5 Cara Merawat Kecantikan Rambut dengan Jeruk Nipis, Nyegerin Banget!

manfaat jeruk nipis untuk rambut (2)

Memiliki rambut yang tampak panjang, kuat, dan bervolume tentu menjadi idaman semua orang. Karenanya, banyak orang yang rela mengeluarkan biaya tak sedikit untuk melakukan perawatan rambut di salon, lho.

Namun, apakah kamu tahu kalau ada cara sederhana untuk membuat rambutmu jadi lebih cantik menawan secara alami? Yap! Kamu bisa mencoba perawatan rambut dengan jeruk nipis di rumah, Ladies.

Tak hanya bagus untuk membuat kulit wajah tetap sehat dan cerah, jeruk nipis pun bisa digunakan untuk merawat kecantikan rambut kamu.

Buah yang tergolong dalam satu kelompok buah citrus ini, memiliki berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk merawat kesehatn rambut.

Seperti kandungan vitamin C, kalsium, zat besi, dan zat tembaga dan masih banyak lainnya. Kandungan-kandungan inilah yang akan membantumu merawat kesehatan dan mempercantik

Penasaran apa saja manfaat jeruk nipis untuk rambut? Juga bagaimana cara menggunakannya dengan benar di rumah?

Well, simak ulasan berikut ini sampai habis, ya, Ladies!

Berbagai Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut dan Penggunaannya

Kamu mungkin udah enggak asing dengan DIY jeruk nipis untuk perawatan wajah, namun buah ini pun bisa digunakan dengan resep yang berbeda untuk merawat rambutmu.

Berikut ini ada beberapa manfaat jeruk nipis untuk rambut, serta resep perawatannya yang bisa kamu tiru.

Mengatasi Masalah Ketombe

sampo untuk rambut berketombe

Siapa yang nyaman kalau punya ketombe? Well, kita semua pasti merasa tak nyaman, akibat sensasinya yang lepek, atau rasa gatal yang ditimbulkan, juga karena serpihannya yang jatuh kemana-mana.

Banyak hal yang membuat ketombe muncul, salah satunya adalah karena produksi minyak berlebihan. Yang akhirnya memicu pertumbuhan jamur malessezia di kulit kepala dan akhirnya produksi ketombe jadi berlebihan.

Selain melakukan perawatan dengan hair care product, seperti shampoo, hair conditioner, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menghilangkan ketombe menggunakan jeruk nipis, lho!

Yap! Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati di kulit kepala, mengurangi produksi minyak berlebihan, dan memberikan sensasi menyegarkan pada rambut dan kulit kepala kamu.

Cara Menggunakan Jeruk Nipis untuk Mengatasi Ketombe

  1. Siapkan air perasan jeruk nipis secukupnya, minyak zaitun, juga gel lidah buaya.
  2. Campurkan ketiga bahan yang telah disediakan tersebut dan aduk hingga merata.
  3. Aplikasikan ke bagian kulit kepala dan tunggu selama 15-20 menit.
  4. Kalau sudah, bilas rambut sampai bersih. Agar tidak ada kotoran yang tertinggal, kamu bisa melanjutkan perwatan dengan keramas.

Ingat, ya, penggunaan jeruk nipis untuk kulit kepala ini enggak bisa secara langsung. Artinya kamu harus menggunakan bahan-bahan lain untuk penyeimbang keasaman dari jeruk nipis.

Kamu juga bisa cari tahu caralain untuk mengatasi ketombe di sini.

Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit

Apakah kamu memiliki rambut yang mengembang dan susah diatur? Sampai-sampai kamu hobi banget meluruskan rambut menggunakan catokan tiap hari?

Well, kegiatan menggunakan alat styling ini mungkin bisa memberikan hasil instan untukmu. Akan tetapi jika digunakan terlalu sering, panas dari catokan akan membuat nutrisi dan protein alami dalam rambutmu menghilang. Akhirnya, rambut akan rusak dan rapuh.

Untuk membuat rambut jadi lebih mudah diatur dan tidak mengembang, kamu bisa menggunakan jeruk nipis sebagai perawatan rutin, lho. Seperti dalam langkah berikut ini:

Cara Merawat Rambut dengan Jeruk Nipis

  1. Siapkan perasan jeruk nipis secukupnya, bubuk akar kayu manis, santan, dan minyak kelapa dalam panci yang sama.
  2. Panaskan campuran tersebut dalam api kecil selama beberapa menit.
  3. Setelah semua kandungan tersebut tercampur dengan sempurna, pindahkan campuran ini ke dalam wadah dan diamkan selama semalaman.
  4. Gunakan campuran ini tiap sebelum keramas, sebagai masker rambut. Cukup aplikasikan ke bagian akar hingga ujung rambut, dan biarkan selama 30 menit sampai satu jam saja.

Menyuburkan Pertumbuhan Rambut

manfaat serum rambut (1)

Tak hanya membantu mengatasi ketombe atau membuat rambutmu lebih mudah diatur, perawatan menggunakan jeruk nipis ini bisa membuat rambut jadi lebih subur, lho!

Manfaat jeruk nipis untuk ramabut satu ini diperoleh dari kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Enggak cuma itu, kandungan ini pun bisa memperbaiki metabolisme di kulit kepala, merangsang pertumbuahn rambut baru, sehingga dapat mengatasi masalah kerontokan atau kebotakan dini.

Cara Menyuburkan Rambut dengan Jeruk Nipis

  1. Siapkan jeruk nipis dan minyak zaitun murni, campurkan.
  2. Setelah itu aplikasikan pada kulit kepala dan selingi dengan pijatan lembut.
  3. Biarkan sampai kandungan terserap sempurna, baru bilas hingga bersih.

Kedua bahan ini dapat membantu meningkatkan nutrisi dan kesehatan kulit kepala. Pijatan yang kamu lakukan pun dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Ini akan membuat rambut kamu jadi lebih subur.

Mengembalikan Kilau Alami Rambut

Rambut yang sehat dan terawat dapat membuat helaiannya terlihat berkilau alami. Berbeda dengan saat rusak dan kering, dalam kondisi ini helaian rambut akan tampak kusam bahkan saling bertaut.

Karena pada dasarnya dapat menutrisi rambut, jeruk nipis pun diketahui dapat mengembalikan kilau alami pada rambutmu. Kandungan antioksidannya yang tinggi pun mencegah tumbuh uban terlalu dini dan membuat sel rambut jadi lebih awet muda.

Cara Memberikan Kilau Alami pada Rambut dengan Jeruk Nipis

Agar dapat memperoleh hasil yang maksimal, kamu bisa memadukan perasan jeruk nipis ini dengan madu, Ladies. Karena bahan alami ini bisa membantu menutrisi rambut, memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit kepala kamu.

  1. siapkan dua sendok makan perasan jeurk nipis, padukan dengan 2 sendok makan madu murni.
  2. Aduk kedua bahan tersebut, sampai terbentuk pasta masker rambut yang diinginkan.
  3. Aplikasikan ke rambut secara merata dan hindari area kulit kepala, tunggu selama 20-30 menit.
  4. Bilas rambut dengan air sampai bersih!

Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

manfaat jeruk nipis untuk rambut (4)

Satu lagi manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah membantu mengatasi rambut lepek dan berminyak. Tak hanya itu, kamu pun bisa merasakan sensasi dan aroma yang menyegarkan ketika menggunakan bahan alami ini untuk perawatan rambut.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut ini diperoleh dari kandungan asamnya yang tinggi, sehingga mampu mengurangi produksi minyak belebih dan membersihkan penyumbatan pada pori-pori kulit kepala.

Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak dengan Jeruk Nipis

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis ini, kamu bisa menggunakannya sebagai hair mist, lho! Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Siapkan irisan buah jeruk nipis dan lemon yang telah dibersihkan sebelumnya.
  2. Masukkan irisan buah-buahan ini ke dalam panci dan diisi dengan air sulingan. Kemudian didihkan bahan-bahan tersebut.
  3. Kalau sudah, tunggu hingga agak dingin kemudian saring cairan tersebut.
  4. Simpan ke dalam botol semalaman dan dinginkan di dalam kulkas.
  5. Gunakan hair spray ini setiap kamu membutuhkannya.

Nah, itu adalah berbagai manfaat jeruk nipis untuk rambut yang perlu kamu tahu. Juga bagaimana cara menggunakannya sebagai perawatan rambut rumahan.

Meski begitu, kalau kamu memiliki luka atau iritasi di kulit kepala sebelumnya, hindari untuk menggunakan jeruk nipis langsung pada kulit.

Sifat asam dari bahan alami ini bisa saja membuat kulit terasa nyeri dan perih. Akan lebih baik untuk sementara waktu, kamu focus menggunakan jeruk nipis pada batang rambut.

Oh, ya! Penggunaan jeruk nipis ini bisa saja tidak memberikan hasil yang langsung terlihat. Untuk itu, kamu harus mengimbangi perawatan alami ini dengan produk perawatan rambut pada umumnya.

Well, sampai di sini dulu tips kali ini dan sampai jumpa lagi, Ladies!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment