu enggak perlu melulu melakukan hard selling atau konten bisnis kosmetik yang kamu punya. Melainkan, kamu dapat membuat konten dengan nilai lain yang bisa menarik perhatian konsumen, seperti konten edukasi, beauty tips, dan masih banyak lainnya.

Namun, postingan yang kamu pakai pun enggak boleh hanya berisi gambar dan caption yang keren saja. Tapi berikan juga sedikit informasi mengenai isu kecantikan yang cukup menarik, dengan catatan tetap berkaitan dengan niche brand kosmetik milik kamu.

Meski kadang konten ini enggak bisa memberikan impact yang besar terhadap pembelian produk kosmetik. Namun, konten jenis ini akan bisa menjaga followers-mu aktif mengikuti akun Instagram brand kosmetik milikmu.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat postingan dari Instagram official Rare Beauty berikut ini, ya.

Dalam postingan tersebut, tidak hanya menunjukkan foto produk Rare Beauty atau melakukan hard selling. Justru, yang di-highlight adalah konten tulisan penyemangat untuk para audiens-nya. Produk Rare Beauty justru ditaruh di area titik tak focus dalam gambar.

Sementara itu caption yang digunakan juga audience oriented, artinya membahas kepentingan dan Kesehatan mental dari audiens Instagram Rare Beauty.

Kamu bisa menggunakan cara yang sama untuk menarik empati dan simpati dari konsumen. Kamu bisa membuat kesan, bahwa kamu peduli dengan para konsumen kamu.

Cari Lebih Banyak Inspirasi untuk Menemukan Ide Konten Lebih Menarik

Sebenarnya, sama halnya dengan media social itu sendiri, tren juga bisa berubah sangat cepat. Apalagi kalau ngomongin tren kecantikan dan kosmetik yang bisa bergerak sangat dinamis.

Karenanya, kamu perlu terus mencari lebih banyak insipirasi untuk menemukan ide copywriting di Intagram. Selain mengasah skill yang kamu miliki, ini juga akan memberikan banyak inspirasi dan ide fresh yang bisa kamu gunakan dengan baik.

Selain itu, kamu juga bisa membuat draft dan mengarsipkan ide-ide copywriting yang ingin kamu explore dalam catatanmu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan analisis ulang terhadap kalimat copywriting tersebut dan mencari mana yang bisa dipakai Kembali.

Gunakan Kalimat yang Berisi Urgensi Pembelian Produk

Tips copywiring Instagram lainnya adalah memberikan sisipan kalimat yang berisi urgensi pembelian produk atau urgensi untuk membaca konten yang kamu buat.

Sebagai contoh dan gambaran, coba perhatikan postingan Instagram official dari The Body Shop berikut ini.


Dari postingan di atas, terdapat kalimat yang menunjukkan pentinganya penggunaan produk The Body Shop untuk para audience. Yakni dengan menggunakan kalimat berisi pertanyaan soal adanya pengalaman masalah kecantikan tertentu.

Nah, selanjutnya dalam konten pertanyaan ini akan dijawab dengan solusi dari The Body Shop. Well, menarik bukan?

Nah, itu adalah tips copywriting Instagram Official brand kosmetik yang bisa kamu coba sendiri. Dengan membuat copywriting yang menarik, kamu bisa mengajak dan membuat audience kamu tergerak untuk melakukan tindakan tertentu.

Karenanya, jangan takut untuk mencoba tips copywriting Instagram ini demi meningkatkan brand reputasi dari merk kosmetikmu, ya, Guys!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment