10 Manfaat Instagram Shopping Untuk Bisnis, Enterpreneur Wajib Tahu!

manfaat instagram shopping untuk bisnis

Para pengguna social media pasti sudah tidak asing dengan aplikasi Instagram. Salah satu social media milik Facebook ini masih menjadi yang terpopular hingga saat ini. Baik di dunia maupun di Indonesia.

Bahkan di Tanah Air sendiri, Instagram menduduki peringkat ke tiga sebagai social media dengan pengguna terbanyak. Hal inilah yang mendasari para pebisnis memanfaatkan Instagram sebagai tempat untuk promosi.

Selain itu, fitur Instagram juga sangat lengkap. Mulai dari feed, story, video, IGTV hingga reels. Bahkan yang terbaru ada yang namanya Instagram Shopping.

Jadi kamu tidak perlu repot-repot belanja di marketplace untuk mendapatkan barang impian. Cukup sambil berselancar di social media, kamu bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan. Tak hanya itu, Instagram shopping juga diklaim sangat efektif untuk memudahkan para konsumen dalam berbelanja.

Semua bisa kamu dapatkan di Instagram Shopping. Mulai dari fashion, buku, elektronik hingga kosmetik bisa kamu beli dengan mudah. Lantas apa bedanya Instagram Shopping dengan marketplace? Dan bagaimana cara penggunaannya?

Tenang kamu nggak perlu bingung. Karena kita sudah menyiapkan semua penjelasan tentang Instagram Shopping untuk kamu. Seperti apa? berikut penjelasannya.

Apa Itu Instagram Shopping?

Selain sebagai tempat untuk membagikan momen-monen berharga dan ajang promosi, sekarang Instagram juga bisa dijadikan tempat jual beli. Yaitu dengan menggunakan fitur Instagram Bisnis. Fitur ini merupakan terbaru dari Instagram. Dilaunching pada Mei 2020 lalu.

Fitur ini ditujukan untuk memudahkan pengguna Instagram untuk berbelanja. Jadi ketika kamu melihat suatu produk, tidak perlu keluar dari Instagram dan membelinya di market place. Sebab dengan tinggal satu kali klik, kamu sudah bisa melihat harga dan langsung bisa membelinya.

Kamu bisa melihat fitur Instagram Shopping ini di samping kanan pojok bawah sebelah profil. Di situ kamu akan menemukan logo tas. Nah, itulah yang namanya Instagram Shopping. Jika kamu klik, berbagai produk pun akan bermunculan. Dan kamu bisa menemukan berbagai barang yang kamu cari.

Penggunaannya pun dinilai lebih mudah. Instagram Shopping akan terhubung langsung dengan website. Oleh karena itu jika kamu ingin melakukan pembelian, biasanya akan langsung ke direct ke website si penjual. Di situ kamu bisa berbelanja sepuasnya dan melihat berbagai produk yang lain.

Untuk pembayarannya pun bisa beragam. Yakni hampir sama seperti market place yang lainnya. Namun jika kamu ingin membayar melalui Facebook juga akan sangat bisa. Sebab untuk mendukung adanya Instagram Shopping ini, Facebook juga menyediakan fitur baru yang namanya Facebook Pay.

Ini seperti dompet digital yang lainnya. Kamu bisa mengisi uang atau top up dari berbagai Bank. Fungsinya pun sebagai metode pembayaran online pada Instagram Shopping.

Kenapa Harus Memiliki Instagram Shopping?

Setelah tahu pengertian dari Instagram Shopping, kini kamu juga harus tahu seberapa penting Instagram Shopping ini untuk bisnis yang kamu jalankan. Kenapa para pebisnis wajib mempunyai Instagram Shopping?

Well, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika Instagram merupakan salah satu social media yang paling popular di dunia. Bahkan di Indonesia sendiri juga diklaim penggunanya paling banyak. Bahkan kebanyakan mereka pengguna Instagram adalah usia produktif.

Orang di usia tersebut cenderung memiliki jiwa konsumtif yang tinggi. Inilah kesempatan yang tidak boleh kamu lewatkan. Memasarkan produk lewat Instagram bisa menjadi solusi utama untuk memasarkan produkmu.

Apalagi untuk kamu yang mempunyai bisnis kometik. Konten Instagram yang notabennya adalah gambar dan video sangat efektif untuk kamu. Produk bisa kamu tonjolkan dengan leluasa. Jika digabungkan ke Instagram Shopping, audience yang telah melihat konten produkmu tersebut tidak perlu repot untuk membelinya di tempat lain. Sebab ia juga dapat melakukan transaksi saat itu juga.

Jadi tidak memakan banyak waktu. Selain alasan tersebut, masih banyak alasan yang lainnya untuk kamu para pebisnis wajib mempunyai Instagram Shopping. Yakni fitur tersebut mempunyai beragam manfaat. Penasaran apa saja manfaat dari Instagram Shopping ini? Berikut adalah penjelasannya secara detail. Selamat membaca!

Beragam Manfaat Instagram Shopping Untuk Bisnis

Tak bisa dipungkiri jika kehadiran Instagram Bisnis ini cukup efektif untuk membantu pembeli mendapatkan barang yang mereka impikan tanpa perlu ribet. Selain itu dari segi produsen dan pemilik usaha juga banyak diuntungkan. Sebab transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan ajang promosi pun menjadi sangat mudah.

Berikut adalah manfaat dari Instagram Shopping yang wajib kamu ketahui:

Target Pasar Lebih Luas

Tidak ada batas jarak dan waktu antara kita. Mungkin itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan penjual dan pembeli di Instagram Shopping. Seperti yang telah diketahui jika Instagram adalah salah satu social media yang penggunanya paling banyak di dunia.

Keadaan ini sangat bermanfaat untuk usahamu. Sebab kamu dapat menjaring konsumen yang lebih luas lagi. Bahkan produk yang kamu jual juga akan go internasional. Tidak hanya orang local saja yang dapat menikmati atau menggunakan produkmu. Bahkan orang luar negeri pun juga bisa.

Bahkan menurut catatan Hoot Suite, 70 persen pengguna Instagram adalah orang yang konsumtif dan suka berbelanja. Jadi jika kamu ingin memulai memasarkan bisnismu di Instagram tidak perlu khawatir lagi. Karena itu adalah solusi yang paling tepat.

Pencarian Produk Lebih Mudah

Manfaat Instagram Shopping untuk bisnis selanjutnya adalah produk dapat ditemukan dengan mudah. Jika sebelumnya pelanggan menggunakan hastag untuk mencari sebuah produk di Instagram, kini tidak perlu lagi.

Karena pada navigasi utama, Instagram sudah menampilkan Instagram Shopping. Kamu cukup mengklik navigasi tersebut dan mencari produk yang kamu ingin beli. Bahkan pada navigasi itu juga terdapat kolom pencarian, jadi sangat memudahkan pembeli untuk berbelanja.

Tak hanya itu, pembeli juga bisa melihat detail produk secara langsung. Pada display gambar yang dipasang, kamu bisa memberinya kode dan harga sekaligus. Bahkan kamu juga bisa memberikan detail bahan dari produkmu itu. Jadi pembeli tidak akan ragu lagi untuk berbelanja produkmu.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Instagram Shopping lebih efeien untuk berbelanja daripada market place lain.

Lebih Singkat dan Efisien

Selain lebih mudah untuk menemukan sebuah produk, Instagram Shopping juga dinilai sangat efisien untuk berbelanja dibanding market place lain. Proses jual beli pun bisa semakin mudah dan singkat. Pelanggan hanya perlu mengklik produk yang diinginkan.

Semua detail pun akan terpampang dan pembelian juga bisa langsung dilakukan. Selain itu Instagram Shopping juga langsung terintegrasi dengan website. Jadi pelanggan akan dengan mudah melakukan pembelian. Jadi kedua belah pihak bisa sama-sama diuntungkan.

Meningkatkan Penjualan

Karena proses jual beli dinilai sangat efektif dan cepat, tak jarang banyak pelanggan yang memilih Instagram Shopping sebagai sarana untuk berbelanja. Tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penjualan sebuah produk.

Tak hanya penjualan melalui market place saja yang membeludak, namun dengan adanya Instagram Shopping ini juga berpotensi membuat penjualanmu semakin meningkat. Jadi keuntungan Instagram Shopping ini bisa dilihat langsung di depan mata.

Visual Marketing

Sesuai dengan tempatnya, Instagram adalah sebuah aplikasi yang menampilkan foto dan video sebagai konten utamanya. Konten visual di Instagram sangat kuat sekali. Oleh karena itu banyak para pebisnis yang memanfaatkan ini sebagai ajang visual marketing.

Semakin bagus visual yang kamu tampilkan, akan semakin besar pula potensi produkmu untuk dilirik oleh para konsumen. Kamu bisa menampilkan berbagai macam sisi dari produk yang ingin kamu tampilkan. Sebisa mungkin buatlah konten yang detail.

Sebagai contoh kamu sedang memasarkan produk kosmetik. Untuk membuat visualnya yang lebih menarik, kamu bisa menampilkan produk tersebut mulai dari kemasan, tekstur hingga review bahan-bahan apa saja yang digunakan. Bahkan kamu juga bisa membuat beragam manfaatnya.

Dengan penyuguhan konten yang detail ini akan semakin membuat calon pembeli tidak meragukan produkmu. Bahkan mereka juga tidak akan ragu untuk langsung melakukan transaksi.

Meningkatkan Engagement

Sekali mendayung dua pulau terlampaui. Begitulah peribahasa yang cocok untuk mendeskribsikan para pebisnis saat menggunakan Instagram Shopping. Selain sangat efektif untuk meningkatkan penjualan, engagement akun Instagrammu juga akan semakin meningkat. Sebab branding, promosi dan penjualan tergabung menjadi satu.

Semakin banyak transaksi dan aktivitas yang dilakukan oleh calon pelanggan tersebut di akun Instagrammu, semakin meningkat pula engagement yang akan kamu dapatkan. Seperti yang diketahui jika engagement ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Beberapa di antaranya adalah like, komen, share, save, view website hingga profil visit. Semua aktivitas tersebut akan terekam oleh Instagram. Jika semakin banyak orang melakukan beberapa faktor tersebut di Instagrammu. Maka akan semakin naik pula engagement yang akan kamu dapatkan.

Memudahkan Calon Konsumen

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika fitur Instagram yang dirilis pada tahun 2020 ini sangat memudahkan calon konsumen untuk melakukan aktivitasnya. Selain mempermudah untuk melakukan pencarian produk dan pembelian, juga mempermudah mereka untuk melihat-lihat koleksi.

Di Instagram Shopping telah disediakan juga fitur colletion. Dengan adanya fitur ini, pelanggan akan dengan mudah menemukan koleksi dari sebuah toko. Fitur koleksi ini pula yang membuat mereka betah untuk tinggal berlama-lama di Intagram shopping.

Selain itu jika mereka belum mempunyai kesempatan untuk membeli, Instagram Shopping juga menyediakan fitur wishlist. Pada fitu ini, pelanggan dapat menyimpan produk yang mereka inginkan untuk dibeli dikemudian hari.

Hal mudah yang ditawarkan Instagram Shopping lain untuk calon konsumen adalah, mereka dapat melakukan transaksi tanpa harus keluar dari aplikasi Instagram. Tentu hal ini dinilai sangat efektif dan tidak ribet.

Promosi Lebih Beragam

Manfaat Instagram Shopping untuk bisnis yang lainnya adalah kamu bisa melakukan promosi dengan lebih beragam. Mulai dari video, gambar, hingga story. Bahkan kamu juga bisa mengiklankan produk yang kamu jual tersebut melalui fitur Shopping Ads.

Pada fitur tersebut kamu juga bisa bekerja sama dengan para influencer atau selebgram untuk mempromosikan produk kamu. Dengan menggunakan fitur ini, setiap konten yang mereka unggah dan berkaitan dengan bisnis atau produk yang kamu promosikan akan terdapat keteranggan Paid Partnership with (nama brand kamu).

Follower dari para influencer tersebut akan langsung bisa melihat produkmu dengan sekali klik. Bahkan hal ini juga akan berpotensi membuat mereka mengunjungi profilmu dan memfollow. Jadi benefit yang kamu dapatkan akan semakin banyak.

Pengunjung Website Lebih Meningkat

Manfaat lain yang ditawarkan oleh Instagram Shopping adalah dapat meningkatkan pengunjung website. Itu karena Instagram Shopping terintegrasi langsung oleh website. Jadi saat akan melakukan transaksi, pasti pelanggan akan didirect langsung ke website.

Tak hanya itu, pada Instagram Shopping juga terdapat fitur View On Website. Fitur ini mempermudah para pelanggan untuk melihat koleksi yang dari produk yang dijual di website. Bahkan mereka juga dapat melihat berbagai review yang juga tellah disediakan oleh pemilik website tersebut.

Nah, dengan begitu secara tidak langsung traffic websitemu juga akan ikut naik. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan pada fitur ini dalam hal bisnis. Tidak hanya pada pihak konsumen saja, namun produsen juga cukup diuntungkan.

Lebih Dekat dengan Konsumen

Selain dapat meningkatkan pengunjung website, manfaat Instagram Shopping untuk bisnis yang lain adalah untuk menjalin kedekatan dengan konsumen. Tak hanya dalam hal bertransaksi, sebab konsumen juga bisa langsung berkomentar tehadap produk yang kamu jual.

Untuk menjaga kedekatan dengan mereka, kamu harus menanggapi komentar tersebut. Dengan begitu komunikasi akan terjalin dengan baik. Strategi ini cenderung membuat konsumen akan semakin dihargai dan dilihat. Ini pun akan meningkatkan potensi mereka untuk terus berlangganan dan menaruh kepercayaan yang lebih untuk produkmu.

Itulah beragam manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu menggunakan Instagram Shopping untuk bisnis. Eits tunggu dulu, ternyata masih ada cara dan tips tertentu loh untuk membuat Instagram Shoppingmu lebih banyak pelanggan. Seperti apa? baca penjelasannya berikut ya.

Tips Meningkatkan Instagram Shopping

Untuk membuat Instagram Shoppingmu banyak pelanggan, ternyata ada tipsnya loh. Tips ini sangat efektif untuk diterapkan karena dapat berpotensi membuat bisnismu lebih lihat banyak orang lagi. Berikut detailnya.

Gunakan Hastag yang Tepat

Penggunaan hastag atau tagar di Instagram memang sangat berpengaruh untuk menjangkau audience yang luas. Dengan menggunakan hastag yang sesuai dan banyak, produkmu juga akan berpotensi untuk lebih banyak pula dilihat orang.

Penggunaan hastag ini juga merupakan salah satu strategi marketing yang cukup efisien. Pengguna akan lebih menemukan produkmu dengan menggunakan hastag tersebut. Bahkan jika mereka suka dengan produkmu, pengguna juga akan berpotensi menjadi konsumenmu.

Selain itu, penggunaan hastag ini juga menjadi ajang promosi gratis di Instagram. Jadi kamu bisa menggunakannya kapan pun yang kamu mau tanpa harus keluar nominal.

Instagram Shopping Ads

Berbeda dengan tagar yang telah diklaim menjadi sarana promosi gratis, Instagram Shopping Ads ini berbayar. Namun jangan salah, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi dari fitur iklan dari Instagram yang satu ini.

Lebih tepatnya kamu bisa langung menarget audience yang akan kamu tuju. Mulai dari usia,gender hingga dimana mereka tinggal. Hal ini tentu sangat efektif untuk kamu lebih luas lagi dalam memasarkan produk.

Bagikan di Instagram Story

Nggak hanya feed saja yang mempunyai fitur shopping. Story juga memiliki fitur yang sama. Kamu cukup memilih foto yang menarik dan sesuai dengan fotmat story. Setelah itu kamu bisa memilih ikon berbentuk keranjang belanja dan masukkan link dari Instagram Shoppingmu.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Instagram Story untuk Bisnis, Promosi Jadi Dinamis!

Nah, jika ada pelanggan yang melihat story tersebut, mereka bisa langsung mengklik ikon dan mengunjungi Instagram Shopping. Sangat mudah sekali kan?

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat Instagram Shopping untuk bisnis. So, untuk kamu para entrepreneur yang ingin mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan, Instagram Shopping bisa menjadi solusi utama. Selamat mencoba!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment