Pakai Exposure Influencer untuk Promosi, Apakah Benar Menguntungkan?

exposure influencer

Media sosial kini menjadi salah satu sarana promosi yang sangat menjanjikan bagi para pebisnis. Tak hanya membuat produk dan brand lebih mudah dikenali oleh masyarakat, namun juga bisa memberikan peningkatan keuntungan yang sangat signifikan.

Bagaimana tidak? Menggunakan media sosial bisa memberikan jangkauan audience yang lebih luas. Juga memungkinkan untuk membangun konten promosi yang kreatif dan dinamis sesuai dengan perkembangan tren di masyarakat.

Nah, ide konten promosi di media sosial ini ada banyak macamnya. Salah satunya dengan menggunakan jasa influencer untuk me-review dan merekomendasikan produkmu kepada audience mereka.

Pengaruh influencer pada pasar cukup besar, apalagi kalau sosok yang kamu ajak kerja sama ini memiliki jumlah pengikut yang tinggi dan reputasi yang baik di masyarakat.

Tentu, kerja sama dengan influencer ini tidaklah gratis. Umumnya mereka akan menentukan tarif atau red card dengan nominal tertentu, bahkan ada pula yang menawarkan exposure sebagai timbal baliknya.

Apakah kamu sudah pernah dengar soal exposure Influencer sebelumnya? Lantas apakah metode promosi media sosial ini berpengaruh besar dan menguntungkan untuk brand kosmetikmu?

Yuk, cek ulasan lengkapnya dalam artikel ini!

Fenomena Exposure Influencer sebagai Konten Promosi

exposure influencer

Kalau aktif id Instagram dan media sosial lain, kamu pasti udah enggak asing dengan nama-nama influencer seperti Awkarin, Ria Ricis, dan banyak lainnya. Ya, selebgram ini kerap membagikan review mereka mengenai suatu produk dan tak jarang menyarankan audience-nya menggunakan produk tersebut.

Nah, setelahnya jenis konten pemasaran sejenis kemudian kian marak digunakan. Karena ternyata efek yang diberikan pun lebih besar dari ekspektasi.

Exposure sendiri diartikan sebagai bentuk popularitas yang diberikan oleh seorang yang berpengaruh, seperti sosok yang memiliki pengikut besar di media sosial. Dalam prakteknya, exposure bisa terjadi ketika pemilik bisnis mengirimkan produk kepada sosok tersebut untuk dipajang dan dipromosikan di akun media sosial mereka.

Meski begitu, ada banyak pro dan kontra soal exposure influencer ini. Beberapa pemilik usaha merasa dirugikan, baik karena exposure yang diberikan ternyata tidak memberikan hasil besar atau tidak dilakukan dengan sebenar-benarnya.

Namun, pada dasarnya menggunakan popularitas sebagai bayaran produk sebenarnya bukan hal merugikan. Malah, kamu bisa menaikkan awareness produk yang kamu jual dengan lebih efisien pada masyarakat.

Justru kalau kamu bisa menggaet influencer yang tepat, maka exposure ini bisa mmeberikan banyak keuntungan untuk bisnis kosmetikmu.

Terlebih menciptakan persona khusus untuk brand kosmetik merupakan hal yang penting. Dengan begitu, masyarakat akan merasakan pengalaman tak langsung ketika menggunakan produk yang kamu jual lewat sosok tersebut.

Baca Juga: Endorsement untuk Branding Bisnis Kosmetik, Kelebihan dan Kekurangannya?

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menerima Exposure

Exposure influencer sebenarnya memiliki banyak keuntungan untuk meningkatkan kemajuan brand kosmetikmu. Meski begitu untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, kamu harus mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini.

Riset Influencer Terlebih Dahulu

Sebelum menerima exposure influencer hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah sosok public figure itu sendiri. Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui apakah followersnya aktif, siapa saja mayoritas audience-nya, niche konten Instagram, dan banyak lainnya.

Hal ini harus kamu pertimbangkan baik-baik, setiap influencer pasti memiliki karakternya sendiri-sendiri. Begitupun audience-nya, pasti juga mengikuti selera dan karakter influencer tersebut.

Misalnya, ketika brand kosmetikmu mengusung konsep tentang produk ramah lingkungan dan vegan. Maka, akan lebih baik untuk berkolaborasi dengan influencer yang memiliki kesan dan kepedulian yang sama dengan brand kosmetikmu.

Dengan begitu, audience influencer tersebut yang pasti memiliki minat yang sama akan merasa tertarik dengan produk kosmetik yang kamu tawarkan.

Selain melihat apa saja konten yang diunggah, kamu juga bisa melakukan riset secara mendalam dengan meminta portfolio atau melihat engaged follower yang dimiliki influencer tersebut.

Ini penting untuk menunjang promosi yang kamu lakukan, serta memastikan ada efek yang nyata dari exposure influencer yang kamu lakukan nantinya.

Lakukan Penelitian Audience Media Sosial Influencer

Setelah melihat bagaimana engagement dan karakter influencer tersebut, maka hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah meneliti keaktifan audience-nya. Juga apakah audience yang ada pada akun ini sesuai dengan target pasar dari brand kosmetikmu atau tidak.

Sebab jika tidak sesuai dengan target pasar, maka exposure influencer ini enggak akan menghasilkan efek untuk brand kosmetikmu. Justru, kamu semua usaha dan dana yang kamu keluarkan akan terasa sia-sia.

Misalnya, ketika kamu memiliki brand kosmetik khusus untuk remaja. Tentu kurang tepat kalau kamu memasarkannya pada influencer yang jangkauan audience-nya adalah perempuan dewasa, hingga orang tua.

Selain memperhatikan kesesuaian audience dengan target pasar, kamu juga harus mempertimbangkan keaktifan followers akun influencer tersebut. Karena belum tentu angka pengikut yang banyak ini, menunjukkan bahwa mereka benar-benar aktif dan asli.

Untuk melihat keaslian followers ini kamu bisa menyimak jumlah like dan komentar yang ada pada tiap postingan sebelumnya, kemudian bandingkan dengan jumlah pengikut yang ada.

Bila jumlahnya cukup tinggi, maka sudah bisa dipastikan kalau pemilik akun ini merupakan orang yang cukup berpengaruh bagi followersnya. Namun, bila sebaliknya kamu harus lebih hati-hati.

Perhatikan Konten Promosi yang Dibuat

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan sebelum menerima tawaran exposure influencer adalah konten promosi.  Yap! Kamu harus meninjau dulu bagaimana cara influencer ini memberikan exposure kepada brand-brand sebelunya.

Apakah konten yang diunggah juga memiliki kualitas yang tinggi? Bagaimana cara pengemasannya, serta seberapa aktif audience merespon exposure tersebut?

Langkah ini sangat penting untuk kamu lakukan. Karena konten yang berkualitas dan dikemas dengan kreatif akan lebih menarik. Sehingga bisa membuat banyak orang tertarik untuk melihat, hingga membeli produk kosmetik yang diposting influencer tersebut.

Konten promosi yang dapat menggambarkan image produk tersebut dengan baik akan meningkatkan kepercayaan audience terhadap brand. Dengan begitu, exposure influencer yang kamu lakukan pun tidak akan sia-sia. Karena dapat memberikan keuntungan tersendiri untuk brand kosmetikmu.

Sebab itu, sebagai brand owner kamu memiliki hak penuh untuk menilai konten yang akan diberikan oleh influencer tersebut. Kamu bisa menegosiasikan dan memilih konten berkualitas tinggi, serta yang paling cocok dengan target pasarmu.

Pastikan Kembali Jenis Exposure Freelance yang Ditawarkan

Setelah meneliti mengenai engaged akun, target audience, tingkat interaksi yang ada, hingga bagaimana kualitas konten exposure yang ditawarkan. Ada hal lain lagi yang perlu kamu perhatikan sebelum benar-benar membuat kesepakatan.

Yap! Pastikan kembali jenis exposure freelance yang akan kamu dapatkan nantinya. Maksudnya, bagaimanakah bentuk kontennya? Apakah termasuk Feed Post, IG TV, story, live, dan banyak lainnya.

Sangat penting untuk memastikan jenis exposure ini terlebih dahulu. Karena tiap fitur media sosial tersebut memiliki karakter dan jangkauan yang berbeda. Maka kamu harus bisa memilih jenis yang paling menguntungkan untuk bisnismu.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment