Cara Bikin Bio Instagram untuk Brand Kosmetik yang Menarik!

Ketika akan memulai bisnis apapun, sangat penting untuk memaksimalkan strategi branding dan pemasaran agar binis yang kamu kelola dapat berjalan dengan lancar. Salah satunya dengan mengoptimalkan akun Instagram yang kamu miliki.

Untuk mengoptimalkan strategi branding produk kosmetik lewat Instagram adalah dengan membentuk bio yang professional.

Yap! Bio atau profile akun di Instagram bisnis kamu bsia memberikan kesan pertama dari brand kosmetik yang kamu miliki. Tak hanya itu, bio pun dapat memberikan ruang untuk tautan yang dapat diklik dari semua bagian Instagram.

Umumnya, bio di Instagram hanya memiliki daya tamping 150 karakter saja. Karenanya, akan sangat diperlukan teknik-teknik tertentu agar Bio Instagram milikmu dapat mewakilkan konsep dan tema brand kosmetik dengan optimal.

Lantas apa saja yang perlu dicantumkan dalam bio Intagram akun bisnis brand kosmetik? Dan bagaimana cara membuat bio Instagram ini menarik bagi para audience?

Langsung baca beberapa tips membuat bio Instagram untuk brand kosmetik dibawah ini, ya!

Elemen yang Ada di Kolom Profile Instagram

Sebelum membahas tips membuat bio Instagram untuk brand kosmetik agar terlihat professional, tak ada salahnya buatmu mengenali apa saja elemn yang ada dalam kolom profile Instagram, seperti yang ada di bawah ini!

Nama Profil

Elemen yang pertama adalah nama profil, yang biasanya berupa teks dengan huruf tebal di bagian atas bio Intagram dari akun kamu. Nah, di bagian ini kamu bisa mencantumkan nama brand kosmetik yang kamu miliki.

Lebih dari nama, kamu bisa jua mencantumkan variasi nama lain dari brand kosmetik kamu. Atau menyertakan satu dua kata kunci yang bisa memperjelas brand kosmetik kamu. Karena di kolom ini kamu dapat menulis kata atau nama sepanjang 30 karakter.

Username

Elemen selanjutnya adalah username Instagram, yang merupakan bagian dari URL akun profil Instagram milik kamu. Artinya, kamu enggak boleh memilih username ini dengan sembarangan, ya!

Pastikan kamu memilih username di Instagram yang konsisten dan sama dengan akun official dari brand kosmetik kamu yang lain. Sehingga akan memudahkan audience untuk menandai dan mencari brand kosmetik kamu di media sosial apapun.

Link Website

Keuntungan yang didapat dari merawat dengan baik kolom komentar adalah kesempatan menyematkan lik toko/website yang bisa diklik langsung oleh audience.

Dengan demikian, konsumenmu akan bisa dengan mudah menemukan toko atau reseller yang menjual produk kosmetik dari brand milikmu.

Tak hanya itu, kamu pun bisa membagikan konten-konten penting yang kamu tulis di website kepada para audience di Intagram di elemen ini.

Bio

Yang terakhir tentu saja adalah bio. Bio ini merupakan kolom yang ditujukan untuk menjelaskan tentang identitas dari brand kosmetik yang kamu miliki.

Baik itu mengenai konsep brand, motto, alamat kantor perusahaan atau galeri kosmetik, juga bagaimana cara memesan produk dari brand kosmetik kamu.

Di bio juga, kamu dapat mencantumkan nomor customer service yang siap melayani pertanyaan konsumen seputar transaksi produk dari brand kosmetik kamu.

Cara Mengisi Bio Instagram untuk Brand Kosmetik

Karena sangat penting untuk menarik perhatian audience, bio Instagram untuk bradn kosmetik haruslah dibuat dan disusun sebaik mungkin.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat bio Instagram brand kosmetik yang menarik dan professional.

Gunakan Emoji

Yang pertama adalah menggunakan emoji yang menyenangkan dan sesuai dengan karakter dari brand kosmetik kamu. Sekilas ini mungkin terlihat agak kekanak-kanakan, tapi sebagian besar audiens justru menganggap ini merupakan hal yang lucu dan menarik.

Sebagai contoh mari perhatikan akun Instagram dari Innisfree Korea berikut ini.

Meski memang didominasi oleh tulisan, ada dua emoji yang juga turut digunakan dalam bio tersebut. Nah, kamu juga bisa menerapkan hal yang sama pada bio brand kosmetik kamu.

Innisfree menggunakan emoticon tunas pohon dan bumi, artinya sesuai dengan konsep brand kosmetik mereka. Innisfree berkomitmen untuk mendukung segala upaya untuk menjaga lingkungan dengan membuat produk kosmetik sustainable.

Menggunakan Hashtag Brand

Tak banyak sebenarnya merk kosmetik yang menggunakan hashtag dalam bio Instagram mereka. Karena di satu sisi, penggunaan hasghtag ini justru akan menyebabkan kesan tidak rapi pada bio.

Namun, kalau kamu ingin dapat menciptakan brand story yang jauh lebih menarik, menyentuh, dan membuat hubunganmu dengan konsumen kuat, selain lewat interksi aktif.

Cara termudah untuk membuka interaski dengan kosnumen ini adalah dengan mengumpukkan konten mereka dengan menyertakan hashtag brand kosmetik yang telah kamu sematkan di bio sebelumnya.

Sertakan Kalimat Call-to-Action

Langkah selanjutnya adalah dengan menyertakan kalimat call to action di bio Instagram brand kosmetik milikmu. Cara ini merupakan strategi pemasaran yang cukup bagus untuk membuat audience merasa tertarik mengunjungi profil Instagram brand kosmetik kamu.

Sebagai contoh, mari kita lihat bio Instagram Rare Beauty, brand kosmetik punya Selena Gomez berikut ini.

Dari tangkapan layar di atas, kamu dapat melihat bahwa Selena mengaja audiens untuk saling mendukung gerakan peduli kesehatan mental.

Kampanye ini sebenarnya bukan tanpa alasan juga, karena memang konsep awal dari Rare Beauty ini ingin mendukung konsep ‘Cantik itu Beragam’. Artinya, tidak ada standar kecantikan yang justru membuat perempuan insecure dan tidak percaya diri dengan kecantikan mereka.

Tak hanya itu, untuk menambah dorongan dan memunculkan empathy kepada audiens. Selena menuliskan bahwa tiap satu persen dari pejualan produk akan didedikasikan untuk gerakan peduli kesehatan mental.

Nah, kamu bisa melakukan cara yang sama untuk menciptakan konenksi antara audience-mu dan brand kosmetik milikmu. Yang jelas, kamu harus menyesuaikan call to action ini dengan konsep dan tema dari brand kosmetikmu sendiri.

Sertakan Informasi Kontak pada Bio Instagram

Menyertakan informasi kontak pada bio Instagram brand kosmetik yang kamu miliki adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu, para pengguna yang tertarik dengan brand atau produk yang kamu tawarkan bisa menghubungi kamu dengan mudah.

Selain nomor telephone, kamu bisa menyertakan alamat email, link ke website, ataupun toko kosmetik yang kamu miliki.

Tonjolkan Kelebihan dari Brand Kosmetik Milikmu

Cara membuat bio Instagram yang menarik untuk brand kosmetika dalah dengan menonjolkan nilai dari brand kosmetik kamu. Well, bagaimana pun kegiatan ini memang merupakan bagian dari strategi branding dan promosi produk.

Tak perlu terlalu panjang lebar, kamu hanya perlu mengungkapkannya dengan ringkas namun mengena. Ini penting dilakukan karena profil Instagram professional yang bagus, akan menggambarkan konsep dan kelebihan apa yang dimilik brand kosmetik tersebut.

Misalnya, jika nilai unik yang dimiliki hanya oleh brand kosmetikmu adalah vegan dan organic skincare. Maka kamu bisa menulisnya secara gamblang di bio Instagram, kamu juga bisa menambahkan emoticon sebagai ilustrasi sederhana.

Setelah itu, kamu tidak perlu terlalu banyak menggunakan kalimat persuasive di bio Instagram. Karena audiens akan mengambil kesimpulan tersendiri dan dapat menilai apakah brand kosmetik kamu memang layak untuk diperhitungkan.

Nah, itu adalah berbagai cara mengisi bio Instagram untuk brand kosmetik, agar terlihat professional dan menarik. Apakah kamu sudah menerapkan semua tips di atas?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment