Recommended! Cara Ampuh Menghilangkan Bruntusan di Dahi

cara menghilangkan bruntusan di dahi

Sebel nggak sih, kalau mau ketemu Doi atau hadir di acara tertentu tapi nggak percaya diri karena bruntusan di dahi? Tekstur kulit jadi tidak rata dan kasar. Meskipun kita tutup pakai make up, tapi tetap saja mengganggu penampilan. 

Bruntusan ini termasuk salah satu jenis jerawat. Karena bentuknya yang kecil dan banyak, bruntusan sering juga disebut dengan jerawat pasir. Biasanya ditandai dengan bintik kecil yang menyebar di permukaan kulit wajah. 

Bruntusan paling sering terjadi di area dahi. Sebab pada area itu sering terjadi iritasi kulit karena gesekan dan tekanan berlebihan. Ini biasanya terjadi bagi kamu yang suka pakai poni.  

Selain itu membersihkan wajah dengan kurang tepat juga menjadi pemicu munculnya bruntusan di dahi. Sebab jika tidak dibersihkan dengan tepat, kotoran, minyak, bakteri dan sel kulit mati akan menumpuk. Lalu munculah bruntusan itu. 

Tapi tenang, ada banyak cara menghilangkan bruntusan di dahi. Berbagai brand-brand  kosmetik telah menawarkan solusi untuk itu. Mulai dari face wash, cleanser, mosturaizer, hingga night cream, semua ada yang untuk menyelesaikan acne problem

Semua produk itu bisa menjadi cara untuk menghilangkan bruntusan di dahi. Namun sebelum lebih lanjut mengetahui solusi yang tepat, ada baiknya kamu tahu lebih dalam tentang penyebab bruntusan itu bisa muncul. Karena beda penyebab, beda pula cara menghilangkannya. 

Nah, apa saja penyebab itu? Simak ulasannya berikut. Happy reading!

Penyebab Munculnya Bruntusan di Dahi

cara menghilangkan bruntusan di dahi

Sebenarnya bruntusan ini tidak hanya bisa muncul di dahi. Namun  juga muncul di bagian tubuh dan wajah lain. Seperti pipi, dagu, punggungg, hingga lengan. Namun umumnya memang dahi menjadi tempat atau sarang favorit bagi sebum penyebab bruntusan.

Berikut kami telah merangkum faktor-faktor penyebab jerawat untukmu:

Hormonal

Yep, kalau sudah ngomongin soal hormonal dan perubahannya pasti bikin sebel. Karena perubahan hormonal ini bisa meemicu tumbuhnya bruntusan di dahi. Hormon ini adalah androgen. 

Hormon androgen ini berubah ketika kita sedang menstruasi, hamil dan masa pubertas. Saat itu kelenjar akan memroduksi minyak berlebih yang memicu tumbuhnya jerawat atau bruntusan. 

Stress

Buat kamu yang suka overthingking harus hati-hati. Sebab overthingking bisa menyebabkan stress hingga memicu bruntusan di dahi. Hal ini disebabkan otak kita bekerja terlalu berlebihan dan bisa membuat tubuh mudah lelah hingga stress. 

Jika sudah stres, kebiasaan tidur akan berubah dan pola makan pun juga begitu. Perubahan pola makan dan tidur inilah yang juga bisa memengaruhi perubahan hormon androgen dalam tubuh. Akibatnya, tubuh terutama area wajah memroduksi minyak berlebih dan bisa menjadi sarang untuk jerawat. 

Kebersihan rambut

Ini poin yang sangat penting. Apalagi buat kamu yang suka pakai poni hingga menutupi seluruh permukaan dahi. Ini bisa menjadi penyebab munculnya bruntusan di area itu!

Sebab kulitmu tidak bisa bernapas dengan bebas karena tertutup oleh rambut pendek tersebut. Apalagi jika kamu tidak sering keramas atau membersihkannya, pasti akan menjadi sarang bakteri. 

