Makin Untung! Inilah Manfaat Memasarkan Produk Kosmetik Lewat Facebook

manfaat mempromosikan produk kosmetik lewat facebook

Ngomongin soal pasar industry kosmetik di Indonesia, jadi Beautypreneur harus bisa punya strategi pemasaran yang terdepan. Di era yang serba canggih ini, pemasaran melalui platform digital, seperti social media menjadi pilihan utama.

Selain bisa menjangkau konsumen yang lebih luas, pemasaran melalui digital ini sangat mempunyai banyak kelebihan. Seperti bisa menjangkau penjualan tanpa batas jarak, meningkatkan brand awareness hingga target promosi yang pas.

Di antara platform digital yang lagi hype saat ini, social media-lah yang masih menjadi pilihan utama. Terutama Facebook. Hingga kini, Facebook menjadi salah satu social media dengan penggunanya terbanyak di dunia. Bahkan di Indonesia sendiri mencapai 140 juta pengguna dan merupakan terbesar ke tiga di dunia. Wow!

Selain itu Facebook juga menyediakan fitur-fitur pemasaran yang efektif dan kreatif. Seperti Facebook scheduled post, Facebook marketplace, Facebook 360 Facebook Ads, dan Facebook Debugger. Fitur-fitur ini sangat membantumu untuk meningkatkan penjualan. Sebab kamu bisa melakukan pemasaran kapan pun dan di mana pun.

Salah satu fitur Facebook yang sangat menguntungkan untuk Beautypreneur adalah Facebook Business. Selain di Facebook, dengan menggunakan fitur ini kamu juga bisa menghubungkan Facebook dengan di berbagai social media lain.

Seperti Instagram dan Whatsapp. Dengan begitu promosi yang Beautypreneur lakukan akan otomatis juga terposting di dua social media tersebut. Karena di ketahui Instagram dan Whatsapp merupakan anak perusahaan Facebook yang penggunanya juga sangat besar di Indonesia.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk Beautypreneur mengabaikan Facebook sebagai strategi pemasaran untuk kosmetik. Apalagi jangkauan yang luas di Facebook juga tidak kenal usia. Jadi produk kosmetikmu bisa menjangkau semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja,dewasa hingga orang tua.

Nggak hanya itu, ada banyak manfaat lain yang menunggu jika Beautypreneur menggunakan Facebook sebagai sarana pemasaran. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ya!

Manfaat Memasarkan Produk Kosmetik Lewat Facebook

manfaat mempromosikan produk kosmetik lewat facebook

Saat ini Facebook menawarkan banyak sekali fitur yang memudahkan penggunanya untuk melakukan banyak kegiatan. Salah satunya adalah promosi. Melakukan promosi di Facebook ternyata banyak sekali manfaatnya loh.

Kami telah merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat mamasarkan produk kosmetik lewat Facebook untuk Beautypreneur. Check it out!

Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Indonesia merupakan pengguna Facebook terbesar ke tiga di dunia. Oleh karena itu sangat eektif bagi Beautypreneur untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk promosi.

Para Beautypreneur bisa memulainya dengan membuat akun page company di Facebook. Cara promosi dilakukan dengan cara visual dan tulisan. Baik berupa foto, video maupun artikel. Bentuk promosi seperti ini bisa membuat brand atau produk yang kita miliki lebih dikenal pada jangkauan yang luas. Tak hanya di Indonesia, tapi juga dunia.

Konten-konten yang diproduksi, nantinya akan menarik perhatian pelanggan. Jika konten promosi ini dibuat dengan sangat menarik, akan dapat lebih pula atensi dari audience.  Dengan begitu, brand awareness Beautypreneur akan meningkat. Pelanggan pun tidak akan ragu untuk membeli.

Lalu bagaimana cara membuat konten yang menarik untuk mendapat perhatian lebih dari audience? Tenang, nanti di akhir artikel ini kami akan memberi tips membuat konten yang menarik dan tentunya juga berkualitas. So, baca sampai akhir.

Iklan Lebih Tertarget

Manfaat memasarkan produk kosmetik lewat Facebook yang kedua adalah Beautypreneur bisa menentukan target iklan yang dimau. Jadi tidak perlu khawatir jika iklan yang dipromosikan bisa salah sasaran.

Sebab Facebook sudah mempunyai fitur yang cukup canggih bernama Facebook Ads. Di Facebook Ads ini Beautypreneur dapat menentukan siapa sasaran iklan yang dituju. Mulai dari usia, jenis kelamin, hobi, hingga kota tertentu. Jadi cukup praktis.

Misalnya nih Beautypreneur ingin memasarkan produk krim anti-aging dan ingin menarget perempuan di usia 25-50 tahun. Bisa banget, Beautypreneur cukup mengisi beberapa target yang akan dituju ketika akan beriklan di Facebook Ads nanti.

Dengan begitu produk kosmetikmu akan muncul di beranda-beranda audience yang berusia 25-50 tahun dan yang memiliki ketertarikan dengan anti-aging. Jadi jika target pemasaran jelas, maka penjualan juga akan meningkat pula.

Hemat Budget

Salah satu manfaat memasarkan produk kosmetik lewat Facebook adalah hemat budget! Yep, kamu nggak salah kok. Dengan berbagai benefit yang ditawarkan, tenyata beriklan di Facebook sangat murah. Bahkan bisa dengan gratis pula.

Tentu ini bisa meminimalisir pengeluaran Beautypreneur untuk budget pemasaran. Karena semua bisa disesuaikan dengan kantong. Bahkan bisa menghemat lebih dari 7 kali lipat jika Beautypreneur beriklan secara offline.

Namun jika biaya yang Beautypreneur keluarkan semakin besar, jangkauannya juga semakin luas. Begitu pun dengan impression terhadap produk kosmetik yang akan kamu dapatkan. Tentu saja juga semakin besar pula.

Apa bisa melakukan pemasaran kosmetik di Facebook nggak usah bayar alias gratis? Jawabannya bisa banget. Beautypreneur cukup rajin dan konsisten memasarkan produk melalui konten-konten foto atau video. Namun di sini ada kelemahannya juga. Yah namanya juga gratisan.

Kelemahannya jika gratis, Beautypreneur tidak bisa menentukan target yang pas. Jadi pemasaran produk kosmetik yang Beautypreneur buat akan dibagikan secara random atau acak oleh Facebook.

Tapi jangan khawatir, mesipun secara acak, kamu masih banyak mendapat manfaat dari iklan gratis ini. Yaitu brandawareness dan juga membangun interaksi dengan pelanggan.

Lebih Dekat dengan Customer

Salah satu fungsi dari media social adalah untuk berinteraksi. Jadi jika Beautypreneur ingin lebih dekat dengan para customer, Facebook adalah solusi yang tepat. Karena nanti Beautyprenenur akan bisa berinteraksi secara intens dengan customer.

Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk membangun keterikatan dengan customer. Misalnya dengan membuka topic-topik diskusi ringan dengan tema kosmetik. Dalam diskusi itu pasti akan terjadi interaksi antara customer dan Beautypreneur.

Di akhir diskusi itu, bisa ditambahkan dengan promosi produk kosmetik yang sedang Beautypreneur ingin pasarkan. Dengan cara demikian, customer akan memiliki keterikatan tersendiri dengan brand yang Beautypreneur miliki.

Jangkauan Lebih Luas

Siapa sih yang nggak ingin produknya dikenal orang dan bahkan bisa sampai kancah internasional? Well, itulah salah satu manfaat memasarkan produk kosmetik lewat Facebook. Produk yang Beautypreneur miliki tidak hanya akan dikenal di dalam negeri saja, tapi juga bisa sampai luar negeri.

Sebab Facebook tidak mempunyai batasan Negara untuk system pemasaran. Caranya gimana? Tentu saja dengan menggunakan fitur iklan yang sudah disediakan oleh Facebook. Beautypreneur bisa menentikan lokasi pemasaran yang ingin dituju tanpa ada batasan jarak.

Misalnya nih, Beautyprenenur tinggal di Indonesia dan ingin memasarkan serum dengan bahan organic asli Indonesia ke India. Tentu saja sangat bisa. Beautypreneur cukup mengisi target yang jelas ketika beriklan nanti.

Dengan begitu produk kosmetikmu tidak hanya akan dikenal secara domestic saja, namun juga berskala internasional.

Bisa Menganalisis Pasar

Sangat penting sekali bagu Beautypreneur mengetahui dan menganalisis pasar. Sebab hal ini menjadi salah satu kunci penting untuk meningkatkan penjualan pada produk. Dengan Facebook Baeautypreneur bisa langsung menganalisis customer.

Mulai dari kebiasaan, hingga sesuatu yang sedang dicari dan dibutuhkan banyak orang, semua bisa dianalisa. Selain itu juga dapat dilakukan langsung analisa respon pasar terhadap brand atau produk yang sedang Beautypreneur rintis.

Hal itu dapat dilihat melalui fitur insight yang ditawakan Facebook. Mulai dari usia, tempat tinggal hingga gender dari customer bisa diketahui. Hal ini sangat dibutuhkan untuk target pemasaran agar produk bisa dipasarkan dengan tepat juga.

Itu semua adalah manfaat memasarkan produk kosmetik lewat Facebook. Nah, untuk memulai memasarkan produkmu, Beautypreneur harus punya plan konten yang matang. Sebab konten yang menarik juga akan meningkatkan perhatian lebih pula dari audience untuk produk kita.

Ketahui Juga: Potensial Banget, Ini Dia Cara Iklan di Facebook yang Harus Kamu Tahu

Tips Membuat Konten Pemasaran yang Berkualitas

manfaat mempromosikan produk kosmetik lewat facebook

Konten merupakan unsur paling penting saat ingin memasarkan produk kosmetik melalui Facebook. Sebab bentuk konten yang akan Beautypreneur buat nanti akan menjadi wajah atau presentasi dari perusahaan.

Tak hanya itu, konten juga berperan penting dalam membangun engagement dengan audience. Lantas, bagaimana membuat konten yang menarik dan tetap berkualitas?

Ikuti Tren

Mengikuti tren adalah kunci utama agar kontenmu lebih banyak dilihat audience. Karena sesuatu yang sedang trending akan selalu dibicarakan banyak orang. Ini kesempatan penting bagi Beautypreneur untuk membuat konten agar produk kosmetik lebih dilirik banyak audience.

Untuk mengetahui sesuatu yang sedang tren, kamu bisa menggunakan beberapa tools untuk mengetahui kata kunci yang sedang tren. Contohnya Google Trend. Dengan menggunakan tools tersebut, kamu bisa mencari kata kunci yang sedang trend dan menggunakannya sebagai konten artikelmu yang nantinya akan di share ke Facebook.

Sedangkan untuk konten foto dan video, kamu bisa  mencari yang sedang trending di media social. Perhatikan apa yang sering dibicarakan orang. Biasanya juga tentang isu-isu terkini. Beautypreneur bisa mengaitkan isu terkini itu dengan produk kosmetik.

Tapi isu yang dipilih juga harus diperhatikan jauh ya. Jangan sampai menyimpang jauh dari produk kosmetik yang sedang Beautypreneur pasarkan.

Visual yang Menarik

Sebagian besar konten yang beredar di Facebook adalah berupa foto dan video. Jadi mau tidak mau jika Beautypreneur ingin terjun ke pemasaran lewat Facebook juga harus memproduksi konten foto dan video. Tidak hanya artikel saja.

Nah, untuk menarik minat audience mampir ke profil kita, dibutuhkan visual yang menarik dan kuat. Mulai dari desain hingga copywriting, semua harus menarik dan eye catchy. Buat konten yang singkat, padat, dan jelas agar audience jauh lebih mudah memahaminya.

Sebab jika terlalu banyak tulisan dalam desain, itu beresiko membuat audience cepat jenuh. Hal itu bisa menurunkan minat audience terhadap produk tersebut.

Perlu kamu perhatikan, untuk pemilihan warna dalam desain nanti juga akan sangat berpengaruh terhadap branding. Jadi sebisa mungkin untuk desain, gunakan warna-warna yang senada dengan produk yang sedang dipasarkan.

Dengan begitu audience akan dengan mudah mengingat dan mengenali brand kita.

Bangun Ciri Khas

Kreatifitas itu sangat dibutuhkan dalam membuat konten. Sebab jika kita tidak mempunyai kreatifitas akan membuat konten cenderung monoton. Bahkan bisa juga terkena plagiasi jika kita menconteknya.

Berarti tidak boleh meniru dong? Boleh saja, asalkan konten yang kita tiru tidak kita terapkan secara langsung dan persis. Gunakan konten-konten tersebut untuk referensi. Lalu kreasikan konten-konten tersebut dengan ide yang telah kamu miliki sebelumnya. Dengan cara seperti ini Beautypreneur bisa lebih kreatif dan mengikuti tren.

Namun, daripada mengikuti tren, alangkah baiknya jika kita menciptakan tren itu sendiri. Dengan demikian brand yang sedang Beautypreneur bangun akan mendapatkan lebih banyak atensi dari masayarakat.

Selain itu Beautypreneur juga harus memiliki pakem! Atau ketentuan tertentu agar konten yang kamu buat mempunyai ciri khas tersendiri. Misalnya bisa dengan desain atau membentuk figure tertentu sebagai mascot dari produk.

Baca Juga: Cara Menentukan Unique Selling Point (USP) pada Brand Kosmetik

Mascot tidak hanya orang, namun juga gambar-gambar animasi atau ilustrasi yang merepresentasikan wajah dari brand itu sediri.

Nah, itu dia tips membuat konten dan manfaat memasarkan produk kosmetik melalui Facebook. Semoga bermanfaat.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment