15 Bahan Skincare untuk Atasi Jerawat yang Paling Banyak Digunakan Sepanjang 2022!

bahan skincare untuk atasi jerawat

Bahan dan formulasi menjadi hal yang sangat berpengaruh pada kualitas serta efektivitas suatu produk kosmetik. Karenanya, ketika membuat produkmu sendiri penting untuk memperhatikan bahan yang aakan kamu gunakan. Termasuk saat memilih bahan skincare untuk atasi jerawat.

Saat membicarakan industry kosmetik, rasanya satu artikel saja tak akan cukup. Karena kebutuhan konsumen mengenai pelayanan dan produk kecantikan juga seperti tak ada habisnya.

Well, tren boleh saja berubah dari waktu ke waktu. Tapi kecintaan masyarakat tentang ‘kecantikan’ sudah mendarah daging dan rasanya tak bisa ditinggalkan begitu saja.

Ini juga yang akhirnya membuat industry kosmetika di Tanah Air bertumbuh pesat. Juga berdampak pada tingkat persaingan yang tak kalah kompetitifnya.

Nah, Beautypreneurs, agar dapat memenangkan pasar kamu perlu membuat produk kosmetik unggulan. Khususnya dengan memperhatikan kandungan/bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya.

Khusus untukmu, berikut kami lampirkan berbagai dafar bahan skincare untuk atasi jerawat yang paling popular selama tahun 2021 hingga 2022.

15 Bahan Skincare untuk Atasi Jerawat Terpopuler Tahun 2022

Beautypreneurs, memilih bahan skincare yang tepat untuk produk kosmetikmu merupakan hal yang sangat penting. Apalagi kalau kamu ingin menciptakan produk berkualitas unggul dan memiliki daya saing tinggi di pasaran.

Sebagai bahan pertimbanganmu, kami telah merangkumkan berbagai bahan skincare untuk atasi jerawat terpopuler sepanjang tahun 2021-2022, lho!

Penasaran, kan? Simak 15 bahan skincare untuk atasi jerawat berikut ini!

Salicylic Acid

Salicylic acid menempati posisi pertama dalam kandungan pencerah wajah dalam skincare terpopuler pada tahun 2022. Kamu pasti udah enggak asing dengan kandungan satu ini, bukan?

Bahan yang juga termasuk dalam golongan Asam Beta Hidroksida (AHA) ini memang terkenal ampuh mengatasi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit.

Salicylic acid berkerja dengan memutuskan ikatan sel kulit mati, sehingga mendorong pengelupasannya jadi lebih cepat. Hal ini pun akhirnya membuat wajah jadi lebih cerah dan terasa lebih lembut daripada sebelumnya.

Selain itu, karena termasuk dalam golongan BHA yang mudah larut dalam minyak, salicylic acid bisa menembus lapisan kulit hingga ke area yang cukup dalam. Kandungan ini kemudian membantu mengangkat kotoran, minyak berlebih, partikel polusi, dan sel kulit mati penyebab masalah kecantikan.

Kemampuannya inilah yang kemudian membuat Salicylic acid menjadi kandungan pencerah wajah dalam skincare andalan. Sebab, tak hanya meningkatkan kecerahan wajah, kandungan ini pun diklaim ampuh meningkatkan peforma kulit secara keseluruhan.

Manfaat Salicylic acid untuk Kulit

  1. Mengeksfoliasi sel-sel kulit mati.
  2. Mengatasi masalah-masalah kulit.
  3. Menyembuhkan jerawat.
  4. Mencegah munculnya komedo dan blackhead.
  5. Mengurangi peradangan kulit wajah.

Ingin tahu manfaat salicylic acid secara lengkap? Lihat di sini!

Lactid Acid

Selain salicylic acid, jenis asam lainnya yang juga tergolong dalam kandungan pencerah wajah terpopuler sepanjang 2021 hingga 2022 adalah lactid acid atau asam laktat.

Beda dengan salicylic acid, jenis asam ini tergolong dalam kelompok Asam Alfa Hidroksida (AHA). Beberapa jenis kandungan dengan golongan yang sama, seperti asam glikolat dan asam sitrat, juga sama maraknya diformulasikan dalam skincare.