Nah, bakteri-bakteri tersebut akan menggendap bersama minyak dan kotoran lain sehingga bisa menyubat pori-pori. Jika pori-pori sudah terbumbat, bersiaplah! Karena sebentar lagi pasukan jerawat pasir akan bermunculan. 

Produk perawatan rambut

Selain menjaga kebersihan rambut itu penting, kamu juga harus selektif dalam memilih produknya.  Jika kamu salah memilih produk utuk rambut, itu juga bisa menjadi penyebab bruntusan di dahi. 

Produk-produk rambut yang biasanya menggunakan bahan minyak kelapa atau mentega kakao bisa menyebabkan bruntusan. Seperti pomades, minyak rambut, gel rambut, wax atau lilin rambut. Jika kamu menggunakan produk-produk itu, pastikan terlebih dahulu bahan yang terkandung di dalamnya. Cocok untuk kulitmu, atau justru sebaliknya. 

Obat-obatan

Penyebab bruuntusan di dahi selanjutnya adalahh obat-obatan. Terutama ketika kamu sering mengkonsumsi obat-obat penenang. Seperti antikonvulsan, barbiturat hingga litium. 

Obat-obatan ini sangat berpengarruh pada kinerja otak. Ketika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan, tidak hanya akan muncul efek samping dari dalam saja. Namun dari luar juga, seperti bruntusan. 

Tak hanya obat-obatan yang dikonsumsi, penggunakan obat steroid di krim wajahmu juga bisa menjadi penyebab munculnya bruntusan. Oleh karena itu sangat wajib hukumnya bagi kamu mmengetahui komposisi dari setiap produk yang kamu konsumsi dan pakai. 

Jarang Cuci Muka

Semakin malas cuci muka, semakin senang pula para jerawat pasir itu bersarang di wajahmu. Sebab penyebab utama jerawat adalah bakteri, minyak, kotoran dan polusi yang menumpuk. 

Jika sudah menumpuk begitu, ketika tidak segerra dibersihkan akan menyubat pori-pori. Hasilnya muncul deh bruntusan. 

Untuk kamu yang sering memakai make up, hal ini juga sangat perlu diperhatikan. Tumpukan foundation dan produk lainnya itu amat sangat menyumbat pori. Sangat dianjurkan buat kamu yang sering memakai make up untuk melakukan double cleansing. Atau membersihkan wajah dua kali. 

Yaitu dengan susu pembersih atau michelar water terlebih dahulu. Kalau sudah dirasa benar-benar bersih dengan itu, barulah bilas dengan air saja. Karena jika kamu langsung membersihkannya dengan air, itu tidak akan cukup untuk mengangkat semua noda kosmetik di wajahmu. So, be clean!

Berbagai Cara Menghilangkan Bruntusan di Dahi yang Patut Dicoba

cara menghilangkan bruntusan di dahi

Kali ini kita masuk ke poin inti. Bagaimana sih cara menghilangkkan bruntusan di dahi? Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk menghilangkan pasukan jerwarat pasir yang bersarang di dahi kita. 

Mulai dari cara yang alami hingga melakukan perawatan di klink. Daripada bingung mau mulai dari mana, kami sudah merangkumnya untukmu cara menghilangkan bruntusan di dahi. Simak baik-baik ya!

Cara Menghilangkan Bruntusan di Dahi secara Alami

Namanya juga alami, pastinya ketika kamu menggunakan metode ini akan minim sekali efek samping. Selain itu juga lebih hemat dan mudah dilakukan di rumah. Apa saja itu?

Rutin Membersihkan Wajah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika penyebab utama bruntusan adalah pori-pori yang tersumbar oleh kotoran. Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk rajin mencuci wajah.

Gunakan pembersih yang lembut dengan bahan-bahan yang cocok untuk kulitmu. Dengan membersihkan wajah secara rutin, kotoran di wajahmu akan berkurang dan resiko bruntusan pun sangat minim.

Tapi juga perlu diingat jangan membersihkan wajah terlalu sering. Karena itu akan membuat kulit terlalu kering. Idealnya kamu bisa membersihkan wajah dua kali sehari. Pagi hari ketika akan beraktivitas dan malam hari saat akan istirahat.

Kompres Air Hangat

Mengompres air hangat juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat di dahi. Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk ini pun sangat sederhana, yaitu kain dan air hangat. Namun sebelum memulai, harus pastikan dulu jika kain yang kamu gunakan harus benar-benar bersih. Sebab jika tidak bersih, malah bisa jadi pemicu tumbuhnya jerawat baru.

Caranya cukup basahi kain itu dengan air hangat, lalu peras. Diamkan selama 5-10 menit. Lakukan cara ini dua kali sehari secara rutin. Dengan begitu bruntusanmu akan berkurang.

Jangan Memencet dan Menyentuh Bruntusan

Big NO! Apalagi kalau kamu menyentuh bruntusan dengan tangan yang belum dicuci. Ini tentu akan membuat bruntusanmu semakin parah. Sebab kotoran dan bakteri yang ada di tanganmu akan tertransfer ke dahi. Dan itu membuat bruntusan akan semakin berkembang.

Selain menyentuh, kamu juga dilarang memencet! Meski kamu gemas ingin memencet pasukan mungil itu, tolong jangan dan segera urungkan niatmu. Karena jika bruntusan kamu pencet, justru akan semakin memperparahnya.

Sebab nanah dan kotoran di pori-pori kan masuk ke dalam  folikel. Material yang terinfeksi itu akan masuk ke lapisan dermis atau bawah kulit. Kondisi ini bisa merusak kulit dan membuat bruntusanmu makin parah.

Tak hanya itu nanah yang keluar dari jerawat tersebut juga beresiko memicu timbulnya jerawat baru di area yang sama. Be careful!

Pakai Pelembab

Setiap selesai membersihkan wajah, jangan lupa pakai pelembab. Jika tidak kulitmu akan cepat kering. Selain itu pelembab juga berguna untuk menutrisi kulit. Jika kulitmu ternutrisi dengan baik, bruntusan yang menempel di dahi akan berkurang dengan sendirinya.

Tapi perlu diingat, pilihlah pelembab dengan bahan-bahan yang cocok untuk kulitmu. Dan kamu juga harus selektif ketika memilih pelembab itu.

Menggunakan Obat Jerawat

Menggunakan obat jerawat bisa menjadi cara menghilangkan bruntusan di dahi. Pada umumnya obat-obat anti-kemerahan bisa menjadi pilihan. Selain itu kamu juga bisa memilih obat atau krim berbentuk gel. Seperti krim anti-jamur, anti-gatal dan pil antihistamin.

Pil antihistamin perlu diminum ketika bruntusan yang ada di dahimu terjadi karena reaksi alergi terhadap sesuatu.

Menggunakan Masker

Masker dengan bahan-bahan alami juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan bruntusan di dahi. Kamu bisa membuat masker itu dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Seperti lidah buaya, teh hijau, oatmeal, tomat hingga lemon.

Bahan-bahan tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu meredekan peradangan dan aman digunakan untuk kulit sensitif. Sehingga beruntusanmu bisa teredam dan akan cepat hilang.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Dahi dengan Perawatan Medis

Tak hanya perawatan dengan cara alami di rumah, kamu juga menghilangkan jerawat dengan dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Metode ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan jerawat dengan instan.

Apa saja jenis perawatan itu? Simak ulasannya berikut:

Peeling

Kalau kamu berkunjung ke klinik kecantikan, perawatan utama yang ditawarkan untuk bruntusanmu adalah peeling. Ini adalah suatu metode yang digunakan dokter untuk mengatasi kulit berjerawat.

Prosedur perawatan ini untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Tak heran setelah melakukan perawatan ini biasanya kulitmu akan mengalami pengelupasan. Ini normal, karena proses itu dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati di wajahmu.

Intense Pulsed Light (IPL)

Intense Pulsed Light atau yang biasa disebut dengan IPL ini adalah prosedur perawatan yang menggunakan energi cahaya lampu dengan intensitas tinggi. Fungsinya untuk meremajakan kulit dan juga membunuh bakteri penyebab jerawat.

Meskipun menggunakan sinar dengan intensitas tinggi, kamu tidak perlu khawatir akan kepanasan. Sebab sebelum melakukan perawatan ini, kulitmu akan diolesi gel terlebih dahulu. Sehingga tidak akan sakit sama sekali.

Blue Light Therapy

Cara menghilangkan bruntusan di dahi selanjutnya adalah blue light therapy. Ini adalah suatu metode yang berfungsi untuk mengurangi peradangan jerawat dan mengurasi produksi minyak berlebih.

Perawatan ini menggunakan topeng yang dilapisi dengan blue light. Didesain khusus untuk treatment wajah. Selain bisa menghilangkan bruntusan, perawatan ini juga bisa untuk mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan bekasnya.

Facial

Ini adalah salah satu cara menghilangkan bruntusan di dahi yang ampuh. Kotoran dan komedomu akan diekstaksi atau di keluarkan. Sehingga akan bersih sampai ke akarnya. Metode ini juga salah satu metode yang sering ditawarkan klink kecantikan untuk mengatasi masalah kulitmu yang lagi bruntusan.

Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Bruntusan

kandungan surfaktan dalam skincare (2)

 Pemilihan skincare menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan di dahi dengan tepat. Jika skincare yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan yang aman dan cocok, maka bruntusanmu akan berkurang.

Oleh karena itu, kami akan membantumu memilih skincare untuk kamu yang sekarang sedang struggling dengan bruntusan. Semoga membantu!

Pilih Facewash yang Lembut

Banyak orang berpikir kalau semakin keras facewash yang kita gunakan, semakin kering kulit kita, semakin cepat pula bruntusan itu akan hilang. Nyatanya hal itu salah besar. Facewash dengan bahan keras dan membuat kulit kering justru akan bahaya.

Sebab itu akan membuat kulit kita menjadi kering dan mudah teriritasi. Sebaiknya pilih facewash yang lembut agar proses membersihkan wajah tetap efektif dan tidak merusak kulit.

Gunakan Produk Skincare yang Mengandung Pelembab

Tak hanya efektif untuk mengatasi kulit kering. Penggunaan skincare yang mengandung pelemban juga mengurangi resiko peradangan pada kulit. Sehingga masalah bruntusan dan komedo pun bisa segera membaik.

Selain itu, skincare dengan pelembab juga ampuh untuk mencerahkan kulit. Sehingga ketika bruntusanmu hilang, bekasnya juga akan cepat pudar.

Pilih Skincare yang Kaya Akan Vitamin C

Nggak hanya ampuh untuk mencerahkan, kandungan vitamin C pada skincare juga bagus untuk menghilangkan bruntusan. Sebab vitamin C ini dapat meningkatkan jumlah kolagen pada wajah. Sehingga kulit akan semakin teremajakan dan juga memperbaiki kulit yang rusak. Terutama yang bruntusan.

Baca Juga: Tak Hanya Mencerahkan, Ini Dia Deretan Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan Kulit

Pilih Skincare dengan Kandungan Salicylic Acid

Kandungan ini memang sangat bagus untuk kulit berminyak. Tak heran jika hampir semua produk kosmetik jerawat ada kandungan yang satu ini. salicylic acid ini memang sangat berguna untuk meredakan radang pada kulit.

Apalagi kalau kita sedang mengalami masalah kulit seperti komedo hitam, putih dan bruntusan, salicylic acid bisa menjadi tameng utama.

Nah, itu dia cara menghilangkan bruntusan di dahi dari kamu. Semoga artikel ini bermanfaat. Buat kamu yang sedang melawan jerawat dan bruntusan, semangat!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment