Manfaat dan Cara Mengikuti Flash Sale Shopee untuk Seller

cara mengikuti flash sale

Pengguna setia Shopee pasti udah enggak asing lagi dengan yang namanya Flash Sale. Event diskon besar-besaran ini sudah pasti ditunggu oleh semua pengguna. Tak hanya bagi para pembeli, tapi juga para seller yang juga mengetahui apa saja keuntungan program ini untuk penjualan mereka.

Shopee merupakan salah satu e-commerce besar di Indonesia dengan jumlah kunjungan mencapai 214 juta kali per bulannya pada kuartal IV tahun 2021 lalu. Artinya, Shopee menjadi pasar online yang sangat menjanjikan dari tahun ke tahun.

Namun, untuk memenangkan persaiangn di pasar ini kamu harus dapat menyusun strategi yang efektif. Misalnya dengan cara mengikuti flash sale di Shopee.

Yap! Karena minat beli selalu meningkat pada event ini, kamu bisa menarik konsumen sebanyak mungkin. Tak hanya melakukan pembelian, tapi juga meningkatkan brand awareness dan kunjungan toko.

Penasaran bagaimana cara mengikuti fitur flash sale di Shopee? Serta apa saja manfaatnya untuk bisnismu? Langsung simak ulasannya di bawah ini!

Keuntungan Ikut Flash Sale di Shopee untuk Seller

Tak hanya untuk konsumen, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan seller ketika mengikuti event Flash Sale di Shopee. Mulai dari penjualan yang meningkat, keuntungan bertambah, hingga brand awareness toko kosmetik yang turut naik.

Biar makin jelas, kamu bisa segera baca poin-poin mengenai keuntungan ikut flash sale di Shopee untuk seller berikut ini!

Meningkatkan Penjualan Produk

Siapa sih yang enggak pengen jualannya laris manis? Well, sebagai seller Shopee kamu juga pasti menginginkannya, bukan?

Nah, salah satu cara untuk membuat daganganmu laris terjual adalah dengan mengikuti flash sale ini. Karena konsumen juga pasti akan mudah tergiur dengan promo-promo yang ditawarkan. Mulai dari potongan harga yang besar, diskon ongokos pengiriman, dan banyak lainnya.

Jumlah Kunjungan Toko dan Produk Turut Naik

Tak hanya meningkatkan penjualan produk, dengan mengatur flash sale pada jualanmu, kamu juga bisa membuat kunjungan toko dan produk kian meningkat, lho.

Sebab, ketika pengguna berbelanja dan mencari produk-produk yang mereka inginkan. Tentu ada proses memilih dengan selektif, mereka enggak akan langsung memasukkan produk incaran itu ke keranjang. Melainkan melihat dulu spesifikasi dan juga toko penjualnya.

Mempermudah Proses Mendapatkan Status Star Seller +

Manfaat selanjutnya ketika kamu mengatur fitur flash sale adalah mempermudah proses mendapatkan status Star Seller +. Seperti yang kamu tahu, status ini memberikan banyak keuntungan untuk toko online milikmu.

Dengan terdaftar sebagai toko star seller +, kepercayaan konsumen akan meningkat, banyak fitur khusus yang diperoleh dari Shopee, dan banyak lainnya.

Namun, untuk mendapatkan status ini terbilang cukup rumit. Kamu harus memiliki peforma toko yang sangat bagus dan setidaknya telah melakukan penjualan sebanyak 50 kali, atau melayani 25 transaksi berbeda dalam waktu sebulan.

Tentu hal ini tidak mudah dilakukan, apalagi kalau toko yang kamu kelola ini masih baru dan tidak memiliki banyak pelanggan. Karenanya program flash sale ini bisa menjadi jawaban yang ideal untuk mengatasi masalah ini.

Kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen, menjaring kunjungan ke toko atau produk yang kamu jual, hingga bisa meningkatkan jumlah pemesanan produk.

Baca Juga: Cara Membuat Toko Kosmetik Oline di Shopee sampai Star Seller, Gampang!

Promosi Produk dan Toko Secara Gratis

Salah satu manfaat meggunakan fitur flash sale untuk tokomu adalah membantu mempromosikan produk da toko secara gratis.

Produk yang kamu nominasikan akan masuk ke dalam halaman flash sale di beranda. Tentu, produkmu pasti akan dapat ditemukan dengan mudah oleh konsumen. Sehingga kemungkinan produk dan toko dikunjungi pun akan semakin besar.

Syarat dan Ketentuan untuk Mengikuti Flash Sale di Shopee

Setelah mengetahui apa saja keuntungannya, kamu pasti udah enggak sabar ingin segera mendaftarkan produk dan tokomu untuk mengaktifkan fitur flash sale ini, bukan?

Well, jangan buru-buru dulu Beautypreneur. Karena manfaatnya yang banyak, untuk mengikuti flash sale Shopee ini juga enggak mudah. Kamu harus menyiapkan beberapa syarat dan mematuhi ketentuan yang ada.

Dalam cara mengikuti flash sale Shopee ini kamu harus memenuhi persyaratan toko dan produk. Seperti yang ada dalam daftar berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Penjual

  1. Seller tidak memiliki poin pinalti, khususnya kalau kamu ingin menominasikan produk di Flash Sale Shopee.
  2. Toko haruslah dalam status Aktif, atau sedang tidak mengaktifkan fitur Toko Libur setidaknya dalam masa tujuh hari terakhir.
  3. Tokomu telah terdaftar di Shopee minimal dalam periode 14 hari lamanya.
  4. Meniliki jumlah rating/penilaian lebih dari 3.5
  5. Toko setidaknya memiliki total penilaian, minimal dari 5 pembeli yang berbeda.
  6. Memiliki presentase chat yang dibalas tinggi, minimal 50 persen.
  7. Seller harus memiliki tingkat keterlambatan maksimal 20 persen,
  8. Tingkat pesanan yang tidak terselesaikan maksimal 20 persen saja.

Syarat dan Ketentuan Produk yang Dijual

  1. Produk jualan bukanlah barang yang terkategori dilarang atau dibatasi oleh pihak Shopee.
  2. Selain itu, produk tersebut juga bukan termasuk dalam daftar barang yang terlarang sesuai dengan aturan pemerintah.
  3. Penjual dilarang memasarkan produk yang dapat berisiko pada kesehatan dan keselamatan konsumen.
  4. Barang/produk tidak dalam kondisi kedaluwarsa.
  5. Produk illegal tanpa registrasi Badan POM, seperti alat kecantikan, perawatan tubuh, atau obat-obatan juga dilarang.
  6. Selain itu, penjual juga dilarang untuk membuat flash sale dari produk-produk bekas (trhift).
  7. Barang MLM juga tidak tergolong sebagai produk yang dapat masuk ke dalam Flash Sale Shopee.
  8. Produk yang tidak sesuai dengan deskripsi, baik dari warna, varian, ukuran, juga tidak diperbolehkan masuk ke dalam Flash Sale.
  9. Khusus untuk produk-produk elektronik, haruslah memiliki sertifikat alat dan perangkat telekomunikasi yang dibuthkan.
  10. Produk repackage juga tidak diperbolehkan untuk dimasikkan ke dalam program Flash Sale Shopee.

Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai kebijakan dan persyaratan pendaftaran flas sale Shopee secara lengkap, kamu bisa langsung cari tahu di sini.

Cara Ikut Flash Sale Shopee untuk Seller

Setelah memastikan semua persyaratan toko dan produk tersebut telah kamu penuhi. Maka, kamu bisa langsung memulai cara ikut flash sale Shopee dengan mudah berikut ini.

  1. Buka halaman Seller Center, setelah itu kamu bisa langsung Log In ke akun seller milikmu. Dengan cara memasukkan username dan password yang telah kamu daftarkan sebelumnya.
  2. Selanjutnya, kamu bisa langsung masuk ke menu Promosi Saya. Kemudian segera pilih Flash Sale Shopee.
  3. Lanjutkan dengan meng-klik My Flash Sale dan pilih menu Akan Datang. Kalau sudah, kamu bisa memilih tombol Daftar Sekarang.
  4. Untuk memasukkan produk, kamu bisa memilih tombol Nominasi Produk. Sebelum benar-benar memasukkannya, kamu bisa membaca syarat dan ketentuan yang ada pada kotak kuning terlebih dahulu.
  5. Setelah itu, kamu bisa klik Pilih Produk. Kalau sudah menemukan yang tepat klik Konfirmasi.
  6. Segera lengkapi semua data produk yang akan dimasukkan. Jika sudah kamu bisa tekan Simpan dan Kirim.
  7. Langkah Selesai. Cara mengikuti flash sale di Shopee terakhir adalah menunggu nominasi produk yang kamu ajukan diterima oleh Shopee.

Cara Membuat Flash Sale Shopee di Toko Online Sendiri

Selain cara mengikuti flash sale di Shopee secara umum, kamu juga bisa membuat program ini di toko onlinemu saja, lho.

Anggaplah ini sebagai sebuah perayaan diskon internal yang khusus kamu lakukan di tokomu. Dengan begitu, konsumen akan datang untuk mencari produk dan melakukan pembelian sesuai promo yang kamu tawarkan.

Nah, bagaimana cara membuat flash sale Shopee di toko sendiri ini? Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ketahui.

  1. Cara mengikuti flash sale Shopee di toko sendiri adalah membuka halaman Seller Centre. Kemudian Log In  ke akun spenjual yang kamu miliki.
  2. Selanjutnya klik menu Promosi Saya dan pilih Flash Sale Toko Saya.
  3. Untuk mengatur produk dan waktu, kamu bisa menekan Atur Flash Sale Toko Saya.
  4. Selanjutnya kamu bisa langsung mengatur waktu/tanggal dan sesi flash Sale yang akan kamu buat. Kalau sudah, pilih Konfirmasi untuk melanjutkan.
  5. Lengkapi semua data produk di halaman Rincian Flash Sale Toko Saya. Kemudian klik Kriteria Produk, dan Tambah Produk untuk memasukkan jualan.
  6. Kalau sudah, kamu bisa langsung menekan tombol Aktifkan untuk mengirim produk yang baru saja kamu tambahkan. Kalau sudah, kamu bisa menekan Simpan dan Kirim.
  7. Kamu juga bisa mengaktifkan langsung 10 produk secara bersamaan. Caranya dengan memilih menu Aktifkan Massal, dan pilih produk yang kamu inginkan.
  8. Selesai.

Nah, itu adalah berbagai cara mengikuti flash sale Shopee dan membuatnya pada toko pribadimu. Apakah kamu siap untuk mengikuti program popular ini?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment