Menentukan Selling Point dalam Bisnis Kosmetik, Beautypreneur Wajib Tahu!

launching produk kosmetik (1)

Pernahkah kamu bertanya-tanya, melihat banyaknya produk dan brand kosmetik baru yang bermunculan di pasaran, apakah ada hal yang bisa kamu tonjolkan atau menjadi pembeda dari brand kosmetik yang kamu miliki?

Pada dasarnya sebuah brand kosmetik akan bisa lebih unggul dalam persaingan di pasar, ketika kamu memiliki unique selling point (USP). Sebab, USP ini yang akan membuat target konsumen tertarik dan akhirnya berminat untuk membeli produk kosmetik yang kamu buat.

Nah, menyadari betapa pentingnya USP ini untuk kemajuan bisnis kosmetik yang kamu kembangkan. Mash Moshem Indonesia akan membagikan cara untuk menentukan dan mengembangkan USP dari produk atau brand kosmetik yang kamu miliki.

Penasaran, kan? Langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Beautypreneurs!

Apa yang Dimaksud dengan Unique Selling Point (USP)?

cara menentukan unique selling point

Sebelum membahas lebih jauh soal cara menentukan USP dalam bisnis kosmetik. Enggak ada salahnya buatmu untuk tahu lebih dulu apa pengertian dan konsep dasar dari USP sendiri, juga alasan mengapa aspek ini sangat perlu diperhatikan.

Sama seperti namanya, Unique Selling Point atau USP merupakan poin unik yang ada dalam brand atau produk kosmetik milikmu. Yang akhirnya akan menjadi ciri khas dan pembeda dari brand kosmetikmu dengan milik competitor.

USP sendiri bisa menjadi faktor penentu konsumen untuk memilih membeli dan menggunakan produk kosmetik yang kamu jual, dibandingkan dengan milik competitor, lho.

Karena jika semua produk atau brand kosmetik menawarkan fungsi serta konsep yang sama, maka konsumen akan bingung memilih produk mana yang akan mereka beli.

Pada akirnya, mereka pasti akan memilih brand dengan unique value dan keuntungan lebih bagi mereka. Nah, inilah yang kemudian menjadi dasar dari konsep USP itu sendiri.

USP kini menjadi kian penting karena hampir tiap elemen dari usaha kosmetik dilakukan secara online. Baik pemasaran, hingga transaksi pembelian produk.

Sayangnya, pasar kosmetik di Internet sangatlah luas. Tak hanya bersaing dengan produk lokal, brandmu pun harus mampu unggul dan menjadi pilihan utama konsumen setelah berkompetisi dengan brand impor juga.

Tips Cara Menentukan Unique Selling Point dalam Bisnis Kosmetik

menentukan selling point

Nah, setelah memahami apa itu pengertian dasar USP, maka selanjutnya yang akan dibahas adalah cara menentukan unique selling point dalam bisnis kosmetik. Yuk, simak dan jangan sampai terlewat satu poin pun!

Cari Tahu Apa yang Diinginkan dan Dibutuhkan Konsumen

Langkah pertama untuk cara menentukan unique selling point dalam bisnis kosmetik adalah dengan mencari tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh target konsumen kamu.

Misalnya, tentu target pasar utama kamu adalah perempuan Indonesia. Maka kamu harus mecari tahu, apakah permasalah kecantikan kulit atau rambut yang paling banyak mereka keluhkan, kemudian berapa rata-rata pendapatan yang mereka miliki, juga bagaimana kondisi kulit dan rambut mereka secara umum.

Nah, dengan melakukan riset ini kamu bisa menentukan keunggulan dari produk kosmetik yang akan kamu jual. Misalnya formulanya yang khusus dibuat untuk kebutuhan perempuan Indonesia, harganya yang cukup terjangkau, hingga cocok digunakan untuk semua kalangan masyarakat.

Aspek-aspek inilah yang akhirnya membuat konsumen membeli produk yang kamu buat. Selain mereka membutuhkan produk perawatan kulit, konsumen pun akan mempertimbangkan harga, kecocokan pada kulit mereka, hingga formula apa saja yang digunakan dalam produk tersebut.

Berikan Nilai yang Relate dengan Sisi Personal Konsumen

Masih berkaitan dengan poin utama nih, Beautypreneur. Sebagai cara menentukan unique selling point dalam bisnis kosmetik, kamu pun harus bisa memberikan nilai yang relate dengan sisi personal konsumen.

Karena, sangat penting untuk membuat konsumen kamu merasa puas dan bahagia dengan produk yang akan kamu jual.

Nah, kira-kira apa saja nilai kepuasan yang bisa kamu berikan kepada konsumen dari produk kosmetik? Well, simak selengkapnya berikut ini.

Nilai Keindahan Produk

Tahukah kamu kalau pada dasarnya manusia adalah makhluk visual, yang cenderung menilai sesuatu dari apa yang mereka lihat. Nah, karenanya nilai keindahan ini menjadi begitu penting untuk diperhatikan dalam membuat sebuah produk kosmetik.

Tak hanya itu, dengan membuat kemasan yang cantik dan indah, kamu bisa menciptakan kesan mewah dan mahal dari produk kosmetik yang kamu buat.

Dengan demikian, nilai kemewahan ini bisa membuat pembeli tak ragu untuk mengeluarkan uang banyak demi produk yang kamu jual. Yap! Kita semua suka pakai barang yang terlihat mahal dan elegan.

Mempromosikan Kulit yang Sehat

Alih-alih memaksakan mengubah penampilan kulit untuk memenuhi standar kecantikan tertentu, kini banyak masyarakat yang sudah teredukasi dan merasa percaya diri dengan kecantikan alami mereka.

Maka, produk dengan bahan-bahan yang terlalu keras dan iritatif sudah tidak lagi populer di kalangan masyarakat. Justru, mereka sadar bahwa esensi dari penggunaan skincare ini adalah untuk menyehatkan kulit mereka.

Karenanya, kamu bisa menonjolkan bahan-bahan yang kamu gunakan dalam formula produk kosmetik yang kamu buat. Misalnya, dari sisi keamanannya, legalitasnya yang telah terdaftar, atau penggunaan bahan-bahan organic yang ramah di kulit.

Ramah Lingkungan dan Binatang

Kian hari konsumen kamu pun memiliki kepekaan yang lebih besar terhadap produk yang mereka gunakan. Karena pilihan produk yang banyak, akhirnya nilai ramah lingkungan dan binatang ini jadi pertimbangan yang sangat menentukan.

Belakangan ini, para pecinta kosmetik bahkan melakukan kampanye untuk memboikot beberapa produk kosmetik yang menggunakan sistem animal testing terhadap produk mereka.

Nah, karena itulah kamu juga penting untuk menambahkan nilai ramah lingkungan dan no animal harm kepada produk kosmetik yang akan kamu jual.

Coba Riset USP yang Dimiliki Brand Kosmetik Kompetitor

Langkah selanjutnya sebagai cara menentukan unique selling point dalam bisnis kosmetik adalah dengan melakukan riset USP yang dimiliki oleh brand kosmetik competitor. Namun, kamu jangan meniru apa yang kompetitormu miliki, ya!

Karena sekali lagi, USP adalah nilai unik yang hanya dapat ditemukan dalam produk maupun brand kosmetik yang kamu miliki.

Dengan meniru USP orang lain, ini justru berpotensi membuat promosi yang kamu lakukan akan kalah. Sebab, competitor bisa saja memiliki sumber daya dan konsumen setia.

Riset USP competitor ini bertujuan untuk mencari tahu apa yang kurang atau tidak ada dalam produk kosmetik mereka. Sehingga kamu bisa menciptakan produk yang bisa melengkapi kekurang brand tersebut.

Berikut ini beberapa langkah untuk mengembangkan USP dari brand kosmetik yang kamu miliki. Simak baik-baik, ya!

Cara Mengembangkan Unique Selling Point untuk Brand Kosmetik                                                                         

menentukan selling point (2)

Selain membuatnya dari awal, kamu pun bisa mengembangkan unique selling point yang telah dimiliki brand atau produk kosmetikmu sebelumnya.

Perhatikan Sudut Pandang Pelanggan

Sebagai pebisnis yang baik, kamu harus bisa memposisikan dirimu ke dalam sudut pandang pelanggan. Misalnya selalu merasa tidak puas akan suatu produk, bersifat kritis, juga peka akan detail-detail yang tidak sempurna dari produk kamu.

Kegiatan ini akan membantu kamu untuk mengembangkan bisnis kamu dan membuat produk kosmetik yang kian inovatif. Sebab, target pasar kamu tidak hanya akan berhenti di pelanggan yang sama terus menerus, namun selalu menambah jangkauannya.

Pelajari Perilaku Pelanggan

Langkah selanjutnya adalah mempelajari bagaimana prilaku pelanggan kamu dengan baik. Misalnya kapan mereka paling banyak menghabiskan waktu di media sosial, apa yang paling membuat mereka tertarik, konten apa yang mereka cari.

Kamu bisa melihat perlikau konsumen ini melalui Google Analytic, Google Trend, juga Insight media sosial yang kamu gunakan sebagai media promosi.

Kembangkan Hubungan yang Baik pada Pelanggan

Langkah lainnya untuk mengembangkan USP dari brand kosmeitk kamu selanjutnya adalah dengan menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan pelanggan.

USP tidak hanya berkaitan dengan produk atau konsep brand kamu saja, melainkan seperti apa kamu dalam memberikan pelayanan dan pengaruh kepada konsumen kamu.

Dengan kata lain, mereka akan mengasosiasikan perbuatan atau pelayananmu sebagai bagian dari identitas brand. Nah, kamu tinggal pilih nih, mau dilihat atau dianggap seperti apakah brand kosmetik yang akan kamu jalankan nantinya.

Cara menentukan unique selling point dalam bisnis kosmetik dan langkah mengembangkannya ini sangat penting untuk dipelajari. Karena, kamu harus selalu bergerak dan berinovasi agar bisnis kosmetik yang kamu jalankan dapat bertahan di pasaran.

Well, selamat mencoba tips di atas dan semoga berhasil, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Ingin Brand Kosmetik Milikmu Tembus Pasar Internasional? Yuk, Lakukan Hal Ini!

Siapa sih yang enggak pengen mengembangkan usaha sampai bisa menembus pasar internasional? Well, semua orang dengan jiwa wirausahawan yang tinggi pasti ingin melakukannya. Dengan mengembangkan bisnis kosmetik kamu hingga ke pasar internasional juga akan memberikan banyak keuntungan. Termasuk memberi...

Continue Reading

Cara Membuat Toko Kosmetik Oline di Shopee sampai Star Seller, Gampang!

Membangun bisnis kosmetik belakangan ini menjadi lebih mudah, karena ada banyak media yang bisa dijadikan untuk lahan promosi dan berjualan. Salah satunya adalah lewat e-commerce, seperti Shopee. Yap! Dilansir dari Databoks Kata Data, Shopee menduduki peringkat kedua sebagai e-commerce...

Continue Reading

Leave a Comment