Ssst! Intip Deretan Manfaat Eukaliptus untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat eukaliptus untuk kecantikan

Belakangan ini kamu pasti tidak asing dengan istilah eukaliptus. Tumbuhan yang digadang-gadang masyarakat bisa mengusir virus corona. Well, meskipun belum ada penelitian yang menjelaskan jika tumbuhan yang satu ini bias mengusir virus itu, namun nyatanya eukaliptus mempunyai segudang manfaat. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

Eukaliptus sendiri adalah tumbuhan seperti cemara yang berasal dari Australia. Namun saat ini eukaliptus sudah menyebar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Di negara dengan Ibu Kota Jakarta ini, eukaliptus lebih sering dikenal dengan sebutan kayu putih.

Sekilas memang bentuk dua tumbuhan ini sama. Mulai dari bentuk daun hingga baunya yang khas. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Fadjry Djufry menjelaskan jika kedua tumbuhan ini berbeda namun sejenis.

Kayu putih merupakan salah satu spesies dari eukaliptus. Hingga saat ini eukaliptus sendiri mempunyai lebih dari 900 spesies di dunia. Bentuknya pun sangat beragam. Biasanya eukaliptus ini banyak diolah menjadi obat. Pengolahannya pun tergolong cukup sulit. Mulai dari dikeringkan, disuling, dan diambil minyaknya, setelah itu diekstrasi lagi untuk dijadikan obat.

Selain diolah menjadi obat, eukaliptus juga banyak dimanfaatkan sebagai minyak untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari meredakan masalah pernapasan, menghilangkan nyeri pada persendian hingga membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Namun belakangan ini eukaliptus juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk produk kecantikan. Mulai dari kecantikan kulit hingga rambut. Sebab eukaliptus mengandung dua senyawa yang sangat bagus untuk tubuh, yaitu tannin dan flavonoid.

Dua senyawa ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sendiri mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan. Mulai dari menghilangkan jerawat, menyehatkan dan mencerahkan kulit hingga untuk kesehatan rambut.

Semakin penasaran dengan manfaat eukaliptus untuk kecantikan? Simak penjelasan berikut. 

Manfaat Eukaliptus Untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat eukaliptus untuk kecantikan

Kandungan tanin dan flavonoid pada eukaliptus membuatnya banyak diincar untuk dijadikan berbagai produk kecantikan. Tanin dan flavonoid adalah dua senyawa yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga banyak sekali manfaatnya untuk kecantikan. Apa saja?

Mengatasi Bruntusan

Jerawat kecil yang munculnya selalu membentuk koloni ini memang sangat menyebalkan. Kehadirannya bisa mengganggu penampilan dan sering membuat kita jadi tidak percaya diri. Tapi tenang, karena kamu bisa mengatasinya dengan eukaliptus.

Kandungan minyak dalam eukaliptus mengandung anti-bakteri yang tinggi. Kandungan ini sangat berguna untuk membasmi jerawat pasir atau pun jenis jerawat lainnya. Penggunaannya pun cukup sederhana. Kamu cukup mengoleskan minyak eukaliptus ke spot-spot jerawatmu.

Selain sebagai pembasmi jerawat, manfaat eukaliptus untuk kecantikan juga bisa sebagai pencegah munculnya jerawat. Oleh karena itu, tak heran jika saat ini sering kita jumpai acne product yang menawarkan eukaliptus sebagai bahan utamanya.

Baca Juga: Mudah Banget! Begini Cara Menghilangkan Bruntusan di Dahi dengan Ampuh

Mengurangi Penuaan Dini

Manfaat eukaliptus untuk kecantikan selanjutnya adalah mengurangi penuaan dini. Sebagai orang yang hidup di daerah dengan iklim tropis, kulit mendapat paparan sinar matahari yang melimpah. Hal ini memuat proses degenerative pada kulit lebih cepat. Sehingga membuat kita mengalami penuaan dini lebih cepat.

Untuk mencegahnya, orang yang berada di iklim tropis harus mendapat asupan antioksidan yang banyak. Sebab antioksidan sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi udara.

Nah, kandungan flavonoid yang terdapat dalam eukaliptus membawa antioksidan yang tinggi dan sangat berguna untuk mencegah penuaan dini. Kamu bisa menggunakan eukaliptus ini sebagai pelembab.

Dalam dunia kecantikan sendiri, saat ini juga eukaliptus juga sudah sering ditemui sebagai kandungan utama krim-krim anti-aging. Mulai dari krim pagi, mosturaizer hingga krim malam.

Sebagai Tabir Surya

Siapa sangka jika tumbuhan dengan bau yang khas dan menyengat itu dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain kandungan antioksidannya berguna untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam kulit, eukalipus juga berguna sebagai tabir surya. Atau kita biasa menyebutnya dengan sunblock.

Dilansir dari lama Up Nature, minyak yang terdapat dalam eukalipus mengandung SPF 3. Untuk penggunaan yang lebih maksimal, kamu bisa mengkombinasikan minyak eukaliptus dengan minyak zaitun. Sebab perpaduan dua minyak ini dapat menghasilkan SPF hingga 8.

Selain itu, kombinasi antara minyak zaitun dan eukaliptus juga sangat cocok sebagai mosturaizer atau pelembab. Sehingga bisa mengatasi masalah kulit keringmu.

Menjaga Kulit Tetap Bersih

Manfaat eukaliptus untuk kecantikan yang keempat adalah menjaga kulit tetap bersih. Kandungan antiseptic yang terdapat dalam eukaliptus sangat berguna untuk mencegah jamur di kulit. Sehingga kulit bisa lebih bersih dan sehat.

Tak hanya bisa mencegah timbulnya jamur di kulit. Eukaliptus juga sangat berguna untuk mengobatinya. Jadi untuk kamu yang saat ini sedang melawan jamur di kulit, minyak eukaliptus bisa menjadi salah satu pilihanmu untuk mengusir jamur-jamur tersebut.

Mengatasi Kulit Yang Meradang

Eukaliptus juga berfungsi untuk mengatasi kulitmu yang sedang meradang. Baik peradangan yang terjadi karena factor internal ataupun eksternal. Untuk faktor internal antara lain, kulitmu yang meradang akibat alergi hingga menimbulkan rasa gatal.

Sedangkan factor eksternal bisa berupa peradangan akibat goresan benda-benda tertentu. Nah, baik dua faktor itu bisa diatasi dengan eukaliptus. Sebab minyak yang terdapat dalam eukaliptus mengandung anti-peradangan.

Kandungan tersebut berfungsi untuk mengurangi rasa gatal pada peradangan dan membantu proses penyembuhannya.

Nah, itu dia beberapa manfaat eukaliptus untuk kecantikan kulit. Tertarik untuk mencobanya? Tapi tunggu dulu,  karena manfaat eukaliptus belum sampai di sini. Selain untuk kulit, eukaliptus juga berguna untuk kecantikan rambut. Simak ulasannya berikut!

Manfaat Eukaliptus Untuk Kecantikan Rambut

Julukan Tumbuhan Serba Guna untuk eukaliptus memang sangat tepat. Sebab tak hanya untuk kecantikan kulit saja. Eukaliptus juga bermanfaat untuk kecantikan rambut. Kadungannya yang bersifat anti-bakteri, anti-jamur dan herbisida ini sangat cocok untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepada.

Berikut adalah manfaat eukaliptus untuk kecantikan rambut. Happy Reading!

Menghilangkan Kutu Rambut

Dulu sebelum ada berbagai produk shampoo, masyarakat Australia mengunakan eukaliptus sebagai produk untuk merawat rambut mereka. Terutama untuk menghilangkan kutu. Bahkan sampai saat ini pun suku Aborigin di Australia masih menggunakan eukaliptus untuk perawatan rambut.

Kandungan anti-septic dan anti-bacteri dalam tumbuhan ini sangat berfungsi untuk mengusir kutu. Bahkan juga bisa untuk mencegahnya untuk kembali dating. Tak hanya itu, selain untuk mengusir kutu, eukaliptus juga mampu membersihkan dan mengobati kulit kepala yang meradang akibat kutu-kutu tersebut.

Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat eukaliptus untuk kecantikan rambut selanjutnya adalah mengatasi rambut rontok. Hm, 99 persen orang di dunia pasti pernah mengalami masalah rambut yang satu ini. Setiap kali menyisir, tak terhitung puluhan hingga ratusan rambut jatuh setiap hari.

Faktor penyebab rambut rontok pun sangat beragam. Mulai dari stress, hormone, alergi hingga faktor ekternal yang lain. Seperti tidak cocok dengan produk rambut, banyaknya kuman atau bakteri dan masih banyak yang lainnya.

Untuk kamu yang mengalami masalah ini, eukaliptus sangat cocok sebagai produk untuk perawatan rambutmu. Sebab eukaliptus mengandung anti-bakteri, anti-jamur dan herbisida yang dapat mengatasi masalah tersebut. Kandungan anti-septik dalam eukaliptus juga dapat menenangkan kulit kepala yang meradang.

Saking bagusnya eukaliptus untuk perawatan rambut, belakangan ini berbagai brand produk kecantikan rambut membuat eukaliptus sebagai bahan utamanya. Mulai dari shampoo, conditioner hingga masker.

Menjaga Kelembapan Rambut

Selain untuk mengatasi rambut rontok, eukaliptus ini juga bermanfaat untuk melembabkan rambut. Menurut penelitian International Journal of Trichology, minyak mempunyai peran penting untuk melembabkan rambut.

Minyak dalam eukaliptus ini juga mempunyai peran yang sama, yaitu sangat cocok untuk menjaga kelembapan rambut. Bahan ini sangat tepat untuk kamu yang saat ini mempunyai masalah rambut kering dan rusak.

Menambah Kilau Alami Rambut

Manfaat lain dari eukaliptus ini adalah menambah kilau rambut. Jika rambutmu ternutrisi dengan baik, ia akan memunculkan kilau yang alami. Untuk penggunaan yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan minyak eukaliptus setiap selesai setelah keramas.

Jadi tak hanya membuat rambutmu lembab, tetapi juga akan terlihat berkilau alami. Selamat mencoba!

Meghilangkan Ketombe

Manfaat eukaliptus untuk kecantikan rambut selanjutnya adalah untuk menghilangkan ketombe. Masalah rambut yang satu ini memang bikin rishi. Selain bikin garuk-garuk nggak jelas, juga bikin kita jadi tidak percaya diri.

Apalagi kalau mau ketemu klien atau kekasih hati, ketombe akan menurunkan rasa percaya diri kita. Ketombe sendiri disebabkan oleh kotoran atau polusi dari luar yang menumpuk. Kotoran dan polusi itu jika tidak segera dibersihkan akan menumpuk dan menjadi Jamur Malassezia sp.

Di sinilah peran eukaliptus itu dibutuhkan. Kandungannya yang bersifat anti-bakteri dan jamur dapat mengusir para jamur itu dari kulit kepala kita. Sehingga kita bisa tampil percaya diri dan diri dan terbebas dari ketombe.

Itulah beberapa manfaat eukalipus untuk kecantikan. Tapi kamu tahu nggak sih kandungan apa saja yang terdapat dalam eukaliptus hingga membuatnya dijuluki sebagai tumbuhan serba guna. Baca penjelasannya berikut.

Kandungan Eukaliptus Yang Baik Untuk Kecantikan

manfaat satsuma essential oil untuk kecantikan (3)

Eukaliptus memang punya segudang manfaat untuk manusia. Mulai dari kesehatan, kecantikan bahkan hingga keperluan industry. Selama ini eukaliptus sering dimanaatkan sebagai antiseptik, parfum, sebagai penyedap, dalam persiapan gigi, dan dalam pelarut industri.

Bahkan kini dunia kecantikan pun juga menggandrungi tumbuhan yang satu ini. Apa saja kandungannya?

Flavonoid

Flavonoid ini merupakan fitronutrien terbesar yang dipenuhi dengan antioksidan. Kandungan ini banyak terdapat pada bagian daun eukaliptus. Antioksidan yang tinggi ini dapat mencegas stress oksidatif yang dan kerusakan dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kandungan antioksidan yang tinggi inilah yang membuat brand-brand kecantikan melirik eukaliptus untuk bahan utama produk mereka. Seperti pelembab, serum, shampoo, hinnga body lotion. Makanya nggak heran kalau kamu sekarang nonton televisi atau melihat iklan di social media sering mendengar nama eukaliptus.

Selain itu, kandungan flavonoid ini juga dapat mencegah peyakit lainnya. Seperti kanker, jantung hingga dimensia.

Tanin

Hampir sama dengan flavonoid, tanin ini juga dipenuhi antioksidan yang tinggi. Namun lebih dari flavonoid, tanin juga mengandung antimikroba. Kandungan inilah yang membuat eukaliptus dapat mengatasi berbagai masalah kulit yang diakibatkan oleh jamur.

Kadungan ini juga mempunyai anti-inflamasi yang tinggi. Sehingga sanga bagus untuk menyembuhkan luka dan peradangan.

Ciptakan Produk Perawatan Rambut dan Wajah dengan Ekstrak Eukaliptus

Kamu mungkin memperhatikan bahwa enggak banyak produk perawatan kecantikan yang menggunakan eukaliptus ke dalam formulasinya. Padahal, bahan alami ini menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk kulit dan rambut.

Nah, sudah saatnya kamu menciptakan terobosan baru yang unik dan berkualitas dalam produk kecantikan. Misalnya dengan membuat produk skincare atau hair care dengan kandungan eukaliptus.

Enggak perlu takut karena tak bisa meraciknya sendiri. Mash Moshem Indonesia bisa membantumu membuat produk kosmetik idamanmu ini, baik dari berbagai jenis produk dan sediaan.

Selain eukaliptus, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain yang menurutmu penting dan kamu inginkan dalam sebuah produk perawatan kecantikan.

Nantinya, tim Research And Development kami yang akan meracikkan formula produk perawatan wajah terbaik yang kamu inginkan. Gimana?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment