Cara Mencari Jasa Penyewaan Gudang yang Tepat dan Aman

cara mencari jasa penyewaan gudang

Gudang penyimpanan merupakan salah satu sarana penting yang harus kamu siapkan ketika akan memulai berbisnis. Apalagi, kalau kamu memperluas sistem pemasaran usahamu lewat layanan online. Tentu membutuhkan sebuah tempat untuk menyimpan dan menimbun seluruh pasokan barang dengan aman.

Sayangnya, untuk memiliki atau membangun gudang penyimpanan sendiri di kota-kota besar cukup mahal. Menggunakan rumah pribadi untuk mengatasinya pun juga bukan solusi yang ideal, karena jika bisnis berkembang tentu kapasitas penyimpanan pun haruslah sama besarnya.

Dengan begitu proses penyimpanan dan pengelolaan gudang akan jadi lebih mudah. Kamu pun bisa mengatur strategi pemasaran dan penjulan produk dengan lebih efisien.

Jasa penyewaan gudang bisa menjadi jawaban untuk masalahmu ini, Beautypreneurs. Karena seiring dengan bertambahnya pebisnis online, maka ada banyak pula jasa penyewaan gudang dari berbagai macam pihak.

Kamu bisa menyesuaikan penawaran dan harga yang mereka tawarkan dengan kebutuhan bisnis online-mu.

Nah, agar kamu bisa menemukan yang tepat, simak baik-baik cara mencari jasa penyewaan gudang usaha berikut ini, ya!

Cara Mencari Jasa Penyewaan Gudang yang Tepat dan Menguntungkan

cara mencari jasa penyewaan gudang

Kini jasa penyewaan gudang usaha sudah sangat menjamur. Kamu bahkan bisa mencarinya lewat Google dan media sosial dengan mudah.

Meski begitu, kamu perlu mengetahui cara mencari jasa penyewaan gudang usaha yang tepat dan aman. Sehingga keuntungan dan manfaat yang kamu dapatkan bisa beragam.

Langsung baca tips-nya di bawah ini, yuk!

Pastikan Lokasi Gudang Strategis

Cara mencari jasa penyewaan gudang usaha pertama adalah memperhatikan lokasinya. Yap! Kamu harus memastikan bahwa lokasi gudang yang kamu sewa ini strategis. Artinya, bisa diakses dengan mudah dari arah mana saja.

Lokasi yang strategis ini dibutuhkan untuk mempermudah proses monitoring, juga proses pengantaran dan pengiriman stok barang ke gudang. Dengan proses logistic yang tertata dengan rapi, berbagai kebutuhan pengiriman pun dapat berjalan lancar.

Perhatikan Luas Gudang yang Ditawarkan

Kalau lokasi sudah pas, maka langkah selanjutnya adalah memperhatikan luas gudang yang akan kamu sewa. Usahakan bahwa gudang ini memiliki ukuran yang cukup luas untuk menampung seluruh produk jualanmu sekaligus.

Gudang yang terlalu sempit justru kurang efisien, karena akan membut penyimpanan bertumpuk-tumpuk. Akhirnya risiko kerusakan pada produk stok pun akan jauh lebih besar, pengelolaannya juga tidak akan maksimal.

Periksa Waktu dan Durasi Sewa Gudang

Cara mencari jasa penyewaan gudang selanjutnya adalah memeriksa waktu dan durasi sewa gudang. Hal ini penting untuk memperkirakan lamanya waktu yang kamu dapatkan ketika akan menyewa gudang tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui seberapa besar budget yang akan kamu keluarkan dalam kurun waktu sewa tersebut. Sehingga kamu dapat menyeimbangkan pengeluaran dan pendapatan, juga menjadikannya referensi untuk memilih tempat penyewaan lainnya.

Perhatikan Fasilitas dan Sumber Daya yang Ada

Cara mencari jasa penyewaan gudang selanjutnya adalah memperhatikan fasilitas dan sumber daya yang ditawarkan. Karena tak hanya tempat penyimpanan, tentu kamu membutuhkan sebuah lokasi yang aman dan memadai. Apalagi kalau kamu berencana menggunakan gudang tersebut selama 24 jam nonstop.

Beberapa fasilitas yang bisa kamu perhitungkan untuk ada dalam sebuah penyewaan gudang, seperti CCTV, satpam di lokasi sekitar, dock level, dan banyak lainnya.

Sewa Tipe Gudang yang Cocok dengan Jenis Stok Barang

Langkah selanjutnya adalah memilih gudang yang sesuai dengan jenis barang milikmu. Misalnya, ketika barang yang kamu simpan ini adalah yang harus dapat dikemas menggunakan kardus, maka sebaiknya memilih gudang dengan rak.

Namun, jika barang yang akan disimpan ini memiliki panjang lebih dari lima meter, seperti pipa, besi, paralon, dan sebagainya. Maka akan lebih baik memilih gudang sewaan tanpa rak di dalamnya.

Pilih Jasa Penyewaan Gudang yang Terpercaya

Cara mencari ajsa penyewaan gudang selanjutnya adalah dengan mencari dari agen terpercaya. Dalam hal ini kamu perlu melakukan berbagai upaya, termasuk mencari ulasan, testimoni pelanggan sebelumnya, bahkan mencari lokasinya di Google Maps.

Tak hanya itu, kamu bisa juga melihat apa saja fasilitas dan pelayanan yang disediakan oleh pemilik gudang ketika menyewakan propertinya kepadamu. Misalnya, apakah ada software gudang yang dapat kamu gunakan, bagaimana keamanannya, juga akesmu ke gudang tersebut seperti apa.

Sehingga ada jaminan bahwa stok produk yang akan kamu simpan di sana dapat diawasi dengan mudah. Kamu juga bisa merasa aman ketika meninggalkan produkmu di penyimpanan tersebut.

Baca Juga: Cara Mengelola Stok Produk Kosmetik di Gudang, Brand Owner Wajib Tahu!

Manfaat Menggunakan Jasa Penyewaan Gudang untuk Bisnis

Setelah mengetahui berbagai cara mencari jasa penyewaan gudang untuk usaha di atas, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa hal ini perlu dilakukan?

Well, ketika akan membangun sebuah usaha atau bisnis tertentu, kamu pasti memiliki impian untuk mengembangkannya, bukan?

Nah, jasa penyewaan gudang ini bisa membantumu mempermudah alur distribusi dan pengelolaan produk daganganmu. Di awal-awal kamu mungkin bisa cukup dengan satu ruangan di rumah, namun jika bisnis sudah berkembang adanya gudang khusus pun harus dipikirkan baik-baik.

Selain itu, ada banyak keuntungan dengan menggunakan jasa penyewaan gudang untuk bisnismu, lho. Apa aja? Simak di sini!

Biaya yang Lebih Hemat

Bagi pebisnis online yang tidak memiliki gudang sendiri, jasa penyewaan gudang bisa memberikan jawaban yang ideal dan ekonomis untuk permasalahan tersebut.

Karena kamu bisa mencari penyewaan gudang yang sesuai dengan budget dan kebutuhan penyimpanan dari bisnsi online-mu. Tak hanya itu, pilihan ini juga berarti kamu enggak perlu membangun atau membeli gudang sendiri selama belum ada modal yang mencukupi.

Proses Penyimpanan dan Pengelolaan Stok Lebih Terstruktur

Salah satu fungsi utama dari gudang penyimpanan adalah sebagai tempat untuk menyimpan dan mengatur stok barang. Dengan begitu, penjualan dan pengiriman pun kan jadi lebih efisien dan cepat.

Kamu pun bisa mengontrol keluar-masuknya barang dengan lebih mudah. Karena ketika barang masuk, kamu bisa langsung menata dan mengorganisirnya dengan baik. Dengan begitu, proses stocking pun tidak akan memerlukan waktu lama.

Distribusi Produk Jadi Kian Lancar

Manfaat lain ketika menggunakan jasa penyewaan gudang yakni memperlancar proses distribusi produk yang telah dipesan oleh konsumen. Apalagi kalau kamu menggunakan staf gudang yang memiliki akses dan kenalan pada berbagai jasa ekspedisi.

Ketika dikelola dengan baik, kemudian staf yang ada pun kompeten, maka proses pendistribusian barang ke konsumen akan jadi jauh lebih cepat.

Tentu ini akan memberikan banyak keuntungan buatmu. Karena salah satu aspek yang paling dipertimbangkan konsumen ketika membeli barang secara online adalah ketepatan dan kecepatan pengirimannya.

Membantu Meningkatkan Profit Usaha

Sebelumnya, kamu juga pasti memahami bahwa memiliki gudang usaha yang tertata atau terstruktur dengan rapi bisa membantu melancarkan proses bisnis online. Yap! Selain distribusi bisa dilakukan dengan cepat, ini berarti juga bisa memberikan peningkatan profit usaha.

Tak hanya itu, karena control operasionalnya mudah, kamu juga bisa tahu betul stok produk yang kamu miliki. Apakah ada stok yang menumpuk, kemungkinan lakunya rendah, atau produk mana yang paling banyak dipesan dalam kurun waktu tertentu.

Hal ini akan memudahkanmu dalam mengatur strategi penjualan dan promosi produk. Sehingga keuntungan yang didapatkan pun akan lebih meningkat.

Mudah Mengontrol Kondisi dan Jumlah Stok Barang

Ketika berbisnis online, kamu harus bisa memastikan stok barang yang ada dalam jumlah yang tepat dan kondisi prima. Dengan begitu, ketika terjadi pembelian kamu tidak akan membuat konsumen kecewa. Baik karena kondisi barang yang diterima buruk, atau stok produk yang ternyata tidak ada.

Nah, ketika menyewa gudang, proses pengecekan kondisi dan jumlah barang pun akan jadi lebih mudah. Karena kamu bisa meletakkan barang-barang ini dengan lebih aman, sesuai kategori, bahkan bisa menyusunnya sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment