Cocok Buat Pemula, Ini Cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memasang iklan produk maupun bisnis milikmu di Toko. Selain menaikkan daya saing, juga membuat produk lebih mudah ditemukan dan dikenali oleh pembeli.

Sayangnya, enggak semua orang memiliki budget besar untuk menganggarkan kegiatan iklan ini. Termasuk bagi seller yang baru memulai lapak mereka di Tokopedia.

Kabar baiknya, Tokopedia menyediakan fitur Iklan Tanpa Modal. Sesuai namanya, fitur ini tidak memungut biaya apapun alias gratis. Menarik bukan?

Cara iklan gratis di Tokopedia ini juga dibuat dengan sederhana, sehingga seller dapat mengakses dan membuat campaign dengan cukup mudah, lho.

Lantas bagaimana cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia ini? Lalu apa manfaatnya untuk bisnis online yang kamu miliki?

Langsung baca ulasan ini sampai habis, biar kamu tahu apa saja keuntungan dan cara iklan Tanpa Modal di Tokopedia!

Cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia

Mendengar ulasan singkat di atas, kamu mungkin enggak sabar ingin segera menggunakan cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia bukan?

Well, kamu enggak perlu khawatir, lho! Karena caranya bisa dengan mudah kamu ikuti. Yuk, simak baik-baik!

Masuk Ke Halaman Seller Tokopedia

Langkah pertama dalam cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia adalah dengan masuk ke halaman Seller Tokopedia. Setelah itu, kamu akan langsung masuk ke akun seller milikmu.

Kalau sudah, kamu bisa memilih Iklan dan Promosi, kemudian klik menu TopAds.

Mulai Buat Iklan Tanpa Modal

Kalau sudah, kamu akan dialihkan secara otomatis pada laman TopAds. Untuk memulai pembuatan iklan, kamu bisa memilih pilihan Mulai Beriklan.

Setelah itu, akan muncul beberapa pop up jenis-jenis iklan yang ada di Tokopedia, kamu hanya perlu klik menu Mulai IKlan Tanpa Modal.

Pilih Produk yang Akan Diiklankan

Langkah selanjutnya adalah memilih produk yang akan kamu tampilkan atau iklankan. Sebagai catatan, ada baiknya kamu memilih produk yang memiliki minat paling banya, atau mendapatkan rating dan komentar baik dari pengguna.

Setelah itu, kamu bisa mengisi kolom informasi untuk tiap produk yang kamu inginkan. Kalau sudah, kamu bisa langsung klik pilihan Iklankan.

Menunggu Proses Seleksi Iklan Tanpa Modal

Tak seperti iklan berbayar di TopAds lainnya, Iklan Tanpa Modal ini enggak bisa muncul langsung ketika kamu meng-klik Iklankan.

Karena sifatnya gratis alias tanpa modal, maka Tokopedia juga memberlakukan beberapa syarat untuk iklan yang diajukan oleh para Seller.

Untuk itu cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia selanjutnya adalah dengan menunggu proses dan hasil seleksi dari pihak Tokopedia. Seleksi ini memiliki durasi antara satu hingga tujuh hari kerja.

Kalau ternyata iklan tersebut disetujui, maka akan langsung ditayangkan. Namun, jika sebaliknya, kamu tidak perlu berkecil hati. Karena Tokopedia biasanya melampirkan alasan mengapa pengajuan Iklan Tanpa Modal tersebut ditolak.

Hal yang Harus Diperhatikan Agar Iklan Lolos Seleksi

Setelah mengetahui apa saja langkah cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia, kamu pasti setuju kalau iklan ini mudah dibuat. Namun, hasil seleksi penerimaan oleh Tokopedia sangat tidak bisa ditebak.

Untuk meningkatkan kemungkinan pengajuan Iklan Tanpa Modal yang kamu buat diterima, maka kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Jenis Produk yang Diiklankan

Hal yang harus diperhatikan ketika akan mendaftar Iklan Tanpa Modal di Tokopedia adalah jenis produk yang diiklankan. Dalam hal ini, kamu harus memastikan bahwa produk yang diiklankan adalah produk fisik, bukan jasa.

Kamu pun harus dapat memastikan bahwa produk yang kamu jual ini tidak termasuk produk dalam kategori spam, atau mengandung unsur SARA. Selain itu, kamu juga enggak boleh mengajukan Iklan Tanpa Modal pada produk yang sedang dalam proses iklan lain di TopAds.

Tak hanya itu, kamu juga harus bisa menjamin keaslian produk yang kamu jual. Misalnya, jika kamu menjual produk kosmetik di Tokopedia. Maka pastikan produk tersebut telah terdaftar Badan POM dan asli.

Sesuaikan Nama Produk dengan Aturan Tokopedia

Nama produk ini merupakan hal yang sangat penting, karena sebelum memnaca deskripsi, audience akan melihat nama produk terlebih dahulu,

Karenanya, kamu harus mengoptimalkan penamaan produk ini dengan sejelas dan semenarik mungkin. Nama, deskripsi, dan gambar produk pun harus menyesuaikan rumus penamaan di Tokopeida, lho. Yakni jenis produk apa yang dijual, merknya apa, juga keterangan tambahan yang relevan.

Berikan Harga Produk yang Kompetitif

Ketika telah menyesuaikan nama produk dan jenis produk yang akan diiklankan dengan standar Tokopedia. Maka, langkah selanjutnya agar cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia yang kamu ajukan diterima dengan mudah adalah dengan memberikan harga produk yang kompetitif.

Seperti yang kamu tahu, ada banyak usaha online yang membuka lapak di Tokopedia. Dan enggak menutup kemungkinan, bahwa beberapa usaha itu barang kali memiliki kemiripan dengan toko online yang kamu rintis.

Karenanya, untuk memenangkan persaingan pasar, kamu juga perlu memberikan harga produk yang kompetitif. Namun, usahakan harga ini masih dalam tahap wajar ya, Guys!

Selain mencegah adanya kerugian karena pemberian harga yang terlalu murah, harga yang kamu patok ini pun akan menjadi pertimbangan dari pihak Tokopedia untuk meloloskan pengajuan Iklan Tanpa Modal yang kamu daftarkan.

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Jual Produk Kosmetik dan Menghitung Laba

Foto Produk Harus Jelas dan Menarik

Dalam bisnis online apapun, foto produk memegang peranan penting untuk menentukan keberhasilan iklan yang dibuat. Bahkan, dalam cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia pun, aspek ini menjadi pertimbangan untuk meloloskan pengajuanmu, lho.

Untuk itu pastikan foto produk yang kamu cantumkan ini jelas dan asli, ya. Pilih foto produk dengan kualitas tinggi, sehingga dapat menarik perhatian pengguna Tokopedia.

Membuat foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi tentu bukanlah perkara yang mudah. Setidaknya kamu perlu memperhatikan sudut pengambilan gambar, pencahayaan, juga memperhatikan kualitas kamera yang digunakan.

Nah, untungnya ketika membuat kosmetik bersama Mash Moshem Indoensia kamu bisa mendapatkan pelayanan pembuatan foto dan video produk, lho!

Kami memiliki tim multimedia yang bisa membantumu membuat desain media promosi online yang kamu butuhkan. Tak hanya foto produk atau video promosi, kami juga akan menyusun brosur, katalog, hingga FAQ.

Selain itu, karena tim kami terdiri dari anak muda yang kreatif, kami sangat memahami tren desain yang sekarang digandrungi dan dapat menciptakan foto produk yang atraktif, serta berkelas buatmu.

Wah, menarik bukan? Kamu bisa langsung menghubungi tim marketing kami untuk mengonsultasikan pembuatan produk kosmetik impianmu, serta dapatkan banyak fasilitas menguntungkan lainnya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading
cara membuat video company profile yang menarik (1)

Tips Dan Cara Membuat Video Company Profile Kreatif untuk Brand Kosmetimu!

Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia terbilang sangat pesat. Selain menunjukkan antusiasme masyarakat yang positif, harus diakui ini juga menyebabkan persaingan di pasar kosmetik Indonesia juga semakin ketat. Terlebih, enggak hanya bersaing dengan brand kosmetik lokal, kamu juga harus berhadapan...

Continue Reading

Leave a Comment