Formula Skincare untuk Jerawat Hormonal dan Cara Membuatnya Sendiri

skincare untuk jerawat hormonal

Seperti yang kita tahu, jerawat identik muncul ketika seseorang mengalami perubahan hormonal di masa pubertas. Tapi siapa sangka, jerawat tidak hanya terjadi pada usia remaja. Orang dewasa, terutama wanita dapat mengalami jerawat hormonal di usia 20-an hingga menopause. 

Jerawat hormonal ini dapat terjadi pada semua orang, baik yang pernah mengalami masalah jerawat di usia pubertas atau tidak sama sekali.

Bahkan, Dr. Hartman seorang dermatologist dan pendiri Skin Wellness Dermatology di Birmingham menyatakan bahwa 54% wanita dewasa dan 40% pria dewasa menderita jerawat hormonal dan banyak dari mereka tidak memiliki riwayat jerawat saat remaja. 

Ingin tahu lebih dalam tentang jerawat hormonal, penyebab, dan cara mengobatinya? Simak selengkapnya pada artikel ini.

Apa itu Jerawat Hormonal?

Jerawat hormonal adalah kondisi jerawat yang terjadi akibat perubahan hormon dalam tubuh yang menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti komedo hitam, komedo putih, dan kista yang menyakitkan. Hal ini umumnya terjadi pada masa remaja, saat pubertas, serta pada wanita dewasa, terutama sebelum menstruasi atau selama kehamilan.

Pada dasarnya, hormon seperti androgen, terutama testosteron, dapat merangsang kelenjar minyak di kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Produksi minyak yang berlebihan ini dapat menyumbat pori-pori kulit, menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri, dan akhirnya menyebabkan peradangan serta munculnya jerawat.

Jerawat hormonal sering kali muncul di area tertentu seperti dagu, rahang, dan area sekitar mulut. Namun, tidak semua jerawat hormonal terlihat sama, loh. Meskipun jerawat hormonal umumnya muncul dengan warna merah tua, jerawat ini juga dapat ditandai dengan munculnya komedo putih atau hitam. Bahkan, jerawat hormonal juga muncul di bagian leher, dada, bahu, dan punggung.

Pengobatannya bisa melalui perubahan gaya hidup, penggunaan produk perawatan kulit yang tepat, atau dalam beberapa kasus, melalui pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter, seperti pil KB atau terapi hormon lainnya.

Penyebab Munculnya Jerawat Hormonal

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab munculnya jerawat hormonal di kulitmu. Apa aja ya?

penyebab skincare jerawat hormonal

Pubertas

Saat masa pubertas, tubuh mengalami fluktuasi hormon yang signifikan, terutama pada remaja laki-laki dan perempuan. Terjadinya peningkatan hormon androgen pada remaja ini dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum.

Akhirnya sebum ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat, memerangkap kotoran dan polusi, sehingga mengakibatkan jerawat.

Siklus Menstruasi

Wanita sering mengalami perubahan hormon sebelum menstruasi, terutama peningkatan hormon androgen. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak dan munculnya jerawat beberapa hari sebelum atau selama menstruasi.

Kehamilan

Pada beberapa wanita, perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan jerawat. Hal ini disebabkan oleh fluktuasi hormon yang terjadi selama periode kehamilan.

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS adalah kondisi di mana kadar hormon wanita tertentu, seperti androgen, lebih tinggi dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Stres

Tahukah kamu, stres juga dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan jerawat, loh. Stres kronis dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Penggunaan Obat-obatan

Beberapa obat, seperti steroid atau obat-obatan yang mengandung hormon tertentu, dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan memicu jerawat.

Formula dalam Skincare yang Cocok untuk Jerawat Hormonal

bahan untuk membuat sabun batang wajah

Jika kamu mengalami jerawat hormonal, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan produk skincare dengan formula berikut ini.

Salicylic Acid

Salicylic acid merupakan beta hydroxy acid (BHA) yang efektif membersihkan pori-pori dan mengurangi peradangan. Kandungan ini dapat membantu mengurangi jerawat dengan mengurangi penyumbatan pori-pori. Tidak heran jika bahan ini banyak digunakan pada skincare anti jerawat.

Benzoyl Peroxide

Selain salicylic acid, kandungan benzoyl peroxide pada skincare mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan. Skincare dengan kandungan bahan ini biasa digunakan untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang.

Niacinamide

Niacinamide adalah salah satu kandungan skincare yang berfungsi menenangkan kulit, mengurangi peradangan, dan membantu mengontrol produksi minyak berlebihan.

Retinol

Merupakan derivatif dari vitamin A yang membantu mengurangi produksi minyak dan menyamarkan bintik-bintik hitam bekas jerawat, serta merangsang regenerasi kulit. Retinol sangat baik digunakan di malam hari, tapi tidak disarankan untuk digunakan di siang hari karena dapat mengiritasi kulit.

Azelaic Acid

Azelaic acid memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengurangi peradangan serta pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Tea Tree Oil

Beberapa skincare anti jerawat mengandung tea tree oil. Tea tree oil memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu mengurangi jerawat dan peradangan.

Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Seperti asam glikolat atau asam laktat, AHA membantu eksfoliasi kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, mengurangi penyumbatan pori, dan meningkatkan regenerasi kulit.

Green Tea Extract

Green tea extract dikenal kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan dan meredakan kulit sensitif sehingga bahan alami ini cocok digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat.

Jenis Produk yang Dapat Merawat Jerawat Hormonal

Setelah mengetahui formula dalam skincare yang cocok untuk jerawat hormonal, berikut ini jenis produk skincare yang dapat kamu gunakan untuk merawat jerawat hormonal.

rangkaian produk skincare untuk jerawat hormonal

Gentle Cleanser

Untuk merawat kulit berjerawat, kamu dapat menggunakan pembersih wajah yang gentle. Gentle cleanser atau pembersih wajah yang lembut dapat membantu membersihkan kulit tanpa mengiritasi atau membuatnya kering. 

Pastikan kamu memilih produk cleanser yang tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan iritasi, seperti pewangi atau alkohol.

Toner

Sebelum menggunakan rangkaian skincare, kamu perlu menggunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan memberikan kelembapan ekstra untuk kulitmu. 

Toner yang mengandung bahan-bahan menenangkan seperti witch hazel, aloe vera, atau niacinamide dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi peradangan.

Acne Spot Treatment

Kamu juga dapat menggunakan acne spot treatment pada bagian kulitmu yang berjerawat. Kamu dapat memilih produk acne spot treatment yang mengandung bahan seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, atau tea tree oil untuk membantu mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan.

Chemical Exfoliant Serum

Kulit yang jarang dieksfoliasi akan lebih rawan mengalami berbagai permasalahan kulit, termasuk jerawat. Oleh karena itu, kamu membutuhkan produk eksfoliasi yang bagus untuk membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati yang mengganggu. 

Kamu dapat menggunakan chemical exfoliant serum dengan kandungan alpha hydroxy acids (AHA) atau beta hydroxy acids (BHA) yang membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mengurangi kemungkinan penyumbatan pori.

Moisturizer

Setelah menggunakan serum eksfoliasi, jangan lupa menggunakan krim pelembap atau moisturizer yang ringan, non-komedogenik (tidak menyumbat pori), dan cocok untuk kulit berjerawat. Menggunakan pelembap membantu menjaga kelembapan kulit tanpa meningkatkan produksi minyak berlebih.

Sunscreen

Terakhir, selalu gunakan sunscreen sebagai tameng kulitmu dari bahaya radikal bebas, polusi, dan sinar UV. Perlindungan dari sinar UV sangat penting, terutama jika kamu sedang menggunakan produk untuk mengatasi jerawat. 

Pilih sunscreen non-komedogenik dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Ciptakan Rangkaian Hormonal Acne Skincare Sendiri

jasa maklon kosmetik mash moshem indonesia

Kini kamu sudah tahu bahwa jerawat hormonal dapat terjadi pada siapa pun, bahkan pada orang-orang yang belum pernah mengalami permasalahan ini di usia remajanya. Selain menyakitkan, jerawat hormonal juga sangat mengganggu penampilan sehingga semua orang berlomba-lomba untuk mengatasi permasalahan jerawat hormonal ini.

Jadi, tidak heran jika permintaan skincare khusus jerawat terus meningkat. Dengan banyaknya permintaan pasar akan produk skincare khusus jerawat, kamu dapat mengambil kesempatan ini untuk membangun bisnismu sendiri. 

Menjual produk skincare memang tidak mudah, terutama bagi kamu yang belum berpengalaman di industri kecantikan. Akan tetapi, di zaman serba modern ini semua hal bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

Jika kamu memiliki modal, tetapi tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup, ada baiknya kamu menggunakan jasa maklon kosmetik untuk memproduksi produk skincare dan menjualnya dengan merekmu sendiri. 

Sebagai perusahaan maklon yang sudah berpengalaman dalam memproduksi skincare, Mash Moshem Indonesia menjadi pilihan terbaik yang dapat kamu andalkan.

Apa saja keuntungannya? Keuntungan memproduksi skincare khusus untuk merawat jerawat hormonal di Mash Moshem Indonesia adalah harganya murah, syaratnya mudah, prosesnya cepat, dan layanannya banyak. Lalu, gimana sih caranya memproduksi hormonal acne skincare di Mash Moshem Indonesia? Nih, ikutin step by step-nya.

Siapkan Modal dan Persyaratannya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan persyaratannya. Untuk memproduksi skincare di Mash Moshem Indonesia, syarat yang kamu perlukan hanyalah identitas diri berupa KTP dan nama produk. Jika kamu belum menentukan nama produk, tim kami akan membantumu menentukan nama produk yang sesuai dan relevan dengan produk yang akan kamu jual.

Lalu, berapa sih modal yang kamu perlukan? Untuk modalnya, kamu dapat menyesuaikan dengan budget yang kamu punya. Minimum order quantity di perusahaan kami juga tidak memberatkan, kok. 

Dengan 1000 buah saja, kamu sudah bisa memproduksi skincare sesuai dengan keinginanmu dan menjualnya ke pasar sesuai dengan harga yang kamu tentukan.

Brainstorming Konsep Produk

Setelah kamu memutuskan bermitra dengan perusahaan maklon kami, kamu bisa segera melakukan brainstorming konsep produk dengan tim ahli kami. 

Kamu dapat berkonsultasi tentang jenis produk, formulasi bahan, gramasi, desain kemasan, logo, dan lain-lain. Kamu meminta tim kami membuatkan produk skincare yang sesuai dengan keinginanmu. Dalam hal ini, tim kami akan menyesuaikan produk yang ingin kamu buat dengan tren dan kebutuhan pasar.

Oh ya, salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan membuat skincare di perusahaan kami adalah terjaminnya orisinalitas produk. Dalam hal ini, kami tidak akan memberikan formulasi produk yang sama yang pernah digunakan oleh perusahaan sebelumnya. Dengan begitu, produkmu akan selalu terkesan eksklusif.

Pembuatan Sampel Produk

Setelah konsep produk sudah ditentukan, tim formulator kami akan segera membuat sampel produk sesuai dengan keinginanmu. Jika sampel produk telah dibuat, kami akan segera mengirimkannya agar kamu dapat melakukan uji coba. 

Jika sampel produk tersebut sudah sesuai dengan keinginanmu, kami akan segera meneruskannya ke proses produksi massal. Akan tetapi, jika sampel produk yang kami buat belum sesuai, kami akan segera melakukan revisi dan memformulasikannya kembali.

Pengurusan Legalitas Produk

Sebelum memasarkan produkmu, kamu harus menyiapkan legalitas produk terlebih dahulu. Jika produkmu belum memiliki legalitas yang jelas, pelanggan tidak akan percaya dengan produkmu. Bahkan, kamu dapat terjerat kasus hukum, loh. Oleh karena itu, kamu harus memastikan produkmu memiliki legalitas yang jelas.

Pengurusan legalitas produk memang tidak mudah. Kamu memerlukan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena tim kami bersedia untuk mengurus segala keperluan legalitas produk, mulai dari BPOM, Halal, HAS, Haki, dan Vegan. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot mengurusnya sendiri.

Pembuatan Desain Kemasan Produk

Selain pembuatan legalitas produk, tim kami juga akan membantu kamu dalam pembuatan desain kemasan produk. Desain kemasan produk akan dibuat seunik dan semenarik mungkin untuk menarik perhatian pelanggan. 

Tentunya, desain kemasan yang kami buat dipastikan tidak akan sama dengan perusahaan lain demi menjaga kekhasan merekmu.

Produksi Massal

Setelah itu, kamu akan masuk pada tahapan inti yaitu produksi massal. Proses produksi massal akan dilaksanakan di pabrik yang dilengkapi dengan peralatan dan teknologi canggih serta diproses secara higienis. 

Proses produksi massal akan berlangsung sekitar dua minggu hingga satu bulan. Lamanya proses produksi sangat bergantung pada banyaknya jumlah produk dan kerumitan formulasi bahan.

Pemasaran Produk

Saat ini, produkmu telah selesai dibuat dan kamu siap memasarkannya. Pastikan kamu menggunakan teknik pemasaran yang tepat agar produk yang kamu jual mengenai target konsumenmu. 

Selain menyiapkan teknik pemasaran yang jitu, kamu juga perlu menyiapkan media promosi yang tepat. Dalam hal ini, kami juga akan membantumu mempromosikan produkmu di berbagai saluran pemasaran kami.

Kami juga akan membuatkan beberapa media promosi, seperti katalog, brosur, video produk, dan lain-lain untuk memudahkanmu memasarkan produkmu.

Gimana, menarik kan? Di zaman serba mudah ini, kamu harus pandai-pandai membaca pasar dan mengetahui kebutuhan konsumen saat ini. 

Jika kamu merasa permasalahan jerawat hormonal ini dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, kamu bisa menjadi salah satu brand owner produk anti jerawat hormonal yang memang belum banyak di pasaran.

Jika kamu merasa belum memiliki cukup pengalaman dan pengetahuan di bidang kecantikan, kamu dapat memanfaatkan perusahaan maklon kami untuk memproduksi rangkaian skincare untuk jerwat hormonal dengan brand-mu sendiri. 

Kemudian, kamu bisa menjualnya ke pasar kosmetik dengan nama brandmu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa meraih keuntungan maksimal. 

Tunggu apalagi? Segera hubungi tim kami via contact us atau melalui media sosial kami. Wujudkan mimpimu menjadi brand owner rangkaian skincare untuk jerawat hormonal bersama Mash Moshem Indonesia sekarang juga!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading