Lebih Tahu Tentang Digital Marketing: Pegertian, Manfaat dan Jenisnya

digital marketing adalah (1)

Di era teknologi yang serba maju seperti sekarang apa sih yang nggak bisa? Mau makan tinggal klik, mau shopping tinggal klik, mau beli tiket liburan tinggal klik, bahkan mau cari pacar pun tinggal klik.

Kehidupan manusia menjadi semakin mudah di era digital. Dan hal inilah yang dimanfaatkan para pebinis menciptakan terobosan pemasaran baru yang bernama digital marketing.

Kamu pasti tidak asing dengan istilah digital marketing. Karena belakangan ini memang strategi pemasaran tersebut sedang digandrungi para pebisnis. Bahkan tak heran jika kini banyak perusahaan yang mencari digital marketer untuk perusahaan mereka.

Nggak cuma itu, berbagai lembaga kursus pendidikan pun banyak yang menawarkan digital marketing sebagai mata kuliah utama.

Memang semakin bertambahnya jaman, teknik pemasaran secara konvesional banyak yang sudah ditinggalkan. Mau tidak mau para pebisnis harus mengikuti kemajuan era jika ingn bisnisnya terus maju dan berkembang. Oleh karena itu sebagian besar perusahaan sudah beralih ke digital marketing.

Apa sih digital marketing ini? Seberapa hebat, sehingga banyak perusahaan yang meninggalkan stragtegi marketing konvesional untuk digital marketing?

Kamu pasti sudah sangat penasaran dengan seberapa hebat digital marketing ini. Untuk lebih lengkapnya, baca penjelasan di bawah. Happy reading!

Digital Marketing Adalah …

Digital marketing adalah teknik pemasaran brand atau produk yang menggunakan media digital atau online.  Strategi pemasaran ini diklaim efektif untuk kebutuhan pasar saat ini. Sebab hampir seluruh elemen masyarakat saat ini sudah melek dan pindah pada digital.

Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa semua tak bisa dipisahkan dari yang namanya ponsel. Hal inilah yang mendasari digital marketing sangat nge-tren akhir-akhir ini.

Karena dengan menggunakan digital marketing dinilai lebih efektif menjangkau banyak konsumen. Bahkan bisa tak kenal jarak dan waktu. Selama di daerah tersebut ada internet, produkmu bisa dipasarkan.

Tujuan dari digital marketing adalah memikat banyak konsumen dengan cepat. Hal inilah yang tidak bisa didapatkan dari strategi marketing secara konvensional.

Dengan digital marketing, hanya butuh waktu setidaknya dua detik saja bagi konsumen untuk mengunjungi took dan membeli produkmu. Memang secepat itu.

Sehingga tidak heran jika banyak perusahaan beralih ke strategi digital marketing untuk memasarkan produknya. Karena manfaat yang dijanjikan oleh digital lebih banyak dan menarik ketimbang pemasaran secara konvensional.

Lantas apa saja sih manfaat atau kelebihan dari digital marketing? Simak penjelasaan di bawah ya. Selamat membaca!

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

digital marketing adalah

berdasarkan dari Internetworldstats, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 212,73 juta pengguna. Sedangkan jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 273,5 juta jiwa.

Itu berarti lebih dari 90 persen masyarakat Indonesia menggunakan internet. Bahkan dengan jumlah tersebut, Indonesia tercatat sebagai Negara tertinggi ke tiga di Asia yang menggunakan internet.

Nggak heran jika melihat tingginya minat masyarakat Indonesia ini, banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk strategi bisnis digital. Digital Marketing juga menawarkan berbagai manfaat yang lebih banyak daripada media konvensional. Apa saja?

Lebih Hemat Biaya

Yes, poin pertama dari manfaat digital marketing adalah hemat biaya. Jika kamu beriklan atau melakukan promosi secara konvensional, biasanya akan memakan biaya jutaan. Bahkan dengan harga yang tinggi, beriklan dengan media konvensional juga akan terhambat oleh jarak. Sehingga tidak banyak menjangkau konsumen baru.

Namun dengan menggunakan digital marketing, kamu bisa beriklan mulai dari puluhan ribu saja. Atau bahkan bisa gratis dengan membuat berbagai konten secara konsisten. Setidaknya kamu bisa hemat 40 persen dari pengeluaran jika berpindah menggunakan strategi digital marketing.

Tentunya hal ini sangat cocok untuk kamu yang baru ingin mulai membuka bisnis atau yang sudah memulainya. Sebab harga untuk promosi tergolong sangat murah dan efektif.

Jangkauan Lebih luas

Selanjutnya tujuan dari digital marketing adalah jangkauan lebih luas. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Jika metode utama digital marketing ini sangat mengandalkan internet. Di mana pun internet itu berada, dig ital marketing masih bisa menembus.

Tentunya ini kesempatan bagus untuk mengembangkan produkmu. Jadi tidak hanya bisa dipasarkan secara local saja, bahkan internasional pun bisa. Jika kamu ingin menjaring konsumen diluar negeri, tidak perlu repot-repot membangun toko di sana.

Cukup dengan menggunakan digital marketing, produkmu bisa dipasarkan secara internasional. Mulai dari Amerika hingga Eropa atau bahkan Antartika. Jadi strategi ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai keinginan untuk go internasional.

Lebih Cepat

Selain sangat efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, digital marketing juga sangat cepat dalam menjangkau konsumen. Hanya dalam hitungan detik saja, informasi tentang produk yang kamu pasarkan bisa langsung sampai ke konsumen.

Bahkan setelah melihat iklanmu di social media atau platform yang lain, konsumen bisa langsung mengunjungi tokomu dalam beberapa detik saja. Setelah itu jika mereka tertarik dengan produkmu, konsumen juga akan langsung membeli tanpa harus menunggu berhari-hari. Tinggal klik, semua bisa langsung di dapat.

Hal tersebut berlaku untuk usaha apa saja. Tidak harus barang atau produk tertentu. Bagi kamu penyedia layanan jasa pun, digital marketing bisa menjangkau konsumenmu lebih cepat dari iklan konvensional.

Branding Lebih Mudah

Kelebihan digital marketing selanjutnya adalah branding lebih mudah. Poin inilah yang  dimiliki oleh system marketing konvesional. Untuk branding, konvensional memerlukan biaya yang cukup besar. Selain itu juga butuh sumber daya manusia yang lebih. Sehingga akan sangat memakan tenaga, waktu, dan bahkan biaya.

Impact yang didapat pun tidak se-instan jika kamu menggunakan digital marketing. Butuh waktu berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan tahunan bagi marketing konvesional untuk membranding suatu perusahaan.

Tentu ini sangat berbeda dengan digital marketing. Jika kamu ingin membranding brand dan produkmu, kamu bisa langsung membuat akun di social media. Setelah terbentuk, kamu bisa langsung mengisinya dengan konten-konten yang sesuai dengan produk.

Hanya dalam satu kali klik mengunggah konten saja, produk atau perusahaan yang sedang kamu branding akan langsung tertuju ke konsumen. Bahkan tidak hanya konsumen Indonesia saja yang dapat menikmatinya, produkmu juga bisa sampai ke luar negeri.

Itulah beberapa manfaat dari digital marketing. Setelah mengetahui beberapa manfaat dari salah satu strategi pemasaran ini, ada baiknya kamu juga mengetahui apa saja jenis-jenis dari digital marketing. Apa saja? Baca penjelasannya berikut ya.

Jenis-jenis Digital Marketing

Ternyata digital marketing ini tidak hanya berkutat pada satu jenis saja. Ada beberapa jenis digital marketing yang digunakan perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Mulai dari social media hingga website. Apa saja itu?

Website

Urutan pertama dari jenis digital marketing adalah website. Website menjadi penunjang utama profesionalisme perusahaan di mata konsumen. Nah, sebaiknya untuk kamu yang ingin memulai masuk ke dunia digitital marketing, membangun website adalah langkah utama yang bagus.

Sebab saat ini Google adalah mesin pencari utama yang digunakan banyak orang. Baik di Indonesia maupun dunia. Oleh karena itu sangat penting memasukkan nama perusahaanmu ke Google. Dengan begitu jika mesin pencari ini sudah kenal, konsumen pun akan lebih percaya dengan keberadaan perusahaan dan produk yang sedang kamu bangun.

Apa isi dari website itu? Kamu bisa mulai mengisi websitemu dengan branding. Ini bisa dimulai dari membranding perusahaan yang sedang kamu promosikan. Mulai dari menulis artikel tentang perusahaan tersebut atau juga bisa memasang display ads.

Hah, apa itu display ads? Ini adalah iklan bergambar yang di display di website. Bisa berupa foro atau video. Pastinya kamu sudah tidak asingkan dengan display ads? Untuk yang sering buka website atau situs situs tertentu pasti sering menemukan iklan-iklan produk.

Selain itu, jika ingin membuat websitemu menjadi urutan pertama jika dicari oleh orang, kamu harus mengikuti teknik SEO atau Search Engine Optimization. Itu adalah sebuah teknik untuk mengoptimasi website agar menjadi rangking pertama pada hasil pencarian Google.

Sosial Media Marketing

Belakangan ini social media marketing memang sangat nge-tren. Hampir sebagian besar dari perusahaan sekarang menggunakan social media sebagai jalan marketing. Bahkan banyak juga individu yang membranding dirinya melalui social media.

Individu yang membranding dirinya lewat social media ini biasanya digunakan oleh para perusahaan untuk marketing. System ini biasa disebut dengan endorse. Tentu perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih untuk membayar mereka.

Selain menyewa jasa para selebriti social media itu, kamu juga bisa menggunakan fitur iklan yang sudah disediakan oleh aplikasi. Hingga saat ini, social media yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Facebook. Jadi kamu bisa mencoba layanan iklan itu untuk mempromosikan produkmu.

Biayanya pun sangat terjangkau dibanding menyewa para selebriti. Bahkan ada yang gratis pula. Yaitu dengan membuat konten secara konsisten di social media. Hal itu sama saja dengan beriklan secara gratis.

Social media ini juga sangat efektif untuk branding. Jadi untuk kamu yang punya usaha kecil, social media adalah pilihan yang tepat untuk memasarkan produkmu.

Baca Juga: 10+ Jenis Media Promosi Online yang Menarik dan Efektif untuk Bisnis Kosmetik

Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau yang biasa disebut dengan SEM ini merupakan opsi digital marketing yang dapat diandalkan. Sebab SEM sudah dasari oleh keywords atau kata kunci yang sering dicari oleh pengguna internet.

Tujuan dari digital marketing ini adalah untuk mengoptimalisasi website. Yep, seperti yang telah disinggung sebelumnya, untuk mengoptimalisasi website dibutuhkan teknik yang namanya SEO. Teknik ini membantu website kita menjadi rangking teratas di pencarian Google.

SEO itulah bagian dari search engine marketing ini. Selain SEO, bagian lain dari SEM adalah paid per-click atau PPC. Kedua jenis search engine marketing ini sangat penting bagi system pemasaran digital. Sebab dengan menggunakan SEM, bisnismu bisa menjadi di halaman utama atau bahkan rekomendasi teratas yang disarankan oleh Google.

Video Marketing

Suka sebel nggak sih kalau buka Youtube atau aplikasi videonya lainnya ada iklan yang nggak bisa diskip? Yes, meskipun terkadang menyebalkan karena ada beberapa video yang tidak bisa diskip, ternyata itu adalah bagian dari digital marketing.

Namanya video marketing. Jenis digital marketing ini biasanya sering ditemui di beberapa aplikasi yang notabennya memuat video sebagai konten utamanya. Seperti Youtube dan TikTok. Tapi di Facebook dan Instagram juga tidak menutup kemungkinan ditemukannya iklan-iklan berbentuk video ini.

Jenis digital marketing ini juga dinilai cukup sulit dan rumit. Sebab creator harus merancang dan merencanakan konsep video yang benar-benar menarik. Mulai dari visual hingga isinya, semua harus dikemas secara memorable.

Sebab video marketing ini bisa memikat masyarakat secara emosional. Meskipun terkadang butuh waktu yang cukup lama, tapi video marketing cukup kuat untuk membangun atensi masyarakat pada prosuk.

Email Marketing

Jenis digital marketing selanjutnya adalah email marketing. Kamu yang biasa membuka dan mengecek email, pasti tidak asing dan sering mendapat email pemberitahuan dari brand-brand tertentu. Apalagi setelah kita membeli barang melalui website. Pasti ada email yang masuk. Entah itu menawarkan produk baru atau pemberitahuan diskon.

Yep, itulah yang namanya email marketing. Yaitu system pemasaran digital yang melalui email. Email marketing menjadi cara efektif untuk menarget audience. Jadi kamu bisa membuat maining list  dari pelanggan dan mengiriminya berbagai email penawaran.

Selain itu, dengan adanya email marketing kamu juga bisa menjaga komunikasi dengan konsumen. Sehingga lebih mudah membangun keterikatan antar konsumen dan penjual. Hal ini sangat penting untuk mengikat konsumen agar tetap stay pada produk kita.

Cari tahu lebih banyak soal e-mail marketing dan manfaatnya untuk bisnis di sini.

Itulah penjelasan, manfaat dan jenis-jenis dari digital marketing. Untuk kamu yang baru memulai bisnis, digital marketing sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai metode pemasaran. Selamat mencoba!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment