Ketombe di Jenggot? Ini Cara Mengatasinya dengan Mudah dan Tepat!

Cara Mengatasi Ketombe di Jenggot

Tahukah kamu, enggak hanya rambut, ketombe juga bisa muncul di jenggot? Ya, fenomena ini sebenarnya sangat umum terjadi dan bisa diatasi dengan cukup mudah.

Ada banyak hal yang menyebabkan kemunculan ketombe di jenggot, salah satunya karena jenggot ini bisa menjadi sarang mikroba dan kotoran. Karenanya topik kebersihan jenggot selalu mendapatkan perhatian dalam rangkaian perawatan wajah laki-laki.

Untungnya, banyak jenis kosmetika, seperti beard conditioner, beard oil, dan beard butter diciptakan sebagai perawatan jenggot agar terlihat rapi serta bersih.

Meski sangat umum buatmu menemukan produk-produk tersebut di swalayan dan mendengar khasiatnya untuk merawat jenggot. Ada satu hal yang tidak sering dibicarakan namun sangat umum terjadi. Ya, itu adalah beard dandruff atau ketombe jenggot.

Jangan ketawa, ya! Ini adalah hal yang cukup mengganggu, karena bisa menimbulkan rasa gatal dan tak nyaman pda wajah. Karenanya akan sangat penting untuk mengatasinya sesegera mungkin, sebelum ketombe ini merusak kenyamananmu lebih lama lagi.

Lantas apa sih sebenarnya ketombe jenggot ini? Apa yang membuatnya muncul serta bagaimana cara mengatasinya? Langsung simak ulasan berikut ini sampai kamu menemukan jawabannya!

Sekilas Soal Ketombe Jenggot

Sebelum mempelajari bagaimana cara mengatasi ketombe di jenggot dengan tepat. Enggak ada salahnya untukmu mengenali masalah kesehatan kulit dan rambut yang dialami laki-laki satu ini.

Ketombe jenggot pada dasarnya merupakan kondisi yang dikenal juga dengan dermatitis seboroik. Kamu bisa menemukan gejala serupa pada wajah dan kulit kepala kamu.

Gejalanya pun meliputi kulit yang memerah dan adanya pengelupasan pada kulit kepala serta rambut. Tak jarang juga dermatitis seboroik ini memicu rasa gatal yang tak tertahankan untuk orang yang mengalaminya.

Nah, ketombe jenggot pun mengalami gejala yang sama. Kamu bisa menemukan serpihan putih ketombe dan kulit yang memerah pada bagian bawah jenggot.

Apa Penyebab Kemunculan Ketombe pada Jenggot?

Ada banyak penyebab kemunculan ketombe pada jenggot, misalnya karena pertumbuhan jamur, minyak berlebihan, kotoran yang menempuk, dan banyak lainnya.

Nah, biar kamu bisa mencegah kemunculan ketombe pada jenggot ini, simak baik berbagai penyebab kemunculannya berikut ini.

Jamur

Penyebab adanya ketombe pada jenggot yang pertama adalah karena keberadaan jamur Malassezia globosa. Yap! Jamur yang sama pada kulit kepala ini juga bisa memicu kemunculan ketombe di jenggot.

Jamur ini bisa tumbuh sangat subur kalau kamu tidak secaras rutin membersihkan jenggot. Karena kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk hanya akan membuat Malassezia berkembang biak dengan cepat.

Regenerasi Sel Kulit yang Terlalu Cepat

Siapa sangka, jika sel kulit yang bergenerasi terlalu cepat bisa memicu kemunculan ketombe pada jenggot. Karena jika sel-sel kulit bergenerasi terlalu cepat, akan ada penumpukan sel kulit mati pada permukaan wajah.

Hal ini akan menciptakan lingkungan yang ideal untuk jamur penyebab ketombe berkembang. Apalagi kalau kamu memiliki kulit yang cenderung mudah untuk berkeringan ataupun berminyak.

Tidak Menjaga Kebersihan Area Jenggot

Well, sumber utama munculnya masalah satu ini adalah karena kebersihan jenggot yang kurang terawat. Keringat, minyak berlebihan, debu dan kotoran bisa memicu pertumbuhan bakteri penyebab ketombe di jenggot.

Apalagi kalau kamu menggunakan beard oil atau beard butter secara berlebihan. Tentu keduanya akan membuat kondisi jenggotmu jadi tambah parah dan sticky.

Cara Mengatasi Ketombe di Jenggot dengan Tepat

Siapa sih yang pengen punya ketombe di jenggot? Jika dibandingkan dengan ini, ketombe di rambut adalah hal yang sangat kecil dan bisa kita maklumi dengan mudah.

Kondisi ini bahkan bisa lebih buruk kalau kamu tidak tahu cara mengatasi ketombe di jenggot dengan tepat. Mengingat beberapa ahli juga berpendapat bahwa kondisi pada tiap orang sangat mempengaruhi perawatan beard dandruff ini.

Namun, secara umum ada beberapa cara mengatasi ketombe di jenggot yang bisa kamu pelajari dan coba praktekkan di rumah dengan aman. Apa aja? Simak seluruh step by step-nya, Boys!

Melakukan Eksfoliasi

Langkah pertama dalam cara mengatasi ketombe di jenggot adalah dnegan rutin melakukan eksfoliasi. Eits! Tapi jangan terlalu sering juga, cukup lakukan sebanyak sekali hingga dua kali dalam seminggu!

Dalam prosesnya, kamu bisa menggunakan brush khusus untuk jenggot. Bulu lembut pada brush ini enggak akan mengiritasi kulit daripada menggungakan exsfoliator fisik, seperti scrub dengan buliran yang kasar.

Langkah ini sangat penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati, minyak berlebihan, kotoran, serta bakteri yang ada pada permukaan kulit.

Namun, jangan berlebihan, karena menyikat gigi secara berlebihan dapat semakin mengiritasi kulit yang sudah rentan. Hal ini hanya akan memberikan infeksi tambahan untuk kulit wajah kamu.

Teratur Mencuci Wajah dan Jenggot

Menjaga kebersihan adalah hal yang harus kamu perhatikan dengan baik. Well, gimana enggak? Karena penyebab utama kemunculan ketombe di jenggot ini adalah bakteri dan jamur. So, cleansing is a must!

Kamu bisa menggunakan sampo antijamur dengan kandungan zinc pyrithione, atau Nizoral, serta yang mengandung ketoconazole.

Kandungan-kandungan ini akan membantu mengurangi pertumbuhan berlebih dari jamur penyebab masalah. Sebagai pendekatan yang lebih alami, kamu juga bisa menggunakan sampo dengan kandungan minyak pohon teh.

Minyak pohon teh atau tea tree oil mengandung sifat antimikroba, sehingga dapat menghambat dan mencegah jamur untuk berkembang biak.

Tambahkan Perawatan untuk Menghidrasi Kulit

Cara mengatasi jerawat di jenggot selanjutnya adalah menambahkan perawatan untuk menghidrasi kulit. Langkah ini sangat dibutuhkan, mengingat proses eksfoliasi dan mencuci wajah ini bisa menghilangkan minyak alami kulit.

Kondisi kulit yang terlalu kering pun tidak akan memberikan banyak keuntungan buatmu. Ini hanya akan menyebabkan pori-pori memproduksi lebih banyak minyak berlebih.

Sayangnya, produk pelembap yang digunakan sebagai cara mengatasi ketombe di jenggot ini tidak sama dengan pelembap wajah yang sering kamu pakai.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan face oil dengan kandungan antioksidan tinggi, sehingga dapat melindungi kulit.

Pertimbangkan juga kanudngan asam lemak omega-3, untuk memulihkan kulit dari infeksi dan iritasi. Juga minyak jojoba untuk menyeimbangkan produksi sebum serta menenangkan kulit wajah kamu.

Oleskan dari akar janggut yang paling dekat dengan kulit. Kemudian aplikasikan minyak ke ujung janggut sambil memijatnya ke rambut untuk memastikan penetrasi maksimum ke kulit.

Perawatan yang Rutin dan Konsisten

Enggak ada yang benar-benar instan di dunia ini, bahkan ketika kamu mau merebus mie instan sekalipun. Ada waktu yang diperlukan untuk mendidihkan air, menunggu mie matang, dan lain sebagainya.

Hal yang sama juga terjadi dalam cara mengatasi ketombe di jenggot. Kamu perlu melakukannya beberapa kali, secara teratur. Karena memang kunci keberhasilan dari rangkaian perawatan di atas adalah konsisten.

Kunjungi Dokter Bila Ketombe Tak Mereda dalam 2 Minggu

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa ketombe ini juga bisa dikenali sebagai dermatitis seboroik. Yang bisa memicu rasa gatal dan tak nyaman pada area jenggot.

Karenanya, ketika kamu telah melakukan cara mengatasi jerawat di jenggot di atas dengan rutin dan teratur selama dua minggu. Namun, tidak ada hasil signifikan yang terjadi, maka sudah waktunya kamu mengunjungi dokter.

Nah, itu adalah cara mengatasi ketombe di jenggot yang perlu kamu ketahui. Apakah informasi ini bermanfaat untukmu?

Jangan lupa tinggalkan pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment