Cegah Kerugian, Ini Cara Analisis Peluang Usaha untuk Brand Kosmetik yang Efektif

cara analisis peluang usaha

Saat akan menjalankan sebuah bisnis, tentu ada banyak hal yang harus kamu persiapkan untuk mencegah datangnya masalah atau kerugian di masa mendatang. Salah satu caranya adalah dengan melakukan analisis usaha yang efektif.

Hal ini tentunya diperlukan untuk semua jenis usaha, tak peduli seberapa besar skala bisnis tersebut. Termasuk saat kamu akan menjalankan bisnis kosmetik dengan brand sendiri.

Analisis usaha ini memiliki peranan penting untuk mengetahui seberapa besar potensi bisnismu berkembang, atau risiko apa saja yang dapat muncul nantinya. Karenanya, enggak sedikit pengusaha dengan modal besar umumnya merekrut pakar untuk melakukan analisis pada bisnis yang akan mereka bangun.

Namun, bagi pengusaha pemula dan modal yang tidak terlalu besar, kamu tak perlu khawatir. Karena kamu bisa melakukan cara analisis peluang usaha sendiri dengan mengikuti beberapa langkahnya berikut ini.

Apa Itu Analisis Peluang Usaha?

Analisis peluang usaha merupakan sebuah kegiatan riset, perencanaan, menyusun prediksi, dan mengevaluasi kegaiatan usaha atau bisnis yang dijalankan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar potensi usaha akan berkembang di masa mendatang. Serta, dapat meminimalisir masalah dan kemungkinan buruk lainnya yang akan terjadi saat bisnis di jalankan.

Semua usaha pasti memiliki risiko dan kendalanya masing-masing. Namun, ketika kamu melakukan analisis usaha secara berkala, risiko yang terburuk pun akan dapat diminimalisir. Sehingga, dampaknya pada perusahaan tidak akan terlalu besar atau bahkan sampai menimbulkan kerugian.

Tak hanya itu, hasil dari analisis ini pun bisa kamu gunakan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Karena dalam prosesnya, kamu bisa mengenali apa saja keunggulan dari brand kosmetikmu, serta potensinya berkembang di pasaran.

Analisa peluang bisnis ini umumnya akan memberikan hasil yang lengkap dari semua aspek bisnis dan data yang dapat dipertanggungjawabkan. Mulai dari hal-hal internal, hingga yang berkaitan dengan factor eksternal.

Hal yang berkaitan dengan factor internal ini bisa berupa penentuan harga produk, modal awal pembelian bahan baku, kemasan, hingga proses produksi. Sementara factor eksternal berkaitan dengan strategi pemasaran, penjualan, saluran distribusi, dan banyak lainnya.

Cara Analisis Peluang Usaha untuk Brand Kosmetik

cara analisis peluang usaha

Telah disinggung sebelumnya, bahwa semua jenis bidang usaha haruslah menggunakan analisa bisnis sebelum benar-benar dijalankan. Begitu pula saat kamu akan membangun industri kosmetikmu dengan brand pribadi.

Analisis usaha ini sangat penting untuk kamu lakukan untuk membuat brand kosmetikmu bertahan di pasaran, memenangkan kompetisi pasar, hingga dapat melewati berbagai masa sulit ke depannya.

Terlebih, persaingan di pasar kosmetik Indonesia saat ini sangatlah kompetitif. Karenanya, akan sangat berisiko ketika kamu membuka usaha sejenis tapi tidak melakukan persiapan matang sedini mungkin.

Nah, lantas bagaimana cara analisis peluang usaha yang benar dan efektif untuk brand kosmetik? Simak langkahnya berikut ini, Beautypreneurs!

Menentukan Kelemahan dan Kekuatan Bisnis dengan Analisa SWOT

Cara analisis peluang usaha yang pertama dalah dengan menentukan kelemahan dan kekuatan bisnsi lewat analisis SWOT. Kamu pasti udah enggak asing dengan metode satu ini, bukan?

Well, Analisis SWOT merupakan metode atau alat analisis yang akan membantumu merinci apa saja kekuatan, kelemahan, hambatan, dan kesempatan dalam bisnismu nantinya. Tujuan analisis ini dilakukan untuk melihat apa saja potensi dan hambatan utama dari usahamu.

Ketika menganalisis kelemahan dan hambatan, kamu juga harus menyusun apa saja tindakan yang tepat untuk mengantisipasi kedua hal tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih siap ketika menjalankan brand kosmetikmu di pasaran.

Semua aspek ini umumnya tak sama pada tiap orang atau badan usaha, meskipun bentuk usahanya sama. Karena ada banyak factor eksternal dan internal yang berpengaruh.

Misalnya, ketika kamu akan membuat brand kosmetik dengan target pasar perempuan muda. Maka, kesempatan yang bisa kamu raih adalah memberikan produk dengan manfaat yang target pasamu butuhkan.

Namun, hambatannya karena enggak sedikit juga brand kosmetik menjual produk dengan konsep serupa. Sudah bisa dipastikan akan sulit buatmu untukmu bersaing dan muncul tiba-tiba di tengah pasar yang sudah padat.

Untuk mengatasinya, kamu harus bisa menyusun konsep produk yang lebih unik dan menarik agar dapat memikat target pasarmu.

Baca Juga: Analisa SWOT untuk Bisnis Kosmetik Beserta Contohnya

Antisipasi Kelemahan dan Ancaman dengan Berinovasi

Setelah melakukan analisis SWOT, kamu pasti menemukan banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis dengan brand kosmetikmu sendiri. Termasuk, apa saja rencana dan solusi yang tepat untuk mengatasi hambatan serta kelemahan yang kamu temukan sebelumnya.

Dalam industry kosmetik, tren berputar dengan cukup pesat. Namun, minat masyarakat hampir tetap bahkan kian meningkat. Ini merupakan peluang yang besar dalam bisnis, asal kamu juga bisa berpikir sama dinamisnya dengan tren kecantikan tersebut.

Untuk itu, saat menjalankan bisnis kosmetik penting sekali untuk selalu memberikan inovasi dan kreasi terbaru pada produk yang kamu buat. Baik dari bahan yang digunakan, tekstur produk, aroma, manfaat, hingga kemasan yang kamu gunakan pun harus dinamis.

Inovasi-inovasi ini bisa dibilang serupa dengan antisipasi perusahaan terhadap berabagai ancaman dan kelemahan yang ada. Sehingga, kedepannya, kamu bisa meminimalisir kemungkinan buruk dan mengubah kelemahan menjadi kesempatan.

Menentukan Segmentasi dan Target Pasar

Cara analisis peluang usaha untuk bisnis kosmetik selajutnya adalah menentukan segmentasi dan target pasar. Yap! Meskipun klaim produkmu bisa digunakan untuk semua kalangan, namun ada baiknya bila kamu memiliki target pasar khusus yang ingin diraih.

Pembuatan segmentasi dan target pasar ini diperlukan untuk membuat kegiatan promosi lebih focus dan efisien. Sehingga, tujuan utama dari kegiatan pemasaran ini akan dapat kamu raih. Misalnya untuk menaikkan branding produk ataupun meningkatkan penjualan.

Sebagai contoh, kamu membuat satu produk perawatan wajah (skincare) dengan berbagai kandungan yang aman buat kulit. Siapapun bisa menggunakan produk ini, baik dari remaja, perempuan dewasa, laki-laki atau perempuan.

Nah, tentu saja kamu tidak bisa menjangkau semua target pasar ini sekaligus. Karenanya, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu, siapa orang yang paling potensial untuk membeli dan menggunakan produkmu.

Baik dari jenis kelaminnya, usia, pekerjaan, hingga seberapa besar daya beli mereka terhadap produkmu. Dengan begitu, kamu bisa menyusun strategi pemasaran yang tepat dan dapat menjangkau konsumen paling potensial dari brand kosmetikmu.

Baca Juga: Cara Membuat Segmentasi Pasar untuk Bisnis Kosmetik yang Tepat

Menyusun dan Mengelola Anggaran Dana

Langkah selanjutnya dalam cara analisis peluang usaha adalah melakukan perencanaan anggaran dana. Baik dari proses sebelum produksi, hingga produk kosmetik yang kamu buat sampai ke tangan pelanggan.

Ketika akan meluncurkan brand kosmetik, biaya enggak hanya perlu kamu keluarkan untuk kebutuhan produksi. Tapi, juga untuk membangun awareness sebelum produk benar-benar diluncurkan di pasaran. Dengan begitu produkmu nantinya akan lebih mudah diterima dan dikenali oleh target konsumen.

Sementara itu, biaya untuk pembelian bahan baku, perekrutan tenaga ahli, hingga mesin-mesin produksi juga harus kamu pertimbangkan. Kalau dihitung-hitung, biaya yang kamu keluarkan akan cukup besar. Belum lagi kamu juga harus memikirkan biaya promosi dan pemasaran setelah produk diluncurkan.

Untungnya, Mash Moshem Indonesia bisa memberikan solusi paling ideal untukmu mengatasi masalah satu ini. Yap! Apalagi kalau bukan lewat jasa maklon kosmetik kami.

Tak hanya akan mempermudah langkahmu membuat produk kosmetik dengan brand sendiri. Kamu juga bisa memangkas biaya operasional dan produksi dalam jumlah lumayan signifikan.

Bagaimana tidak? Kamu enggak perlu membuat pabrik sendiri, memilih dan membeli bahan baku sendiri, atau merekrut tenaga formulator ahli secara langsung untuk membuat satu jenis produk saja.

Tak sampai separuh biaya yang kamu keluarkan untuk membangun pabrik sendiri, kamu bisa menciptakan berbagai produk kosmetik berkualitas dengan Mash Moshem Indonesia.

Enggak percaya? Langsung hubungi tim kami di sini!

Melakukan Promosi Terencana dan Efisien

Setelah menentukan segmentasi pasar, mengatur anggaran dana, maka langkah selanjutnya dalam cara analisis usaha adalah dengan melakukan promosi terencana dan efisien.

Merencanakan pemasaran dan promosi ini enggak bisa dilakukan sembarangan. Kamu harus menyusun strategi yang praktis dan dapat mencapai target pasar dengan tepat sasaran. Sehingga biaya yang kamu keluarkan nantinya tidak akan sia-sia.

Sebab, pada dasarnya semua kegiatan promosi ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan angka penjualan produk. Sehingga laba yang ditargetkan sebelumnya bisa diraih atau terlampaui.

Nah, jika promosi yang dilakukan tidak terarah dan efektif, maka hasil kerja keras dan modal yang kamu sisihkan untuk biaya promosi akan terbuang sia-sia.

Mengadakan Survey Pelanggan

Pelanggan atau konsumen adalah orang yang sangan penting untuk brand kosmetikmu. Karena, mereka inilah yang akan menggunakan produkmu setiap hari setelah melakukan pembelian.

Karenanya, tidak ada salahnya untukmu mengadakan survey pelanggan sebagai cara analisis peluang usaha yang kamu rintis. Pendapat dan testimoni mereka terhadap produkmu bisa menjadi data yang tepat untuk mengembangkan brand kosmetikmu.

Tak hanya itu, dengan memperhatikan pendapat pelanggan tentang produkmu, maka mereka akan merasa didengarkan. Kemudian, kepercayaan pelanggan secara otomatis akan terbentuk dan mereka tak segan untuk setia pada brand kosmetikmu.

Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Langkah terakhir dari cara analisis peluang usaha adalah evaluasi secara berkala. Ya, sederhananya, bagaimana kamu bisa tahu bahwa strategimu sebelumnya berjalan lancer bila tidak ada evaluasi secara rutin?

Kamu bisa mengadakan evaluasi ini tiap bulan, dengan meneliti semua aspek usaha. Mulai dari proses produksi barang, pemasaran, pengemasan, pengiriman, penjualan, hingga bagaimana tanggapan konsumen setelah mencoba produkmu.

Kritik dan saran dari pelanggan pun harus diperhatikan baik-baik. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan value dari brand kosmetikmu dan memberikan kesan positif di masyarakat.

Tujuan dan Manfaat Analisis Usaha untuk Brand Kosmetik

Sekilas cara analisis data yang telah disebutkan di atas terlihat cukup rumit dan panjang. Namun, kerumitan ini setimpal dengan manfaatnya untuk brand kosmetik yang kamu rintih.

Lantas apa sih sebenarnya tujuan dan manfaat analisis usaha untuk brand kosmetik? Simak poin-poinnya berikut ini!

Mengefisiensikan Anggaran

Manfaat pertama dengan menerapkan cara analisis peluang usaha di atas adalah kamu dapat mengefisiensikan anggaran bisnis.

Ini tentu menjadi poin yang sangat penting, mengingat saat baru pertama kali merintis usaha, modal yang kamu miliki pasti cukup terbatas. Sehingga penting untuk menggunakan analisis yang mampu membantumu memaksimalkan tiap uang yang akan kamu keluarkan nantinya.

Bahkan lewat cara ini kamu bisa memahami bagaimana perilaku konsumen dengan lebih baik. Termasuk mengantisipasi adanya perubahan kebutuhan, pun bisa mengatur strategi untuk memenangkan pasar.

Membantu Mengambil Keputusan Terbaik

Telah banyak dibicarakan sebelumnya, kalau analisis usaha ini bisa membantu mengenali apa kelebihan dan kelemahan bisnismu. Karenanya, akan semakin mudah juga untukmu mengambil keputusan terbaik untuk perusahaan di masa mendatang.

Meningkatkan Daya Saing Brand Kosmetik

Dengan mengetahui apa saja potensi, kelemahan, keunggulan, hingga hambatan yang muncul dalam bisnismu di masa mendatang. Kamu bisa menyusun strategi bisnis yang jauh lebih efisien dan futuristic.

Hal ini juga akan sangat membantumu untuk menciptakan produk berkualitas dan memiliki daya saing tinggi di pasaran.

Setelah mengetahui cara analisis peluang usaha di atas, kamu bisa menerapkannya di dalam brand kosmetik yang kamu miliki.

Sampai sini dulu tips bisnis kosmetik kali ini, see you!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment