10+ Ide Konten Live Streaming untuk Bisnis dan Tips Membuatnya Menarik!

ide konten live streaming untuk bisnis

Belakangan ini layanan live streaming di platform digital menjadi sangat popular. Fitur siaran ini diklaim sangat efektif untuk memasarkan produk dan meningkatkan reputasi brand. Nah, lantas apa saja ide konten live streaming untuk bisnis yang bisa kamu coba?

Pada fitur live streaming para marketer dapat langsung berinteraksi dengan konsumen. Atau bahkan melakukan penawaran khusus pada produk. Sehingga promosi akan semakin lancar. Selain promosi, live streaming juga dapat membangun koneksi dengan para konsumen.

Yang terpenting harus ada topic atau tema yang diusung saat melakukan siaran langsung. Meskipun fitur yang satu ini terkesan mudah, namun sebenarnya live streaming membutuhkan keahlian khusus.

Para marketer harus seaktif mungkin dan topic yang dipilih harus menarik. Ini supaya para audience tidak bosan dan berujung pergi sebelum live berakhir.

Selain komunikasi dengan audience lebih terjalin, live streaming juga mempunyai manfaat lain. Seperti mengetahui keinginan konsumen hingga menghemat biaya promosi.

Seperti yang diketahui bahwa live streaming pada platform digital tidak dipungut biaya sekalipun. Oleh karena itu pengeluaran untuk promosi akan lebih terminimalisir.

Baca Juga: Live Shopping, Tren Jualan Online Baru yang Menjanjikan dan Menguntungkan!

Lantas bagaimana sih membuat ide live streaming untuk bisnis agar audience tidak bosan? Salah satu peranan penting yang membuat para audience agar tidak cepat bosan adalah ide konten. Konten yang menarik akan membuat orang betah mengikuti siaranmu.

Nah, kami sudah merangkum beberapa ide konten yang menarik untuk live streaming? Berikut daftar selengkapnya. Selamat membaca.

Ide Konten Live Streaming untuk Bisnis yang Menarik

Para content creator pasti suka pusing dan bingung mikirin ide konten untuk setiap harinya. Apalagi untuk konten live streaming. Supaya kamu tidak bingung, ide konten berikut bisa jadi rekomendasi agar kontenmu lebih inovatif. Sehingga para audience tidak akan bosan. Apa saja? Berikut daftanya.

QnA

Konten Quation and Answer (QnA) atau biasa disebut dengan tanya jawab ini merupakan ide yang konten yang cukup menarik untuk live streaming. Dengan adanya tanya jawab ini kamu bisa lebih interaktif dengan para audience.

Selain ini, ini juga kesempatan bagi para marketer untuk membranding atau mengenalkan perusahaan kepada audience. Sehingga dari segi branding pun akan terbangun dengan konten yang satu ini. Tak lupa kamu juga bisa mengundang pakar untuk mengulas sesuatu.

Misalnya dalam topic itu kamu akan membahas mengenai ‘kandungan yang tidak aman untuk skincare’. Nah, kamu bisa mengundang dokter kulit atau ahli lainnya yang berhubungan dengan kecantikan untuk membahas topic tersebut.

Nanti di sesi terakhir kamu baru bisa membuka sesi tanya jawab dengan audience. Dengan begini platformmu akan lebih bermanfaat dan dapat mengedukasi para konsumen. Sehingga secara tidak langsung brand awareness juga akan terbangun.

Behind The Scene

Ide konten selanjutnya adalah behind the scene atau di balik layar. Ide konten yang satu ini memang masih sangat digemari oleh audience. Sebab mereka selalu penasaran di balik sebuah produk atau perusahaan.

Di balik layar juga merupakan konten nyata yang kesannya seolah tidak dibuat-buat. Para audience kan melihat keaslian produkmu.

Misalnya kamu bisa menayangkan siaran langsung proses pembuatan sebuah skincare. Atau bisa juga menayangkan langsung di balik layar pembuatan sesuatu. Cara ini akan sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan audience terhadap produk.

Video Tutorial

Video tutorial merupakan ide konten yang wajib kamu terapkan untuk live streaming. Konten yang satu ini sangat efektif  untuk meningkatkan kredibilitas produk dan perusahaan. Kamu bisa memulainya dengan membuat tutorial make up.

Biasanya para audience cenderung akan betah bertahan lama di live streaming yang kamu usung. Sebab dalam video tutorial ini mereka akan penasaran dengan hasil akhirnya. Jadi mau tidak mau mereka akan tetap stay untuk memuaskan rasa penasaran tersebut. Bagaimana, menarik sekali bukan?

Newsjacking

Selanjutnya konten yang perlu kamu lakukan adalah newsjaking. Konten yang satu ini akan membawa dampak yang cukup signifikan. Dengan mengusung isu-isu terkini dan mengaitkannya dengan brand atau produk yang kamu promosikan akan ikut terangkat.

Namun bukan tanpa resiko jika kamu menggunakan ide konten live streaming newsjaking ini. Karena jika isu yang sedang panas sangat sensitive, otomatis brandmu juga akan terdampak. Oleh karena itu, meskipun sedang hype, kamu juga harus bisa memilih isu mana yang cocok untuk diterapkan.

Misalnya ada isu tentang pernikahan Maudy Ayunda yang mendadak. Nah, karena isu tersebut positif, kamu bisa mengaitkannya dengan konten live streaming. Seperti membuat live streaming tutorial make up pengantin flawless ala Maudy Ayunda.

Nah, secara tidak langsung kontenmu akan terangkat dan audience pun juga berpotensi banyak. Sehingga jangkauan audiencemu juga bisa akan semakin luas.

Live Event

Live event juga sangat efektif untuk meningkatkan kredibilitas dari perusahaan. Selain itu sesi live event ini juga bisa dibilang cara jitu untuk berinteraksi dengan para audience. Kamu juga bisa melihat antusiasme mereka dalam live ini.

Untuk lebih efektifnya kamu bisa mengajak para peserta yang hadir untuk ikut memberikan komentarnya terkait event tersebut. Dengan begitu antusiasme mereka juga akan semakin meningkat. Sehingga audience pun juga semakin bertambah.

Demo Produk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sebagian besar audience menyukai konten berbasih di balik layar. Oleh karena itu kamu bisa melakukan live streaming demo produk untuk menambah kepercayaan audience.

Dalam proses live nanti juga dapat dibarengi dengan tanya jawab dengan audience. Sehingga live akan lebih terkesan hidup dan tidak membosankan. Selain itu, dengan adanya demo produk ini para audience juga dapat menjawab rasa penasaran mereka.

Bahkan hal ini juga dapat membuat mereka semakin tertarik dengan produk yang sedang kita promosikan. Sehingga penjualan pun dapat berpotensi naik secara signifikan.

Kolaborasi

Kamu ingin meningkatkan audience dengan cepat melalui live streaming? Kolababorasi adalah solusinya. Kamu bisa mengajak para selebriti untuk berkolaborasi di live streamingmu. Dengan begitu para pengikut selebriti tersebut akan ikut terlibat juga dengan live streaming yang kamu buat.

Sehingga ini akan sangat menguntungkan bagimu untuk menarik perhatian mereka agar jadi konsumen. Dalam kolaborasi ini kamu bisa melakukan berbagai hal dengan selebriti. Misalnya ngorbrol dengan topic tertentu yang masih berkaitan dengan produk yang kamu pasarkan.

Dengan begitu secara tidak langsung, pasti para selebriti tersebut juga memberikan influence atau pengaruh kepada para pengikutnya untuk membeli produk yang sama. Sehingga ini akan sangat menguntungkan bagimu dari segala sisi. Mulai dari brand awareness hingga meningkatkan penjualan.

Daur Ulang Konten

Ide konten live streaming untuk bisnis selanjutnya adalah daur ulang konten. Jika kamu kehabisan ide konten live streaming, daur ulang live konten bisa menjadi solusinya. Yakni sebuah konten live yang berasal dari media media perusahaan.

Sebagai contoh, perusahaanmu memiliki situs website dan menulis artikel tentang cara membuat produk kosmetik dari buah leci.

Nah, kamu bisa membuat konten live dengan tema yang sama. Selain itu kamu juga bisa menambahkan call to action atau CTA di akhir sesi dan merekomendasikannya untuk mengunjungi website. Live ini sangat menguntungkan untuk meningkatkan performa web.

Review Produk

Selanjutnya kamu juga dapat melakukan review produk. Konten dengan tema yang satu ini pasti akan mempunyai banyak audience. Sebab dengan adanya live review mereka akan teredukasi dengan produk yang akan mereka beli.

Bahkan jika reviewmu cukup meyakinka, mereka juga tidak akan ragu untuk melakukan pembelian. Nah, untuk memastikan hal tersebut, alangkah baiknya jika kamu menyertakan call to action di akhir sesi. Supaya audience dapat mengetahui dengan jelas apa tujuan dari live yang kamu adakan.

Sharing Pengalaman

Untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para pelanggan, kamu bisa menggunakan ide konten live streaming untuk bisnis yang satu ini. Ajak mereka yang sudah memakai produkmu untuk sharing. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen yang lainnya.

Sebab review dari pembeli menjadi pengaruh yang cukup besar bagi calon konsumen. Namun jika ada sharing negatif tentang produk, jangan menanggapinya dengan emosi.

Kamu cukup menjelaskan beberapa alasan yang cukup logis dan positif. Responmu terhadap komentar negatif tersebut akan sangat berpengaruh terhadap citra perusahaan untuk ke depannya.

Nah, itulah beberapa ide konten yang wajib kamu coba untuk live streming. Selanjutnya kami juga akan share ke kamu tentang bagaimana membuat konten live streaming yang menarik. Ikuti artikel ini hingga selesai ya.

Tips Membuat Konten Live Streaming yang Menarik

Live streaming saat ini menjadi salah satu aktivitas yang tidak bisa dipisahkan oleh dunia marketing. Saking menguntungkannya, tak jarang bagi pelaku bisnis melakukan aktivitas yang satu ini. Namun bagaimana sih membuat konten live streaming yang menarik? Berikut tipsnya.

Peralatan Lengkap dan Memadai

Tips pertama untuk melakukan live streaming adalah peralatan harus lengkap dan memadai. Perlatan menjadi penunjang utama. Jangan sampai visual yang kamu siarkan akan menganggu. Sebab itu juga akan berpengaruh terhadap profesionalitas dan produk.

Usahakan kamera dan lighting harus memadai. Jangan lupa untuk memperhatikan background live. Pilih background sesuai dengan tema yang kamu pakai. Agar selaras dengan topic dan produk yang sedang kamu proimosikan.

Promo Spesial

Untuk menarik perhatian audience agar ikut join live, kamu bisa mengadakan give away atau memberi promo special. Berikan promo yang beda dari event lainnya. Misalnya promo voucher potongan 80 persen yang hanya dapat saat live tersebut. Dengan begitu pasti mereka akan tertarik dan ikut join live.

Selain itu kamu juga bisa memberikan hadiah atau give away kepada mereka. Tentunya kamu juga bisa menambahkan beberapa syarat tertentu untuk meningkatkan engagement.

Konsistensi

Konsistensi adalah sebuah kunci untuk meningkatkan dan menarik perhatian public. Dengan konsisten melakukan live, pasti para audience akan selalu menunggu kamu untuk melakukan live. Misalnya kamu bisa menjadwalkan live konten selama seminggu dengan topic-topik tertentu.

Setiap hari dengan topic yang beda. Namun setiap harinya selalu mengusung tema yang sama. Misalnya hari Senin tentang skincare, hari Selasa tentang make up. Dengan konsistensi seperti ini mereka berpotensi akan selalu menunggu live streaming yang kamu buat.

Nah, itulah beberapa tips dan ide konten live streaming untuk bisnis yang perlu kamu ketahui. Selamat berkonten!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment