Cara Membuat Linktree di Instagram yang Menarik Beserta Manfaatnya

cara membuat linktree di instagram

Di era yang serba digital ini social media memegang peranan penting sebagai kendaraan untuk marketing. Berbagai social media mengambil andil dalam ajang promosi. Tak terkecuali Instagram. Kedudukan social media yang satu ini masih menjadi yang terpopuler di Indonesia.

Buat kamu pengguna Instagram pasti sudah tidak asing dengan link atau tautan yang terletak di bio. Biasanya tautan itu berfungsi sebagai pengarah audience untuk mengunjungi social media, website marketplace atau yang lainnya.

Namun salah satu kendala di Instagram, kamu hanya boleh menyematkan satu link saja. Tidak boleh lebih. Lantas bagaimana kalau kita ingin menyematkan berbagai link di bio Instagram? Tenang, semua bisa diatasi.

Kamu bisa menggabungkan semua link yang kamu punya menjadi satu. Yaitu dengan cara membuat Linktree. Istilah yang satu ini memang pasti sudah sangat tidak asing lagi bagi kamu. Linktree menjadi salah satu opsi terfavorit bagi pelaku bisnis untuk mempermudah konsumennya.

Sebelum masuk lebih jauh mengenai manfaat dan cara membuatnya, alangkan baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang Linktree. Seperti apa? Simak ulasannya berikut.

Apa itu Linktree?

Jika kamu mengunjungi profil olshop atau selebgram di Instagram, pasti kamu akan menemukan sebuah link di profil mereka. Dalam link tersebut berisikan beberapa anjuran untuk kamu mengklik atau mengunjungi social media atau market place yang telah mereka cantumkan.

Tujuannya yaitu memudahkan kamu untuk mencari profil mereka di social media yang lain. Jika itu sebuah olshop, Linktree akan memudahkanmu untuk mengunjungi toko online mereka. Sehingga kamu tidak perlu repot mencari akun tersebut secara manual.

Secara singkat definisi dari Linktree adalah sebuah website dan aplikasi yang menyediakan layanan memudahkan para pedagang, penyedia jasa, atau bahkan influencer untuk menyematkan berbagai tautan menjadi lebih sederhana.

Linktree tidak hanya menampilkan satu link saja. Namun berbagai link yang kamu rekomendasikan untuk audience. Ketika kamu mengklik sebuah Linktree di Instagram, tampilannya berupa shortcut dari berbagai aplikasi.

Jika kamu mengklik salah satu tautan di Linktree, secara otomatis kamu akan dibawa menuju aplikasi atau link yang telah kamu klik. Tentu hal ini akan sangat memudahkanmu untuk mengujungi profil orang tersebut di aplikasi lain tanpa mencarinya secara manual.

Pada umumnya isi dari Linktree adalah beberapa marketplace atau social media. Seperti Shoppe, Bukalapak, Tokopedia, Twitter, Wattpad, atau bahkan link pendaftaran sebuah acara. Isinya sangat beragam dan bergantung dari kamu.

Sebagai pengguna Instagram, apakah wajib memiliki Linktree? Dan apa sih sebenarnya manfaat dari website yang satu ini? Well, berikut penjelasannya.

Manfaat Dari Menyematkan Linktree di Instagram

Jika dibilang wajib atau tidak memiliki Linktree di Instagram, jawabannya tidak wajib. Semua bergantung dengan tujual awalmu berada di social media tersebut. Jika kamu membuat Instagram hanya untuk bersenang-senang saja, itu tidak wajib memiliki Linktree.

Namun jika kamu menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis, wajib hukumnya. Sebab Linktree mempunyai beragam fungsi untuk sarana berbisnis. Apa saja fungsi dan manfaat dari Linktree? Berikut adalah daftarnya.

Meningkatkan Kredibilitas

Manfaat menyematkan Linktree di Instagram yang pertama adalah dapat meningkatkan kredibilitas. Dengan memberitahu semua social media atau marketplace yang kamu miliki, kepercayaan audience terhadapmu pasti akan jauh lebih meningkat. Mereka pasti juga akan beranggapan jika kamu adalah akun professional dan bukan abal-abal.

Sehingga kepercayaan audience pun meningkat dan begitu juga dengan kredibilitas perusahaan atau bisnis yang sedang kamu jalankan. Jika kepercayaan sudah terbangun, mereka pun tak akan ragu untuk melakukan berbagai aksi yang nantinya akan menguntungkanmu. Seperti mengklik tombol follow hingga membeli produk yang kamu jual.

Follower Bertambah

Salah satu benefit selanjutnya yang kamu dapat dengan membuat Linktree adalah bertambahnya follower. Hah, kok bisa? Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dengan menggunakan Linktree di bio Instagram, itu akan membuat akunmu lebih terlihat professional.

Jadi mereka juga tidak akan ragu lagi untuk memencet tombol follow pada akunmu. Oleh karena itu Linktree juga sangat efektif digunakan untuk meningkatkan brand awareness.

Memudahkan Audience

Manfaat utama dari Linktree adalah untuk memudahkan audience untuk melakukan aksi selanjutnya. Mereka tak perlu repot mencarimu secara manual di market place atau social media lain. Cukup dengan mengklik Linktree di bio Instagram dan memilih tujuan selanjutnya. Secara otomatis mereka akan langsung teralihkan menuju tempat yang ingin dituju.

Tak heran jika hal inilah yang membuat Linktree sebagai salah satu strategi marketing yang cukup diandalkan saat ini. Bahkan hampir sebagian besar dari call to action atau CTA selalu mengarah pada klik link di bio.

Hal ini menunjukkan jika Linktree memang cukup efektif memudahkan audience untuk lebih mengenal produk yang kita pasarkan.

Baca Juga: Cara Membuat Call to Action yang Menarik  Beserta Jenis dan Contohnya

Meningkatkan Penjualan

Manfaat Linktree yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan penjualan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika Linktree adalah sarana efektif bagi penjual untuk menggiring calon konsumen untuk membeli produk yang dijual.

Dengan adanya Linktree, calon konsumen tersebut juga bisa dengan mudah mengakses dan mengunjungi market place. Sehingga akan sangat memudahkan mereka untuk melakukan transaksi jual beli tanpa harus ribet.

Oleh karena itu selain bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis, kehadiran Linktree juga sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Sehingga tak heran jika seluruh akun bisnis selalu mencantumkan Linktree di bio Instagramnya.

Meningkatkan Traffic Website

Manfaat dari Linktree selanjutnya adalah untuk meningkatkan traffic pada website. Yes, selain bisa diisi oleh landing ke berbagai marketplace dan social media lain, kamu bisa mencantumkan websitemu di Linktree.

Mencantumkan sebuah website ini juga bisa menjadi sebuah keharusan. Sebab dengan mencantumkan website pada Linktree akan menambah juga kredibilitas bisnismu di mata konsumen. Sehingga mereka pun akan semakin percaya terhadap produkmu.

Dengan mencantumkan website, ini berarti kamu juga mendapat benefit yaitu meningkatnya traffic pada website. Jika traffic pada website meningkat, Google pun akan semakin membaca keberadaan websitemu. Jadi potensi untuk masuk pada halaman pertama di Google pun akan semakin besar.

Merekam Kegiatan Audience

Selain dapat meningkatkan penjualan dan trafific, Linktree juga berfungsi untuk merekam lalu lintas yang dilakukan Audience di akun kita. Kok bisa? Setiap pengguna yang mengklik Linktree akan terekam oleh Instagram. Kamu bisa mengeceknya melalui insight.

Hal ini tentu juga bisa menjadi patokan bagi para content creator untuk membuat konten. Bahkan Linktree juga bisa dikatakan sebagai tolok ukur dari kesuksesan konten yang dibuat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika di Linktree sering menjadi landing atau call to action pada sebuah konten.

Jika semakin banyak pengguna mengklik link, bisa dipastikan konten tersebut sukses besar. Begitupun sebaliknya. Jika link tak banyak yang mengklik, itu berarti ada beberapa strategi konten yang harus dikoreksi.

Mudah Digunakan

Tak seperti aspek teknik lainnya pada website atau pun aplikasi, Linktree ini cenderung mudah digunakan. Bahkan orang yang tidak punya background IT pun bisa membuatnya dengan mudah. Cukup mengikuti urutan yang telah disediakan.

Selain mudah, kehadiran Linktree ini juga bisa kamu akses dengan gratis. Well, tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Tidak perlu ribet memakai teknisi untuk menyatukan berbagai link tersebut.

Semudah apa sih membuat Linktree? Bagaimana caranya? Tenang, karena kami sudah menyiapkan tutorialnya untuk kamu yang ingin membuat Linktree sendiri di Instagram. Ikuti caranya sebagai berikut.

Cara Membuat Linktree di Instagram

Tak perlu menyewa teknisi atau ahli untuk membuat Linktree di Instagram. Karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Cukup ikuti petunjuk yang sudah disediakan oleh Linktree. Berikut tutorialnya.

  1. Kunjungi laman https://linktr.ee/
  2. Kemudian pilih “Get Started for Free”
  3. Selanjutnya isi e-mail, password, dan username, lalu ikuti petunjuk dari Linktree hingga selesai
  4. Pilih menu “Appearance” untuk memilih template, isi deskripsi bio, dan judul yang kamu inginkan
  5. Kemudian pilih “Pick an Image” untuk memilih foto profil Linktree
  6. Pilih menu “Links” untuk menambahkan link- link yang ingin kamu sematkan
  7. Setelah itu kamu bisa klik “Share” yang ada di pojok kanan atas untuk mulai bagikan Linktree

Selesai sudah kamu membuat Linktree. Yes, memang segampang itu. Jika sudah sampai tahap akhir tersebut, kamu bisa langsung menambahkannya di bio Instagram kamu. Berikut tahapannya:

  1. Buka Instagram dan pilih profil
  2. Pilih “edit profil”
  3. Pada kolom “website” kamu bisa menyisipkan link yang telah kamu copy dari Linktree.
  4. Pilih selesai dan Linktree di bio Instagrammu sudah jadi.

Nah, tapi bagaimana cara menautkan link Whatsapp, Shopee, Tokopedia, Twitter, Website dan sebagainya di Linktree? Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara menautkan link di Linktree, kamu bisa mengikuti petunjuknya sebagai berikut.

Cara Membuat Linktree WhatsApp di Instagram

Whatsapp merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah bisnis. Agar konsumen tidak kebingungan harus menghubungi siapa ketika complain dan akan memesan sesuatu, sangat penting bagi kamu untuk mencantumkan link Whatsapp di Linktree untuk dipasang di Bio Instagram. Ikuti tata caranya:

  1. Buka laman https://linktr.ee/
  2. Log in ke akun yang sudah kamu buat sebelumnya
  3. Klik “Add New Link”
  4. Kemudian masukan judul dan link Whasapp
  5. Pastikan tombol di samping kiri link WhatsApp berwarna hijau sebagai tanda berhasil
  6. Setelah itu klik “Copy” untuk menyalin link ke Instagram
  7. Buka Instagram lalu pilih profil
  8. Klik “Edit Profil” lalu masukkan link yang telah kamu copy sebelumnya

Sangat mudah bukan? Tutorial ini berlaku untuk semua link yang ingin kamu sematkan ke Linktree. Termasuk link website, social media lain hingga link market place tempat kamu memasarkan produk. Jadi konsumen bisa langsung melakukan berbagai macam aksinya.

Baca Juga: Cara Membuat WhatsApp Business Serta Keuntungannya untuk Bisnis

Berapa Biaya Cara Membuat Linktree di Instagram?

Meskipun menyediakan layanan gratis, ternyata Linktree juga ada yang berbayar. Tentu saja benefit yang di dapatkan lebih banyak daripada yang gratis. Misalnya, kamu bisa mendapat template yang lebih banyak. Bahkan bisa juga custom tema yang kamu inginkan.

Jika kamu membayar lebih banyak lagi, link yang dapat kamu sematkan tentu juga lebih banyak lagi. Dari segi tampilan juga akan lebih menarik. Bahkan jika kamu memilih Linktree pro, kamu bisa mengetahui kegiatan konsumen melalui Google Analytic. Tentu hal tersebut sangat efektif untuk membantumu mengatur strategi pemasaran untuk ke depannya.

Nah berikut adalah daftar biaya Linktree yang perlu kamu ketahui.

  1. Jenis Linktree Free atau Gratis tanpa biaya bulanan
  2. Kemudian Linktree Starter dengan biaya perbulan Rp 39.000
  3. Linktree Pro dengan biaya perbulan Rp 75.000
  4. Linktree Premium dengan biaya perbulan Rp 220.000

Setelah mengetahui beragam manfaat, cara membuat berseta rincian biaya Linktree, kini kamu perlu tahu tentang bagaimana tips membuat Linktree yang menarik. Jangan salah, meskipun fungsinya sebagai pemersatu link, ternyata Linktree ini juga cukup bermanfaat sebagai branding perusahaan loh.

Oleh karena itu kamu tidak boleh asal-asalan dalam membuatnya. Berikut adalah tips untuk kamu tentang bagaimana cara membuat Linktree yang menarik.

Tips Membuat Linktree di Instagram yang Menarik

Semakin menarik tampilan Linktree yang kamu miliki, semakin menarik pula bagi calon konsumen untuk melakukan aksinya. Seperti membeli produk atau mengunjungi website yang telah kamu sediakan. Untuk itu kamu perlu tips agar Linktree lebih menarik.

Meskipun dapat menggabungkan berbagai link, namun kamu juga harus selektif dalam memilih link tersebut. Jangan semua link dimasukkan ke dalam Linktree. Karena itu akan membingungkan konsumen ketika akan memilih link yang dituju.

Setidaknya kamu cukup mencantumkan tidak lebih dari lima link saja. Jumlah itu dinilai cukup efektif dan membuat konsumen tidak bingung untuk memilih. Lantas link apa saja yang harus disematkan?

Kontak

Link pertama yang harus kamu cantumkan adalah link kontak. Kamu bisa memberinya dengan link Whatsapp, Line, We Chat, No HP atau bahkan Telegram. Beri nomor kontak yang aktif. Sebab kontak ini menjadi kunci utama untuk membangun hubungan dengan calon costumer.

Biasanya para konsumen juga menggunakan kontak ini untuk berdiskusi dan bertanya-tanya kepada penjual.

Market Place

link penting selanjutnya yang harus kamu sematkan adalah link market place atau toko online. Ini adalah wajib hukumnya. Sebab ini adalah kunci dari poin meningkatkan penjualan.

Audience yang tertarik akan produkmu pasti tidak akan basa-basi. Mereka cenderung akan lebih melakukan aksinya untuk langsung membeli dan mengunjungi tokomu ketika mereka suka dengan produk yang sedang kamu pasarkan.

Jika kamu tidak mencantumkan link marketplace, pasti mereka akan kebingungan mencari tokomu secara manual. Oleh karena itu dengan adanya link ke marketplace di Instagram akan sangat memudahkan konsumen untuk membeli.

Website

Website menjadi salah satu tolok ukur profesionalitas sebuah bisnis. Oleh karena itu sangat perlu bagi kamu para pelaku bisis untuk mencantumkan website pada Linktree. Ini juga akan sangat berguna untuk menaikkan traffic pada website.

Social Media

Linktree bisa dijadikan sebagai lintas sarana. Ini artinya kamu bisa mempromosikan social mediamu yang lain. Selain bisa menambah kredibilitas, kamu juga bisa menunjukkan keaslian dari social media milikmu. Karena tidak menutup kemungkinan jika banyak brand atau akun yang memiliki nama yang hampir sama dengan milikmu.

Tonjolkan Ciri Khas

Tips selanjutnya untuk membuat Linktree yang menarik adalah dengan menonjolkan cirri khas. Kamu bisa menekankan ini pada desain dan pemilihan warna. Buat semenarik mungkin dan pilih warna-warna yang sesuai dengan wajah perusahaanmu.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Linktree dapat menjadi salah satu aspek penting untuk branding perusahaan atau bisnis yang kamu jalankan. Oleh karena itu penting sekali untuk menonjolkan cirri khas.

Itulah beberapa cara membuat Linktree di Instagram beserta manfaatnya. So, tunggu apa lagi, buat linktreemu sekarang dan kembangkan bisnis yang kamu jalankan.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment