Banyak Untungnya, Intip Tips Memasarkan Produk Kosmetik Lewat Instagram Ini!

tips mempromosikan produk kosmetik lewat Instagram

Saat ini instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan dan digemari oleh masyarakat. Dari banyaknya pengguna instagram, tentunya hal tersebut bisa menjadi salah satu alasan kamu melakukan promosi melalui platform ini. Karena itu, tips memasarkan produk kosmetik lewat Instagram ini enggak boleh kamu lewatkan.

Media populer ini mampu mengunggah postingan yang berisi gambar atau video singkat yang bisa menampilkan produk kosmetikmu. Terlebih konten visual tentunya lebih menarik orang-orang untuk penasaran dengan produkmu, terutama produk kosmetik.

Jika targetmu adalah kalangan anak muda dan perempuan, maka kamu bisa membuat konsep postingan yang menyesuaikan pangsa pasarmu.

Terlebih, kosmetik sedari dulu juga sudah populer di media manapun, karena sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Dengan begitu, tidak sulit untuk kamu melakukan promosi melalui instagram ini.

Namun, meski terkesan gampang, kamu juga perlu memerhatikan beberapa hal berikut. Yuk intip tips memasarkan produk kosmetik lewat instagram! Simak artikel berikut ini ya!

Kelebihan Instagram untuk Media Promosi

Instagram telah menjadi media paling populer dan memiliki pengguna lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia. Tentunya sebagian dari kamu sudah tau adanya media ini, bukan?

Masing-masing dari kalian setidaknya pernah mendengar atau bahkan memiliki satu akun di instagram. Hal tersebut sudah menjadi hal biasa, karena pengguna media ini juga tidak memandang usia ataupun gender. Jadi semua orang bisa memakai instagram sebagai salah satu akun pribadi mereka.

Namun tahukan kamu kalau instagram memiliki kelebihan dibandingkan dengan media lainnya untuk mempromosikan produk kamu?

Berikut kelebihan isntagram yang mungkin belum kamu tahu dan tentunya bermanfaat untuk memasarkan produkmu!

Instagram Merupakan Platform yang Populer

Seperti yang kita tahu, instagram merupakan aplikasi yang sudah sangat populer. Orang-orang menghabiskan banyak waktu untuk menjelajahi media ini sebagai platform pemberi informasi ataupun hanya untuk hiburan saja.  

Dari berbagai aktivitas yang dilakukan orang-orang yang menggunakan instagram, banyak dari mereka juga mencari produk-produk tertentu. Salah satunya adalah mengeksplor produk kosmetik yang tengah populer.

Saat kamu menyukai bran tertentu, kamu sudah pasti mulai mengikuli/meng­-follow akun bran tersebut. Hal tersebut sudah menjadi lumrah untuk mengikuti perkembangan brand favorit kamu.

Dengan adanya pengikut loyal pada instagram, kamu bisa melakukan berbagai promosi yang menarik yang bisa mendatangkan customer lama ataupun yang baru.

Kamu bisa melakukan postingan di feed ataupun instagram stories untuk memperkenalkan produk kosmetik terbarumu.

Terlebih, generasi milenial dan Gen Z gemar mencari produk kosmetik yang mereka gemari melalui stories dan feeds. Inilah mengapa instagram menjadi platform yang ampuh untuk memasarkan produk kosmetikmu.

Media yang Memberi Bentuk Postingan Visual

Kebanyakan daro masyarakat merupakan pembelajar visual (visual learners), inilah mengapa instagram memiliki banyak penggemar.

Media ini mampu menampilkan bentuk produk dan melakukan penjelasan yang lengkap mengenai produk tersebut. Dengan media ini, kamu bisa melakukan branding dan membangun karakter dari produk kosmetikmu.

Setelah melakukan branding dan membentuk karakter tersebut, kamu tentunya dengan mudah menentukan target pasar untuk kosmetik yang kamu jual.

Gunakan fitur-fitur instagram dengan sebaik mungkin dan pamerkan semua koleksi produk kosmetik kamu. Dengan begitu, perlahan-lahan masyarakat akan tahu produkmu dan kosmetik apa saja yang baru kamu rilis.

Dari fitur-fitur instagram tersebut, kamu bisa mendapatkan pelanggan yang lebih besar.

Jangkauan Instagram Sangat Luas

Media yang satu ini memungkinkan kamu untuk menjangkau lebih banyak orang-orang di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan instagram telah digunakan oleh orang-orang dari berbagai kalangan dan negara.

Apalagi instagram memiliki fitur Tab Explore khusus untuk toko online, dengan ini toko kosmetik onlinemu memiliki jangkauan yang berkembang dan lebih luas.

Karena jangkauan isntagram yang sangat luas, kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk menarik pasar luar negeri. Bukannya tidak mungkin kamu akan memiliki pembeli yang tidak hanya berasal dari Indonesia, melainkan dari negara yang lain juga.

Tips Memasarkan Produk Kosmetik Lewat Instagram

Di atas telah dijelaskan manfaat instagram sebagai media promosi untuk produk kosmetikmu. Namun kamu tentunya membutuhkan beberapa tips berikut untuk memaksimalkan promosi melalui media ini.

Karena telah menjadi platform ideal untuk memasarkan produk, kamu juga harus memerhatikan beberapa hal berikut agar promosi bisa lebih maksimal.

Kamu juga tidak perlu takut mencoba hal baru dalam melakukan sebuah promosi, karena semua akan bermuara pada keuntungan yang berlipat ganda.

Jadi, yuk simak tips memasarkan produk kosmetik lewat instagram berikut ini! Cek it out!

Bio Instagram yang Lengkap

Satu langkah awal yang sederhana untuk melakukan promosi di instagram yaitu dengan melengkapi bio akun instagram kamu.

 Tulislah bio instagram dengan informasi bisnis yang jelas. Hal ini bisa menjadi salah satu indikator untuk menumbuhkan kepercayaan dari customer saat mereka menjelajahi akun instagrammu.

Lalu bagaimana cara untuk memakismalkan bio instagram agar lebih terpecaya? Ikuti tips berikut ini!

  1. Gunakan nama username yang sesuai dengan nama perusahaan atau produk kosmetik yang kamu jual. Pastikan jika nama tersebut akan mudah diingat, mudah ditemukan, dan tidak mirip dengan nama brand lain.
  2. Kamu bisa menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan produk kosmetik yang kamu jual.
  3. Gunakan foto profil yang mencerminkan kriteria dari produk kosmetik yang kamu jual. Bisa logo dari toko, logo perusahaan, ataupun brand kosmetik yang kamu miliki.
  4. Tuliskan deskripsi yang lengkap yang menggambarkan produk kosmetik milikmu.
  5. Lengkapi dengan lokasi kantor (jika diperlukan), kontak yang bisa dihubungi, atau yang lainnya.
  6. Jangan lupa mencantumkan link toko atau website bisnis yang kamu miliki.

Ingin tahu bagaimana cara menyusun bio Instagram bisnis yang menarik? Simak di sini!

Tentukan Tema Feed Instagram Produk Kosmetikmu

Saat kamu memulai melakukan promosi melalui instagram, kamu juga perlu memikirkan tema feeds dari instagrammu ini. Jika kamu perhatikan, tema feeds sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan setiap pemiliki bran atau bisnis.

Feeds yang rapi dan informasi tentunya membuat audiens lebih betah scroll akunmu dan mulai tertarik dengan produkmu. Lakukan strategi ini agar karakter dari produk ataupun bisnismu memiliki karakteristik tersendiri.

Kamu bisa memberikan postikan yang sesuai, seperti tips kecantikan, review bahan-bahan kosmetik, atau yang lainnya. Postingan tersebut bisa disesuaikan dengan bisnis yang tengah kamu jalani.

Selain itu, kamu juga harus konsisten memakai warna-warna tertentu, font tulisan, ataupun ilustrasi yang mendukung brandmu. Semua itu bisa membangun citra dan membuat karakter dari branmu, sehingga bisa mudah diingat oleh orang-orang.

Unggah Konten yang Konsisten

Saat kamu sudah menemukan tema feed dan membuat perencanaan konten di instagram, kamu harus membuat jadwal untuk unggahan kontenmu. Unggah konten feed yang rutin sesuai yang sudah dijadwalkan, dan jika bisa unggahlah instagram strories setiap hari.

Hal ini dilakukan untuk membuat akun instagrammu lebih hidup dan mampu menjangkau audiens yang diinginkan. Dengan begitu, audiens akan lebih teratur melihat akunmu, dan memungkinkan adanya tambahan followers untuk instagram bisnismu.

Kamu juga bisa membentuk interaksi yang lebih sering antara kamu dengan konsumen, dan kamu bisa menggiring mereka untuk membeli produkmu.’

Jangan lupa untuk melakukan riset pada instagram untuk memaksimalkan konten yang akan kamu unggah nantinya. Cari tahu seperti apa konten yang paling banyak disukai dan jam-jam prime time dari aktifitas followesmu.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengatur Schedule Instagram Saat Prime Time

Jangan Lupa Sematkan Hastag dalam Setiap Postingan

Kamu tidak boleh mengabaikan efek dari hastag ini dari setiap postinganmu. Karena hastag sama krusialnya dengan keyword yang dipakai pada website.

Penggunaan hastag ini akan memudahkan seseorang untuk menemukan informasi-informasi tertentu, dan bisa jadi postinganmu yang mereka temukan.

Sehingga bisa dikatakan postingan yang kamu buat akan sampai pada audiens yang kamu targetkan. Dan tidak menutup kemungkinan mereka akan tertarik untuk menjelajahi akun istagramu.

Saat mereka melihat postinganmu melalui hastag, mereka juga akan tahu tentang produk kosmetik yang kamu jual. Dan jika produkmu memang sesuai dengan yang mereka cari, bukan tidak mungkin kamu mendapat konsumen baru dari hastag instagram.

Gunakan hastag secukupnya saja, yang penting bisa sesuai dengan apa yang kamu posting dan target pasarmu.

Lakukan Interaksi dengan Akun Sejenis

Yang dimaksud dengan akun sejenis bukan dari kompetitor bisnismu ya! Melainkan akun-akun yang memiliki konsep atau tema yang sama dengan akun bisnis yang kamu jalankan.

Jika kamu membuat akun yang menjual produk kosmetik dan bergelut di dunia kecantikan, kamu bisa mengikuti beauty influencer ataupun akun yang membahas informasi kecantikan.

Kemudian akukan interaksi seperti meninggalkan komentar, dan melakukan soft selling untuk memasarkan produk kecantikanmu.

Namun tidak melulu melakukan penawaran tersebut ya! Tulis saja komentar menyenangkan yang sesuai dengan konten tersebut. Bisa jadi, kamu bisa menemukan audiens baru dari komentar yang kamu tinggalkan di akun-akun mereka!

Adakan Give Away yang Menarik

Kamu bisa mengadakan give away sesekali untuk memperingati event-event tertentu. Hal ini banyak dilakukan oleh para pemiliki bisnis, artis, selebgram, dan oleh orang-orang lainnya.

Terlebih, give away dapat menjadi alternatif untuk menambah followers dan menaikan enggagement indtagram milikmu. Karena setiap give away kamu tentu memberikan syarat follow, like, and tag untuk memenangkan give away yang kamu adakan.

Dengan give away di waktu yang tepat kamu bisa menggiring audiens untuk ikut berpartisipasi dan bergambung pada event ini. Dari situ, secara otomatis audiens akan mengenal produk kosmetik yang sedang kamu jual.

Bagikan Tanggapan dari Konsumen

Saat ada konsumen yang berhasil melakukan transaksi denganmu, tidak ada salahnya kamu membagikan tanggapan dan testimoni dari mereka. Hal ini bertujuan untuk memberikan bukti tidak adanya penipuan dan menghilangkan rasa khawatir dari audiens.

Kamu cukup membagikan tanggapan tersebut pada insta story agar tidak merusak feed dari instagrammu. Setelah itu rangkum tanggapan dan testimoni tersebut menjadi satu pada highlight dengan judul yang serupa.

Baca Juga: Pengertian User Generated Content (UGC) dan Keuntungannya untuk Bisnis 

Lakukan Endorsment atau Paid Promote

Endorsment dan Paid Promote sangat lumrah dilakukan oleh orang-orang yang ingin memasarkan produk mereka. Kamu bisa memberikan produkmu dan membayar influencer untuk mempromosikan produk kosmetik kamu di akun pribadi mereka.

Jangan lupa untuk memilih influencer yang sesuai dengan target pasar yang kamu inginkan. Jadi saat kamu menggunakan cara ini, kamu memerlukan pertimbangan yang teliti dan tidak sembarangan.

Melakukan Promosi Melalui Instagram Ads

Tips memasarkan produk kosmetik lewat instagram yang terakhir adalah melakukan instagram Ads. Ini merupakan platform iklan resmi yang dimiliki oleh akun instagram untuk mempromosikan produk kosmetikmu.

Tentunya saat kamu melakukan instagram ads, kamu juga perlu membayar sejumlah uang pada instagram untuk memasarkan produkmu.

Inilah artikel tips memasarkan produk kosmetik lewat instagram yang sudah kamu baca. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan memberi informasi yang berguna untuk kamu. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment