Mau Utung Besar? Ini Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee yang Efektif

cara meningkatkan penjualan di shopee (2)

Siapa sih yang enggak tahu Shopee? Terlebih, jingle iklan e-commerce ini tayang di berbagai jenis media sosial dan televisi.

Fenomena ini terjadi karena Shopee telah menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Misalnya, dilansir dari Databoks, Shopee telah dikunjungi sebanyak 127,4 juta kali pada kuartal IV tahun 2021 lalu.

Tak hanya didominasi oleh pengunjung atau pembeli, Shopee juga memiliki jutaan seller terdaftar secara resmi di platform mereka.

Ini artinya, tingkat persaingan di Shopee jadi semakin tinggi dan ketat. Karena dari jutaan seller itu, ada kemungkinan yang sangat besar kalau toko/brand kosmetikmu memiliki kesamaan dengan penjual lain.

Hmm… jadi harus siap strategi khusus buat memenangkan persaingan di Shopee nih!

Yap! Kamu jangan insecure dulu. Karena berjualan di Shopee ini memiliki peluang yang sama besarnya dengan tingkat kompetisi yang ada. Kamu hanya perlu mengatur strategi pemasaran yang sesuai agar toko online-mu enggak kalah sama yang lain.

Penasaran gimana caranya? Langsung simak cara meningkatkan penjualan di Shopee berikut ini, ya!

10+ Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee yang Mudah Dilakukan

cara menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik

Saat baru mulai menjalankan bisnis tentu ada banyak tantangan yang harus kamu hadapi. Bahkan ketika kamu sudah naik level nih, ada aja tantangan baru yang muncul dan menghadang jalanmu.

But, yang namanya tantangan pasti bisa ditaklukkan. Termasuk ketika kamu bertekad untuk memenangkan persaingan pasar di Shopee.

Yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan strategi yang tepat dan efektif. Misalnya dengan menyimak cara meningkatkan penjualan di Shopee berikut ini.

Lakukan Analisa Pasar

Langkah pertama dalam cara meningkatkan penjualan di Shopee adalah melakukan analisa pasar. Pada prosesnya, kamu harus meneliti seperti apa produk yang akan kamu jual dan pasarkan, siapa saja yang akan jadi target pasar brand kosmetikmu, serta berapa harga produk yang paling menguntungkan.

Analisa pasar ini pun akan membantumu untuk mengetahui seberapa ketat persaingan yang ada. Karena kamu bisa mengetahui, brand/toko kosmetik mana saja yang memiliki jumlah pembelian tinggi. Apalagi kalau kamu mencarinya di bagian pencarian produk ‘terlaris’ di Shopee.

Data-data ini akan membantumu menganalisis apa nilai lebih dari produk/brand kosmetik ynag kamu miliki. Kemudian, maksimalkan promosi pada aspek-aspek kelebihan tersebut, misalnya manfaatnya yang unik, bahan yang digunakan, sampai harganya yang lebih murah.

Mengikuti Berbagai Campaign di Shopee

Cara meningkatkan penjualan di Shopee selanjutnya adalah mengikuti berbagai campaign yang ada. Karena, e-commerce satu ini menyediakan fitur iklan untuk membantu seller memaksimalkan strategi marketing yang mereka miliki.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah My Campaign, yang membuat toko/brand kosmetikmu diiklankan di banner berbagai situs website. Menarknya, fitur ini diklaim gratis, lho!

Namun untuk menggunakan campaign ini, kamu harus mendaftarkan tokomu terlebih dahulu. Untuk itu, ada beberapa kriteria yang harus kamu perhatikan. Apa aja? Simak daftarnya berikut ini.

  1. Nama toko dan deskripsi produk haruslah jelas.
  2. Kamu harus beredia memberikan diskon dari 10-20%.
  3. Harga produk yang kamu tawarkan juga harus bersaing.

Kalau tiga kriteria tersebut sudah kamu penuhi. Maka, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran campaign pada laman Seller Centre.

Setelah kamu masuk ke akun jualanmu, langsung klik Marketing Center. Secara otomatis, system akan menampilkan berbagai fitur untuk meningkatkan penjualan.

Pilih fitur Campaign, system akan menampilkan kampanye yang sedang berlangsung dan memuat pilihan pendaftaran. Kemudian, kamu tinggal mengajukan pendaftaran kampanye dan pihak Shopee akan menelitinya.

Campaign ini bisa memberikan banyak keuntungan buatmu. Misalnya, membuat produk dan toko/brand kosmetikmu dilihat oleh lebih banyak pengguna Shopee. Karena ditampilkan di banner homepage dan push notification Shopee.

Mengaplikasikan Fitur Top Picks

Cara meningkatkan penjualan di Shopee selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan fitur Top Picks. Sama seperti namanya, fitur ini akan menampilkan produk-produk dalam satu kategori yang sama dan melabelinya dengan produk pilihan.

Kamu bisa memilih empat hingga delapan produk, yang menurutmu paling baik dan memiliki jumlah pembelian tinggi ke dalam satu kategori. Dengan begitu, pemebli akan lebih mudah dalam memilih produk yang ada pada toko kosmetikmu.

Fitur ini pun dapat diaktifkan dengan sangat mudah, yakni lewat seller center. Caranya, kamu hanya perlu masuk ke akun jualanmu di Shopee. Selanjutnya, pilih Seller Center dan klik Promotion Center.

Kemudian, system akan menampilkan berbagai opsi promosi, kamu bisa klik Top Picks dan pilih Tambah Koleksi.

Selanjutnya kamu harus memberi nama kategori tersebut, lalu lanjutkan dengan memilih produk apa saja yang akan kamu kelompokkan.

Kamu bisa membuat 10 kategori produk untuk toko kosmetikmu. Namun, hanya ada satu koleksi saja yang bisa ditampilkan pada periode waktu tertentu. Kamu bisa mengatur jam tayangnya melalui halaman awal Top Picks, yang telah disebutkan sebelumnya.

Mengaktifkan Fitur Flash Sale

Pecinta belanja online pasti udah enggak asing dengan event satu ini. Gimana enggak? Flash sale menjanjikan diskon besar pada produk-produk favorit, bahkan jumlah potongan harganya luar biasa menggiurkan.

Enggak heran ya, kalau banyak orang yang rela enggak tidur dan mantengin Shopee tengah malam demi checkout keranjang duluan.

Flash sale ini enggak hanya menguntungkan bagi pembeli, tapi juga bagi seller. Sebab, ketika pengguna tertarik dengan diskon dan produk yang ditampilkan di fitur ini, tak jarang mereka juga mengunjungi toko online kamu karena rasa penasaran.

Selain produkmu dapat menjangkau konsumen potensial, Flash sale secara tak langsung akan menggiring konsumen untuk mengunjungi tokomu.

Menjaga Peforma Toko dan Hindari Penalti

Salah satu hal yang mendorong konsumen untuk melakukan transaksi adalah reputasi toko kamu. Dalam Shopee reputasi ini dapat dilihat dari peforma, rating, dan penalty pada sebuah toko online.

Selain mengurangi kepercayaan konsumen akan tokomu, adanya penalty dan reputasi yang buruk juga menghambat perkembangan toko. Apalagi kalau kamu mau mendaftar Star Seller + ataupun Shopee Mall.

Untuk menjaga peforma toko ini, kamu perlu menjawab komentar, pertanyaan dan keluhan konsumen dengan responsive. Usahakan, presentase pesan dijawab tidak di bawah 90 persen.

Selain itu, hindari adanya komplain dan retur dari konsumen. Caranya, kamu harus menjelaskan dengan spesifik kondisi produk di bagian deskripsi produk. Jangan sampai menimbulkan kesalah pahaman yang berujung pada adanya rating negative.

Gunakan Voucher Toko untuk Menarik Pembeli

Langkah selanjutnya untuk menaikkan minat beli konsumen adalah dengan menggunakan voucher toko. Kamu bisa menetapkan minimal nominal pembelian untuk mendorong konsumen memasukkan lebih banyak produk ke keranjang.

Cara meningkatkan penjualan di Shopee ini sangat mudah dilakukan, lho. Kamu hanya perlu membuatnya di laman Seller Center, kemudian klik Voucher.

Ada dua jenis voucher yang bisa kamu gunakan, yakni voucher toko dan voucher produk. Umumnya, untuk mengklaim voucher toko, pengguna harus mengikuti tokomu terlebih dahulu. Jenis ini juga bisa digunakan pada semua produk di tokomu.

Beda dengan voucher produk, konsumen tidak perlu mengikuti akunmu untuk klaim. Namun, voucher ini hanya bisa digunakan pada produk yang didaftarkan saja.

Kamu bisa memilih jenis voucher terbaik dan terefisien menurutmu. Setelah itu, lanjutkan proses pembuatan voucher toko dan hitung jumlah potongan yang masih menguntungkanmu.

Berikan Diskon Produk

Tak hanya voucher, cara meningkatkan penjualan di Shopee juga bisa lewat memberikan diskon produk. Karena, para pembeli Shopee umumnya tertarik pada produk yang sedang ada potongan harga.

Ya, siapa juga yang enggak suka diskon?

Selain bisa menarik konsumen untuk membeli produk tersebut, nggak sedikit juga yang akhirnya akan mengunjungi tokomu demi melihat adanya tawaran lain atau tidak.

Meski perlu menentukan harga jadi sangat kompetitif atau membuat diskon yang besar untuk meningkatkan pembelian. Kamu juga harus menghitung banyaknya laba yang akan kamu peroleh nantinya.

Dengan begitu, kamu bisa tetap mendapatkan untung meski memberikan banyak diskon produk pada konsumen.

Pahami Proses Transaksi dengan Baik

Langkah selanjutnya dalam cara meningkatkan penjualan produk adalah dengan memahami proses transaksi dengan baik. Ini diperlukan untuk membantu menjawab keluhan dan menjaga kenyamanan konsumen ketika membeli kosmetik dari tokomu.

Proses pembelian barang di Shopee umumnya melalui empat tahap transaksi, meliputi keterlibatan, social, konversi, serta penyimpanan.

Tahap pertama, social menunjukkan kesadaran pengguna saat menemukan produk kosmetikmu pertama kali. Baik dalam fitur pencarian Shopee atau kategori produk di Top Picks.

Sementara itu, tahap keuda atau keterlibatan, yang merupakan proses pelanggan dalam memilih dan menentukan harga. Setelah sesuai, mereka akan beralih pada tahap ketiga, yakni konversi.

Konversi merupakan keputusan final konsumen untuk membeli produk yang mereka inginkan dari toko online-mu. Salah satu hal yang paling sering menjadi pertimbangan jadi tidaknya seseorang membeli produk adalah voucher gratis ongkir.

Gunakan My Shopee Ads untuk Branding Toko

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa Shopee memberikan banyak fitur menarik untuk seller-nya. Misalnya dengan menyediakan fitur iklan khusus di My Shopee Ads. Apakah kamu pernah dengar soal fitur ini?

My Shopee Ads terdiri dari program iklan Shopee dengan berbagai jenis dan keunggulan masing-masing. Mulai dari Iklan Produk, Iklan Pencarian Toko, Iklan Produk Serupa, dan banyak lainnya.

Nah, kamu bisa meningkatkan branding toko kosmetikmu lewat My Shopee Ads. Pilih penggunaan Iklan Pencarian Toko untuk menghasilkan konversi langsung ke tokomu, atau Iklan Produk untuk memaksimalkan penjualan kosmetik tertentu.

Tak hanya branding, iklan juga bisa digunakan sebagai cara meningkatkan penjualan di Shopee dengan efektif.

Mau coba pasang My Shopee Ads untuk toko kosmetikmu? Baca langkahnya di sini.

Promosikan Toko Online-mu di Media Sosial

Tak hanya menggunakan iklan khusus dari Shopee, kamu bisa memaksimalkan omset toko online dengan mempromosikannya di berbagai media sosial.

Tentu tidak lewat media sosial pribadimu saja. Kamu juga harus membuat media sosial bisnis khusus untuk toko/brand kosmetik yang kamu miliki.

Dengan memiliki media sosial sendiri, kamu bisa menaikkan kredibilitas toko dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Kamu juga bisa mengunggah berbagai jenis informasi toko ataupun produk yang kamu buat di platform tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa membranding toko melalui konten promosi yang dinamis dan interaktif di media sosial. Bahkan, kamu bisa menjalin hubungan yang baik dan erat dengan pelanggan tokomu.

Baca Juga: 10+ Jenis Media Promosi Online yang Menarik untuk Pasarkan Bisnis

Evaluasi dan Tingkatkan Reputasi Brand

Setelah melakukan pengoptimalan berbagai fitur Shopee dan menggunakan media sosial untuk promosi, kamu juga perlu menyempurnakan langkah-langkah di atas dengan evaluasi.

Yap! Langkah pamungkas ini sangat penting dalam cara meningkatkan penjualan di Shopee. Karena kamu perlu melihat seberapa efektif strategi pemasaran yang kamu terapkan sebelumnya.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui bagaimana brand kosmetikmu bersaing dengan kompetitor.  Sehingga kamu bisa menyiapkan strategi yang jauh lebih optimal untuk meningakatkan prnjualan produk.

Setelah membaca ulasan di atas, kamu pasti sudah mendapatkan gambaran bagaimana cara meningkatkan penjualan di Shopee yang efektif. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Tak cukup hanya membuat tokomu jadi lebih menarik dan menggunakan ads untuk menaikkan visibilitas. Kamu juga harus bisa memberikan pelayanan dan memaksimalkan kualitas produk jualanmu.

Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa membuat produk kosmetik berkualitas dan formulasi unik yang tak ada duanya. Tak hanya mampu bersaing di pasar nasional, kamu juga bisa menembus pasar Internasional dengan produk yang kamu buat bersama kami.

Nah, tunggu apa lagi? Segera hubungi tim kami dan buatlah produk impianmu dengan Mash Moshem Indonesia!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment