Manfaat Resveratrol untuk Kecantikan Kulit, Bikin Awet Muda!

Enggak cuma masalah penampilan, merawat kulit pun sebenarnya bentuk kepedulian pada kesehatan tubuh. Yah, apalagi kini polusi dan paparan sinar bisa sangat tinggi, hingga dapat berpengaruh buruk pada tubuh serta kulit.

Masalah-masalah kesehatan yang terjadi pun bisa beragam, mulai dari warna kulit yang tampak kusam dan kusut, timbul iritasi, jerawat, dan jamur. Bahkan, dalam kondisi yang lebih parah, bisa saja seseorang dapat mengalami kanker kulit, lho!

Nah, kalau sudah begini, merawat kulit tentu enggak hanya bisa dikaitkan dengan kecantikan. Melainkan, sebagai sesuatu yang berperan besar untuk mencegah adanya penyakit atau masalah kulit.

Salah satu bentuk cara untuk merawat kesehatan kulit ini adalah dengan menggunakan produk-produk kosmetika, khususnya penggunaan skincare, body care, dan lainnya.

Produk-produk perawatan ini biasanya diformulasikan dengan bahan-bahan aktif dan alami yang baik untuk kulit, seperti resveratrol.

Apakah kamu sudah pernah dengan soal resveratrol atau tahu manfaatnya untuk kesehatan kulit?

Well, resveratrol ini merupakans alah satu bentuk antioksidan alami yang sangat kuat. Yang banyak ditemukan dalam kandungan buah-buahan dan kacang-kacangan.

Nah, sama halnya dengan antioksidan lain, resveratrol ini sangat ampuh menetralkan radikal bebas yang dihasilkan dari kerusakan lingkungan. Seperti radiasi sinar ultraviolet, asap rokok dan kendaraan, juga polusi udara.

Radikal bebas ini bisa menyebabkan berbagai masalah kecantikan dan kesehatan kulit, termasuk mempercepat proses penuaan sel dalam tubuh kita, lho!

Karena itu, banyak juga produk perawatan kecantikan yang menggunakan resveratrol ke dalam formula skincare.

Well, biar kamu lebih kenal dengan kandungan ini, langsung cek ulasan lengkap soal definisi dan manfaat resveratrol untuk kecantikan kulit berikut!

Apa itu Resveratrol?

Resveratrol merupakan senyawa polifenol, yang penuh dengan kandungan antioksidan dan berbagai khasiat positif lainnya untuk tubuh.

Kandungan ini banyak ditemukan pada kulit anggur merah. Namun, ada juga beberapa makanan lain yang bisa menjadi sumber terbaik resveratrol, seperti beberapa jenis buah berry, wine, dan cokelat hitam. Bahkan pada red wine, kandungan resveratrol juga tergolong tinggi karena dibuat dari fermentasi anggur.

Karena dapat bekerja sebagai antioksidan, senyawa ini enggak hanya bermanfaat untuk tubuh. Melainkan dapat membat kulit kamu jadi tampak lebih sehat dan kian awet muda.

Umumnya resveratrol dimanfaatkan dalam bentuk suplemen makana, namun belakangan juga enggak sedikit produsen skincare pun menginovasikan senyawa ini ke dalam formula produk mereka.

Beragam Manfaat Resveratrol untuk Kecantikan Kulit

Telah dikatakan sebelumnya bahwa resveratrol merupakan senyawa antioksidan yang sangat ampuh. Bahkan, enggak hanya menangkal radikal bebas, senyawa ini bisa memberikan banyak manfaat lain untuk kulit wajahmu.

Penasaran? Yuk, simak beragam manfaat resveratrol untuk kecantikan kulit berikut ini, ya!

Dapat Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Manfaat resveratrol untuk kecantikan kulit pertama adalah membantu merawat keremajaan kulit, khususnya dengan mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah.

Sifatnya sebagai antioksidan akan membantu merevitalisasi sel kulit yang bermasalah, mendukung produksi kolagen dan mengoptimalkan regenerasi sel kulit kamu.

Karena inilah, resveratrol akhirnya diklaim mampu membantu mengurangi kerutan dan garis halus. Meski enggak dalam waktu yang cepat dan benar-benar hilang, senyawa antioksidan satu ini bisa memperbaiki struktur kulit, sehingga kulit jadi tampak lebih muda.

Membantu Menenangkan Kulit

Masalah kecantikan dan kesehatan kulit lain yang dapat diatasi oleh resveratrol adalah inflamasi. Yap, masalah yang kerap dialami oleh banyak orang ini kadang bisa sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tak nyaman di kulit.

Penyebab kemunculan inflamasi juga sangat variative, misalnya pengaruh hormonal, stress berlebihan, pola konsumsi yang tak sehat, dan gaya hidup yang buru.

Enggak hanya faktor dalam tubuh kita, kondisi ini juga bisa dipengaruhi oleh lingkungan yang kurang sehat. Seperti radiasi sinar UV yang berlebihan, perubahan cuaca yang ekstrem, juga polusi udara.

Ketika kulit sudah mengalami inflamasi, maka masalah kecantikan lain bisa saja akan menyusul. Misalnya breakout, kulit yang kendur dan kusam, hingga rosacea.

Untungnya, antioksidan seperti resveratrol diketahui dapat mengurangi dampak buruk inflamasi pada kulit kita. Khususnya dengan bekerja meningkatkan metabolisme sel kulit dan membuat pembentukan kolagen lebih optimal.

Meminimalisir Dampak Buruk Sinar Matahari

Sinar matahari kerap menjadi mimpi buruk, karena bisa memicu berbagai masalah kesehatan kulit jika terpapar secara berelebihan. Dari membuat warna kulit tak rata, memicu sunburning, hingga berisiko memicu munculnya sel kanker kulit.

Kabar baiknya, manfaat resveratrol untuk kulit lainnya adalah membantu menetralisir semua dampak buruk sinar matahari ini pada kulit kamu.

Kandungan ini dapat membantu menstimulasi peredaran darah, sehingga regenerasi sel akan berlangsung lebih optimal. Tak hanya itu, resveratrol juga bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan mencegah adanya kerusakan pada kulit.

Mengatasi Masalah Jerawat yang Membandel

Tahukah kamu, semakin tinggi molekul radikal bebas pada tubuh, maka jumlah electron dalam sel kulit kamu pun akan kian menurun.

Ini kemudian akan menyebabkan kerusakan pada kulit, salah satunya memicu kemunculan jerawat dan komedo. Karenanya, ketika kamu menggunakan skincare dengan kandungan resveratrol dengan teratur kamu bisa mencegah masalah ini.

Sebagai antioksidan alami yang cukup kuat, resveratrol dapat menghambat penyerapan radikal bebas dalam sel kulit dan mencegah adanya kerusakan.

Tak hanya membantu mencegah timbulnya jerawat, senyawa ini pun terbilang efektif untuk menghilangkan bekasnya dengan memperbaiki struktur kulit wajah kamu.

Meratakan dan Mencerahkan Warna Kulit

Manfaat resveratrol untuk kecantikan lainnya adalah membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Karenanya, bahan ini kerap digunakan dalam produk perawatan kecantikan yang bekerja untuk mengatasi msalah kulit kusam.

Selain mencerahkan wajah secara menyeluruh, antioksidan ini pun bisa menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan bintik penuaan pada wajah kamu, lho!

Mengembalikan Elastisitas Kulit

Radikal bebas tak hanya membuat warna kulit jadi tidak merata, namun bisa membuat elastisitas kulit berkurang dengan cepat. Inilah yang akhirnya membuat wajah tampak kendur dan lebih mudah keriput.

Untungnya, resveratrol dapat bekerja membantu mengembalikan elastisitas kulit. Yakni dengan meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh, menjaga hidrasi pada kulit, pun mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Dapat Memperkuat Kandungan Skincare Lainnya

Dilansir dari Good Doctor, resveratrol diketahui dapat bekerja sama baiknya jika digunakan bersamaan dengan bahan perawatan kulit lainnya.

Bahkan beberapa ahli dan berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa senyawa ini bisa membantu mengoptimalkan kerja kandungan skincare lainnya.

Misalnya, ketika dipasangkan dengan asam glikolat maka akan dapat membantu memperkuat kedua kandungan tersebut. Khususnya dalam mencerahkan wajah dan mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit.

Sebagai Perawatan Kecantikan dan Kesehatan Kulit Sejak Dini

Beberapa dari kita mungkin beranggapan bahwa perawatan kulit tidak begitu penting dilakukan, apalagi kalau masih muda. Padahal, paparan radikal bebas ini enggak menyerang dengan pandang bulu, lho!

Artinya siapapun memiliki risiko yang sama besarnya untuk terpapar radikal bebas dan mengalami masalah kesehatan kulit. Untuk itu, kamu bisa menjadikan resveratrol sebagai perawatan harian untuk melindungi kesehatan kulit sejak dini.

Beberapa ahli merekomendasikan penggunaan skincare berkandungan resveratrol di pagi hari. Karena kandungan ini diketahui dapat bekerja optimal dalam menangkal radikal bebas dan melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari berlebihan.

Adakah Efek Samping Kandungan Resveratrol untuk Kulit Wajah?

Resveratrol dapat digunakan pada hampir semua jenis kulit, beberapa ahli  menjelaskan bahwa bahan tersebut dianggap dapat ditoleransi dengan baik dan tidak menyebabkan iritasi.

Karena itu, jika kamu memiliki kulit sensitif, selalu pastikan untuk melakukan uji tempel saat memasukkan bahan baru ke dalam produk perawatan kecantikan kulit yang akan kamu gunakan.

Jika kamu sedang hamil atau menyusui, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan resveratrol secara topikal. Beberapa dokter menyarankan untuk tidak melakukannya, jadi akan ada baiknya untuk mencari tahu apa yang tepat bagi kulit serta tubuh kamu.

Nah, untuk menemukan produk dengan kandungan resveratrol yang efektif, kamu bisa memulainya dengan menggunakan serum antioksidan.

Sebab, dilansir dari Good Doctor, produk ini merupakan pilihan yang paling bagus dan ideal untuk memasukkan dosis perlindungan dalam rejimen kamu tanpa menambah banyak berat badan.

Well, itu adalah berbagai hal yang mungkin belum kamu tahu soal manfaat resveratrol untuk kecantikan kulit. Apakah kamu pernah menggunakan skincare dengan kandungan ini sebelumnya?

Jangan lupa untuk selalu membagikan pengalaman dan tips kecantikan yang kamu miliki di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment