Kenali Manfaat Tretinoin untuk Kulit Berjerawat dan Cara Pakainya dengan Tepat

manfaat tretinoin untuk kecantikan kulit jerawat

Hai hai beautypreneurs! Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahan skincare yang bernama retinol. Retinol ini banyak digunakan dalam produk-produk skincare yang dipercaya sebagai anti aging. Namun, tahukah kamu bahwa retinol memiliki turunan yang bernama tretinoin? 

Wah, apakah itu tretinoin? Bagaimana cara kerja tretinoin? Apakah manfaat dari tretinoin? Adakah efek sampingnya? Manakah yang lebih bagus, retinol atau tretinoin? 

Bagaimana cara menggunakan tretinoin untuk merawat kulit? Dapatkan membuat skincare menggunakan bahan-bahan anti acne dengan brand sendiri?

Tenang, beautypreneurs, semua pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan terjawab secara lengkap melalui penjelasan di bawah ini. Untuk itu, kamu harus membacanya sampai akhir, ya. Sehingga informasi yang kamu dapatkan jelas dan runut. Kita simak, yuk!

Apakah itu Kandungan Tretinoin? 

Tretinoin merupakan turunan dari senyawa vitamin A, satu keluarga dengan retinoid atau retinol. Tretinoin banyak direkomendasikan oleh dokter spesialis kulit atau para ahli dermatologi untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, garis halus, sampai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Jika kamu memperhatikan ingredients produk dalam kemasan skincare, kamu mungkin menemui tretinoin dengan merek dagang Retin-A, Tretin X, Refissa, Avita, dan Renova. 

Perlu diingat bahwa penggunaan tretinoin ini harus menggunakan takaran atau dosis yang telah ditentukan, karena jika berlebihan dapat menimbulkan risiko iritasi yang parah. Wah, jadi harus sesuai petunjuk penggunaan, ya.

Cara Kerja Tretinoin dalam Merawat Kulit

Tretinoin memiliki sifat komedolitik, yakni dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori. Jika pori-pori tidak tersumbat, maka jerawat dan komedo tidak terbentuk pada kulit. Tretinoin bekerja meningkatkan regenerasi sel sehingga sel-sel kulit mati dapat rontok terkelupas. 

Selain itu, tretinoin juga dapat mengurangi penumpukan sel-sel mati dalam pori-pori, sehingga dapat mengurangi terbentuknya komedo sebagai cikal bakal dari terbentuknya jerawat. Sel-sel kulit mati yang sudah dibersihkan membuat pori-pori kulit terlihat mengecil.

Manfaat Tretinoin untuk Kulit

tretinoin untuk perawatan kulit berjerawat

Tretinoin memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kulit. Berikut penjelasannya, simak sampai tuntas, ya!

Mengatasi komedo

Tretinoin dapat mencegah timbulnya komedo yang menjadi awal dari setiap jerawat, baik komedo putih maupun komedo hitam.

Menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah

Tretinoin dapat mendorong proses pergantian sel-sel kulit dengan cepat dan memperlambat proses penuaan akibat paparan sinar matahari. Sehingga akan kamu dapati garis halus dan kerutan pada wajah akan berkurang.

Menyamarkan bintik-bintik dan noda hitam pada wajah

Cara kerja tretinoin memang dapat membuat kulit terkelupas karena sedang membersihkan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru. Dan hal inilah yang dapat mencegah timbulnya jerawat plus menyamarkan bintik-bintik serta noda hitam pada wajah.

Gunakanlah dengan sabar dan rutin, sehingga manfaat yang kamu dapatkan bisa maksimal. Jika kamu adalah seorang pemula, maka akan membutuhkan waktu selama 3-4 minggu penggunaan untuk memperoleh hasil. Tunggu saja, bintik-bintik dan noda hitam di wajahmu  akan segera tersamarkan.

Menghaluskan kulit wajah

Tretinoin dapat membuka pori-pori yang tersumbat sehingga dapat mencegah datangnya komedo, jerawat, dan kulit kasar. Jika ingin hasil maksimal, gunakan bersama AHA agar kulit menjadi lebih halus.

Mengeksfoliasi sel kulit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tretinoin dapat membuat kulit terkelupas sebab dalam proses membersihkan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru. 

Hal ini juga dapat disebut sebagai proses eksfoliasi. Dengan begitu kulitmu akan memiliki tekstur yang lebih merata dan terlihat cerah.

Menenangkan inflamasi kulit

Tretinoin mengurangi penumpukan sel-sel kulit mati pada kulit dan mengurangi inflamasi atau peradangan.

Membersihkan pori-pori

Adanya jerawat berarti ada banyak sel-sel kulit mati dan komedo yang menyumbat pada pori-pori kita. Adanya tretinoin membantu melepaskan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit sebelum membentuk komedo dan bakteri penyebab jerawat.

Meningkatkan produksi kolagen

Adanya paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mengurangi produksi kolagen pada kulit. Tretinoin dapat membantu kulit untuk memproduksi kolagen sehingga kulit akan terlihat lebih kencang dan awet muda.

Menyamarkan bekas jerawat

Selain memproduksi kolagen, tretinoin juga memicu remodeling kolagen yang membantu menghaluskan kulit dan menyamarkan bekas jerawat.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Tretinoin vs Retinoid, Manakah yang Lebih Baik?

    Meskipun tretinoin turunan dari retinoid, namun tretinoin tidak dijual bebas dipasaran. Jika kamu membeli tretinoin akan memerlukan resep dokter untuk menebusnya di apotek. 

    Hal ini karena tretinoin lebih kuat dan bekerja jauh lebih efektif daripada retinol. Karena dinilai sebagai bahan yang cukup keras, itu sebabnya diperlukan resep dokter. Tretinoin dinilai 20 kali lebih kuat dibandingkan dengan retinol. 

    Manakah yang lebih baik antara tretinoin dengan retinol? Jawabannya tergantung kondisi kulitmu. Jika kamu memiliki jerawat ringan atau kulit sensitif kamu dapat memilih retinol untuk perawatan kulitmu. 

    Namun jika jerawatmu cukup parah dan ingin hasil yang maksimal, kamu dapat berdiskusi dengan dokter spesialis kulit mengenai penggunaan tretinoin.

    Adakah Efek Samping dari Tretinoin?

    Adapun efek samping dari penggunaan tretinoin adalah kulit terasa lebih kering. Itu sebabnya saat memakai tretinoin lebih baik kamu juga menggunakan pelembab agar kulit tetap lembab terhidrasi.

    Menurut para ahli, tretinoin aman digunakan secara umum, namun harus diwaspadai bagi orang yang memiliki kulit sensitif, alergi, ibu hamil, dan menyusui (lebih baik dihindari jika memiliki kondisi tersebut).

    Jika kamu memang ingin memakai tretinoin, pastikan dulu bagaimana kondisi tubuhmu, kondisi kulitmu, dan lebih baik konsultasikanlah dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui dosis yang tepat.

    Cara Menggunakan Tretinoin untuk Merawat Kulit

    Sebelum menggunakan tretinoin pastikan tangan kamu sudah bersih, oleskan tipis saja pada kulit yang bermasalah tidak perlu memakai dengan berlebihan. Simpan tretinoin pada suhu ruangan, terhindar dari sinar matahari langsung dan tempat yang lembab. Kamu dapat membaca petunjuk pada kemasan produk.

    Biasanya, tretinoin digunakan satu kali sehari sebelum tidur. Ikutilah petunjuk dalam kemasan atau sesuaikan dengan resep dokter. Umumnya, pada 7-10 hari pertama, penggunaan tretinoin ini akan membuat jerawat bertambah parah, namun nyeri akibat jerawat akan berangsur menghilang setelah 2-3 minggu penggunaan.

    Apabila kamu ingin kulitmu bebas kerutan, bintik hitam, dan kulit kasar, maka dibutuhkan waktu selama 3-6 bulan penggunaan. Gunakan tretinoin secara rutin sesuai petunjuk penggunaan atau resep dokter. 

    Selama masa pemakaian hindari pemakaian produk yang mengandung alkohol, lemon, dan mentol karena dapat memicu rasa nyeri pada kulit.

    Apakah Bisa Membuat Skincare Anti Acne dengan Brand Sendiri?

    Jenis kulit berjerawat banyak dijumpai di negara tropis. Hal ini bisa menjadi potensi bagi pebisnis kosmetik dan skincare. Apakah kamu salah satunya yang berminat membuat skincare anti acne? 

    Beautypreneurs, kamu telah membaca informasi dan beragam manfaat tretinoin pada ulasan diatas. Tak bisa dipungkiri bahwa tretinoin merupakan bahan yang sangat baik jika digunakan untuk produk perawatan kulit sebagai produk anti acne. 

    Sebagai orang yang memiliki ketertarikan dengan dunia perawatan kecantikan, kamu tentu bisa mempertimbangkan bahan anti acne ini sebagai bahan produk kecantikan yang akan kamu ciptakan. 

    Bersama formulator Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan dan mengembangkan produk dengan kandungan tretinoin ini sebagai bahan skincare anti acne. Tentu dengan dosis dan formula yang disesuaikan.

    Kamu bisa berdiskusi dengan formulator kami, untuk dapat merencanakan dan menyusun konsep produk perawatan anti acne terbaik dengan mengkombinasikan bahan serta formula terbaik lainnya.

    Keuntungan lain yang kamu dapatkan jika menggunakan jasa maklon di Mash Moshem Indonesia adalah bebas proses pengurusan surat legalitas. Hal ini tentu akan sangat membantu kelancaran pemasaran produk.

    Mash Moshem Indonesia akan membantumu mengurus legalitas BPOM, sehingga produkmu dapat dengan aman diperjualbelikan di pasaran. Selain itu, kamu juga bisa mengurus sertifikasi tambahan lain, seperti HAKI, Halal, klaim produk Vegan, hingga HSA. Sungguh lengkap, bukan?

    Nah, beautypreneurs, apakah kamu tertarik dan berminat? Yuk, segera diskusikan produk perawatan kecantikan yang ingin kamu ciptakan bersama tim kami melalui tombol WhatsApp di bawah. Kamu juga bisa menghubungi tim pemasaran kami melalui nomor yang ada di Contact Us

    cta tretinoin untuk merawat kulit jerawat

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading