Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula Serta Tips Agar Cepat Balik Modal!

Siapa sih, yang enggak tahu Tokopedia? Yap! Marketplace adal Indonesia ini kini sedang berada di puncak popularitas dan digandrungi oleh masyarakat.

Selain karena fiturnya yang memudahkan transaksi penjualan, banyak juga promo dan diskon yang ditawarkan oleh Tokopedia kepada pengguna baru.

Dilansir dari Databoks, dikatakan bahawa e-commerce ini telah menjadi yang paling populer di jajaran aplikasi serupa pada kuartal II tahun 2021. Sebagai gambaran, kamu bisa melihat grafik berikut ini.

Berdasarkan data tersebut, kamu bisa melihat bahwa jumlah kunjungan web bulanan Tokopedia mengalami peningkatan yang cukup besar, yakni 9,4 persen. Jumlah ini meningkat drastic dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Mengingat betapa tingginya animo masyarakat terhadap aplikasi ini, kamu pasti menyadari bahwa ada peluang bisnis yang sangat besar ketika kamu menggunakan Tokopedia.

Lantas bagaimana cara jualan di Tokopedia untuk pemula? Apa saja yang harus dipersiapkan?

Well, kamu enggak perlu bingung. Karena sangat mudah untuk memulai cara jualan di Tokopedia untuk pemula.

Penasaran? Langsung simak step by step-nya di bawah ini, ya!

Cara Daftar Toko Online di Tokopedia Lewat HP

Langkah pertama sebelum benar-benar memulai cara jualan di Tokopedia untuk pemula adalah dengan mendaftarkan toko online kamu di e-commerce ini terlebih dahulu.

Dilansir dari lama resmi Tokopedia, berikut cara daftar toko online di Tokopedia yang bisa kamu akses lewat aplikasi mobile. Yuk, cek langkah-langkahnya!

Unduh Aplikasi Tokopedia

Langkah yang pertama adalah mengunduh aplikasi Tokopedia di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, lakukan instalansi aplikasi ke perangkat kamu.

Mulai Buat Akun untuk Toko

Kalau aplikasi sudah terpasang, kamu bisa langsung membukanya. Kemudian pilih menu Akun, dan pilih opsi Buka Toko Gratis, yang terdapat pada bagian bawah halaman tersebut. Sebagai contoh lihat gambar berikut ini.

Setelah itu, tuliskan nama toko kamu. Sebaiknya isi dengan benar nama toko yang akan kamu buat ini, karena nantinya kamu enggak akan bisa mengubahnya kembali.

Lengkapi Alamat Toko

Yang dimaksudkan sebagai alamat toko ini, bukan berarti kamu harus mendirikan toko fisik terlebih dahulu, ya. Melainkan alamat paket akan dikirimkan nantinya, bisa rumah atau gudang stok barang yang kamu miliki.

Alamat toko yang diminta ini bisa mulai dari data nama jalan, nomor bangunan toko / rumah kamu, RT/RW, kecamatan, kota, hingga kode pos.

Simpan Data Toko dan Buat Domain

Setelah semua data kamu isi dengan lengkap dan benar, kamu bisa langsung klik Simpan. Dan kamu bisa langsung mulai berjualan di Tokopedia!

Kamu juga bisa membuat domain toko online milikmu di Tokopedia, lho. Dengan begitu akan semakin mudah untukmu membagikan toko yang kamu buat ke media sosial untuk mempromosikannya.

Cara Membuat Toko Online di Tokopedia Lewat Website

Selain mendaftar lewat smarphone atau aplikasi mobile, kamu juga bisa membuka toko onlinemu di Tokopedia lewat website, lho!

Langkah-langkahnya juga enggak kalah mudah untuk dipraktekkan. Langsung simak dan ikuti ya!

Buka Laman Resmi Tokopedia

Langkah yang pertama adalah membuka laman website resmi Tokopedia lewat desktop. Kamu akan secara otomatis masuk ke laman seperti dalam gambar berikut ini.

Buka Toko Online

Kalau sudah, kamu bisa langsung klik pilihan Toko pada area pojok kanan atas halaman Tokopedia. Setelah itu, kamu bisa memilih Buka Toko Sekarang.

Isi Slogan dan Informasi Toko

Setelah itu, kamu secara otomatis akan diarahkan untuk mengisi slogan dan deskripsi toko online yang akan kamu buat. Ada baiknya, kamu menyiapkan kedua hal ini dengan sebaik mungkin.

Karna nama toko dan deskripsi akan sulit untuk diubah, tentu akan sangat merepotkan bila deskripsi toko yang kamu buat ini tidak bisa menggambarkan bisnismu dengan baik.

Setelah mengisi kedua hal tersebut, kamu bisa langsung klik Selanjutnya. Dan akan ada kolom untuk mengisi alamat penjemputan (toko) yang juga harus diisi dengan benar.

Kalau semua data yang kamu isi sudah beanr dan sesuai, maka kamu bisa klik Simpan dan memulai kegiatan berjualan kamu di Tokopedia!

Tips dan Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula

Setelah berhasil membuka toko online, maka kamu bisa langsung memulai langkah cara jualan di Tokopedia untuk pemula.

Tokopedia menyediakan berbagai fitur yang bisa mempermudah seller mereka dalam berjualan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bila belum bisa memasarkan produkmu dengan baik.

Nah, tanpa banyak basa basi lagi, berikut ini tips dan cara jualan di Tokopedia untuk pemula yang harus kamu tahu.

Mengunggah Foto dan Diskripsi Produk yang Dijual

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam cara jualan di Tokopedia untuk pemula adalah mengunggah foto dan melengkapi deskripsi produk yang akan dijual.

Misalnya kamu akan menjalankan toko kosmetik, maka kamu bisa langsung meng-upload semua foto dari produk-produk yang kamu jual.

Pastikan foto produk yang kamu unggah ini memiliki kualitas yang tinggi, diambil dari sudut pandang yang baik, dan tampak menarik jika dipajang dalam toko onlin-mu.

Selain foto produk ini, kamu juga harus memasukkan deskripsi dan informasi lengkap tiap produk yang kamu jual. Termasuk ke dalam kategori apa, merknya apa, juga manfaat, harga, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Foto Produk Kosmetik yang Menarik dan Memikat Hati Konsumen

Aktifkan Layanan Logistik (Pengiriman Barang)

Cara jualan di Tokopedia untuk pemula selanjutnya adalah dengan mengaktifkan layanan logistic (pengiriman barang).

Seperti yang kamu tahu, ketika membuka bisnis online pangsa pasar yang kamu jangkau juga akan sangat luas. Dan enggak menutup kemungkinan bahwa ada konsumen yang mungkin berdomisili jauh dari area rumah / tokomu.

Untuk itulah, jasa layanan logistic memegang peranan penting untuk mengirimkan barang dengan selamat ke tangan konsumen. Nah, untungnya kamu enggak perlu pusing memilih sendiri jasa logistic ketika jualan di Tokopedia.

Karena, Tokopedia juga telah memiliki layanan logistic yang dapat membantu dan mempermudah seller mereka. Ada dua macam jenis layanan logistic ini, yakni layanan Anter ke Gerai dan Dijemput Kurir.

Kelola Toko dengan Baik Agar Peformanya Baik

Kalau sudah mengatur semua hal teknis yang dibutuhkan, maka cara jualan di Tokopedia untuk pemula selanjutnya adalah dengan mengelola toko sebaik mungkin. Dengan demikian, peforma toko yang dimiliki juga akan sama bagusnya.

Ketika kamu mengelola toko online mu dengan giat, hal ini bisa mempengaruhi skor performa tokomu di Tokopedia.

Cara mengelola toko ini misalnya dengan membalas pesan atau chat dengan aktif, memberikan palayanan yang cepat, dan banyak lainnya.

Optimalkan Strategi Marketing Toko Online

Meski memiliki jangkauan konsumen yang luas, tak bisa dipungkiri persaingan di Tokopedia juga cukup ketat. Karena itu, kamu perlu mengoptimalkan strategi marketing online yang kamu miliki.

Beberapa jenis strategi pemasaran online yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan peforma toko online antara lain:

Share Link Toko di Media Sosial

Yang satu ini udah disinggung sedikit sebelumnya, bahwa kamu bisa membuat link / url toko onlinemu di Tokopedia. Nah, untuk memikat pelanggan di luar Tokopedia, kamu bisa membagikan link ini ke meida sosial yang kamu miliki.

Menggunakan TopAds

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan top Ads, fitur iklan di Tokopedia ini memiliki banyak keuntungan. Termasuk membuat produk dan toko kosmetikmu mudah ditemukan oleh pengguna e-commerce ini.

Lewat Affiliate Marketing

Cara selanjutnya adalah degan memanfaatkan fitur affiliate marketing, yakni dengan menggunakan promosi oleh mitra afiliasi Tokopedia.

Tanggap dalam Melayani Pesanan / Pembelian Produk

Cara jualan di Tokopedia untuk pemula selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang baik, termasuk untuk menanggapi dan melayani pemelian produk.

Sebenarnya, Tokopedia memiliki berbagai fitur yang dibuat khusus untuk mempermudah seller dan konsumen mereka. Karena itu, kamu harus bisa memanfaatkan berbagai fitur ini untuk memberikan pelayanan terbaik pada konsumen.

Dengan memberikan pelayanan terbaik, maka loyalitas dan kepercayaan konsumen akan semakin bertambah. Ini pun akan mempengaruhi penilaian toko yang mereka berikan pada toko online yang kamu miliki.

Mengikuti Program Keanggotaan Seller

Last but not least, cara jualan di Tokopedia untuk pemula selanjutnya adalah dengan mengikuti program keanggotaan seller.

Keanggotaan yang juga disebut sebagai power merchant ini akan memberikan banyak fitur eksklusif, yang berguna untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembeli.

Tak hanya itu, layanan ini sangat direkomendasikan untuk pengguna baru karena bebas biaya bulanan. Kamu hanya perlu membayar biaya layanan sebesar satu persen pada tiap produk yang berhasil terjual. Menarik bukan?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment