Ketahui 9+ Jenis Marketing Tools yang Wajib Dimiliki Pengusaha

jenis marketing tools (2)

Untuk mendukung agar bisnismu berjalan atau bahkan berkembang lebih dari yang kamu inginkan bukan kuantitas sumber daya manusia saja yang harus kamu perhatikan. Marketing tools juga menjadi syarat wajib yang harus kamu dan tim-mu kuasai agar bisnismu dapat tertangani dengan baik.

Jadi, apa sih sebenarnya marketing tools ini? Marketing tools adalah alat yang digunakan perusahaan atau alat bisnis untuk meningkatkan layanan jasa dan/atau penjualan. Dalam hal ini, marketing tools meliputi teknik, strategi, dan material yang kamu perlukan dan wajib kamu miliki atau kuasai dalam menjalankan bisnismu.

Tanpa penguasaan berbagai jenis marketing tools, ide-ide segar yang sudah kamu dan tim-mu siapkan bisa terbuang sia-sia, lho! Oleh karena itu, menguasai marketing tools ini menjadi wajib agar setiap langkah yang kamu ambil memberikan hasil terbaik untuk bisnismu.

Ide terbaik dengan penanganan yang tepat akan memberikan hasil maksimal yang menguntungkan setiap pihak, baik kamu, tim yang mendukungmu, hingga mitra bisnismu yang akan semakin percaya untuk terus bekerjasama denganmu.

Pemasaran adalah kunci paling penting dalam menentukan kesuksesan bisnismu. Lalu apa sajakah marketing tools yang harus kamu dan tim-mu kuasai untuk mencapai kesuksesan ini?

 Jenis-jenis Marketing Tools yang Wajib Kamu Kuasai

jenis marketing tools (2)

Setiap tipe bisnis memiliki teknik pemasaran masing-masing yang sesuai. Maka, sangat penting untuk kamu tahu jenis tools seperti apa yang paling tepat untuk diterapkan dalam bisnismu, dan jenis tools mana yang sesuai untuk digunakan dalam penerapan ide pemasaran yang telah dibuat oleh tim-mu.

Oleh karena itu, simak penjelasan tentang jenis-jenis marketing tools berikut ini!

Sosial Media

Sosial media kini menjadi salah satu platform paling laris yang digunakan sebagai media pemasaran. Bagaimana tidak, saat ini sudah hampir tidak ada orang yang melewatkan sosial media. Dengan sosial media, kamu bisa menjangkau konsumen potensial secara tidak terbatas dengan cara seunik dan sekreatif mungkin.

Sosial media telah berkembang menjadi media lebih dari sekadar media informasi dan komunikasi. Dengan ide dan cara yang menarik, kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk menjaring masa agar mengenal bisnismu sekaligus memasarkan bisnismu, dengan teknik yang tepat pengguna sosial media bisa menjadi konsumenmu atau orang yang membantu mengenalkan bisnismu pada lebih banyak orang.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sosial media bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Bukan hanya menjaring calon konsumen, sosial media bisa kamu manfaatkan untuk mengenalkan bisnismu. Kelebihan dan kemudahan yang kamu tawarkan.

Terlebih lagi, sosial media memberikan ruang yang lebih nyaman bagi konsumen potensial untuk menggali lebih banyak informasi mengenai bisnismu. Untuk itu, penting sekali membangun kepercayaan konsumen akan produk yang kamu tawarkan atau brand bisnis yang kamu jalankan.

Bukan hanya karakteristik sosial media yang beragam, pemakainya pun juga beragam. Oleh karena itu, pemanfaatan sosial media bukan hanya mempertimbangkan kelebihan dari sosial media yang kamu pilih melainkan juga mempertimbangkan seperti apa target yang kamu inginkan sebagai calon konsumen bisnismu.

Baca Juga: 10+ Jenis Media Promosi Online yang Cocok untuk Branding Bisnis Kosmetik

Website

Penggunaan website bukanlah hal baru dalam bisnis. Salah satu jenis marketing tools yang banyak digunakan oleh para pebisnis karena sangat membantu meningkatkan kredibilitas brandmu di mata konsumen.

Bukan hanya menunjukkan kualitas produk yang kamu tawarkan, penggunaan website untuk bisnismu akan menguatkan rasa percaya konsumen bahwa bisnis yang kamu jalankan dilakukan secara profesional. Selain itu, website memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen secara lebih rinci dibanding informasi yang kamu sampaikan di media lainnya.

Jika sosial media berfungsi menjaring sebanyak mungkin calon konsumen, melalui website kamu bisa memberikan sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan konsumen akan bisnis yang kamu jalani. Baik produk maupun jasa yang kamu tawarkan.

Bukan hanya informasi yang lengkap, pastikan website yang kamu bangun menarik bagi para calon konsumen baik secara visual maupun dari segi penawaran, mudah diakses dan berisi informasi yang jelas.

Pemilihan warna, huruf hingga komposisi halaman website ternyata sangat berpengaruh pada berhasil atau tidaknya kamu dalam menarik perhatian calon konsumen loh!

Baca Juga: Manfaat Website untuk Brand Kosmetik dan Tips Pembuatannya!

Google Analytics

Kalau kamu sudah menjalankan website untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan, maka kamu perlu Goole Analytics untuk melengkapi marketing toolsmu. Tools ini memiliki beragam fungsi terlebih untuk mencari informasi mengenai bagaimana orang-orang yang datang untuk membaca isi websitemu.

Google Analytics memberimu informasi seperti tipe-tipe pengunjung di websitemu hingga konten apa saja yang disukai oleh pengujung websitemu. Dari informasi tersebut, kamu bisa menentukan strategi selanjutnya untuk meningkatkan konversi.

Media Monitoring Tools

Marketing tools yang juga penting untuk kamu miliki lainnya adalah Media Monitoring Tools ini. Tools ini sangat membantumu untuk memindai website dan memberimu petunjuk mengenai apa saja percakapan yang relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan di website-mu.

Tools ini memindai media sosial, forum, blog dan juga video. Manfaatnya untuk kamu adalah, dengan tools ini kamu akan lebih cepat mengetahui tentang pendapat orang mengenai produk atau jasamu sehingga kamu bisa segera memberikan respons.

Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat menekan penyebaran berita negatif bahkan dapat membantu meningkatkan brand awareness akan produk, layanan atau perusahaan kamu.

Survei

Mungkin kamu sudah merasa bahwa penawaranmu sudah sangat baik untuk konsumen, tapi jangan lupa bahwa konsumen juga memiliki opini mereka masing-masing.

Opini ini bisa sangat berbeda bergantung latar belakang yang dimiliki masing-masing konsumen. Nah, salah satu marketing tools yang banyak digunakan oleh pebisnis adalah dengan melakukan survei.

Survei ini sangat membantu untuk mengetahui informasi dan pemikiran konsumen terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Lebih dari itu, kamu juga bisa mengetahui bagaimana penilaian konsumen terhadap bisnismu, seberapa tinggi tingkat kepuasan mereka, apa pelayananmu yang dirasa kurang hingga mencaritahu apa yang paling dicari pelanggan dari produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Dari hasil survei tersebut, kamu bisa menarik simpulan dan memberikan tawaran yang lebih baik pada calon konsumen selanjutnya.

Perbaikan-perbaikan ini menunjukkan bahwa kamu memikirkan kepuasan dan keuntungan yang diterima oleh konsumen bukan hanya keuntungan pribadi dari bisnismu.

Sehingga konsumen akan merasa lebih diuntungkan dengan tetap membeli produk atau menggunakan jasamu, karena kamu bersedia mendengarkan opini mereka terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Email Marketing

Jenis marketing tools selanjutnya adalah pemasaran dengan e-mail. Pemasaran dengan cara ini sangat efektif untuk membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan.

Dengan mengirimkan pesan secara berkala pada pelanggan akan membuat mereka yang telah memilih setia pada produk atau jasamu merasa dihargai dan dihormati sebagai pelanggan.

Selain mengirim pesan secara berkala, kamu bisa memanfaatkan pesan elektronik ini untuk memberikan penawaran-penawaran baru pada pelanggan. Serta memberikan informasi terbaru mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan tersebut.

Bisa jadi, pelangganmu memang menunggu penawaran dari kamu untuk karena ingin membeli produkmu atau menggunakan jasamu sekali lagi.

Loyalty Program

Bukan hanya menjanjikan keuntungan di masa mendatang melalui penawaran menarik, kamu juga bisa menjaga kesetiaan pelanggan dengan cara satu ini.

Loyalty Program merupakan salah satu marketing tools yang memang diciptakan dengan tujuan untuk menjaga kesetiaan pelanggan. Karena menjaga pelanggan agar tetap setia tak kalah penting dengan mendapat pelanggan baru.

Salah satu keuntungan memiliki pelanggan setia adalah suara mereka akan lebih dipercaya oleh calon pelanggan baru, karena mereka sudah membuktikan sendiri bagaimana produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Jika pelanggan setiamu memilih untuk mengajak orang di sekitar mereka agar membeli atau menggunakan jasamu, mereka akan menjadi alat promosi yang lebih baik dibanding yang lain.

Apapun yang kamu tawarkan untuk pelangganmu, pastikan mereka mendapatkan pengalaman yang baik dari produk maupun jasa yang kamu tawarkan.

Karena, meski pelanggan menyukai keuntungan mereka akan lebih menyukai hasil yang sesuai atau melebihi harapan. Jika pelanggan sudah membuktikan sendiri seberapa baik produk atau jasamu, mereka tidak akan terlalu mempertanyakan benefit untuk tetap memilihmu sekali lagi.

Iklan Baris

Semakin banyak perangkap yang kamu pasang, maka akan semakin banyak pula hasil yang kamu dapat. Bukan hanya memanfaatkan media sosial dan website, iklan juga sangat perlu untuk memasarkan produk atau jasamu.

Jenis marketing tools ini sudah sejak dulu dimanfaatkan untuk menawarkan produk dan jasa. Jika dulu iklan dipasang di koran atau majalah, kini iklan bisa ditemui di mana saja setiap kali kita berselancar di internet.

Iklan bisa muncul di mana saja, bisa di media sosial, di dalam aplikasi musik, video, permainan, website berita dan lainnya. Sangat rugi kalau kamu tidak mencoba marketing tools satu ini karena kamu akan menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Memasang iklan baris penting adanya untuk menjangkau konsumen potensial atau biasa disebut Leads. Iklan baris dapat menarik seseorang untuk memasuki website, mencaritahu informasi lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Automatisasi

Ini dia jenis marketing tools yang bisa mengehemat banyak waktumu. Tools ini dapat membantumu menyimpan semua waktu pemasaran. Tak hanya itu, alat ini biasanya digunakan untuk melakukan tugas harian seperti menyimpan file dan email ke spreadsheet.

Beberapa tools bahkan dapat membantumu membuat rantai fungsi. Yaitu fungsi sederhana dari pernyataan kondisional sederhana.

Tools ini bisa kamu pasang untuk berbagai media seperti Facebook, Twitter, FitBit, Google Drive, hingga Gmail.  

Wah, ternyata banyak sekali tools yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung bisnismu ya! Bahkan, di luar sana masih banyak tools lainnya yang biasa digunakan oleh para pebisnis untuk mendukung kerja mereka.

Tapi, dengan adanya berbagai jenis tools yang ada bukan berarti kamu harus menggunakan semuanya ya! Pilihlah marketing tools yang paling sesuai dan efektif untuk bisnismu. Jangan sampai, tujuan penggunaan tools yang seharusnya memudahkan justru menjadikan bisnismu kesulitan.

Dari berbagai tools yang sudah diuraikan di atas, menurut kamu mana nih yang bisa kamu terapkan untuk mendukung bisnismu?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment