Rangkaian Perawatan Kecantikan Kulit di Usia 40-an, 50-an, dan 60 Tahun

skincare untuk merawat kulit di usia 40-an

Siapa sih, yang tak ingin mendapatkan kulit wajah yang selalu tampak sehat dan awet muda? Bahkan ketika memasuki usia 40, 50, hingga 60 tahunan? Well, kita semua tentu menginginkannya, dan tidak ada yang salah dari hal itu.

Sebenarnya, tanda penuaan pada kulit dapat muncul kapan saja, bahkan ketika kita berada pada usia 20 hingga 30 tahun. Meski begitu, dalam rentan usia ini, kulit masih dapat beregenerasi dan melindungi dirinya secara alami dengan lebih baik.

Meski begitu, telah banyak produk perawatan kecantikan yang diformulasikan untuk mereka yang ingin menjaga kecantikan kulit sejak dini dan membuat wajah jadi lebih terlihat alami.

Sebagian besar kemunculan tanda penuaan dipengaruhi oleh genetika, paparan sinar matahari, dan aktivitas harian kamu dalam merawat kulit.

Nah, dilansir dari Healthline, perubahan tekstur yang paling mencolok dari penuaan adalah menurunnya elastisitas kulit, pigmentasi kulit jadi lebih gelap dan kusam, ukuran pori-pori kian melebar, garis-garis halus di area ekspresi bermunculan, juga penipisan pada keseluruhan otot dan lemak pada wajah.

Well, apakah kamu sudah merasakan tanda penuaan ini pada kulit wajah kamu? Apakah kondisi ini sama dengan usiamu sekarang?

Jangan panik terlebih dahulu, Beauties. Semua masalah dapat dicari solusinya dan diatasi dengan cepat, kalau kamu tahu langkah yang tepat.

Begitu pula untuk merawat kecantian kulit wajah kamu, berikut beberapa cara merawat keremajaan ketika memasuki usia 40-an, 50-an, hingga 60-an.

Produk Anti-Penuaan di usia 40-an yang Perlu Kamu Miliki

penuaan dini

Biasanya orang-orang mulai memperhatikan kemunculan tanda penuaan ini ketika memasuki rentan usia 30 hingga 40 tahun. Karena pada usia inilah siklus kehidupan alami pada kulit mulai melambat, yang akhirnya akan memicu perubahan warna, kerutan, kulit yang kendur, bahkan kolagen berkurang.

Nah, untuk itu sudah paling tepat buatmu untuk memulai perawatan kecantikan anti-penuaan sejak usia ini. Kamu bisa menggunakan rangkaian produk yang diformulasikan dengan bahan-bahan antiaging, seperi retinoid, vitamin C dan lain sebagainya.

Bahan-bahan yang ditemukan dalam produk topical ini telah melalui berbagai uji klinis selama beberapa decade. Dan telah terbukti ampuh menyamarkan dan melawan tanda-tanda penuaan kulit yang kamu alami.

Retinoid seperti tretinoin hadir dengan silsilah uji klinis. Kedua kandungan ini digunakan untuk merangsang kolagen, mencegah dan mengobati kerutan yang ada, dan bahkan melawan jerawat jika tubuh Anda telah memutuskan untuk mencoba “kulit remaja” tetapi mengabaikan detailnya.

Namun, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan baik-baik, penggunaan retinoid bisa bikin kulit wajahmu bereaksi lebih sensitif ketika di bawah paparan sinar matahari.

Sehingga penggunaan tabir surya dengan spektrum SPF yang tinggi sangat diperlukan. Paling tidak pakai sunscreen harian dengan SPF 50+.

Jika hambatan resep dan fotosensitifitas mengurangi minat kamu pada retinoid, vitamin C topikal adalah alternatif yang bagus. Ini juga mendorong pertumbuhan kolagen, melawan kerutan, dan bahkan membersihkan kerusakan akibat sinar UV. Pembangkit tenaga antioksidan ini juga mengatasi hiperpigmentasi, termasuk bekas jerawat dan bintik matahari.

Rangkaian Skincare untuk Merawat Kulit di Usia 40-an

Berikut beberapa rangkaian perawatan kecantikan kulit yang bisa kamu lakukan di usia 40-an. Simak baik-baik, step by step-nya ya, Guys!

Gentle Face Wash

Rangkaian skincare untuk merawat kulit di usia 40-an yang pertama adalah produk gentle face wash. Ingat ya, saat usia bertambah maka secara alami kelembapan pada kulit pun akan berkurang. Ini juga yang terjadi ketika usiamu memasuki 40 tahun.

Penggunaan face wash yang terlalu keras atau yang bisa menarik kelembapan berlebihan pada kulit akan memperburuk keadaan kulit. Karena pH akan semakin basa, kulit jadi kehilangan kelembapan alami lebih banyak, dan akhirnya terasa lebih kering.

Pada kulit yang kering pula, berbagai masalah penuaan akan semakin mudah terlihat pada wajah kamu, Ladies.

Hydrating Toner

Setelah membersihkan wajah dari kotoran dan minyak berlebihan, maka rangkaian skincare untuk usia 40-an selanjutnya adalah mengembalikan pH kulit dengan memakai Hydrating Toner.

Jenis toner wajah satu ini enggak hanya akan membuat kulit jadi lebih bersih, melainkan membuat wajah jadi lebih terhidrasi, menenangkan kulit wajah, bahkan membuat pH kulit jadi kian seimbang.

Serum Vitamin C

Untuk memaksimalkan kesehatan kulit, gunakan serum vitamin C sebagai bagian dari perawatan wajah yang kamu lakukan. Vitamin C telah lama dikenal ampuh untuk melawan dan menyamarkan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Day and Night Cream

Lanjutan perawatan harian kamu dengan day and night cream, ya. Khusus untuk krim malam, gunakan krim wajah yang mengandung retinoid. Karena kandungan ini  bisa membantu melawan kerutan di kulit dan membuat wajah jadi lebih awet muda.

Tabir Surya SPF50

Selain factor usia, paparan sinar matahari yang berlebihan pun bisa menyebabkan kemunculan tanda penuaan dini.

Karenanya, kamu perlu mencegah kondisi penuaan ini bertambah banyak dengan menggunakan tabir surya dengan spektrum tinggi, misalnya yang ber-SPF50.

Produk Perawatan Kecantikan untuk Usia 50-an

Berbeda dengan saat usia 40 tahun, ketika memasuki angka ke lima puluh, kamu perlu menggunakan perawatan kecantikan dengan beberapa kandungan yang perlu di-upgrade.

Misalnya, selain menggunakan pelembap yang bisa meningkatkan hidrasi kulit, kamu perlu menggunakan topikal dengan kandungan retinoid ataupun vitamin C.

Semua perawatan ini akan membantu melembutkan dan menghaluskan kulit kering dan kasar. Untuk hasil yang lebih terlihat, kamu mungkin juga memerlukan prosedur dermarolling – juga disebut microneedling. Prosedur medis ini akan mengembalikan kekencangan kulit.

Rangkaian Skincar untuk Merawat Kulit di Usia 50-an

Berbeda dengan perawatan kulit saat usia 40 tahun, ketika memasuki umur 50-an kamu harus melakukan perawatan lebih intens. Seperti menggunakan dermaroling, fraxel, dan tabir surya dengan SPF50.

Perawatan Esensial Anti-penuaan di Usia 60-an dan Seterusnya

Di awal tahun 60-an, perkembangan yang paling baru dan terlihat adalah penipisan kulit. Penggunaan skincare untuk merawat kulit di usia 40-an dan 60-an dalam bentuk topikal dinilai kurang optimal.

Produk-produk topikal dapat terus melawan garis-garis halus dan hiperpigmentasi, juga bekerja untuk meningkatkan kekencangan dan tekstur.

Sayangnya, perawatan topikal dinilai kurang berpengaruh untuk memerangi kulit yang kendur, karena banyaknya volume hidrasi yang menghilang dari wajah.

Untungnya, ada pilihan yang kurang invasif jika Anda mencari lebih banyak dorongan daripada yang bisa diberikan oleh rutinitas perawatan kulit.

Banyak ahli dermatologis yang menyarankan untuk menepuk-nepuk jaringan di bawah kulit yang kendur dengan suntikan. Misalnya dnegan melakukan filler, untuk mengembalikan kontur yang hiling, memberikan sedikit ‘pengangkatan’ dengan menopang kulit di atasnya.

Perawatan Keremajaan Kulit Sejak Dini

rahasia kecantikan perempuan paris

Setelah membaca uriaan panjang di atas, kamu tentu menyadari bahwa semakin jauh usiamu bertambah. Maka akan semakin susah juga proses peremajaan kulit itu dilakukan.

Untuk itu, sebagai langkah awal dan pencegahan sejak dini, kamu bisa menggunakan berbagai perawatan kecantikan kulit dan keremajaan wajah untuk melawan kemunculan tanda-tanda penuaan, utamanya yang muncul terlalu dini.

Teknologi baru telah menghadirkan banyak prosedur invasif minimal untuk melawan tanda-tanda penuaan, serta perawatan topikal baru yang tidak terlalu mengiritasi.

Tapi apa metode paling efektif untuk memerangi tanda-tanda penuaan? Jawabannya adalah: mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

Sangat mudah untuk mengatakan pada diri sendiri bahwa menyelinap ke mobil dengan cepat, tanpa topi atau melewatkan tabir surya pada hari berawan tidak berbahaya.

Tapi bayak ahli kecnatikan yang justru memperingatkan bahwa kerusakan UV pada akhirnya akan dapat kamu rasakan. Karena efek penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari ini memang terasa sangat nyata dan dapat memberikan efek jangka panjang yang tidak kamu inginkan.

Jadi berbaik hatilah pada dirimu sendiri mulai saat ini dan masa depan. Lewati berjemur dan stan penyamakan kulit, kenakan topi dan kacamata hitam, dan selalu kenakan tabir surya spektrum luas.

Maka, kamu akan menikmati kulit yang sehat dan bercahaya selama bertahun-tahun yang akan datang. Dan ketika usiamu sudah mencapai empat puluh, lima puluh, ataupun enam puluh tahun kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dan mudah untuk dirawat.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment