Cara Mengaktifkan Fitur Flash Sale Tokopedia, Mudah dan Menguntungkan!

Siapa sih yang enggak pingin bisnisnya berjalan lancar dan menghasilkan penjualan besar? Yap! Dengan cara mengaktifkan fitur flash sale di Tokopedia, kesempatan meramaikan toko online-mu juga akan terbuka lebar.

Bisnis online lewat e-commerce memang cukup menjanjikan, termasuk ketika membuat toko online di Tokopedia. Dengan pengguna yang besar, kamu berkemungkinan dapat menjangkau pasar lebih luas dengan berbisnis di platform ini.

Namun, tentu saja sebagai pebisnis kamu enggak boleh meremehkan situasi apapun, termasuk adanya persaingan pasar Tokopedia.

Ya, tak hanya ramai dikunjungi pembeli, Tokopedia juga dimanfaatkan oleh ratusan pebisnis lainnya untuk memasarkan jualan mereka. Nah, enggak menutup kemungkinan, kompetitormu juga ada di dalamnya.

Well, salah satu upaya untuk membuat tokomu tetap bersaing dan bisa meningkatkan pendapatan adalah dengan menggunakan fitur-fitur khusus dari Tokopedia. Misalnya dengan mengaktifkan dan turut dalam even flash sale.

Bagaimana caranya? Langsung simak ulasan berikut ini sampai habis ya, Ladies!

Apa itu Flash Sale Tokopedia?

Sebelum membahas bagaimana cara mengaktifkan fitur flash sale di Tokopedia, kamu perlu tahu bagaimana even ini bekerja terlebih dahulu.

Flash sale Tokopedia merupakan salah satu bentuk campaign yang dibuat oleh e-commerce ini untuk penjualnya, di mana para seller yang bergabung dapat memberikan diskon atau potongan harga kepada pembeli. Tentu even ini memiliki jangka waktu tertentu yang telah diatur oleh Tokopedia sebelumnya.

Ketika mengikuti even ini maka produkmu akan memiliki kesempatan muncul pada halaman utama Tokopedia. Sehingga memungkinkan dilihat oleh banyak calon pembeli, sederhananya ini bisa jadi ajang promosi terbaik untuk toko dan produkmu.

Tak hanya itu, lewat event ini kamu bisa meningkatkan skor produk dan poin reputasi toko lewat ulasan pembeli yang telah melakukan transaksi.

Kini flash sale Tokopedia tampil dua jam sekali, dalam rentang pukul 08.00-00.00 WIB pada setiap hari. Salah satu jenis flash sale yang kerap diadakan oleh Tokopedia adalah Kejar Diskon.

Cara Daftar Flash Sale Tokopedia untuk Seller

Beautypreneurs, kamu enggak perlu khawatir kesulitan dalam mengaktifkan atau mengikuti flash sale Tokopedia. Karena cara daftar flash sale Tokopedia untuk seller ini sangat mudah, lho!

Gimana caranya? Simak langkahnya berikut ini, ya!

  1. Masuk ke akun penjual. Langkah pertama cara daftar flash sale Tokopedia untuk seller adalah dengan masuk ke akun penjual, baik dari Website maupun aplikasi mobile.
  2. Selanjutnya buka menu Pesan/Inbox, yang memiliki ikon amplop.
  3. Selanjutnya pilih Chat, kemudian cari dan buka pesan yang dikirim oleh official Tokopedia Seller. Carilah pesan yang berisi undangan untuk mengikuti event flash sale Tokopedia.
  4. Cara daftar flash sale Tokopedia selanjutnya adalah mengklik pilihan Cek Sekarang atau Daftar Sekarang, yang ada dalam isi pesan sebelumnya.
  5. Lanjutkan cara daftar flash sale Tokopedia dengan mengisi halaman formulir yang otomatis muncul pada tab/hakaman baru. Kamu akan diminta untuk melengkapi data diri, link halaman toko online milikmu, kategori dan nama produk jualan, harga asli, harga setelah diskon, stok, dan banyak lainnya.
  6. Pastikan data yang telah kamu masukkan benar dan akurat. Kamu bisa langsung klik Submit untuk mengirim formulir tersebut.
  7. Selesai. Cara daftar flash sale di Tokopedia telah selesai kamu lakukan. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu pemberitahuan dan konfirmasui selanjutnya mengenai keterlibatanmu dalam flash sale dari pihak Tokopedia.

Pada tahap ini kamu masih belum terkategori lolos, atau masih dalam tahap pengajuan atau pendaftaran saja. Barulah ketika kamu mendapatkan pesan konfirmasi dari Tokopedia, maka kamu benar-benar bisa mengikuti flash sale yang akan datang secara otomatis.

Tips Pilih Produk Agar Flash Sale Kian Optimal

Setelah mengetahui bagaimana cara daftar flash sale di Tokopedia, kamu pasti udah enggak sabar ingin menggunakannya pada toko online-mu.

Nah, untuk membuat flash sale ini bisa memberikan dampak optimal untuk tokomu. Simak beberapa tips memilih produk agar flash sale kian maksimal.

Pilih Produk Sesuai dengan Kriteria

Pertama, ketika akan mengikuti flash sale penting untukmu memastikan produk mana yang akan kamu pajang. Misalnya, pilih produk yang paling banyak dicari oleh pembeli, memiliki ulasan yang baik, original, new arrival, hingga produk musiman.

Sesuaikan juga produk yang akan kamu daftarkan ini dengan tema flash sale. Misal, jika menyambut hari raya usahakan untuk menual produk sesuai kategori tersebut. Seperti kosmetik halal, make up yang cocok digunakan untuk acara silaturahmi dan lain sebagainya.

Pastikan Kamu Memiliki Foto Produk yang Menarik

Langkah selanjutnya adalah memastikan kalau kamu memiliki foto produk yang menarik. Usahakan foto ini bisa memberi gambaran yang jelas dan menggoda untuk konsumen.

Ingat, selain nama produk, foto menjadi salah satu aspek yang pertama kali dilihat dan dinilai oleh konsumen. Jadi kamu enggak boleh asal menempelkan foto produk, karena sangat berpengaruh pada keputusan konsumen dalam membeli produk.

Pastikan Ketersediaan Produk yang Didaftarkan di Flash Sale

Ketika melakukan flash sale, biasanya produk akan terjual dengan cepat. Apalagi jika diskon yang diberikan cukup besar, hingga produk yang ditawarkan juga banyak dicari masyarakat.

Karenanya, kamu harus memastikan bahwa stok produk tersebut cukup dan SKU produk yang terdaftar berada dalam kondisi aktif. Jumlahnya pun harus sesuai dengan standar minimal stok, sama dengan yang tertera pada halaman Flash Sale Tokopedia.

Tak hanya itu, sebaiknya hindari mendaftarkan produk serupa dalam satu periode flash sale Tokopedia terlalu sering. Perhatikan juga, bahwa minimum pembelian per produk yang kamu daftarkan nantinya adalah satu unit barang.

Berikan Potongan Harga yang Kompetitif

Langkah selanjutnya adalah memberikan potongan harga yang kompetitif. Hal ini penting untuk menarik lebih banyak minat konsumen, apalagi jika ada kompetitor yang juga memasang produk serupa pada satu event flash sale.

Meski begitu, melansir dari laman Website Tokopedia, kamu juga harus memperhatikan beberapa kriteria memberi diskon berikut ini:

  1. Pastikan harga akhir produk harus lebih rendah dari harga terendah produk sejenisnya.
  2. Nilai minimum potongan harga pun harus kamu sesuaikan dengan kategori yang ditetapkan.
  3. Kamu juga enggak boleh menaikkan harga awal/asli produk.
  4. Penjual juga tidak diperkenankan mengubah harga akhir agar lebih rendah dari harga yang telah diajukan sebelumnya.

Keuntungan Mengikuti Flash Sale Tokopedia untuk Seller

Beautypeneurs, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti Flash Sale Tokopedia, lho. Apa aja? Simak daftarnya berikut ini, ya!

Penjualan Meningkat

Melansir dari website Tokopedia, produk yang didaftarkan dalam flash sale ekslusif ini bisa laku sebanyak 50% bisa laku terjual. Hal ini membuktikan bahwa program flash sale ini mendapatkan respon yang baik dari konsumen.

Wajar saja, karena barang/produk tersebut selain paling laris harga yang ditawarkan di bawah nomal alias sudah ada diskon atau potongan.

Produk Berada di Halaman Utama

Keuntungan selanjutnya adalah produk yang akan kamu ikutkan di flash sale akan ditampilkan pada produk berada di halaman utama. Sehingga kemungkinan terlihat oleh para pengguna pun akan jadi lebih tinggi.

Tak hanya itu, harga diskon yang menarik pun akan membuat konsumen semakin tertarik untuk meng-klik penawaran dan melakukan pembelian.

Efektif Untuk Promosi Produk

Tak hanya produk terlaris saja yang dapat kamu masukkan ke Flash Sale. Melainkan produk unggulan dengan stok tinggi juga bisa kamu daftarkan pada event ini, lho.

Selain itu produk baru dan produk dengan stok besar juga bisa kamu daftarkan dalam flash sale. Sehingga konsumen akan lebih aware dan mengetahui product tersebut.

Meningkatkan Skor Produk

Ketika banyak penjualan produk yang mendapatkan pelayanan baik dan memuaskan. Maka pembeli senantiasa memberikan penilaian/review dengan rating yang tinggi dan komentar positif.

Hal ini bisa membantu meningkatkan skor produk dan toko online-mu. Yang mana, jika semakin tinggi maka akan berpengaruh besar terhadap kepercayaan konsumen mengenai produk dan toko-mu.

Meningkatkan Reputasi Toko Online-mu

Reputasi toko menjadi salah satu factor pengguna melakukan pembelian produk. Saat mengikuti Flash Sale, kamu dapat meningkatkan reputasi tokomu menjadi lebih baik. Karena trafik, jumlah kunjungan, review, dan penjualan produk pun akan mengalami peningkatan.

Ketahui juga: Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula Serta Tips Agar Cepat Balik Modal!

Syarat dan Ketentuan Daftar Flash Sale Tokopedia untuk Seller

Beautypreneurs, seperti halnya event lainnya di Tokopedia. Tentu ada berbagai syarat dan ketentuan yang harus kamu patuhi.

Apa saja syarat dan ketentuan yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini!

Flash Sale Tokopedia Hanya untuk Seller Tertentu

Meski kamu ingin segera mendaftarkan produkmu pada event ini, pada dasarnya flash sale Tokopedia hanya dapat diikuti oleh seller yang telah mendapatkan undangan.

Karenanya pada cara daftar flash sale Tokopedia sebelumnya, kamu harus masuk ke menu Inbox atau Kotak Masuk untuk mencari pesan/undangan mengikuti flash sale.

Tiap Penjual Hanya Boleh Mendaftarkan Satu Produk

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah persayaratan pendaftaran produk. Di mana untuk mengikuti flash sale Tokopedia ini Seller hanya boleh mendaftarkan satu produk mereka saja.

Meski produk yang kamu tawarkan ini memiliki banyak peminat, berkualitas dan bermutu tinggi, tetap saja kamu hanya bisa mengajukan satu jenis barang.

Akantetapi pengaturan ini juga tidak merugikan buatmu. Asal kamu bisa memilih produk yang tepat dan menerapkan diskon harga yang kompetitif. Maka calon pembeli akan menjadi lebih tertarik dengan penawaranmu di halaman flash sale.

Selain penasaran dengan produk yang terpampang di halaman flash sale. Rasa penasaran mereka pun bisa membuat konsumen lanjut mengunjungi halaman toko online-mu dan melihat berbagai produk yang kamu tawarkan.

Perhatikan Batas Maksimal Stok dan Harga Produk

Batas maksimal stok produk yang dipajang pada flash sale pun telah ditentukan sesuai aturan Tokopedia.

Misalnya, jika harga produk kurang dari Rp 1 juta, maka batas maksimalnya adalah 10 unit. Sementara bila harga berada pada rentang lebih dari atau sama dengan Rp 1 juta, maka batas maksimal stoknya adalah 5 unit.

Sebenarnya, kamu juga bisa mengubah persediaan produk di sistem Tokopedia sesuai keinginan. Namun, ada baiknya untukmu mempertimbangkan besaran stok yang kamu miliki, keuntungannya, juga kemampuanmu untuk melayani pembelian.

Jangan sampai karena pembelian yang terlalu besar malah membuat pelayanan tokomu kurang maksimal, stok tidak terkontrol, dan malah membawa kerugian.

Besaran Jumlah Diskon (%) yang Diberikan

Untuk menentukan besaran jumlah diskon pada produkmu, sistem Tokopedia pun memiliki jumlah minimal sebagai aturannya. Diskon tersebut minimal 10% atau paling tidak sebesar Rp 10 ribu.

Dengan catatan, kamu tidak melakukan mark up harga (menaikkan) dari harga barang yang sebenarnya. Jika sistem Tokopedia menemukan adanya kecurangan, pihak Tokopedia tidak akan segan-segan untuk memberikan sanksi atau tindakan tegas lainnya.

Kamu juga harus dapat menjamin bahwa harga akhir produkmu (setelah mendapat diskon), merupakan harga yang ada di bawah standar pasaran. Sehingga pembeli tidak akan merasa tertipu ketika membeli produk pada event flash sale.

Perhatikan Batas Kedaluarsa Produk

Persyratan selanjutnya adalah memperhatikan batas kedaluarsa produk. Langkah ini sangat penting untuk kamu pertimbangkan apalagi jika produkmu memiliki masa kedaluarsa, seperti kosmetika, makanan, obat-obatan, dan banyak lainnya.

Dalam aturan Tokopedia, produk yang bisa kamu masukkan ke dalam flash sale haruslah memiliki masa kedaluarsa minimal 30 hari. Terhitung dari waktu kamu melakukan produk kamu muncul di halaman Flash Sale Tokopedia.

Selain itu, untuk kosmetika, kamu pun perlu melengkapi perizinan edar produk dari BPOM sebagai cara mengikuti flash sale Tokopedia.

Penuhi Standar Foto Produk yang Ditentukan

Tak hanya kualitas produk, jumlah dan harganya. Tokopedia pun memberikan standar khusus untuk foto produk yang akan kamu pajang di Flash Sale.

Ketika kamu mengikuti program promosi besar-besaran ini, penting untuk memilih gambar atau foto produk yang jernih dengan latar putih. Selain itu, gambar yang ada pun tidak boleh kamu gunakan adalah yang memuat wartermark atau tanda apapun, hanya boleh foto produk saja.

Nah, tahukah kamu kalau maklon di Mash Moshem Indonesia tak hanya membantumu menciptakan produk kosmetik unggulan. Kami pun menyediakan layanan aftersales untuk membuat media promosi, termasuk foto produk.

Foto produk yang kami buatkan untukmu sudah pasti berkualitas tinggi, menarik, dan kreatif. Enggak percaya? Datang dan buktikan sendiri!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment