Kandungan Bisabolol dalam Skin Care, Apa Saja Manfaat da Efek Sampingnya untuk Kulit?

manfaat bisabolol untuk kecantikan (1)

Saat memilih produk perawatan kulit tentu hal pertama yang harus kita pertimbangkan adalah kandungan yang ada di dalamnya. Namun, saat melihat kemasan skin care ini kamu pasti menemukan kata-kata asing yang panjang dan membingungkan. Misalnya kandungan Bisabolol dalam skin care.

Kandungan ini sebenarnya cukup popular di industry kecantikan sejak tahun 2021 akhir hingga sekarang.  Memang apa, sih, yang membuat kandungan bisa bolol dalam skincare begitu istimewa dan patut untuk kamu pertimbangkan?

Bisabolol adalah bahan perawatan kulit yang umum karena kualitas anti-inflamasi, anti-penuaan, dan anti-mikrobanya. Faktanya, karena sifat menenangkan ini, bisabolol menjadi bahan pokok dalam berbagai produk perawatan kulit.

Nah, Ladies, kamu perlu mempelajari semua hal tentang kandungan bisabolol dalam skincare. Baik itu manfaatnya untuk kulit wajahmu, cara penggunaannya yang tepat, hingga efek samping apa saja yang bisa muncul.

Penasaran dengan kandungan bisabolol dalam skincare? Baca terus ulasan ini sampai habis!

Apa Itu Kandungan Bisabolol dalam Skincare?

Bisabolol, yang juga dikenal sebagai alpha bisabolol atau a-bisabolol, adalah bahan aktif dalam chamomile. Minyak ini diekstraksi dari chamomile—khususnya chamomile Jerman—dan umumnya digunakan dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi.

Karena bisabolol berasal dari chamomile, ia memiliki banyak kualitas yang sama, termasuk membantu peradangan. Bahan ini pun memiliki aroma bunga yang ringan, yang merupakan salah satu alasan digunakan di banyak produk kosmetik dan perawatan kulit.

Selain chamomile, bisabolol juga dapat ditemukan pada tanaman dan pohon tertentu. Sementara bisabolol bisa diambil langsung dari sumbernya, bisa juga dibuat ulang di laboratorium, jadi tidak ada yang harus diambil dari lingkungan.

Nilai lebih dari kandungan bisabolol dalam skincare adalah klaim penggunaannya yang aman. Karena tidak seperti banyak bahan kimia yang digunakan dalam produk perawatan kulit dan pribadi kita, bisabolol adalah minyak alami.

Selain itu, umumnya penggunaan bisabolol dalam produk perawatan kulit pun memiliki konsentrasi yang rendah. Secara umum, bisabolol dapat dikombinasikan dengan aman dengan sebagian besar bahan lainnya.

Perhatikan bahwa, meskipun bisabolol tidak beracun dan menenangkan untuk kulit sensitif, seperti bahan apa pun, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap bisabolol.

Jika ini masalahnya, kamu mungkin dapat mengalami iritasi. Sebelum menggunakan solusi perawatan kulit apa pun, selalu periksa bahan-bahannya untuk melihat apakah ada bahan yang berpotensi membuat reaksi alergi pada kulitmu muncul.

Manfaat Kandungan Bisabolol dalam Skincare untuk Kecantikan

kandungan bisabolol dalam skincare

Salah satu alasan mengapa bisabolol menjadi bahan perawatan kulit yang populer adalah karena ia menawarkan banyak manfaat bagi mereka yang menggunakannya.

Lantas apa saja manfaat kandungan bisabolol dalam skincare untuk kecantikan? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini, ya!

Menghidrasi Kulit Wajah

Lupakan anggapan bahwa kulit yang kering dan terasa ketat itu sehat. Justru, kedua hal ini menunjukkan bawah kulitmu sedang tidak baik-baik saja dan membutuhkan hidrasi tambahan.

Nah, untungnya salah satu manfaat kandungan bisabolol dalam skincare adalah membantu menghidrasi kulit. Kandungan ini pun diketahui dapat mengatasi masalah dehidrasi hingga pengelupasan kulit akibat kekurangan cairan.

Mencegah Dampak Buruk Radikal Bebas

Hampir sebagian besar masalah kecantikan dipengaruhi oleh paparan radikal bebas. Mulai dari kulit kering, kusam, hingga masalah penuaan dini.

Kandungan bisabolol dalam skincare juga bisa bekerja sebagai antioksidan dan mencegah dampak buruk radikal bebas pada kulit wajahmu, lho.

Menenangkan Kulit Wajah

Berbeda dengan bahan pencerah lainnya, kandungan bisabolol dalam skincare bisa membantu menenangkan kulit wajah. Karenanya, skincare dengan kandungan ini bisa menjadi pilihan ideal untuk kamu yang menderita kulit sensitif dan mudah teriritasi.

Mengurangi Tampilan Tanda-tanda Penuaan Dini

Karena kemampuannya dalam melembapkan kulit dan menangkal radikal bebas, kandungan bisabolol dalam skincare juga bisa bekerja sama efektifnya dalam mengatasi tanda penuaan dini.

Tak hanya mampu memudarkan tampilan penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus. Bisabolol pun mampu mencegahnya muncul kembali, sebab itu kamu bisa menjadikannya sebagai tambahan dalam rejimen perawatan kulit anti penuaan kulit milikmu.

Memiliki Sifat Antimikroba

Selain menenangkan kulit, kandungan bisabolol dalam skincare pun memiliki sifat antimikroba. Sehingga dapat mencegah dan mengurangi jerawat.

Tak heran, kandungan ini pun banyak ditemukan pada beberapa produk pencegahan dan perawatan jerawat membandel.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Bekas jerawat dan luka di wajah kadang jadi masalah yang tak kalah mengganggu. Bagaimana tidak? Keduanya bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama dan susah untuk disingkirkan.

Untungnya, kandungan bisabolol dalam skincare bisa membantumu mengatasi masalah satu ini lho. Kandungan ini dapat membantu mengurangi jaringan parut dan noda. Sehingga membuat kulitmu jadi lebih bersih dan lembut.

Meredakan Jerawat Membandel

Telah dikatakan sebelumnya bahwa bisabolol memiliki sifat antimikroba. Karenanya kandungan ini pun bisa bekerja sama baiknya dalam meredakan jerawat membandel.

Ketika kamu berurusan dengan jerawat atau breakout, hal yang bisa kamu usahakan adalah mencoba satu demi satu produk perawatan yang cocok dan dapat bekerja efisien menghentikan masalah tersebut. Bisabolol adalah kandungan yang bisa menjawab kebutuhanmu itu.

Kandungan ini tak hanya membantu mengurangi breakout, tapi menenangkan peradangan yang ada, mencegahnya timbul kembali, hingga menyamarkan bekasnya.

Merawat Kulit yang Mengalami Psoriasis

Seperti yang kamu lihat dari banyak manfaat bisabolol, ia memiliki berbagai sifat yang dapat membantu dengan kondisi kulit yang umum. Kemampuannya untuk membantu melembabkan kulit baik untuk individu yang menderita kekeringan atau kondisi seperti psoriasis.

Faktor hidrasi ini—dan fakta bahwa ia membantu mencegah kerusakan kolagen—berarti ia juga dapat meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Karena efek menenangkan bisabolol pada kulit, dapat mengurangi kemerahan dan iritasi, membantu individu yang menderita rosacea, ruam, dan banyak lagi.

Bahan ini juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan setelah terbakar sinar matahari. Untuk alasan ini, bisabolol terkadang digunakan dalam tabir surya.

Apakah ada bekas luka yang tersisa setelah noda sembuh? Bisabolol juga bisa membantu. Meskipun ini bukan solusi untuk jaringan parut jerawat yang parah, ini dapat membantu mengatasi bintik-bintik kecil dan bekas luka yang tertinggal di kulit.

Jenis Skincare yang Umumnya Mengandung Bisabolol

maklon body lotion

Sekarang, lebih dari sebelumnya, orang-orang sadar akan hal-hal yang mereka konsumsi dan gunakan di tubuh mereka.

Dengan demikian, ada prioritas utama untuk menemukan lebih banyak produk dengan bahan alami dan menggunakan lebih sedikit bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi dan berbahaya.

Pergerseran kebutuhan tersebut, membuat beberapa merek kosmetik meningkatkan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan berfokus pada penggunaan bahan yang lebih alami dalam produk mereka, termasuk bisabolol.

Lantas produk skincare apa yang memiliki kandungan bisabolol dalam formulanya? Simak ulasannya berikut ini!

Tabir Surya

Sunscreen atau tabir surya merupakan jenis skincare dasar yang harus kamu punya. Pasalnya, produk ini bekerja untuk mencegah dampak buruk matahari pada kulit. Seperti reaksi iritasi, kemerahan, kekeringan, melasma, hingga sunburning.

Bisabolol pun banyak ditemukan dalam kandungan tabir surya. Karena bahan alami ini bekerja efektif untuk menenangkan kulit dan menangkal dampak buruk radikal bebas.

Serum Wajah

Produk serum wajah juga biasanya memuat kandungan bisabolol karena manfaatnya yang dapat merawat dan melembapkan kulit.

Tak hanya itu, bisabolol pun bisa mendukung fungsi serum wajah untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat atau luka.

Krim Wajah

Tak hanya serum, kamu pun bisa menemukan kandungan bisabolol dalam krim wajah. Karena sifatnya yang ramah untuk semua jenis kulit, kemampuan hidrasinya, antiaging, dan antibacterial dari kandungan tersebut.

Selain itu kandungan bisabolol dalam skincare pun dapat ditemukan dalam toner, face wash, essence, ampoule, dan banyak lainnya.

Produk Perawatan Rambut

Tak hanya mampu merawat kecantikan kulit, kandungan bisabolol pun memiliki efek yang sama baiknya untuk rambutmu. Kandungan ini dapat bekerja meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan, hingga memberikan hidrasi tambahan.

Kamu bisa menemukan kandungan ini dalam formulasi sampo, kondisioner, hingga hair mask!

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Kandungan Bisabolol dalam Skincare

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bisabolol adalah bahan organik yang digunakan dalam jumlah kecil dalam produk perawatan kulit. Jadi penggunaannya dalam perawatan harian umumnya tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Namun, penting untuk kamu perhatikan adalah takaran bisabolol dalam skincare tersebut. Apabila kamu menggunakan dalam kadar yang terlalu tinggi dari standar kebutuhanmu, maka bisa meningkatkan absorbansi.

Jadi, jika bahan ini digabungkan dalam larutan dengan bahan-bahan yang mungkin keras pada kulit, kamu mungkin perlu menggunakannya lebih sedikit.

Namun bila kamu tidak begitu yakin dengan efek kandungan bisabolol dalam skincare yang kamu pakai. Maka kamu bisa berkonsultasi pada dokter atau melakukan tes tempel pada kulit sebelum benar-benar membeli produk tersebut.

Well, Ladies, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal kandungan bisabolol dalam skincare. Mulai dari manfaatnya, asalnya, hingga hal yang harus kamu perhatikan sebelum memasukkannya dalam rejimen kecantikanmu.

Nah, selain menggunakan produk jadinya saja, tahukah kamu kalau skincare bisabolol bisa kamu produksi sendiri?

Yap! Mash Moshem Indonesia bisa membantumu dalam hal ini, lho!

Kami memiliki tim Research and Development (RnD) yang selalu melakukan penelitian dan studi mengenai formula serta bahan kosmetik. Membuat skincare bisabolol berkualitas tinggi bukanlah hal yang sulit kami lakukan untukmu.

Tak hanya satu atau dua jenis produk, kamu bisa membuat berbagai jenis skincare impianmu. Mulai dari pembersih wajah, serum, pelembap, dan banyak lainnya.

Apakah kamu tertarik? Langsung hubungi tim kami dan diskusikan produk kosmetik impianmu di sini!

About Author

Related posts

Leave a Comment