9 Cara Mengatasi Stok Produk Tak Laku, Solusi Meningkatkan Penjualan

Meta deskripsi: Pernahkah Anda mengalami stok produk menumpuk di gudang? Berikut ini beberapa cara mengatasi stok produk tak laku yang bisa Anda coba!
Bagi para pebisnis, terutama kosmetik, stok opname merupakan salah satu aspek yang sangat penting karena memungkinkan Anda untuk melihat produk apa saja yang kurang laku. Saat terjadi masalah produk yang kurang laku, maka Anda bisa mengetahui dan segera membuat strategi yang tepat untuk mengatasinya.
Produk kurang laku tentunya terjadi penumpukan barang di gudang yang mana bisa saja melebihi batas. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa cara mengatasi stok produk tak laku yang bisa dicoba. Cara-cara ini dapat membantu untuk mengurangi stok tidak laku dan mengurangi produk yang menumpuk.
Terlebih lagi, produk kosmetik Anda mempunyai masa edar yang berbeda-beda. Jadi, apabila produknya tidak laku, maka akan membuat bisnis Anda mengalami kerugian, baik dalam jangka pendek maupun panjang.
Lantas, bagaimana cara mengatasi stok produk tak laku yang bisa dilakukan? Penasaran dengan caranya? Yuk, simak pembahasannya pada artikel di bawah ini sampai selesai, ya!
Penyebab Produk Tidak Laku Dijual
Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jumlah penjualan produk kosmetik Anda. Mulai dari penentuan harga jual kurang tepat, kualitas produk buruk, hingga cara promosi yang salah. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui dan memahami apa saja faktor penyebab produk tidak laku dijual. Simak pembahasannya di bawah ini, ya!
Positioning Produk yang Kurang Tepat
Salah satu faktor yang menyebabkan penumpukan stok produk adalah positioning brand atau produk yang kurang tepat. Hal ini membuat konsumen kurang tertarik atau bahkan tidak memperhatikan brand kosmetik Anda di pasaran.
Maka dari itu, positioning produk atau brand wajib dirancang sebaik mungkin agar memudahkan konsumen untuk mengenalinya. Misalnya, melakukan kampanye secara rutin, menonjolkan sisi unik dan ciri khas produk, menyediakan produk sesuai kebutuhan konsumen, serta meningkatkan kualitas produk.
Harga Produk Terlalu Mahal
Penyebab produk tidak laku selanjutnya adalah penetapan harga kosmetik yang terlalu mahal, sehingga tidak sesuai dengan daya beli target pasar. Biasanya, ini terjadi ketika Anda belum menentukan target pasar, sehingga harga yang ditetapkan asal-asalan dan membuat konsumen tidak tertarik untuk membeli.
Solusinya, sebelum meluncurkan produk ke pasar, pastikan Anda telah melakukan riset dan menetapkan target pasar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memahami perilaku dan daya beli mereka terhadap produk. Pastikan Anda menetapkan harga jual produk yang sesuai target pasar agar tidak dinilai terlalu mahal.
Baca Juga: Cara Menetapkan Harga Jual Produk Kosmetik yang Tepat dan Tak Merugi
Konsep dan Strategi Bisnis yang Kurang Terstruktur
Persaingan pasar kosmetik di Indonesia sangatlah kompetitif, sehingga pastikan Anda sudah mempunyai konsep dan strategi bisnis yang tepat. Mengapa demikian? Ya, karena konsep dan strategi bisnis yang kurang tepat justru dapat menyebabkan produk tidak laku di pasaran.
Nah, cara mengatasi stok produk tak laku adalah dengan menetapkan konsep dan strategi bisnis yang tepat serta terstruktur. Salah satu upayanya adalah dengan membuat rancangan bisnis model canvas terlebih dahulu. Mulai dari perencanaan konsep, infrastruktur, konsumen, serta pengelolaan keuangan yang tepat.


Cara Mengatasi Stok Produk Tak Laku
Setelah mengetahui berbagai penyebab produk tak laku di pasaran, maka pastikan Anda menghindarinya. Tujuannya agar produk kosmetik Anda tetap laku di pasaran meskipun persaingan pasar yang sangat ketat. Tentu, salah satu caranya adalah melakukan strategi yang tepat.
Selain itu, ada beberapa cara mengatasi produk tidak laku sampai laris lagi yang bisa Anda lakukan. Yuk, berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan:
Mengubah Strategi Pemasaran
Langkah pertama dalam mengatasi stok produk tidak laku adalah dengan mengubah strategi pemasaran yang Anda gunakan sebelumnya. Anda bisa membuat strategi yang lebih efektif dan efisien untuk membuat produk kembali terjual. Misalnya, dengan melakukan riset ulang soal target pasar, positioning brand kosmetik, dan melakukan promosi dengan massif.
Mengubah Tampilan Toko
Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah tampilan toko. Tidak hanya toko fisik, tetapi juga toko online atau marketplace di berbagai platform, seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada.
Pastikan Anda mengubah tampilan toko agar lebih menarik dan interaktif, sehingga mampu memikat hati konsumen. Tentu, cara ini dapat membantu meningkatkan penjualan produk kosmetik bisnis Anda.
Bikin Desain Kemasan Baru
Selain mengubah display toko, Anda juga bisa memperbarui desain kemasan produk. Kemasan merupakan hal yang sangat penting untuk memikat konsumen dalam pandangan pertama. Jadi, Anda bisa membuat desain kemasan produk yang lebih kreatif dan unik agar menambah daya tarik konsumen.
Memberikan Diskon dan Potongan Harga
Tidak hanya itu saja, cara mengatasi stok produk tidak laku adalah dengan memberikan diskon dan potongan harga kepada konsumen. Namun, pastikan Anda tidak perlu memberikan potongan harga yang besar agar tidak mengalami kerugian.
Kendati demikian, Anda bisa memberikan potongan harga mulai dari 5%-15% untuk produk yang kurang laku sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon untuk acara atau event tertentu. Misalnya, event “Flash Sale” atau tanggal kembar, seperti 2.2 dan lainnya.
Melalui cara di atas, kemungkinan konsumen tertarik semakin besar. Hal ini dikarenakan, konsumen lebih tertarik dengan produk kosmetik yang ada diskon dan potongan harganya, sehingga kemungkinan produk terjual semakin besar.
Melakukan Strategi Bundling Produk
Cara mengatasi stok produk tak laku selanjutnya adalah dengan melakukan strategi bundling product. Bundling di sini berarti mengkombinasikan produk yang kurang diminati secara bersamaan dengan produk popular dari toko kosmetik Anda.
Dengan begitu, konsumen akan menganggap ada ‘hadiah’ atau ‘promosi’ yang akan mereka dapatkan dengan membeli bundling tersebut. Cara ini memungkinkan Anda bisa memasarkan dan menjual produk dengan lebih cepat dari sebelumnya.
Baca Juga: Manfaat dan Cara Strategi Bundling Product untuk Bisnis Kosmetik
Memaksimalkan Pemasaran Lewat Media Sosial
Pemasaran menjadi salah satu faktor penting untuk mengenalkan produk kosmetik Anda kepada konsumen. Saat ini, Anda bisa melakukan beberapa platform online atau media sosial untuk memasarkan produk bisnis, seperti Instagram, TikTok, Facebook, hingga email.
Seperti yang kita ketahui, bahwa media sosial mampu untuk menjangkau target pasar yang luas. Terlebih lagi, Anda bisa melakukan pemasaran dengan menargetkan demografi sesuai dengan target pasar bisnis. Mulai dari rentang usia, pekerjaan, jenis kelamin, atau aspek lainnya.
Dengan begitu, kemungkinan produk kosmetik Anda mudah dikenal oleh target pasar semakin besar, sehingga dapat membantu untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi stok yang tidak laku.
Mengelola Produk Secara Berkala
Mungkin terlihat sepele, pengelolaan produk secara berkala ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan. Artinya, agar stok produk tidak menumpuk di gudang, Anda perlu mengelola produk secara berkala.
Apabila pengelolaan produk dapat dilakukan dengan baik, maka bisa membantu Anda untuk menerapkan strategi penjualan yang efektif dan efisien sesuai dengan stok produk yang tersedia.
Baca Juga: Cara Mengelola Stok Produk di Gudang Produksi yang Benar
Meningkatkan Pelayanan Konsumen
Cara mengatasi stok produk tak laku selanjutnya adalah dengan meningkatkan pelayanan konsumen. Tak jarang pelayanan kurang ramah, tidak responsif, dan kurang solutif membuat konsumen enggan untuk melakukan pembelian ulang.
Maka dari itu, Anda perlu meningkatkan pelayanan konsumen pada toko kosmetik dengan baik. Tujuannya adalah agar pelanggan merasa lebih nyaman ketika melakukan transaksi atau pembelian di toko Anda, sehingga memungkinkan mereka untuk reorder.
Memperbaiki Kualitas Produk
Kualitas produk menjadi salah satu aspek yang sangat penting dan mempengaruhi tingkat penjualan. Jadi, pastikan Anda memperbaiki dan memastikan kualitas produk kosmetik tetap bagus sesuai dengan standar yang berlaku.
Cara untuk memperbaiki kualitas produk adalah dengan melakukan riset di masyarakat. Apakah terdapat keluhan terkait produknya atau tidak, mulai dari aroma, tekstur, hingga efek setelah penggunaan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengembangan produk berdasarkan penilaian konsumen tersebut, sehingga kualitasnya semakin terjamin.


Cara Membangun Bisnis Kosmetik yang Sukses
Nah, melalui pembahasan di atas, tentu Anda sudah semakin memahami terkait cara mengatasi stok produk tak laku, bukan? Dengan begitu, peluang untuk mengembangkan bisnis kosmetik akan semakin besar, bukan?
Terlebih lagi, permintaan pasar terkait produk kosmetik semakin tinggi setiap tahunnya. Tentu, ini menjadi peluang dan kesempatan emas bagi Anda untuk membangun bisnis kosmetik yang sukses dengan brand sendiri.
Namun, Anda masih bingung bagaimana cara membangun bisnis kosmetik brand sendiri? Tenang, karena Anda hanya perlu melakukan kerja sama dengan jasa pembuatan kosmetik Mash Moshem Indonesia.
Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membangun bisnis kosmetik bersama Mash Moshem Indonesia. Yuk, ikuti langkah-langkahnya, ya!
Diskusi Konsep
Langkah pertama membangun bisnis kosmetik yang sukses adalah melakukan diskusi tentang konsep bersama tim ahli formulasi di Mash Moshem Indonesia. Anda bisa berdiskusi terkait target pasar, kebutuhan konsumen, proses pemasaran, dan lain sebagainya. Hasil dari proses diskusi ini, akan membantu Anda untuk menghasilkan konsep produk yang matang untuk dikembangkan lebih lanjut.
Pengembangan Formula Kosmetik
Apabila konsep sudah ditentukan dengan matang, maka tahap selanjutnya adalah pengembangan formula kosmetik bersama tim Research and Development Mash Moshem Indonesia. Tim kami akan membantu Anda untuk melakukan serangkaian pengujian sampai mendapatkan kombinasi bahan yang sempurna.
Pembuatan Desain Kemasan
Tidak hanya memikirkan formulasi saja, Anda juga perlu untuk membuat desain kemasan produk kosmetik. Dalam hal ini, tim desain Mash Moshem Indonesia akan membantu untuk membuat desain kemasan yang unik dan kreatif sesuai branding produk bisnis Anda. Bahkan, Anda juga bisa secara langsung memilih jenis kemasan yang sesuai dengan produk kosmetik, seperti jar, tube, hingga botol pump.
Daftarkan Legalitas Produk
Setelah proses pengembangan formula dan pembuatan desain kemasan selesai, maka langkah selanjutnya adalah memastikan produk aman dengan cara mendaftarkan izin dari BPOM serta sertifikasi halal MUI. Melalui izin ini, memastikan produk Anda aman dan tepercaya di mata konsumen.
Memproduksi Produk
Apabila Anda sudah mengetahui cara mengatasi stok produk tak laku, maka dalam proses membangun bisnis kosmetik selanjutnya adalah melibatkan tahapan produksi sesuai standar CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik). Anda tidak perlu khawatir lagi terkait proses produksi ini, karena Mash Moshem Indonesia mempunyai fasilitas dengan standar Grade A untuk menjamin kualitas produk.
Pemasaran yang Efektif
Tahapan terakhir untuk membangun bisnis kosmetik adalah dengan melakukan pemasaran yang efektif. Dalam hal ini, tim pemasaran Mash Moshem Indonesia akan membantu Anda untuk memberikan strategi pemasaran yang tepat, sehingga membantu meningkatkan penjualan. Tentu, ini menjadi salah satu cara mengatasi stok produk tak laku yang perlu Anda lakukan.
Yuk, Ciptakan Produk Kosmetik Bersertifikat Melalui Brand Bisnis Sendiri Bersama Mash Moshem Indonesia!
Buat Anda pebisnis bidang kosmetik, mengikuti beberapa penyebab dan cara mengatasi stok produk tak laku di atas menjadi salah satu langkah yang sangat tepat untuk meningkatkan penjualan. Terlebih lagi, daya beli produk kosmetik sekarang semakin meningkat setiap tahunnya.
Nah, buat Anda yang tertarik untuk membuat maupun mengembangkan produk kosmetik dengan brand sendiri, maka bisa melakukan kerja sama dengan jasa maklon Mash Moshem Indonesia. Bersama kami, Anda bisa menciptakan produk kosmetik bersertifikat dan tepercaya untuk brand sendiri, sehingga peluang mendapatkan keuntungan juga semakin besar.
Mengapa harus Mash Moshem Indonesia? Perusahaan kami telah berdiri sejak 2011 dan berhasil membantu lebih dari 1.731 brand serta 6.157 produk sudah terdaftar di BPOM. Tidak hanya itu saja, kami juga menggunakan bahan berkualitas, fasilitas produksi dengan standar tinggi, hingga layanan pemasaran yang efektif buat Anda.
Jadi, Anda bisa membuat produk kosmetik sesuai dengan kebutuhan konsumen dan meningkatkan peluang brand mudah dikenal oleh masyarakat secara luas, baik di dalam maupun luar negeri. Bagaimana? Apakah Anda tertarik bekerja sama dengan kami? Jika iya, maka langsung saja klik tombol di bawah ini, ya!

