Naikkan Penjualan! Ini Dia Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Pemula

strategi pemasaran produk untuk pemula (2)

Memulai sebuah bisnis tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Kamu harus memiliki strategi pemasaran yang efektif agar bisnismu dapat berjalan dengan lancar, serta penjualan produk bisa meningkat dengan teratur.

Kegiatan pemasaran ini merupakan pintu utama untuk mengenalkan bisnismu kepada pasar. Termasuk menciptakan branding produk, membuat posisi brand, hingga meningkatkan minat beli masyarakat terhadap produk yang kamu tawarkan.

Untungnya, sebagai pemula kamu tidak perlu khawatir akan kerepotan ketika mempromosikan produk. Karena, dengan banyaknya media social yang ada sekarang, kegiatan promosi bisa jadi lebih efisien dan mudah dijalankan.

Lantas bagaimana cara menyusun strategi pemasaran produk untuk pemula yang efektif? Hingga dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis?

Yuk, langsung baca step by step-nya di bawah ini!

Cara Menyusun Strategi Pemasaran Produk untuk Pemula

strategi pemasaran produk untuk pemula

Meski memilih memasarkan produk yang banyak diminati belakangan ini, bukan berarti kamu bisa menjualnya secara sembarangan.

Justru kamu harus lebih hati-hati, karena enggak sedikit juga orang yang menjual produk yang sama denganmu. Artinya, saingan bisnismu pun akan lebih banyak dan butuh strategi pemasaran produk yang juga lebih efektif.

Kamu bisa pelajari cara menyusun strategi pemasaran produk untuk pemula berikut ini, agar penjualanmu bisa lebih optimal.

Lakukan Riset Pasar Dulu

Langkah pertama ketika akan menyusun strategi pemasaran produk untuk pemula adalah dengan melakukan riset pasar terelebih dahulu. Tujuannya, kamu bisa mendapatkan data terkait kondisi pasar, psikologi dan kebiasaan calon konsumen.

Kamu pun harus bisa mengenali kalangan-kalangan masyarakat yang berkemungkinan besar tertarik dan ingin menggunakan produkmu. Sehingga, kegiatan promosi yang kamu lakukan kedepannya juga akan lebih strategis.

Misalnya, kamu menjual produk kosmetik yang tengah laris di kalangan remaja perempuan. Maka kamu harus bisa menyesuaikan strategi pemasaran produk untuk pemula yang kamu susun sesuai dengan target pasar tersebut.

Karena remaja perempuan pasti memiliki kebiasaan dan selera tersendiri, baik ketika memilih maupun melakukan transaksi pembelian. Contohnya, mereka cenderung suka dengan kemasan yang lucu dan desain atraktif.

Maka, kamu bisa menciptakan kesan serupa pada konten promosi yang kamu lakukan. Bahkan, ketika kamu ingin menggandeng influencer atau model, pastikan karakter tersebut ada pada mereka.

Memaksimalkan Digital Marketing

Media pemasaran konvensional, seperti Koran, majalan, baliho, maupun brosur, kini dinilai kurang efektif. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk media pemasaran ini pun tak sedikit.

Untuk lebih mengefisiensi kegiatan promosi kamu, akan lebih baik beralih menggunakan digital marketing. Selain biaya yang cenderung lebih murah, kamu pun bisa memaksimalkan jangkauan kegiatan promosi tersebut.

Ada berbagai jenis media promosi online, misalnya lewat website dengan memaksimalkan SEO, penggunaan media sosial, dan YouTube. Semua media ini memiliki jaringan yang luas dan bisa menggapai calon konsumen potensial untuk bisnis kosmetikmu.

Lantas apa kita perlu menggunakan semua media promosi online tersebut? Untuk memulai, kamu enggak perlu buru-buru.

Gunakan media yang paling efektif dan dekat dengan target pasar bisnismu. Misalnya, kamu memiliki brand kosmetik yang membuat produk khusus untuk Men’s Grooming. Maka, kamu harus menyesuaikan media promosi dengan platform yang paling sering digunakan oleh laki-laki.

Bahkan, akan lebih baik lagi kalau kamu bisa menspesifikasikan target pasarmu menjadi kelompok-kelompok yang lebih sempit. Seperti laki-laki dari kategori usia berapa saja, serta apa latar belakang pekerjaan atau pendidikan mereka, dan sebagainya.

Kamu enggak perlu takut kesulitan mencari datanya, karena semua media sosial yang telah disebutkan di atas dapat menghitung algoritmanya sendiri.

Justru adanya segmentasi pasar ini kamu bisa membuat konten promosi yang tepat, sesuai dengan karakter dan kebutuhan target pasar potensial bisnismu.

Baca Juga: 10+ Jenis Media Promosi Online Interaktif untuk Menarik Minat Konsumen

Memulai Hubungan Baik dengan Pelanggan

Langkah selanjutnya dalam strategi pemasaran produk untuk pemula adalah memulai dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Yap! Poin ini penting banget untuk kamu perhatikan, bahkan ketika bisnismu sudah berkembang, konsumen tetap jadi prioritas.

Cara memulai hubungan baik dengan pelanggan pun cukup mudah. Dapat dengan menanggapi komentar/feedback yang mereka tinggalkan di tiap konten promosimu, atau dengan cepat merespon aduan dan memberikan berbagai promosi menarik untuk mereka.

Diskon ini enggak perlu sering-sering kamu berikan. Justru kamu harus bisa memberikan kesan eksklusif sebagai penghargaan terhadap kesetiaan konsumenmu.

Hal ini akan membuat mereka merasa istimewa dan dihargai. Sehingga, ketika akan membeli produk sejenis di masa mendatang, konsumen akan menjadikan toko/brand kosmetikmu sebagai pilihan pertama mereka.

Selalu Up to Date dan Mengikuti Tren

Untuk dapat memenangkan persaingan di pasar, kamu harus memiliki startegi bisnis yang visioner. Artinya, kamu harus selalu up to date dan jadi yang terdepan dibandingkan dengan kompetitor.

Ketika kamu melek tren, maka akan semakin mudah juga buatmu untuk menciptakan inovasi produk kosmetik baru. Baik menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen akan tren atau kesehatan kulit dan rambut yang mereka alami.

Sebab, industry kosmetik memiliki pergerakan yang sangat dinamis. Kamu bisa menyimak berbagai tren silih berganti hanya dalam waktu setahun, dari yang natural, oraganik, bahkan penggunaan bahan sintetis lainnya.

Nah, agar brand kosmetikmu unggul dan selalu jadi tren center, penting untuk mengetahui semua minat dan tren masyarakat pada kosmetik setiap waktu.

Pengen tahu apa saja tren skincare di tahun 2022? Baca di sini!

Bentuk Tim Ahli di Bidang Pemasaran

Pemasaran terkadang tidak bisa kita tangani seorang diri, apalagi kalau bisnis yang akan kamu rintis ini memiliki persaingan ketat. Perlu setidaknya satu atau dua orang karyawan yang bekerja khusus untuk menciptakan strategi dan media pemasaran kreatif.

Kamu bisa mulai dengan merekrut satu konten kreator, yang mampu membuat media promosi kreatif dan melek tren. Serta dapat merepresentasikan ide tersebut dalam bentuk video maupun gambar.

Tak hanya merepresentasikan ide pemasaran dalam konten atraktif, tim ahli pun dapat memberikan ide-ide yang kreatif dan segar untuk mendukung bisnismu.

Untuk bisa mengelola tim kerja yang solid dan efisien, baca ulasannya di sini.

Gandeng Publik Figure untuk Memikat Masyarakat

Setelah menentukan tim yang tepat, kamu juga bisa menambah nilai ‘eye-catching’ dari brandmu dengan menggandeng public figure. Baik sebagai brand/star ambassador, atau hanya sebagai bintang iklan produkmu.

Cara ini sangat efisien dalam menarik minat masyarakat untuk mencari tahu brand kosmetikmu. Apalagi kalau kamu bisa memilih figure yang tepat dalam menakalankan strategi pemasaran produk untuk pemula ini.

Lantas seperti apa figure yang tepat ini? Well, tentu selain popular, sosok ini haruslah dapat merepresentasikan karakter brand dengan baik, memikat konsumen, juga memiliki latar belakang yang cocok untuk kampanye brand kosmetikmu.

Evaluasi Secara Berkala dan Tingkatkan Kualitas Produk

Sebagai langkah terakhir, kamu enggak boleh lupa mengevaluasi secara berkala strategi pemasaran produk yang telah dipraktekkan sebelumnya. Serta, selalu meningkatkan kualitas produk kosmetik yang kamu jual.

Evaluasi produk ini bisa digunakan untuk mengetahui apa saja kelemahan dan kelebihan brand kosmetikmu. Setelah itu, kamu bisa memaksimalkan kualitas produk dengan memperbaiki kelemahan yang ada.

Selain itu, kamu bisa menyebarkan angket kepuasan konsumen untuk mengetahui bagaimana posisi brand kosmetikmu di mata mereka. Apakah ada bagian-bagian yang membuat mereka tak nyaman atau enggan kembali menggunakan produkmu, dan lain sebagainya.

Angket ini pun bisa menjadi sumber data untuk mengetahui hal apa saja yang bisa membuat konsumen puas. Misalnya, dengan menaikkan efisiensi proses pembayaran dan pengiriman, ataupun dengan memberikan diskon tertentu.

Mengontrol kualitas produk adalah hal yang sangat penting, karena berkaitan dengan citra brand kosmetik milikmu. Sebab, saat pelangganmu puas dan merasa senang setelah mencoba produk tersebut, maka tanpa diminta mereka akan membagikan testimoni itu di media social.

Kepercayaan konsumen mengenai brand komsetikmu pun akan senantiasa meningkat. Hal ini juga akan berpengaruh pada kenaikan omset dan penjualan produk pada masa mendatang.

Produk Kosmetik Berkualitas dengan Standar Internasional

mashmoshem tim

Kamu pasti memahami bahwa ketika akan membuat produk kosmetik yang berkualitas, perlu adanya peralatan dan tenaga ahli yang memadai. Semua ini, kalau dipenuhi dengan modal atau dana pribadi tentu memerlukan jumlah yang besar.

Menjawab kebutuhan para Beautypreneur, Mash Moshem Indonesia menyediakan jasa maklon kosmetik dengan pelayanan lengkap.

Mulai dari proses pra-produksi, hingga penciptaan produk secara massal, bahkan menyediakan berbagai media pemasaran untuk menunjang promosi brand kosmetikmu.

Seluruh proses pembuatan kosmetik ini ditangani oleh orang-orang yang ahli dan berpengalaman di bidangnya selama bertahun-tahun. Sehingga dapat menghasilkan formulasi kosmetik terbaik untuk brand impianmu.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment