Live Shopping, Tren Jualan Online Baru yang Menjanjikan dan Menguntungkan!

live shopping

Hai, Beautypreneurs! Seiring dengan pertumbuhan bisnis online yang kian hari kian ramai, kamu pasti menyadari bahwa ada kompetisi besar untuk meningkatkan keuntungan usaha. Sejalan dengan hal ini, berbagai metode pemasaran dan penjualan produk pun bermunculan, salah satunya live shopping.

Kamu mungkin juga sudah tak asing dengan metode pemasaran produk ini, bukan? Mengingat live shopping sangat marak dan banyak digunakan oleh pedagang online untuk mempromosikan jualan mereka.

Dilansir dari Giosg, di China tren live shopping sudah berkembang jauh di depan. Bahkan, pasar live shopping di negara tersebut menyumbang lebih dari 10% dari seluruh pasar online.

Melihat potensinya yang besar, tentu kamu juga harus ikut serta dan memperluas bisnismu dengan metode live shopping. Sebab, metode ini enggak hanya akan membantumu menjual produk dengan cara yang segar, melainkan mempererat hubungan dengan konsumen.

Nah, lantas seperti apa sih cara kerja live shopping ini? Apa saja manfaat dan bagaimana cara melakukannya hingga berhasil?

Cari jawabannya di ulasan berikut ini, ya!

Apa Itu Live Shopping?

live shopping

Apakah kamu pernah ingat acara jual beli produk dapur di beberapa saluran TV? Di mana penonton bisa melakukan panggilan dan melakukan pembelian secara langsung saat siaran berlangsung?

Yap! Live shopping memiliki konsep dan cara kerja yang hampir serupa dengan acara tersebut. Bedanya, teknologi sekarang sudah berkembang dengan pesat, sehingga proses tanya jawab antara penonton dan host pun akan lebih mudah terjadi.

Metode penjualan produk ini terjadi ketika penjual melakukan siaran langsung, melalui platform pilihan mereka. Live Shopping juga memberikan kesempatan pada penjual untuk memamerkan produk mereka, serta membangun interaksi aktif dengan pelanggan.

Di sisi lain, pelanggan pun punya banyak keuntungan karena dapat melihat lebih teliti dan dapat bertanya langsung mengenai kualifikasi produk. Tak hanya itu, mereka juga bisa membeli produk secara real-time.

Secara umum, ini adalah tren penjualan yang sangat menarik, karena pembeli (penonton) tak hanya sekadar meng-klik dan mengisi keranjang belanjaan mereka. Namun bisa turut aktif bertanya dan mengklarifikasi keunggulan produk.

Penonton dapat mendengarkan dan mempelajari produk tersebut, kemudian meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar. Setelah itu, penjual akan memberikan arahan dan ulasan untuk memandu penonton ketika ingi melakukan pembelian.

Live Shopping bisa memberikan pengalaman belanja baru yang menyegarkan bagi pecinta online shop. Ada banyak pilihan atau metode yang bisa membuat suasana makin menarik konsumen, seperti memberikan diskon atau promo khusus selama live.

Fenomena Live Shopping dan Sejarahnya

Untuk lebih memahami mengenai tren belanja online ini, enggak lengkap rasanya kalau kamu tak tahu bagaimana permulaannya.

Pada beberapa tahun lalu, kamu mungkin masih menikmati bagaimana asiknya berbelanja secara langsung ke supermarket atau pasar terdekat. Tentu, pengalaman ini tidak bisa disamakan dengan belanja secara online.

Pasalnya kamu bisa memilih langsung produknya, menyentuh, melakukan penawaran, bertanya ini-itu, hingga langsung membawanya pulang selesai pembayaran. Pengalaman yang mungkin tak kamu dapatkan ketika memasukkan belanjaan ke keranjang e-commerce.

Namun, belanja online memberikan kesempatan pada konsumen untuk membeli produk dari mana saja. Bahkan dari kota yang berbeda, negara lain, dan mengirimkan produk tersebut langsung ke depan pintu rumah mereka.

Selain itu, pertumbuhan internet yang sangat pesat juga jadi hal lain yang mendukung. Berbagai platform jual beli, seperti e-commerce dan media sosial pun mendukung penjual untuk melayani audience mereka.

Pertumbuhan ini pun semakin tinggi karena adanya pandemic Covid-19. Bahkan, dalam tahun 2020 lalu tercata bahwa jumlah pembelian barang secara online meningkat, sebanyak 25% hingga 30%. Tentunya jumlah ini pun kian meningkat hingga detik ini.

Sejalan dengan data tersebut, live shopping dinilai semakin menjanjikan karena masyarakat yang sangat suka menonton video. Dilansir dari Digital 2021, tercatat 98,5% pengguna internet sangat suka menonton video secara online.

Angka yang sangat besar, bukan? Tentu ini menjadi ladang dan kesempatan terbaik untukmu menjual produk dengan cara yang lebih baru.

Manfaat Melakukan Live Shopping untuk Bisnis

Tentu sebagai seorang pebisnis, kamu perlu mempertimbangkan segala hal sebelum mencoba metode baru. Termasuk saat akan melakukan live shopping untuk bisnis kosmetikmu.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat melakukan live shopping untuk bisnis. Yuk, simak baik-baik!

Interaksi Bersama Pelanggan Lebih Baik

Ada banyak jenis promosi online yang bisa jadi pilihan dalam berjualan. Namun tak semuanya dapat memberikan interaksi aktif sebaik ketika kamu menjual barang secara langsung dengan live streaming.

Terlebih, konsumen Indonesia memiliki karakteristik yang sangat pemilih dan teliti ketika melakukan pembelian. Sehingga, live shopping akan memberikan pengalaman yang lebih menarik dan baru untuk mereka.

Sebab, konten video ini bisa membuat tingkat keterlibatan penonton atau konsumen jauh lebih tinggi. Apalagi jika dibandingkan dengan media promosi lain, seperti e-mail marketing, pesan langsung di akun penjualan, dan banyak lainnya.

Selain itu, kamu akan memberikan keleluasaan kepada konsumen untuk memvalidasi informasi mengenai produk yang mereka inginkan. Baik dari merk, kegunaan, keaslian, bahan-bahan, harga, hingga proses transaksi dan pengiriman.

Semua factor ini membuat interaksimu dengan konsumen semakin tinggi, mereka pun akan nyaman dan bukan tak mungkin kalau penjualanmu pun akan meningkat.

Cepat Menghasilkan Penjualan Besar-besaran

Ketika kamu melakukan live shopping dengan baik, maka kamu dapat memajang produk jualanmu ke ratusan atau bahkan ribuan orang hanya dalam beberapa menit saja. Apalagi kalau acaranya dikemas dengan menarik, audience akan merasa terhibur dan merekomendasikan acara tersebut kepada orang di sekitarnya.

Pengalaman belanja yang baru dan segar selalu menarik perhatian audience. Mengingat, belakangan ini orang-orang sedang dalam masa di rumah saja. Memberikan pengalaman baru ini tentu akan membuat keinginan mereka untuk berbelanja jadi semakin besar.

Selain itu, dilansir dari Giosg, banyak contoh live shopping yang menghasilkan konversi penjualan besar-besaran. Karena dalam acara ini, kamu bisa meyakinkan dan mensugesti penonton untuk segera melakukan transaksi.

Misalnya karena waktu promosi yang terbatas, stok barang yang diinginkan sudah tak banyak, hingga kesempatan untuk bertanya jawab aktif pun sudah akan selesai.

Membangun Brand Awareness

Tak hanya meningkatkan penjualan secara signifikan, kamu pun bisa membangun brand awareness toko onlinemu lewat siaran belanja langsung.

Sebab acara promosi ini akan membantu konsumen mengetahui lebih detil mengenai merk dan produk yang kamu pasarkan. Sembari menjawab pertanyaan konsumen, kamu bisa menjabarkan keunggulan produk dan nilai uniknya di banding kompetitor.

Nah, untuk semakin menarik perhatian audience, kamu bisa menggaet influencer atau selebgram ketika mengadakan live shopping. Ini akan membantu meningkatkan popularitas brand/toko kosmetik yang kamu miliki.

Mendorong Pembelian Impulsif

Salah satu aspek yang membuat live shopping menguntungkan adalah kemampuannya dalam mendorong pembelian impulsive. Yap! Ada kesempatan besar untukmu menggiring konsumen untuk membeli produk sesegera mungkin.

Kegiatan belanja ini tentu berbeda dengan hanya memasukkan produk ke keranjang e-commerce. Karena kamu membuat konsumen seolah-olah berada pada suatu sistem jual-beli yang besar dan menyenangkan.

Untuk menghadirkan euphoria ini, kamu bisa menghadirkan urgensi agar penonton merasa perlu membeli produkmu sesegera mungkin. Misalnya, dengan menunjukkan siapa saja yang telah membeli produk tersebut, menyebut namanya satu persatu dan berterima kasih.

Ini akan memacu keinginan dan rasa penasaran penonton untuk membeli produk yang sama. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan diskon terbatas dan eksklusif selama siaran berlangsung.

Cara ini memang klise, tapi siapa juga yang enggak suka dengan diskon ataupun potongan harga?

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan influencer atau orang dengan penggemar besar memasarkan produk tersebut bersamamu. Karena penonton selalu suka membeli produk yang memang telah diakui kualitasnya oleh idola mereka.

Intinya, untuk menciptakan manfaat ini, kamu harus bisa menekankan perasaan kegembiraan dan urgensi selama belanja. Sehingga, konsumen memiliki pengalaman yang menyenangkan, dan toko bisa menghasilkan lebih banyak penjualan.

Membuat Produk yang Tak Laku Jadi Sorotan

Apakah kamu memiliki masalah dengan stok produk tak laku yang menumpuk? Entah karena kurang menarik, atau mungkin tidak dipromosikan dengan baik sebelumnya?

Well, sesi live shopping bisa memberikan banyak potensi untuk mengubah kondisi ini menjadi lebih baik. Karena kamu bisa memajang produk tersebut dan menawarkannya secara langsung kepada public selama siaran terjadi.

Meski begitu kamu juga harus mengidentifikasi alasan kenapa produk ini tidak laku. Setelah menemukannya, kamu bisa memberikan dorongan yang sesuai untuk membuat produk tersebut lebih diterima.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stok Produk Tak Laku Sampai Laris Lagi

Cara Tepat Mengadakan Live Shopping Agar Ramai

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya di atas, kamu pasti udah enggak sabar ingin segera memulai live shopping untuk bisnismu sendiri, bukan?

Nah, agar dapat berjalan lancara dan ramai pembeli, berikut cara mengadakan live shopping yang tepat dan efisien. Yuk, simak!

Menentukan Tujuan dengan Jelas

Sama halnya dengan kegiatan promosi yang lain, dalam mengadakan siaran belanja langsung ini kamu juga perlu menyiapkan tujuan yang jelas. Agar penonton bisa lebih memahami dan mengikuti alur siaran langsung dengan lebih nyaman.

Tujuan ini ada berbagai macam, meski tentu saja ujung-ujungnya bisa menciptakan penjualan. Salah satunya adalah meningkatkan brand awareness.

Dengan tujuan itu, kamu bisa memulai siaran dengan menyapa penonton, kemudian dilanjut mengenalkan merk dan keunggulan produk. Dalam hal ini, kamu harus menguasai dan dapat memaksimalkan product knowledge dengan baik.

Buat Pengumuman Jauh-jauh Hari

Langkah selanjunya adalah dengan membuat pengumuman jauh-jauh hari. Hal ini akan membantu menarik perhatian dan antusiasme penonton untuk menghadiri siaran belanja yang kamu lakukan.

Sebagai nilai tambah, kamu bisa mencantumkan siapa host live shopping-nya, konsep kegiatan, jam acara dimulai, hingga topik apa yang ingin kamu bicarakan.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak penonton dan dapat menjangkau konsumen potensial dari bisnismu.

Gunakan Background Video yang Baik

Ketika mengadakan penjualan lansung kamu harus bisa menyajikan gambar yang terang dan jelas. Hal ini agar penonton dapat menikmati acara dan melihat produk dengan baik.

Selain pencahayaan, kamu bisa melakukan live di tempat yang rapi, studio dengan background tertentu. Sehingga tampilan video akan jadi lebih menarik dan menyenangkan untuk penonton.

Membangun Interaksi dengan Penonton

Keunggulan melakukan siaran penjualan lansung adalah adanya interaksi aktif dengan pembeli. Hadirkan pengalaman komunikasi yang menarik dan menyenangkan dengan audience.

Selain menjelaskan, kamu bisa membangun suasana dengan menyapa dan memberikan candaan sederhana. Dengan begitu, live shoppingmu tidak akan membosankan.

Berikan Diskon dan Promosi

Diskon dan promosi adalah alat penjualan yang sangat efektif untuk memancing minat konsumen. Nah, kamu bisa menggunakannya untuk menarik konsumen melakukan pembelian selama live berlangsung.

Tak hanya itu, dengan memberikan diskon atau promosi eksklusif kamu juga memberi nilai urgensi pada produk yang kamu tawarkan. Sehingga akan mendorong konsumen membeli barang secara impulsive.

Mengadakan siaran belanja langsung rupanya bisa memberikan banyak keuntungan buat bisnis. Nah, kamu bisa memanfaatkan metode ini untuk membuat bisnis kosmetikmu laris manis lho, Beautypreneurs.

Kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas dan membuat acara berjalan menarik untuk audience live-mu. Jangan lupa untuk meningkatkan brand atau product knowledge supaya kamu juga bisa memancing konsumen agar jatuh cinta pada produkmu.

Well, sampai sini dulu tips bisnis kali ini. Have a great day and good luck for you!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

cream penghilang bekas jerawat punggung

10 Kandungan Cream Penghilang Bekas Jerawat Punggung yang Efektif

Jerawat yang muncul di punggung seringkali menjadi masalah membingungkan dan mengganggu. Bekas jerawat yang meninggalkan jejak di punggung dapat merusak penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, banyak orang beralih pada cream penghilang bekas...

Continue Reading

Leave a Comment