Mengenal LazLive, Cara Live Shopping di Lazada yang Menguntungkan Buat Seller

cara live di lazada (2)

Meningkatkanya minat belanja online, memberikan peluang bisnis yang luas. Karenanya, para e-commerce berbondong-bondong menciptakan berbagai teknologi dan fitur terbaru untuk memberikan kenyamanan belanja pada penggunanya.

Fitur belanja online yang kini banyak diminati dan terbukti mampu memberikan keuntungan besar adalah live shopping/streaming. Karena menawarkan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan riil, daripada hanya memasukkan produk ke dalam keranjang e-commerce.

Salah satu e-commerce yang juga mengusung fitur live streaming adalah Lazada. Fitur yang juga dikenal dengan nama LazLive ini dibuat khusus untuk para seller yang ingin mempromosikan dan menjual produk mereka dengan cara yang lebih segar.

Tentu, tak hanya meningkatkan penjualan, LazLive juga memberikan banyak keuntungan lain untuk bisnis onlinemu. Mulai dari branding, kesempatan berinteraksi dengan konsumen, hingga memperkenalkan produk baru.

Nah, lantas bagaimana cara live di Lazada dan apa keuntungannya untuk bisnismu? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

LazLive Itu Apa?

Sebagai salah satu e-commerce dengan jumlah pengunjung tinggi dan konsisten, Lazada tak hanya memenuhi kebutuhan konsumtif penggunanya. Melainkan menunjang potensi penjual untuk mengembangkan bisnis mereka dan menjalin hubungan yang baik dengan pembeli.

Salah satu fitur yang bisa menunjang kebutuhan ini adalah LazLive, yang merupakan fitur live streaming khusus dari Lazada. Apakah kamu pernah mendengar soal fitur ini sebelumnya?

Tak hanya membantu memperkuat hubungan antar penjual dan konsumen. LazLive bisa membantu penjualan lebih laris, karena konsumen bisa memasukkan produk yang mereka inginkan secara langsung dan menanyakan ketersediaannya.

Apalagi live shopping kini menjadi tren konsumsi oline yang sangat digemari masyarakat. Kamu bisa menemukan kegiatan serupa di berbagai media sosial lain, seperti TikTok, Instagram, dan banyak lainnya.

Manfaat Menggunakan Fitur LazLive untuk Seller

cara live di lazada (1)

Fitur LazLive dibuat khusus untuk mendukung perkembangan tokomu di platform tersebut. Nah, apakah kamu tahu tepatnya apa saja manfaat menggunakan fitur LazLive untuk Seller?

Langsung simak ulasannya di bawah ini!

Mempromosikan Voucher dan Produk Jualan

Ketika melakukan siaran langsung, kamu bisa dengan mudah menawarkan dan mempromosikan produk yang kamu miliki. Tak hanya itu, kamu juga bisa memberikan voucher promosi khusus untuk menarik minat belanja konsumen.

Langkah inilah yang kemudian membuat penjualan di LazLive menjadi lebih besar daripada hanya memajangnya pada homepage tokomu.

Menjangkau Pembeli yang Tepat dan Prospektif

LazLive Lazada dilakukan selama satu jam penuh. Waktu yang cukup panjang, sehingga kamu bisa menjangkau lebih banyak pembeli yang tepat dan prospektif. Artinya, peluang produk laku terjual pun akan jadi lebih besar.

Tak hanya itu, karena pembeli bisa bertanya dan berkonsultasi secara langsung saat siaran berlangsung. Kamu bisa meyakinkan dan menjawab keraguan mereka akan produk jualanmu. Dengan demikian, pembelian akan terjadi.

Meningkatkan Pengikut Tokomu di Lazada

Tahukah kamu, salah satu aspek yang diperhatikan konsumen saat akan membeli produk adalah kredibilitas toko. Nah, pengikut adalah aspek yang juga dapat merepresentasikan seberapa kredibel tokomu.

Kalau tokomu tergolong baru, LazLive bisa menjadi alternatif yang ideal untuk meningkatkan pengikut tokomu di Lazada. Apalagi kalau kamu melakukan siaran secara rutin, audience akan mengikuti tokomu dengan harapan tidak tertinggal pada kesempatan selanjutnya.

Meningkatkan Pendapatan Toko

Manfaat utama dari cara live di Lazada ini adalah meningkatnya pendapatan toko online yang kamu miliki. Karena, ketika siaran berjalan ada kemungkinan besar bagimu menjaring konsumen potensial dan implusif.

Untuk benar-benar memastikan terciptanya transaksi, kamu perlu mengasah skill komunikasimu agar bisa meyakinkan konsumen untuk membeli produk.

Tak hanya itu, kamu juga harus mempelajari bagaimana cara meningkatkan product knowledge. Sehingga, konsumen akan mudah mempercayai dan bisa impulsive membeli produk yang kamu tawarkan.

Apa itu Produk Konwledge dan bagaimana manfaatnya buat bisnis kosmetikmu? Cek di sini!

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Cara live di Lazada ini memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi secara realtime. Bahkan, mereka bisa menawar, memakai voucher dan diskon khusus, hingga menanyakan ketersediaan serta kualitas produk secara langsung.

Karena itu, kepercayaan konsumen akan semakin tinggi akan kualitas dan kredibilitas tokomu.

Cara Live di Lazada untuk Seller

Setelah mengetahui apa saja keuntungan LazLive untuk seller, kamu pasti udah enggak sabar untuk mencoba fitur ini, bukan?

Beautypreneurs, LazLive terbilang mudah untuk digunakan. Bahkan, kalau kamu cukup gaptek dengan penggunaan aplikasi tertentu.

Nah, penasaran bagaimana cara live di Lazada untuk Seller? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, Beautypreneurs!

Hubungkan Akun Lazada Seller dan Buyer untuk Akses

Akses ini bisa kamu dapatkan melalui Seller Center, kemudian klik traffic dan pilih LazLive.

Dalam proses ini, kamu wajib memasukkan email dan nomor telp yang sesuai dengan aplikasi Lazada (sebagai pembeli).

Tunggu Persetujuan dari Sistem

Nah, permohonan akses ini akan disetujui oleh tim LazLive pada 1×24 jam. Kamu bisa mengecek persetujuan ini pada bagian aku  di aplikasi Lazada.

Jika sudah ada izin akses, kamu bisa melihat adanya logo LazlLive yang telah sistem setujui pada bagian tersebut.

Buat Foreshow Live Streaming

Kalau sudah ada akses, cara live di Lazada selanjutnya adalah dengan mencoba membuat foreshow live streaming melalui akun Mobile. Cukup klik Foreshow, setelah itu masukkan cover/poster live streamin dan isi informasi.

Isi informasi ini bisa berupa jadwal live streaming, topik atau kampanye tertentu yang akan kamu bawakan. Kalau sudah, kamu bisa langsung memulai foreshow ataupun menjadwalkannya dengan klik Mulai Siaran Langsung.

Sebagai tips, kamu bisa membuat poster dan deskripsi live yang menarik. Dengan begitu, konsumen akan lebih bersemangat dan penasaran untuk mengikuti siaran yang kamu lakukan di Lazada tersebut.

Mulai Live Streaming Pertamamu!

Setelah semua cara live di Lazada di atas berhasil kamu lakukan, maka sudah waktunya untuk memulai live streaming pertamamu.

Agar live ini berjalan lancara, kamu perlu mempersiapkan terlebih dahulu semua kebutuhan-kebutuhan yang kamu perlukan. Mulai dari stok produk fisik, juga yang ada di etalase toko Lazada kamu. Jangan lupa gunakan kamera dan pencahayaan yang baik, agar konsumen bisa menikmati siaran yang kamu lakukan.

Untuk memastikan apakah live streaming benar-benar berjalan, kamu bisa menyimak tanda waktu di bagian pojok kiri atas. Setelah waktu berubah dan tampak berjalan, maka artinya live streaming-mu telah dimulai.

Tips Agar Cara Live di Lazada Lebih Optimal

Setelah membaca uraian di atas, kamu pasti setuju kalau cara live di Lazada ini sangat mudah dilakukan. Tak ada persyaratan khusus yang membuat langkah menjadi rumit ataupun aturan tertentu yang bisa membuatmu kerepotan.

Meski mudah begitu, kamu enggak boleh meremehkan cara live di Lazada ini juga, ya! Karena dengan persiapan yang kurang matang, hanya akan membuat acara live-mu sia-sia.

Lantas bagaimana cara agar live di Lazada yang kamu mulai bisa maksimal? Ikuti beberapa tipsnya berikut ini!

Buat Perencanaan Live Terlebih Dahulu

Pada dasarnya, live shopping sama dengan strategi penjualan apapun. Intinya, untuk memastikan acara ini berjalan lancar kamu harus membuat perencanaannya terlebih dahulu.

Perencanaan ini bisa meliputi topik yang akan dibahas, entah mau menjual atau mengenalkan produk baru, memberikan diskon akhir tahun, dan banyak lainnya.

Kalau sudah menemukan topik, tentuka peralatan apa saja yang kamu butuhkan. Juga siapa yang akan live, kamu atau tim-mu, dan bagaimana susunan acaranya nanti.

Semakin rinci perencanaan live ini kamu susun, maka akan semakin mudah juga bagimu untuk membawakan acaranya dan menaikkan suasana siaran langsung.

Siapkan Stok Produk yang Dijual

Tips kedua adalah memastikan stok produk yang dijual benar-benar tersedia dalam jumlah yang cukup besar. Kecuali kalau kamu mau mengadakan lelang, tentu produk tersebut tidak perlu ada dalam jumlah yang besar.

Namun, berbeda kalau produk yang akan kamu jual ini termasuk produk sehari-hari ataupun produk baru. Stok produk haruslah dalam jumlah besar, untuk mengantisipasi minat dan permintaan pasar yang juga tinggi selama live.

Buat Desain Poster yang Menarik

Selanjutnya buat desain poster Live Streaming-mu semenarik mungkin. Kamu bisa membagikan desain poster ini di media sosial atau website resmi dari tokomu. Sehingga pengikutmu di media-media tersebut juga akan menonton dan meremaikan acara live.

Bagikan Voucher atau Promosi Khusus

Untuk menarik minat lebih banyak konsumen, kamu bisa memberikan voucher atau promosi khusus selama live.

Kamu bisa membagikan voucher atau diskon ini di tengah dan akhir acara, dengan begitu audience akan setia mendengarkan dan mengikuti live shopping yang kamu lakukan sampai selesai.

Nah, Beautypreneur itu adalah berbagai tips dan cara live di Lazada yang enggak boleh kamu lewatkan. Sebab, fitur ini bisa memberikan banyak manfaat untuk bisnis kosmetikmu, termasuk meningkatkan penjualan dan penghasilan toko.

About Author

Related posts

kegunaan sodium tallowate dalam sabun

Kandungan Sodium Tallowate dalam Sabun, Manfaat dan Efek Sampinya untuk Kulit

Hai, Beauty Preneurs, sebagai seorang brand owner kosmetik penting untukmu memiliki pengetahuan dasar soal macam-macam bahan kosmetik. Misalnya saja mengenal sodium tallowate yang sangat umum dalam sabun. Apakah kamu sudah pernah dengar soal kandungan sodium tallowate ini? Sabun adalah...

Continue Reading

Leave a Comment