Cara Live di Shopee untuk Seller, Bisa Naikkan Penjualan dan Keuntungan!

cara live di shopee

Belakangan ini, Shopee jadi lapak online yang beken banget di kalangan masyarakat. Hingga pada kuartal akhir tahun lalu, Shopee menduduki posisi kedua sebagai e-commerce dengan jumlah kunjungan tertinggi tiap bulannya.

Saking hebohnya masa berbelanja di toko orange ini, banyak pebisnis yang juga akhirnya merambah keuntungan dan meramaikan pasar Shopee.

Apalagi Shopee kian hari kian memanjakan penggunanya, misalnya dengan memberikan banyak fitur khusus penjual yang menguntungkan dan menjanjikan. Salah satunya adalah dengan cara live di Shopee.

Sudah pernah dengar soal fitur ini, dong? Yep! Shoppe live streaming merupakan fitur yang memungkinkan penjual untuk melakukan siaran dan penjualan secara real time.

Tentu ada banyak keutungan menggunakan fitur live streaming di Shopee ini. Terlebih cara mengaplikasikannya cukup mudah, bahkan kalau kamu termasuk orang yang lama beradaptasi dengan teknologi.

Nah, pasti udah pada enggak sabar ingin tahu bagaimana cara live di Shopee untuk seller? Juga apa saja manfaatnya untuk toko onlinemu?

Simak artikel ini sampai habis supaya kamu tahu!

Apa Itu Shopee LIVE?

Sebelum benar-benar membahas cara live di Shopee untuk seller. Enggak ada salahnya buatmu untuk mempelajari apa sebenarnya fitur Shopee LIVE ini terlebih dahulu.

Melansir dari halaman Shopee, dijelaskan bahwa Shopee LIVE adalah sebuah fitur yang dibaut khusus untuk membuat seller melakukan sesi streaming. Khususnya untuk mempromosikan toko dan menjual produk mereka secara real time pada pembeli.

Kegiatan ini serupa dengan live shopping pada tempo dulu, lewat radio atau televisi. Bedanya, kamu penjual bisa berkomunikasi dengan pembeli lebih mudah dan kian aktif.

Misalnya, pembeli dapat mengajukan pertanyaan seputar produk secara langsung, baik lewat pesan maupun komentar tanpa harus meninggalkan live.

Interaksi langsung ini akan memberikan banyak manfaat untukmu, terlebih dalam memahami bagaimana kebutuhan dan kendala konsumen. Sehingga, di masa medatang kamu dapat menciptakan produk inovasi atau meningkatkan pelayanan belanja yang lebih memuaskan.

Lebih menariknya lagi sesi Shopee LIVE yang kamu lakukan sebelumnya bisa disimpan serta ditayangkan kembali pada halaman tokomu, lho! Ini tentu bisa mengundah minat konsumen untuk mencari tahu dan menarik mereka untuk mengikuti sesi selanjutnya.

Berbagai Fitur Menarik di Shopee LIVE

Tak sekedar memberikan ruang untuk melakukan siaran langsung secara sederhana. Shopee makin memanjakan seller dan penggunanya dengan melengkapi fitur-fitur live miliknya tersebut.

Fitur-fitur ini akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan untukmu dalam melayani konsumen. Apa saja fitur yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut ini, Beautypreneurs!

Fitur Lelang

Pertama, fitur lelang. Ketika menggunakan fitur lelang di Shopee LIVE ini memungkinkanmu untuk mengadakan lelang produk saat proses siarang langsung, serta meningkatkan interaksi dengan audience.

Kamu juga bisa mengatur bagaimana syarat, permainan, ataupun ketentuan lelang tersebut. Misalnya dengan membuat siapa yang paling cepat menekan tombol beli akan memenangkan babak tersebut.

Setelah itu, kamu bisa menghubungi pemenang secara langsung untuk berdiskusi mengenai proses pemberian produk, pengiriman, biaya jika ada, terkait dengan produk lelang tersebut.

Dapat Membagikan Bonus Koin Shopee LIVE untuk Pembeli

Fitur kedua berkaitan dengan bonus koin Shopee LIVE, di mana kamu bisa membagikannya secara langsung pada pembeli. Fitur ini tentu bisa menarik perhatian penonton untuk mengikuti live streaming yang kamu adakan.

Ketika mengaktifkan fitur Bonus Koin pada live, sesi siaran langsung yang kamu lakukan akan memiliki tampilan khusus. Yap! Streaming-mu aka nada pada tab khusus Hujan Koin, Beautypreneurs!

Tentu, ketika pembeli melihat tag Bonus Koin pada sampul streaming yang kamu lakukan. Mereka akan jadi lebih tertarik untuk mengikuti dan menonton sampai habis siaran tersebut.

Fitur Pengelolaan Komentar di Shopee LIVE

Salah satu kekhawatiran ketika live adalah susah mengontrol komentar yang masuk. Tapi tenang, karena Shopee LIVE juga memiliki fitur yang cocok dengan permasalahan tersebut.

Fitur Pengelolaan Komentar jadi salah satu andalan untuk membuat sesi streaming lancar, aman, dan terhindar dari komentar spam yang mengganggu sesi jualanmu.

Nah, dalam fitur ini kamu bisa melakukan dua tindakan pada komentar-komentar yang ditinggalkan penonton, yakni Pin Komentar dan Blokir Komentar.

Pin dan Unpin Komentar

Tindakan yang pertama adalah pin dan unpin komentar. Fitur ini sangat penting, apalagi kalau kamu memiliki informasi atau pengumuman penting pada audience.

Kamu bisa meng-highlight informasi terkait produk, promo yang sedang berlangsung, cara pemesanan dan pengiriman, dan banyak lainnya.

Komentar yang di-pin ini dapat terpasang selama streaming berjalan. Jadi, kamu enggak perlu ragu dan khawatir kalau informasi penting ini tenggelam oleh komentar/pertanyaan dari audience.

Selain menyematkan komentar tertentu, kamu juga bisa menghilangkan sematan tersebut dengan memilih Unpin Komentar. Khususnya kalau informasi tersebut tidak terlalu penting atau justru mengganggu pemahaman audience.

Blokir Komentar

Selanjutnya ada pilihan tindakan Blokir Komentar. Tindakan ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komentar spam yang kasar dan makian di kolom kometar selama streaming berlangsung.

Tak hanya dapat mengganggu konsentrasimu, komentar jahat dan kasar ini bisa mempengaruhi pendapat konsumen mengenai reputasi toko. Karenanya, bila spam dan komentar ini dibiarkan begitu saja justru bisa menggagalkan streaming yang kamu lakukan.

Fitur Polling

Tak hanya dapat menjawab komentar, kamu juga bisa melakukan polling untuk mengetahui apa yang paling disukai oleh audience-mu, lho.

Fitur polling memungkinkan interaksi yang lebih spesifik, praktis, dan efisien antara penjual dengan pembeli. Karena kamu bisa mengetahui dengan jelas apa yang mereka inginkan dan butuhkan dari toko/produk jualanmu.

Tak hanya penting saat live berlangsung, polling kosumen ini juga bisa dijadikan data acuan untuk melakukan pengembangan pelayanan dan inovas produk di masa mendatang.

Fitur Tanya Penjual Shopee LIVE

Terakhir, Fitur Tanya Penjual Shopee LIVE. Fitur ini membantumu untuk mendorong pemesanan dan penjualan toko, khususnya dengan membahas apa saja produk yang dibutuhkan atau paling diminati audience.

Kamu pun bisa menjawab pertanyaan tersebut secara langsung, detil, dan memberikan sedikit rayuan/dorongan kepada audience untuk melakukan transaksi.

Selain itu ada banyak keuntungan menggunakan fitur Shopee LIVE satu ini, lho. Mulai dari memudahkan audience untuk mengajukan pertanyaan, membuat proses tanya jawab saat siaran jadi lebih lancar, juga memudahkan proses promosi dan pengenalan produk.

Cara Live di Shopee untuk Seller (Penjual)

Melihat betapa beragamnya fitur Shopee LIVE tersebut, kamu pasti setuju bahwa ini merupakan langkah yang sangat membantu untuk bisnis/brand kosmetikmu.

Well, cara live di Shopee untuk seller juga terbilang sangat mudah, lho. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Masuk ke Akun Penjual

Langkah pertama kunjungi Seller Center dan masuk pada akun jualanmu.

Mulai Penjadwalan Live Streaming

Setelah dialihkan secara otomatis pada halaman homepage seller, kamu bisa langsung klik Saya dan memilih menu Live Streaming.

Lengkapi Deskripsi Siaran

Cara live di Shopee selanjutnya, kamu akan diminta melengkapi deskripsi acara. Mulai dari judul live streaming, deskripsi dan foto (poster) untuk menjelaskan siaran langsung yang akan kamu lakukan.

Untuk memikat audience, kamu perlu membuat judul streaming yang menarik dan mencantumkan foto dengan desain khusus agar menaikkan antusiasme penonton. Kedua elemen ini harus saling berkaitan dan dapat menggambarkan isi/topik dari streaming tersebut.

Masukkan Produk dan Promo yang Ingin Ditampilkan

Selanjutnya adalah dengan memasukkan produk dan promo dari tokomu. Akan lebih baik untuk memilih produk-produk unggulan, yang paling banyak dicari, juga mendapatkan review bagus dari konsumen.

Untuk memilih dan memasukkan produk ii, kamu bisa mengklik Simbol Keranjang yang ada pada sudut kiri bawah tampilan layar.

Mulai Live Streaming

Setelah melakukan semua sesi tersebut, cara live di Shopee selanjutnya adalah dengan klik Mulai Live Streaming. Kamu juga bisa mengirimkan notifikasi/pemberitahuan kepada followers-mu sebelum siaran benar-benar dimulai.

Ketika streaming berlangsung, kamu harus bisa mengomunikasikan semua keunggulan produk, juga menghidupkan suasana live agar ramai dan menyenangkan.

Dengan begitu audience akan betah untuk berlama-lama dan mau mengikuti live yang kamu adakan sampai selesai. Kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur Shopee LIVE yang telah disebutkan sebelumnya.

Akhiri Live dengan Klik X

Setelah melalui cara live di Shopee untuk seller di atas dan telah selesai siaran, kamu bisa menutupnya dengan klik tombol X. Maka, secara otomatis jendela siaran langsung akan tertutup dan berakhir.

Yang perlu kamu perhatikan, sebaiknya hindari menutup streaming ini dengan langsung Log Out dari akun ataupun Menutup Aplikasi. Langkah ini hanya akan membuat live streaming ‘tampak’ berakhir bagimu. Sementar pada layar audience akan masih menyala, namun dengan tampilan kosong.

Keuntungan Live Streaming di Shopee bagi Seller

cara live di shopee

Shopee LIVE dibuat untuk memudahkan dan meningkatkan peforma penjual Shopee. Karena itu, ada banyak sekali manfaat dan keuntungan untuk seller menggunakan fitur ini.

Memperlancar Komunikasi Seller dan Buyer

Manfaat pertama adalah memperlancar komunikasi seller dan buyer. Terutama ketika menjelaskan apa saja manfaat dan rincian produk jualanmu, proses pemesanan, promo, dan banyak lainnya.

Meningkatnya Keuntungan Toko

Melansir dari laman Website Shopee, banyak seller yang melaporkan pada mereka bahwa terjadi peningkatan keuntungan toko cukup signifikan ketika melakukan streaming.

Menjangkau Pasar Potensial yang Lebih Luas

Dengan jumlah penonton yang besar di live streaming, kamu berpotensi menjangkau pasar potensial lebih luas dari sebelumnya. Karena orang yang mengikuti live ini berkemungkinan jauh lebih tinggi untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Tak hanya itu, meski tidak melakukan pembelian langsung. Tidak menutup kemungkinan bahwa live tersebut akan membawa followers baru pada toko, sehingga dapat meningkatkan engage akun.

Mendorong Pembelian Impulsif

Salah satu keuntungan memasarkan produk lewat live shopping/streaming adalah kamu bisa membuat audience untuk melakukan pembelian impulsive. Tentu dengan banyak teknik, missal  menciptakan harga kompetitif dengan produk terbatas, ataupun menggunakan product knowledge yang kamu miliki.

Tak hanya itu, fungsi ini juga didukung dengan adanya Fitur Lelang pada Shopee LIVE. Di sini, kamu bisa membuat konsumen merasa harus bergerak lebih cepat dari pembeli lainnya untuk mengklik produk/penawaran tersebut selama live.

Dengan begitu, bukan tak mungkin penjualan produk pun akan meningkat dengan cukup signifikan. Keuntungan yang kamu dapatkan pun bisa lebih besar daripada sebelumnya.

Live Shopping kini menjadi salah satu tren belanja paling populer. Apalagi selama pandemi, kita tidak bisa melakukan transaksi langsung sesering dulu. Karenanya tren belanja ini menjadi alternatif yang memberikan pengalaman hampir mirip dengan belanja ‘langsung’ ke toko atau pasar.

Ingin tahu apa saja keuntungan live shopping untuk penjual? Simak di sini!

Shopee memberikan banyak fitur menarik dalam Live Shopping yang diadakannya. Ini tentu memberikan banyak keuntungan bagi seller, terlebih untuk menarik dan menjangkau lebih banyak konsumen.

Nah, Beautypreneurs, kamu bisa menggunakan cara live di Shopee ini untuk membuat toko online-mu kian laris. Jangan lupa untuk membuat acara menjadi hidup, berinteraksi aktif dengan konsumen, hingga membagikan bonus agar audience nyaman dengan acaramu.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment