Makin Kompak, Ini Cara Membangun Tim Kerja yang Solid

cara membangun tim kerja yang solid

Ketika bisnis kosmetik yang kamu jalani kian berkembang dan mengalami kemajuan, menambah karyawan tentu tidak bisa dihindari. Namun, untuk memastikan kerja bisa berjalan lancar, kamu harus tahu cara membangun tim kerja yang solid dan efektif.

Adanya penambahan karyawan tentu akan membawa banyak perubahan terhadap cara kerja bisnismu. Tidak ada yang salah akan hal itu, asalkan perubahan ini bisa membawa nilai positif dan keuntungan untuk perusahaan.

Menambah karyawan pun artinya menyuplai tenaga baru, ide-ide yang lebih segar pun akan bermunculan, juga peningkatan hasil produksi.

Sayangnya, tentu tidak mudah untuk membentuk tim yang kompak sejak awal. Kamu perlu mengatur management karyawan dan mengolah konflik dengan baik.

Konflik akan lebih mudah timbul ketika orang-orang yang ada di dalamnya tidak se-visi, atau kurang kompak. Lantas bagaimana cara membangun tim kerja yang kompak dan efektif ini?

Hmm.. langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Cara Membangun Tim Kerja yang Kompak dan Solid

cara menguasai elevator pitch untuk bisnis kosmetik (1)

Dengan tim kerja yang solid, pekerjaan pun akan dapat berjalan dengan lebih optimal. Karenanya, simak baik-baik cara membangun tim kerja yang solid dan efektif berikut ini!

Menetapkan Tujuan Bersama

Langkah pertama dalam cara membangun tim kerja yang solid dan efektif adalah dengan menetapkan tujuan bersama. Hal ini akan membantu tim kamu untuk selalu berada di jalan yang tepat, serta memiliki visi dan misi yang sama.

Untuk menumbuhkannya, kamu bisa mengomunikasikan tujuan dan harapanmu untuk perusahaan kepada tim kerja. Dengan begitu, mereka akan memahami tanggung jawab serta bagaimana perusahaan ini akan berkembang di masa mendatang nantinya.

Ketika semua anggota tim memiliki visi dan misi yang sama, maka pekerja akan jadi lebih efektif dan efisien. Hasil yang diperoleh pun akan dapat memuaskan untukmu.

Setelah menginfomasikan mengenai tujuan perusahaan, agar pekerjaan tim jadi lebih terarah sangat diperlukan keberadaan seorang team leader.

Leader haruslah diisi oleh sosok yang tegas, solutif, dan dapat mendengarkan pendapat rekan kerjanya. Selain itu, leader juga berkewajiban untuk memastikan semua anggota tim berkontribusi dan menerapkan keterampilan yang mereka miliki sesuai dengan beban kerja masing-masing.

Tak hanya itu dengan memilih leader yang tepat akan membantu merekatkan hubungan antar tim. Ini tentu akan memberikan banyak vibes positif di perusahaan dan mendorong tiap orang bekerja dengan lebih efisien.

Membuat Rancangan Pekerjaan yang Terstruktur

Cara membangun tim kerja yang solid dan efektif selanjutnya adalah dengan menciptakan rancangan kerja yang terstruktur rapi. Hal ini akan membantu tim untuk bekerja sesuai arah dan tetap berjalan pada tujuan perusahaan.

Kamu bisa membuat rancangan pekerjaan yang memuat job desk tiap anggota tim kerja demi mencapai visi bersama. Kamu bisa mendesain rancangan ini dengan menambahkan rincian tugas, pembagian tim, dan menentukan skala prioritas disertai dengan timeline.

Berkolaborasi dan Memabangun Kerja Sama dengan Rekan Se-Tim

Yang satu ini sangat mutlak untuk dilakukan. Istilahnya, bagaimana kamu mengharapkan adanya kerja tim kalau kamu sendiri tidak bisa berkolaborasi dengan karyawan kamu?

Dengan membangun kerja sama bisa membantu mengasah skill pada tiap anggota tim kerja kamu. Misalnya dengan memberikan kontribusi yang berbeda-beda sesuai dengan keahlian dan job desk yang mereka miliki.

Ketika semua anggota saling mengisi kekosongan masing-masing, kamu bisa melihat bagaimana cepat pekerjaan dapat terselesaikan dan seperti apa skill mereka berimprovisasi.

Mempererat Hubungan Antar Anggota Tim (Bounding)

Langkah selanjutnya dalam cara membangun tim kerja yang solid dan efektif adalah melakukan bounding. Tujuannya agar tiap anggota tim dan seluruh karyawan memiliki hubungan yang baik dan erat.

Sebelum membangun hubungan ini, kamu harus mengenali tiap karakteristik dari anggota tim kamu. Apa saja keahlian mereka, seperti apa keterampilan dan kelemahan, juga apa yang bisa memicu semangat mereka untuk bekerja lebih keras.

Dengan begitu, kamu bisa memahami apa saja kebutuhan dan kendala yang dialami oleh anggota tim. Kamu pun akan lebih mudah untuk merancang dan memetakan job desk untuk tiap anggota tim yang ada dalam tim kerja mu.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah, daripada memberikan tugas berlebihan pada tim, kamu bisa memacu motivasi mereka untuk bekerja dan berpikir solutif dengan memberikan proyek kerja. Lengkapi dengan target dan benefit bila proyek tersebut berhasil dicapai.

Bangun Komitmen pada Diri Tiap Anggota

Cara membangun tim kerja yang solid dan efektif selanjutnya adalah dengan menanamkan komitmen pada diri tiap anggota. Komitmen ini bisa terbagi menjadi tiga, yakni yang afektif, normatif, dan berkelanjutan.

Tiap orang memiliki sifat dan karakter masing-masing, namun bukan berarti kamu tidak bisa mendorong mereka untuk berkomitmen.

Kamu dapat memicu kemunculan bentuk tanggung jawab ini dengan keterlibatan kerja, keuntungan-keuntungan apa saja yang tiap anggota tim dapatkan, juga membentuk lingkungan positif antar anggota.

Tak hanya itu, kamu juga harus bisa mengomunikasikan apa yang kamu harapkan dari tim itu. Bagaimana kamu mempercayai mereka, serta mendukung mereka untuk terus berkreasi. Baik untuk perusahaan maupun untuk perkembangan tim secara pribadi.

Memberikan Penghargaan pada Anggota Tim

Untuk membuat tim bekerja dengan lebih giat dan efektif, kamu bisa memberikan suntikan semangat untuk anggota. Tak perlu tiap hari atau sesering itu juga, kamu dapat memberikan penghargaan atas kontribusi dan kerja keras mereka dengan hadiah kecil.

Meski anggota tim kerjamu pasti tidak memintanya, namun pujian tulus dan award kecil bisa memberikan suntikan semangat kepada mereka.

Hadiah ini tidak perlu berupa barang-barang mewah dengan harga selangit. Kamu bisa mengajak mereka menghabiskan makan siang bersama, memberikan camilan untuk menemani kerja, ataupun memberikan produk yang dihasilkan perusahaan.

Ini mungkin tindakan yang cukup sepele, mengingat harganya juga mungkin tidak seberapa dibandingkan keuntungan yang kamu dapatkan nantinya. Namun, hal kecil ini akan membuat karyawan menjadi nyaman dan loyal kepadamu serta perusahaan.

Lakukan Evaluasi Kerja secara Rutin

Untuk menjaga kualitas pekerjaan dan memastikan kerja tim berjalan sesuai tujuan utama, kamu bsia mengadakan evaluasi bulanan.

Dalam sesi ini, kamu dan rekan setim enggak hanya mengulas capaian saja. Tapi juga mengomunikasikan apa saja kendala tim yang mereka alami, mendiskusikan solusi bersama-sama, dan saling memberiklan dukungan.

Tak hanya itu, dari rapat evaluasi ini kamu bisa melihat seberapa jauh tim-mu berkembang dan bekerja. Ketika tidak ada perkembangan yang cukup signifikan, kamu bisa mendiskusikan langkah paling solutif untuk mengatasinya.

Berikan Fasilitas Sesuai Kebutuhan Tim

Beberapa perusahaan seringnya menekan kebutuhan tim dan memberikan fasilitas seadanya. Padahal untuk bidang dan kasus tertentu fasilitas yang sangat lengkap akan membuat tim bekerja lebih efektif dan efisien.

Tak hanya itu, mereka juga akan semakin mudah mengeskplor keahlian mereka dan membuat terobosan-terobosan kreatif untuk meningkatkan mutu produk.

Super Team Mash Moshem Indonesia

maklon kosmetik lisensi bpom

Mash Moshem Indonesia merupakan salah satu perusahan maklon kosmetik yang telah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun. Kami juga telah bekerja sama dengan 600 + brand kosmetik dan memproduksi ribuan jenis produk kosmetik.

Nah, semua capaian ini didapatkan dari Super Team Mash Moshem Indonesia. Yang, semuanya dapat bersinergi dan bekerja sama dengan baik untuk membuat brand kosmetik impianmu jadi nyata.

Mulai dari pembuatan sampel, pengurusan legalitas dan HAKI, proses produksi, pembuatan desain produk, hingga membuat media pemasaran. Semua hal ini dapat dilakukan oleh super team Mash Moshem Indonesia. Jadi, enggak ada alasan buatmu untuk ragu membuat produk kosmetik bersama kami!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment