Cara Live Streaming Tokopedia PLAY, Mudah dan Menguntungkan!

cara live di tokopedia

Hai, Beautypreneurs! Kamu pasti udah enggak asing sama Tokopedia, atau barangkali kamu sudah lama menggunakan e-commerce ini untuk memasarkan brand kosmetik yang kamu miliki? Kalau begitu, kamu pasti udah tahu dong kalau Tokopedia punya fitur live streaming sendiri?

Yap! Fitur yang dirilis sejak … lalu ini khusus dibuat untuk membantu peforma seller Tokopedia. Dengan begitu akan terjadi peningkatan penghasilan, pembelian, juga membantu pengembangan toko online yang ada.

Melansir dari halaman artikel Tokopedia, diklaim bahwa jumlah penonton live streaming di platform jual beli ini meningkat dari waktu ke waktu. Tentu ini bisa memberikan peluang tersendiri untuk berpromosi dan menjaring lebih banyak konsumen.

Fitur siaran langsung dengan tajuk Live Streaming Tokopedia PLAY ini juga bisa diakses lewat iOS dan Android, baik dari aplikasi Tokopedia maupun Tokopedia Seller.

Selain meningkatkan jualan, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan fitur ini. Termasuk meningkatkan popularitas dan brand knowledge masyarakat mengenai brand kosmetik yang kamu miliki.

Nah, pasti kamu penasaran kan, apa saja mafaat menggunakan fitur ini untuk brand/bisnis kosmetikmu? Juga bagaimana cara live di Tokopedia untuk pemula?

Well, baca ulasan berikut ini sampai habis ya, Beautypreneurs!

Apa Itu Fitur Live Streaming Tokopedia Play?

Fitur Live Streaming Tokopedia Play adalah fitur siaran langsung untuk seller Tokopedia, sehingga mereka bisa mempromosikan dan menjual produk secara real time pada konsumen.

Video siaran langsung yang akan kamu lakukan nantinya akan ditayangkan pada halaman toko dan halaman utama Tokopedia PLAY. Tak hanya itu, pengikutmu pun akan mendapatkan notifikasi/pemberitahuan jikalau tokomu sedang melakukan siaran langsung.

Melalui fitur ini konsumen dapat melakukan penawaran dan membeli produk saat siaran berlangsung. Mereka bahkan bisa mengajukan pertanyaan terkait produk, stok, pengiriman, hingga diskon kepada penjual secara langsung.

Tentu ini akan memberikan pengalaman belanja yang lebih menarik untuk mereka. Karena bisa berkomunikasi secara efisien dengan penjual, juga melihat barang dengan lebih jelas.

Manfaat Menggunakan Fitur Tokopedia PLAY untuk Seller

manfaat live di tokopedia

Sebelum benar-benar menggunakannya di tokomu, kamu mungkin bertanya-tanya sebenarnya apakah ada manfaat signifikan dari fitur Tokopedia PLAY ini untuk seller?

Well, daripada terus bertanya-tanya, berikut ini penjelasan manfaat menggunakan fitur Tokopedia PLAY untuk seller yang harus kamu tahu!

Membantu Membangun Brand Awareness

Tahukah kamu, kalau cara live di Tokopedia ini bisa berguna untuk meningkatkan brand awareness toko? Ini karena ketika melakukan live, videomu akan dipasang di halaman toko juga di bagian Tokopedia PLAY.

Jika kamu mengemasnya dengan menarik, menggunakan poster tersendiri, dan memberikan banyak diskon. Sudah dipastikan konsumen akan tertarik untuk mencari tahu dan mengikuti toko online-mu di Tokopedia.

Membuat Komunikasi dengan Konsumen Lebih Lancar

Live streaming unggul karena kemampuannya dalam menciptakan komunikasi efisien dan efektif antara penjual dengan pembeli. Sehingga permasalahan dan pertanyaan mengenai stok dan kondisi produk, juga berbagai kendala lain bisa diselesaikan secepat mungkin.

Tak hanya itu, sebagai penjual kamu pun bisa memahami dengan lebih baik keinginan dan kebutuhan konsumen terhadap produk maupun pelayananmu. Sehingga kamu bisa meningkatkan dan memperbaiki pelayanan tokomu di masa mendatang.

Meningkatan Engagement Tokomu

Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan engagement toko, karena pembeli akan selalu mengingat dan mengenal tokomu. Apalagi kalau dalam tiap live kamu bisa membangun kesan dan suasana yang menyenangkan. Mereka pasti menunggu untuk siaran langsung yang kamu lakukan selanjutnya.

Membantu Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan Toko

Selanjutnya, menggunakan siaran live di Tokopedia juga bisa membantu meningkatkan penjualan dan pendapatan Toko.

Karena pada dasarnya konsumen Indonesia sangat selektif ketika akan membeli produk secara online. Adanya live streaming ini akan membantu mereka untuk bisa melihat barang tersebut dengan lebih jelas.

Sehingga kemungkinan untuk pembelian produk pun akan jadi lebih besar. Inilah yang kemudian membuat penjualan dan pendapatan toko bisa meningkat dengan signifikan. Apalagi kamu bisa menambahkan Voucher Toko dan Link Produk saat melakukan siaran langsung.

Bisa Mengikuti Campaign dari Tokopedia PLAY

Satu lagi keuntungan yang akan kamu dapatkan, yakni bisa mengikuti campaign dari Tokopedia PLAY. Campaign menarik ini pun akan dipilih langsung oleh Tokopedia, lho!

Baca Juga: Live Shopping, Tren Jualan Online Baru yang Menjanjikan dan Menguntungkan!

Cara Live di Tokopedia untuk Pengguna Pemula

Beautypreneurs, cara live di Tokopedia untuk pemula sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa melakukannya lewat aplikasi Tokopedia pengguna maupaun Tokopedia Seller.

Penasaran bagaimana cara live di Tokopedia untuk pemula? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

Pengguna (Umum) Aplikasi Tokopedia

Tak hanya menggunakan akun seller, kamu juga bisa melakukan live lewat aplikasi Tokopedia untuk pengguna umum. Langkahnya pun enggak kalah mudahnya ketika kamu live lewat aplikasi Tokopedia Seller, lho!

  1. Masuk ke halaman akun Tokopedia yang kamu miliki.
  2. Kemudian klik Feed yang ada di bagian bawah tampilan.
  3. Lalu klik ikon +, setelah itu pilih Buat Live.

Setelah itu, live secara otomatis akan dimulai, kamu bisa menawarkan produk/barang yang kamu jual kepada konsumen. Jangan lupa untuk membuat suasana live jadi menyenangkan, misalnya dengan menyapa audience atau membagikan kuis berhadiah.

Pengguna Aplikasi Tokopedia Seller

Enggak kalah mudah, cara live di Tokopedia lewat pengguna aplikasi Tokopedia Seller juga sederhana. Cukup ikuti beberapa langkahnya di bawah ini.

  1. Masuk ke akun seller yang kamu miliki.
  2. Kemudian, buka halaman tokomu.
  3. Setelah itu klik tombol Yuk Mulai yang berwarna merah.

Analisis Performa Live Streaming di Tokopedia

Setelah selesai melakukan cara live di Tokopedia tersebut, kamu juga bisa menyimpan video siaran langsung untuk melihat bagaimana peforma acara. Dengan begitu, kamu bisa menganalisis apa saja kelebihan, kekurangan, juga mengetahui bagaimana antusiasme masyarakat.

Untuk menyimpan video siaran langsung ini, kamu bisa klik tombol Simpan Video di Halaman Toko. Selanjutnya, video tersebut akan terpajang pada halaman tokomu secara otomatis.

Sementara untuk melihat bagaimana peformanya, kamu bisa masuk ke halaman tokomu, kemudian pilih ikon Titik Tiga selanjutnya akan muncul beberapa pilihan dan klik Lihat Peforma.

Nah, dari sini sistem akan menampilkan data hasil live streaming yang kamu lakukan. Mulai dari jumlah audience, menyukai, followers baru, produk dibeli, dan lainnya.

Untuk menambah jumlah kunjungan dan memikat audience baru, kamu juga bisa membagikan video rekaman tersebut ke media sosial lain yang kamu miliki. Caranya mudah, hanya perlu klik tombol Bagikan Video.

Setelah membaca uraian di atas, kamu pasti setuju kalau cara live di Tokopedia ini mudah dilakukan, bukan?

Agar acara siaran langsung yang kamu jalankan ini lancar, sebaiknya siapkan berbagai keperluan dan rencanakan acara tersebut jauh-jauh hari. Siapkan topik yang akan dibahas, produk mana yang akan diprimosikan, juga sediakan stok dalam jumlah besar.

Sehingga, ketika konsumen tertarik untuk membeli banyak produk, kamu tidak kualahan dan mampu melayani kebutuhan mereka.

Tak hanya itu, berlatihlah untuk mengasah brand knowledge produk kosmetikmu. Dengan begitu, kamu juga akan lebih leluasa dan komunikatif dalam menjelaskan kelebihan/keunggulan produk.

Nah, sampai sini dulu tips kali ini, semoga artikel ini membantumu. See you and good luck, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment