Menggunakan Fitur Geotag Instagram untuk Tingkatkan Peforma Akun Bisnismu

fitur geotag instagram

Di era teknologi yang serba canggih ini sosial media memegang kendali penting  dalam bisnis. Terutama sebagai media promosi. Salah satu sosial media yang saat ini digandrungi adalah Instagram. Platform berbasis visual ini menjadi yang paling popular di Indonesia.

Tak heran banyak pebisnis yang memanfaatkan sosial media yang satu ini sebagai salah satu media promosi dan branding. Instagram juga memiliki berbagai fitur yang cukup canggih. Mulai dari fitur shopping, carousel, hingga fitur geotag.

Hah, apa itu geotag? Mungkin sekilas terlihat asing. Namun tanpa kamu sadari saat memposting sesuatu di Instagram kamu selalu menggunakan geotag. Bahkan fitur yang satu ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan engagement rate.

Nggak perlu bingung. Karena di artikel ini kami akan menjelaskan dengan lengkap mengenai fitur geotag ini. Bagaimana penjelasannya? Ikuti artikel ini hingga selesai ya.

Apa Itu Fitur Geotag Instagram?

Geotag merupakan sebuah fitur untuk menambahkan lokasi foto atau unggahan di Instagram. Lebih tepatnya jika kamu akan mengunggah foto atau video, pasti sebelum mempostingnya ada pilihan lokasi. Nah, itulah yang disebut dengan geotag. Yakni lokasi yang disematkan pada unggahan Instagram.

Dengan adanya lokasi tersebut, audience akan dengan mudah mendeteksi dimana bisnismu beroperasi. Hal ini tentu akan memaksimalkan performa bisnis. Apalagi fitur ini juga diklaim dapat menjangkau lebih banyak audience lagi.

Kok bisa? Dengan menggunakan fitur geotag, secara tidak langsung audience akan penasaran dengan lokasi yang kamu cantumkan. Ketika mereka mengklik lokasi tersebut, mereka akan menemuka ratusan atau bahkan jutaan postingan yang berada di tempat yang sama.

Tentu hal tersebut akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis. Sebab bisnis mereka akan lebih mudah ditemukan oleh orang. Sehingga potensi mendapat pelanggan atau konsumen baru pun akan meningkat.

Selain itu geotag Instagram juga mempunyai beragam manfaat loh. Jadi nggak hanya sekedar fitur biasa saja. Namun juga punya beragam kegunaan untuk meningkatkan performa bisnismu. Seperti apa? berikut penjelasannya.

Manfaat Menggunakan Fitur Geotag Instagram

Instagram memang tak pernah berhenti memberi beragam kenyamanan bagi penggunanya. Seperti memberikan berbagai macam fitur yang bermanfaat layaknya geotag ini. Tak hanya sekedar penambah lokasi saja, namun geotag mempunyai banyak manfaat lain. Berikut daftarnya.

Menjangkau Audience Lebih Luas

Manfaat fitur geotag Instagram yang pertama adalah sangat efektif untuk menjangkau audience yang lebih luas. Apalagi untuk kamu yang memiliki misi ingin go internasional. Fitur yang satu ini sangat direkomendasikan.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika audience mengklik lokasi yang kamu sematkan dalam unggahan tersebut, maka ratusan atau ribuan postingan yang menggunakan lokasi sama akan muncul. Dengan begini postinganmu juga akan dilihat lebih banyak audience yang notabennya bukan followermu.

Bahkan jika postinganmu dirasa cukup menarik, audience akan mencari tahu siapa kamu dan mengunjungi profil. Jika mereka suka dengan konten yang kamu buat, mereka tak akan segan untuk mengklik tombol follow.

 Lebih Mudah Ditemukan

Dengan menggunakan fitur geotag, bisnismu akan lebih mudah ditemukan oleh audience. Hanya dengan sekali klik, mereka akan menemukan lokasimu. Jadi ini akan sangat berguna bagi kamu para pebisnis jika memiliki toko offline.

Setiap melakukan promosi kamu bisa menambahkan lokasi tokomu berada. Sehingga jika ada audience yang ingin mengunjungi tokomu, mereka tidak perlu repot mencarinya di Maps. Sebab fitur yang satu ini juga sudah terhubung langsung dengan Maps. Sehingga lebih efektif.

Bahkan ini juga akan meningkatkan potensi menemukan konsumen baru untuk toko offlinemu. Jika mereka yang berada di lokasi berdekatan dengan tokomu, mereka juga akan mampir mengunjungi tokomu.

Meningkatkan Engagement

Engagement merupakan faktor yang cukup penting di Instagram. Kesuksesan sebuah promosi dapat dilihat dari seberapa banyak engagement yang didapat. Engagement sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yakni interaksi yang dilakukan oleh para audience. Interaksi tersebut dihitung dari seberapa banyak like, komen, save dan share yang didapat.

Saat kamu menggunakan geotag, berarti postinganmu akan menjangkau audience yang lebih luas. Tidak berkutat pada followermu saja. Potensi mendapat berbagai inetraksi tersebut pun akan semakin tinggi. Sehingga engagement pun dapat meningkat dengan signifikan.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan geotag sebagai sarana untuk promosi. Setelah mengetahui beragam manfaatnya, kini saatnya kamu mengetahui fitur geotag Instagram. Berikut penjelasannya.

Jenis Postingan dengan Fitur Geotag Instagram

Semakin hari Intagram memang semakin mengerti para penggunanya. Oleh karena itu beraga fitur pun diciptakan untuk membuat penggunanya betah berlama-lama. Dengan berbagai macam fitur tersebut kamu bisa menambahkan geotag pada postingan.

Sehingga akan sangat memudahkan kamu para pebisnis untuk melakukan promosi. Berikut beberapa fitur Instagram yang bisa kamu tambahkan geotag.

Instastory

Instastory atau yang biasa disebut dengan story merupakan fitur Instagram yang cukup popular. Bahkan kini para penggunanya berlomba-lomba untuk memposting banyak story untuk eksistensi. Seperti membagikan kegiatan sehari-hari hingga melakukan promosi.

Dalam fitur instastory ini kamu juga bisa menambahkan geotag. Kamu bisa memposting sesuatu tentang bisnismu dan menambahkan lokasi di dalamnya. Untuk menambahkan geotag di Instastory terdapat pada stiker. Kamu bisa memilih stiker lokasi dan kemudia mencari lokasi yang tepat untuk postinganmu.

Biasanya Instagram akan merekomendasikan tempat atau lokasi kamu saat itu. Namun jika tidak sesuai, kamu bisa menambakan lokasi lain sesuai dengan keinginan. Sehingga akan lebih efektif dan orang bisa mengetahui keberadaanmu.

Instagram Feed

Tak hanya Instastory saja, namun sebagai fitur utama Instagram, Feed juga bisa ditambahkan fitur geotag. Lokasi aka terpambpang di pojok kiri postingan. Tulisannya pun sangat kecil di bawah username.

Untuk menambahkan geotag, sebelum memposting konten kamu bisa memilih menu tambahkan lokasi. Dalam menu tersebut biasanya Instagram akan menambahkan lokasi yang cocok untuk kontenmu saat itu, Namun jika kamu memiliki lokasi spesifik tertentu, kamu juga bisa menambahkannya secara manual.

Hashtag

Jenis pengaplikasian geotag bisa kamu gunakan dalam hashtag. Fitur hashtag pada media sosial merupakan fitur yang dapat membuat konten menjangkau audience yang  lebih luas. Fitur yang satu ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai geotag. Yakni dengan menambahkan hashtag lokasi sesuai dengan keinginan.

Bahkan dengan fitur hashtag ini kamu juga bisa menambahkan lokasi yang spesifik. Misalnya lokasi bisnismu ada di daerah Surabaya tepatnya di Wiyung. Kamu bisa menambahakan #Surabaya dan #Wiyung.

Namun bedanya jika kamu menggunakan geotag hashtag tidak bisa langsung terhubung di maps yang secara spesifik akan menunjukkan lokasimu. Sebab penggunaan hashtag pada beberapa postingan terbilang umum dan jarang terkait dengan lokasi tertentu.

Namun keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan menggunkan hastag adalah jangkauan audience lebih luas. Jadi jika kamu menggunakan hastag lokasi tertentu, postinganmu akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang juga sedang mencari lokasi tersebut. Tentu ini akan sangat bagus untuk meningkatkan performamu.

Nah, itulah beberapa fitur Instagram yang dapat kamu tambahkan untuk geotag. Ada nggak sih tips untuk memaksimalkan geotag? Jawabannya tentu sangat ada. Berikut kamu sudah rangkum tips untuk memaksimalkan geotag di Instagram.

Baca Juga: Banyak Untungnya, Intip Tips Memasarkan Produk Kosmetik Lewat Instagram Ini!

Tips Memaksimalkan Fitur Geotag Instagram

fitur geotag instagram

Setelah mengetahui beberapa manfaat dan fiturnya, apakah kamu saat ini tertarik untuk menggunakan geotag? Jika iya, kamu perlu menerapkan beberapa tips ini untuk memaksimalkan performa bisnismu. Apa saja? Berikut daftarnya.

Patikan Lokasi Ada di Google Maps

Tips yang pertama adalah kamu harus memastikan lokasi bisnismu terdaftar di Google Maps. Ini adalah poin yang sangat penting. Jika lokasimu tidak terdaftar di Google Maps, akan sangat kecil pula potensi audience untuk menemukan lokasi tokomu.

Alhasil jika para pengguna tersebut kesulitan untuk menemukan lokasimu, mereka akan mengurungkan niatnya untuk berkunjung. Tentu ini akan menjadi awal yang buruk bagi bisnismu. Sehingga untuk mempermudahnya, kamu perlu mendaftarkan lokasi terlebih dahulu.

Lebih tepatnya kamu dapay memanfaatkan salah satu fitur Google. Yakni Google My Business. Dalam fitur tersebut kamu bisa menambahkan lokasi bisnismu di Google Maps. Jika sudah terdaftar, langkan selanjutnya kamu harus menambahkan lokasi tersebut di Facebook.

Seperti yang kamu tahu bahwa Facebook dan Instagram saat ini berada di naungan yang sama. Dengan memasukkannya di Facebook, secara langsung juga akan tersambung di Instagram

Temukan Pelanggan

Pelanggan merupakan kunci utama kesuksesan dalam berbisnis. Oleh karena itu penting dan wajib hukumnya untuk menemukan pelanggan sebanyak-banyaknya. Lantas bagaimana cara menemukan pelanggan di Instagram?

Tenang, itu mudah sekali. Kamu cukup menuju explore dan ketik lokasi bisnismu di kolom pencarian. Dengan begitu Intagram akan menampilkan semua hal yang berkaitan dengan lokasi yang kamu cari.

Tentu ini akan memudahkanmu untuk melakukan analisa pasar mengani hal-hal yang tengah populer dan banyak membuat masyarakat tertarik. Melalui perilaku mereka kamu dapat menciptakan ide baru untuk promosi. Dengan begitu pemasaran yang kamu lakukan melalui Instagram akan jauh lebih efektif.

Kolaborasi dengan Influencer Lokal

Salah satu tips lain untuk memaksimalkan fitur geotag Instagram adalah dengan menggandeng influencer local. Influencer memiliki daya tarik tersendiri di mata follower. Sehingga sangat cocok untuk para pebisnis menggandeng influencer local untuk meningkatkan performa.

Saat bekerja sama, jangan lupa untuk berkomunikasi dengan influencer tersebut agar mencantumkan lokasi atau tempat bisnismu berada. Dengan menggandeng influencer ini akan meningkatkan engagement. Sebab seorang influencer memang cenderung memiliki follower yang banyak.

Para followers tersebut biasanya mempunyai kebiasaan untuk mengikuti perilaku atau bahkan gaya hidup sang idola. Jadi dengan menambahkan lokasi bisnismu di postingan mereka, akan sangat berpotensi besar pula untuk menambah pengunjung dan pelanggan ke tokomu.

Bahkan jika lokasi mereka dan tokomu berjauhan, namun mereka tertarik dengan produk tersebut, para pelanggan tidak segan untuk membeli. Lokasi tersebut juga dapat digunakan sebagai estimasi ongkos kirim jika diperlukan.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan geotag di Instagram. Bagaimana, apakah kamu sudah yakin untuk menggunakan fitur yang satu ini? Mulai sekarang jika kamu ingin performa bisnismu lebih maju pesat, fitur geotag Instagram wajib kamu coba.

About Author

Related posts

Leave a Comment