Asam yang terbuat dari susu ini bisa bekerja untuk mengeksfoliasi sel kulit mati, sehingga sel baru dapat tumbuh dan beregenerasi. Hal inilah yang kemudian membuat lactid acid bisa menjadi kandungan yang ampuh untuk mengatasi jerawat membandel dan mencegahnya datang kembali.

Keunggulan bahan ini adalah seifatnya yang lebih ringan. Karenanya, orang-orang dengan kulit yang cenderung sensitive dan jerawat meradang bisa menggunakan kandungan ini.

Lantas selain melawan jerawat, apa saja manfaat lactid acid untuk kulit? Simak daftarnya berikut ini!

Manfaat Lactid Acid untuk Kulit

  1. Mengatasi hiperpigmentasi
  2. Menyamarkan bintik hitam akibat penuaan
  3. Meratakan warna kulit
  4. Mencerahkan kulit
  5. Melembapkan kulit

Ekstrak Bunga Chamomile

Terkenal karena kemampuannya dalam menenangkan dan meredakan peradangan. Siapa sangka, kalau ekstrak bunga chamomile juga jadi bahan dalam skincare untuk atasi jerawat yang cukup popular sepanjang 2021 hingga 2022.

Kandungan antiinflamasi, antioksidan, dan banyak nutrisi lainnya membuat kandungan ini bekerja dengan baik untuk meningkatkan kesehatan serta kecantikan kulit. Bahkan, beberapa sumber pun menjelaskan bahwa ekstrak bunga chamomile dapat dipakai sebagai terapi luka bakar.

Antioksidannya juga dikenal efisien untuk meredakan peradangan dan memulihkan sel kulit yang bermasalah. Sifat menenangkan dan memulihkan dari bunga chamomile inilah yang membuatnya cocok untuk merawat kulit berjerawat.

Berikut ada beberapa manfaat bunga chamomile untuk kecantikan yang juga enggak boleh kamu lewatkan.

Manfaat Ekstrak Bunga Chamomile untuk Kulit

  1. Meredakan peradangan dan kemerahan kulit
  2. Chamomile dapat meredakan peradangan dan kemerahan kulit
  3. Mengobati jerawat
  4. Memperlambat penuaan dini
  5. Mencerahkan kulit
  6. Menenangkan kulit sensitif
  7. Mempercepat penyembuhan kulit

Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract

Tak kalah populernya dari beberapa kandungan sebelumnya, licorice extract juga banyak ada dalam skincare anti-acne. Kandungan ini tak hanya bisa membantu meredakan jerawat, tapi juga bekerja sangat baik dalam mencegah kulit kusam dan mencerahkannya kembali.

Beberapa manfaat licorice extract untuk kulit antara lain:

Manfaat Licorice Extract untuk Kulit

  1. Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah
  2. Mengatasi Jerawat dan Kulit Kemerahan
  3. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV
  4. Mencegah Hiperpigmentasi Kulit
  5. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil

Tea tree oil bisa dibilang kandungan yang cukup terkenal, khususnya setelah produk perawatan kulit khas Korea Selatan merebak di kalangan pecinta kosmetik.

Kandungan ini umumnya dikenal karena manfaatnya dalam meredakan jerawat, mengurangi peradangan dan kemrahan pada kulit, hingga mengontrol produksi sebum.

Namun, penggunaan tea tree oil ini pun banyak ditemukan pada produk pencerah wajah, lho! Ini dikarenakan kandungan antioksidan dan vitamin dalam tea tree oil, yang bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi dan mendorong regenerasi sel kulit sehat, serta memudarkan bekas jerawat.

Manfaat Tea Tree Oil untuk Kecantikan

  1. Mengurangi produksi minyak berlebih
  2. Mengatasi gatal pada kulit
  3. Mengatasi kulit kering dan meringankan eksim
  4. Meringankan gejala psoriasis
  5. Mempercepat penyembuhan luka

Glycine Soja (Soybean) Oil

Soybean oil merupakan jenis minyak nabati yang didapat dari ekstrak biji kedelai. Bahan yang mengandung lesitin, sterolin, serta vitamin E yang sangat tinggi ini termasuk bahan dalam skincare untuk atasi jerawat yang ampuh.

Manfaat Soybean Oil untuk Kulit Wajah

  1. Melembabkan kulit
  2. Mencerahkan kulit
  3. Mencegah munculnya jerawat
  4. Mencegah kerutan dan garis-garis halus
  5. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Phytosphingosine

Apakah kamu sudah pernah dengar soal bahan yang satu ini, Beautypreneurs? Phytosphingosine merupakan jenis kandungan anti-acne dalam skincare yang akan kita bahas selanjutnya.

Bahan ini hampir ada pada semua jenis produk perawatan kulit, mulai dari krim, toner, masker wajah, hingga makeup. Yang perlu kamu tahu, phytosphingosine sebenarnya secara alami ditemukan di lapisan luar kulit wajah kamu serta di banyak tumbuhan dan hewan.

Ketika ditambahkan ke produk perawatan kulit, phytosphingosine meningkatkan fungsi penghalang kulit. Sebuah penghalang kulit yang kuat melindungi tubuh dari alergen dan iritasi dan membantu mengunci kelembapan.

Karena phytosphingosine juga memiliki antimikroba dan memiliki sifat anti-inflamasi, bahan ini juga berguna dalam mengobati jerawat.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tindakan anti-inflamasi dari turunan phytosphingosine bahkan mungkin membuat bahan tersebut efektif untuk mengobati kondisi kulit yang meradang.

Gluconolactone

Kandungan pencerah dalam skincare selanjutnya adalah gluconolactone, yang tergolong dalam kelompok Asam Poli Hidroksi (PHA).

Bahan ini bisa membantu meredakan jerawat di wajah dengan meningkatkan kemampuan eksfoliasi sel kulit mati dan mendorong regenerasi sel baru. Sehingga mencegah penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat.

Lebih spesifiknya lagi, gluconolactone memiliki beberapa manfaat berikut ini.

Berbagai Manfaat Gluconolactone untuk Kecantikan Kulit

  1. Mengeksfoliasi Sel Mati dari Permukaan Kulit
  2. Menjaga dan Melembapkan Kulit
  3. Menawarkan Sifat Antioksidan untuk Melindungi Kulit
  4. Menghalau Pertumbuhan Bakteri Penyebab Masalah Kecantikan
  5. Lebih Aman untuk Orang dengan Kulit Sensitif

Salix Alba (White Willow) Bark Extract

Jenis bahan dalam skincare untuk atasi jerawat selanjutnya adalah salix alba bark extract, atau ekstrak pohon willow putih. Meski memiliki banyak jenis, pohon willow putih mendominasi dalam berbagai formula skincare.

Bahan ini memiliki kandungan kimia dan mineral murni yang sangat tinggi. Sehingga tak hanya menyehatkan, tapi juga meningkatkan kecantikan kulit. Seperti membuatnya tampak lebih cerah dan awet muda.

Selain berbagai manfaat di atas, bahan alami ini juga memiliki banyak khasiat lain untuk kecantikan. Seperti berikut ini.

Manfaat Salix Alba (White Willow) Bark Extract

  1. Bekerja sebagai antiradang alami yang efektif
  2. Mencegah penuaan dini secara alami dan meremajakan kulit
  3. Kaya akan antioksidan dan menangkal radikal bebas
  4. Antibakteri, sehingga mampu mencegah kemunculan jerawat/komedo.
  5. Mampu mengurangi breakout, lho!

Retinol (Vitamin A)

Kamu pasti udah enggak asing dengan kandungan ini. Yap! Retinol pada dasarnya sangat sering digunakan dalam formulasi produk untuk mengatasi jerawat dan menyamarkan bekasnya dari wajah.

Vitamin A ini bisa membantu mendorong pengelupasan sel kulit mati, melawan hiperpigmentasi kulit, merawatakan warna tak merata pada wajah, juga menjaga keremajaan.

Propolis Extract

Merupakan kandungan yang berasal dari campuran resin oleh lebah madu dan aliran getah tunas pohon. Bahan dengan tekstur lengket, berwarna cokelat kehijauan ini kerap ditemukan dalam berbagai produk perawatan kecantikan. Termasuk pada produk-produk anti jerawat, penghilang bekasnya, juga pencegahan jerawat.

Propolis mengandung antioksidan, emolien dan vitamin yang tinggi. Tak hanya dikenal karena manfaatnya untuk kecantikan kulit, bahan ini pun disinyalir mampu bekerja mencegah munculnya kanker kulit, menyembuhkan luka, dan melawan bakteri.

Antioksidan dan vitamin C-nya yang tinggi, membuat propolis menjadi bahan yang sangat efektif untuk mencerahkan wajah. Keduanya bisa mengatasi masalah kulit kusam dan tidak bercahaya, dengan menangkal radikal bebas dan mendorong pengelupasan sel kulit mati.

Ada banyak manfaat propolis untuk kecantikan kulit? Seperti dalam artikel ini!

Arnica montana

Jenis kandungan pencerah wajah terpopuler pada tahun 2021 selanjutnya adalah Arnia Montana. Bahan ini ditemukan dalam ratusan produk perawatan kecantikan, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Bahan herbal ini paling banyak digunakan untuk melembapkan kulit dan rambut. Enggak heran ya, kalau ternyata banyak kosmetik yang pakai bahan ini dalam formulanya.

Kemampuannya dalam mencegah inflamasi, mempercepat proses penyembuhan luka, dan menenangkan kulit bisa mencegah pembentukan jerawat pada kulit, lho!

Apalagi kalau penggelapan ini terjadi akibat proses peradangan, seperti paparan sinar matahari berlebihan, jerawat meradang, juga luka pada kulit.

Echium Plantagineum Seed Oil

Memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak esensial yang tinggi, ekstrak biji echium jadi salah satu jenis kandungan pencerah dalam skincare terpopuler sejak 2021 lalu.

Bahan alami ini digunakan dalam ratusan produk perawatan wajah. Karena tak hanya mampu menyamarkan noda hitam, mengatasi kulit kusam, namun juga meningkatkan kecerahan kulit dengan efektif.

Selain itu, asam lemak esensial yang ada dalam kandungannya juga membantu menjaga kesehatan kulit. Khususnya dengan mempertahankan kelembapan alami dan merawat keremajaan sel-sel kulit wajah.

Penasaran bagaimana cara biji echium menjaga kesehatan kulit? Cek di sini!

Lavandula Angustifolia (Lavender) Flower Extract

Bunga lavender tak hanya memiliki aroma yang menangkan. Ekstrak bunga cantik satu ini juga bisa membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu.

Bahkan, ekstrak bunga lavender pun banyak ditemukan dalam berbagai formula produk pencerah kulit wajah dan tubuh. Kenapa bisa begitu?

Melansir dari Klik Dokter, bahan alami ini bisa membantu mencerahkan kulit karena memiliki efek antiinflamasi. Minyak alami bunga lavender pun mampu menghambat perubahan warna kulit yang terjadi akibat peradangan dan luka, termasuk melasma, bitnik hitam, serta bekas jerawat.

Selain itu, bahan ini pun sangat ampuh untuk mengurangi kemerahan dan noda pada kulit. Kalau kamu memiliki masalah dengan hiperpigmentasi kulit, skincare dengan kandungan lavender bisa menjadi solusi yang patut untuk kamu coba.

Membuat Acne Skincare dengan Bahan Alami dan Berkualitas Tinggi

Beautypreneurs, apakah pernah kamu membayangkan dapat membuat Anti Acne skincare dengan brand sendiri dan berkualitas tinggi?

Jangan keburu paranoid dan takut akan ke-riweuhan-nya, ya! Karena kamu bisa membuat Acne skincare dengan bahan alami dan kualitas tinggi lewat Mash Moshem Indonesia.

Dengan sistem One Stop Cosmetic Manufacturer kami bertekad untuk membantumu membuat produk kosmetik dari awal hingga proses paling akhir. Jadi kamu bisa langsung memasarkan produkmu di pasaran!

Kami menyediakan konsultasi produk, penyediaan bahan dan formulasi, desain kemasan dan logo kosmetik, hingga menyiapkan media promosi yang kamu butuhkan.

Tak hanya itu, selain legalitas BPOM yang wajib kamu miliki. Kami juga bisa menguruskan sertifikasi tambahan untukmu menjalankan brand kecantikan, seperti Halal, HAKI, Vegan, hingga HSA kosmetik dari Singapura.

Wah, menarik banget kan? Jangankan pakai salah satu jenis bahan dalam skincare untuk atasi jerawat di atas, kamu bisa pakai semua bahan yang kamu butuhkan semaumu!

Langsung buat produk kosmetikmu sendiri di Mash Moshem Indonesia, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment