Cara Promosi Menggunakan Top Ads di Tokopedia, Bikin Jualanmu Laris!

Tokopedia menjadi e-commerce yang paling banyak digunakan selama kuartal II tahun 2021 di Indonesia. Ini dikarenakan Tokopedia menyediakan berbagai produk secara lengkap dan memberikan promo menarik secara berkala untuk konsumen.

Karena minat pembeli untuk menggunakan Tokopedia besar, maka banyak penjual atau seller yang juga memperluas bisnis toko online mereka di E-commerce ini.

Selain memberikan banyak promo menguntungkan pada pembeli, Tokopedia juga menyediakan berbagai fitur penjualan yang sangat membantu para seller. Salah satunya dengan memberikan layanan Top Ads.

Well, apakah kamu sudah pernah dengar soal Top Ads?

FYI nih, Top Ads adalah fitur promosi/periklanan yang disesiakan oleh Tokopedia untuk para penjual dan seller mereka. Tujuannya, agar produk ataupun toko mereka lebih mudah ditemukan oleh para pembeli, meningkatkan penjualan, sampai mendukung toko-toko kecil untuk berkembang.

Nah, sebagai seller aktif Tokopedia, kamu pasti juga penasaran dong apa aja manfaat dan cara iklan di Tokopedia ini?

Biar enggak ketinggalan, baca artikel ini sampai habis, yuk!

Keuntungan Menggunakan Top Ads untuk Seller Tokopedia

Sebelum membahas biaya dan cara iklan di Tokopedia menggunakan fitur Top Ads, kamu perlu tahu apa saja keuntungan yang akan kamu dapatkan sebagai seller.

Secara garis besar, berikut beberapa keuntungan memasang Top Ads untuk mendukung jualanmu di Tokopedia. Cuss… baca yuk!

Produk dan Toko Lebih Mudah Ditemukan oleh Konsumen

Salah satu keuntungan menggunakan Top Ads adalah memudahkan konsumen untuk menemukan produk maupun toko online kamu di Tokopedia.

Sebab, dengan menggunakan fitur ini, iklan akan muncul di bagian-bagian strategis Tokopedia. Yakni pada halaman beranda, halaman produk atau toko favorit, hingga pada halaman kategori produk.

Halaman Beranda Tokopedia

Iklan TopAds diletakkan pada halaman beranda atau halaman awal saat kamu membuka Tokopedia. Dalam area ini memungkinkan visibilitas iklan terlihat dengan sangat baik.

Sehingga akan semakin besar pula kemungkinan produk yang diiklankan tersebut untuk dilihat dan menjadi pusat perhatian konsumen.

Halaman Favorit Tokopedia

Peletakan Iklan TopAds ini pun ada di halaman favorit Tokopedia, yang tentu saja akan dikunjungi oleh banyak pelanggan. Bahkan, orang yang mengunjungi halaman ini lebih besar potensinya dalam melakukan transaksi.

Bayangkan, jika kamu juga memasang iklan pada halaman ini, maka besar kemungkinan produkmu mendapat perhatian dari pelanggan. Sehingga akan membantu meningkatkan pembelian produk tersebut.

Halaman Kategori Produk

Selanjutnya, iklan TopAds ini juga memungkinkan produk akan ditampilkan pada halaman Kategori Produk. Di mana banyak diakses oleh pembeli yang sebelumnya telah memilih kategori produk yang mereka inginkan.

Dengan kata lain, pembeli memang telah berencana untuk mencari produk terbaik dan siap untuk melakukan transaksi.

Karena itu, ketika kamu memasang iklan pada halaman ini diharapkan penjualan akan meningkat, dan banyak pembeli yang mengetahui soal produk atau toko kamu.

Memberikan Informasi Mengenai Produk atau Toko

Keuntungan memasang iklan Top Ads selanjutnya adalah mampu memberikan informasi mengenai produk atau toko online kamu kepada pengguna Tokopedia.

Informasi mengenai produk ini bisa berupaa identitas produk, harganya, merk-nya, dan lain sebagainya. Kamu bisa menempatkan informasi paling relevan, menarik, dan menjual pada halaman di mana iklan akan ditayangkan.

Meningkatkan Branding Bisnis Kamu

Melakukan promosi dengan maksimal merupakan hal yang sangat penting dilakukan, dengan begitu kamu bisa meningkatkan branding bisnis dan daya saing dari usaha yang kamu miliki.

Nah, dengan menggunakan TopAds ini kamu bisa membuat produkmu lebih mudah ditemukan dan tampil di halaman depan e-commerce ini.

Menarik Perhatian Calon Pembeli

Penggunaan iklan ini pada dasarnya bersifat untuk menarik perhatian dan membujuk calon pembeli untuk melakukan pembelian. Karena itu, iklan sangat direkomendasikan bagi kamu yang baru saja terjun di Tokopedia agar konsumen lebih aware terhadap produkmu.

Kamu enggak perlu khawatir soal biaya, karena TopAds pun menyajikan fitur promosi dengan modal rendah atau bahkan sama sekali tanpa modal, lho. Menarik, bukan?

Meminimalisir Menurunnya Penjualan Produk

Iklan produk biasanya digunakan untuk meningkatkan penjualan atau mencegah suatu produk tidak terbeli sama sekali. Keuntungan inilah yang juga akan kamu dapatkan dengan menggunakan Top Ads di Tokopedia.

Kamu bisa mengiklankan produk inovasi baru dari brandmu, produk yang mungkin kurang laku, dan beberapa produk yang ingin kamu highlight di tokomu.

Dengan begitu, masyarakat akan jadi lebih tahu dan tertarik dengan produk yang kamu tawarkan di Tokopedia.

Memberikan Nilai Tambah pada Bisnismu

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan fitur Top Ads adalah nilai lebih pada bisnis. Yap! Iklan yang efektif dan tepat sasaran akan menambah nilai lebih suatu produk atau merk tertentu.

Misalnya, bisa membuat produk terkesan formal, asli, dapat dipercaya, dan berkualitas baik. Secara keseluruhannya, toko online yang kamu miliki bisa memberikan jaminan dan kenyamanan transaksi kepada konsumen.

Jenis-jenis Fitur Top Ads Tokopedia

Keunggulan lain dari fitur Top Ads adalah jenis atau kategori iklannya yang beragam. Kamu bisa menyesuaikan jenis fitur Top Ads sesuai dengan kebutuhan kamu.

Lantas apa saja jenis iklan di Tokopedia yang bisa kamu coba? Simak daftarnya berikut ini!

Iklan Produk

Jenis iklan yang pertama adalah iklan produk. Yap! Sama seperti namanya, jenis iklan ini dibuat untuk membantu produk yang kamu promosikan untuk naik di halaman atas mesin pencarian Tokopedia.

Tujuannya, target pasar akan lebih aware dengan produk yang kamu jual, karena produk juga lebih mudah dijangkau.

Nah, di mana saja iklan produk Tokopedia ini muncul?

Iklan produk Tokopedia muncul di banyak placement sekaligus, menarik kan? Bisa di halaman pencarian, yang direkomendasikan, hingga beranda depan.

Penayangan iklan ini pun bisa ditentukan oleh banyak faktor, termasuk keyword yang digunakan oleh konsumen, nama dan deskripsi produk yang diklankan, dan masih banyak lainnya.

Kamu bisa mencari tahu informasi lengkap soal cara iklan produk Tokopedia di sini.

Iklan Kata Kunci

Jenis Iklan Tokopedia yang selanjutnya adalah iklan kata kunci. Iklan Kata Kunci di Tokopedia ini berfungsi untuk membantu mendukung kemunculan produk maupun toko kamu lewat kata kunci pencarian yang digunakan oleh pengguna.

Ini tentunya sangat membantu, mengingat ketika mengatur nama produk dan nama toko ada jumlah batasan karakter. Sementara ketika mencari suatu produk, pengguna bisa memasukkan banyak kata kunci berlainan.

Nah, karenanya ketika menggunakan Iklan Kata Kunci Tokopedia, kamu bisa mengoptimalkan iklan produk tanpa mengubah deskripsi dan nama tampilan dari produk yang kamu jual.

Iklan Toko / Iklan Headline Tokopedia

Jenis lainnya dalam iklan Tokopedia adalah Iklan Toko atau yang juga dikenal dengan Iklan Headline. Termasuk jadi yang paling mudah dipahami, Iklan Toko memiliki penempatan yang lebih spesifik daripada Iklan Produk dan Iklan Kata Kunci.

Yap! Jenis iklan ini akan terpampang sebagai banner teratas yang ada di halaman pencarian. Sementara itu gambar-gambar produk yang diiklankan akan turut dicantumkan dalam banner tersebut, bukan lagi berupa katalog dalam hasil pencarian.

Nah, selain ketiga iklannyang telah disebutkan di atas, iklan di Tokopedia juga bisa dibedakan dari sistem pembuatannya, yakni iklan otomatis dan iklan manual.

Iklan Otomatis Tokopedia

Kalau kamu sudah pernah mencoba Iklan Produk dan Iklan Kata Kunci, kamu tentu tidak asing lagi dengan pilihan Iklan Otomatis di Tokopedia.

Yang dimaksudkan dnegan Iklan Otomatis ini adalah inovasi yang diberikan oleh Tokopedia, agar seller bisa mengatur iklan dengan lebih praktis dan mudah.

Dalam jenis iklan ini, kamu hanya perlu memasukkan jumlah anggaran yang kamu inginkan. Selanjutnya, sistem dari Tokopedia akan mengatur secara otomatis tiap detail yang dibutuhkan dalam kampanye tersebut.

Mulai dari berapa besaran iklan bidding-nya, seberapa besar suatu iklan tersebut akan mendapatkan anggaran total, hingga produk mana yang akan diiklankan.

Kekurangannya, kamu enggak bisa mengatur campaign atau iklan ini secara spesifik. Karena begitu diaktifkan, Iklan Otomatis Tokopedia akan berjalan sesuai dengan pengaturan sistem.

Iklan Tanpa Modal

Jenis iklan yang akan dibahas selanjutnya adalah iklan tanpa modal. Apakah kamu pernah dengar sebelumnya?

Well, iklan tanpa modal merupakan satu tipe iklan baru di Tokopedia yang mungkin enggak semua toko bisa mencoba fitur ini.

Sistem iklan tanpa modal ini merupakan jenis iklan yang sangat menguntungkan bagi seller baru, karena kamu tidak perlu membayar iklan yang tidak berhasil. Artinya, biaya iklan ini akan dikenakan pada jumlah produk (yang dipromosikan) yang berhasil dijual.

Cara Iklan di Tokopedia dengan Top Ads

Nah, setelah melihat berbagai keuntungan dan jenis iklan di Tokopedia yang telah dijelaskan sebelumnya. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan cara iklan di Tokopedia untuk menaikkan penghasilan toko online milikmu?

Well, sebenarnya cara iklan di Tokopedia sangatlah beragam, bergantung dari jenis iklan yang akan kamu gunakan nantinya. Namun secara umum, kamu bisa mengikuti cara iklan di Tokopedia berikut ini!

  1. Masuk ke halaman Seller Tokopedia, dan Log In ke akun toko yang kamu miliki.
  2. Pilih menu Tambah Promo, untuk membuat draft kampanye baru.
  3. Pilih produk yang akan dikampanyekan, dengan klik Produk.
  4. Buat group / kategori produk, kemudian kamu bisa mengatur penempatan iklan yang kamu buat.
  5. Kalau sebelumnya telah ada grup dengan jenis kategori produk serupa dengan iklan ini, kamu bisa memasukkannya pada grup lama.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment