Bikin Glowing, Inilah Manfaat Ekstrak Akar Marshmallow Untuk Kecantikan

manfaat ekstrak akar marshmallow untuk kecantikan

Belakangan ini dunia kecantikan sedang menggandrungi produk yang mengandung ekstrak akar marshmallow. Hah, marshmallow? Bukannya itu untuk dimakan dan rasanya manis banget? Yep, kamu nggak salah baca kok. Ternyata marshmallow nggak hanya untuk dimakan saja, tapi juga bermanfaat bagi kecantikkan. 

Sebenarnya marshmallow itu merupakan jenis tanaman Althaea yang banyak tumbuh di daerah lembab dan dingin. Seperti Eropa, Asia Barat dan daerah Afrika Utama. Tumbuhan berbunga ini mempunyai segudang manfaat. Mulai dari akar hingga daunnya sangat berkhasiat bagi tubuh. 

Tumbuhan ini biasanya ditumbuk menjadi teh dan minuman hangat lain. Bahkan sebagian besar masyarakat Eropa juga memanfaatkannya menjadi obat-obatan herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Seperti flu, batuk, bronkitis hingga peradangan pada usus. 

Rasa manis yang alami juga membuat marshmallow diincar banyak orang sebagai bahan baku makanan. Beberapa di antaranya adalah permen, kukis hingga roti-rotian. Makanan tersebut menjadi incaran dari anak-anak hingga dewasa. Rasanya yang manis membuat marshmallow memberi kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya. 

Oleh karena itu tak hanya industri kesehatan dan kuliner yang memanfaatkan marshmallow. Industri kecantikan pun nggak mau ketinggalan. Dari banyak bagian pada marshmallow, yang paling diincar oleh industri ini adalah akarnya. 

Akar marshmallow mengandung ekstrak yang mempunyai segudang manfaat bagi kulit.  Nggak heran jika belakangan ini brand- brand kosmetik memanfaatkan ekstrak akar marshmallow untuk produk kecantikannya. 

Nah, benar nggak sih kalau ekstrak akar marshhmallow sebagus itu untuk kecantikan? Simak penjelasannya berikut!

Ekstrak Akar Marshmallow di Industri Kosmetik

manfaat ekstrak akar marshmallow untuk kecantikan

Ekstrak akar marshmallow ini memang kaya manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Dalam dunia medis, marshmallow sudah banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Seperti flu, batuk, bronkitis hingga gangguan saluran pencernaan. Ekstrak akar marshmallow menggandung senyawa antioksidan dan anti-peradangan. Teksturnya pun sangat lembut dan nggak bikin iritasi. 

Di industri koosmetik sendiri, ekstrak akar marshmallow banyak digunakan sebagai bahan baku skincare. Baik uuntuk wajah maupun badan. Mulai dari body wash, face wash, body spray hingga mosturaizer atau pelembbab. Tak hanya itu, beberapa brand kosmetik juga memanfaatkan ekstrak akar marsmallow menjadi parfum hingga make up juga. 

Menurut seorang penulis buku Radiant Skin From The Inside Out, Dr. Datter, kandunggan ekstrak akar marshmallow dapat melembabkan, melembutkan dan melindungi kulit. Bahkan ekstrak akar marshmallow ini juga merupakan anti-aging yang sangat kuat. 

Tak heran jika kamu menelisik ke toko kosmetik, banyak brand yang menawarkan ekstak akar marshmallow sebagai bahan utama pada produk anti-aging mereka. 

Penasaran apa saja manfaat ekstrak akar marshmallow uuntuk kecaantikan? Simak ulasan berikut ya. Happy reading!

Beragam Manfaat Ekstrak Akar Marshhmallow Untuk Kecantikan

manfaat ekstrak akar marshmallow untuk kecantikan

Selain menjadi pereda badmood yang ampuh ketika hari buruk tiba, marshmallow punya segudang manfaat lain. Apalagi untuk masalah kecantikan. Ekstrak akar masrhmallow bisa kamu jadikan piilihan utama untuk solusi masalah kulitmu. Ini dia manfaatnya:

Mengatasi Iritasi Kulit

Buat kamu yang sedang mengalami iritasi pada kulit. Produk yang mempunyai kandungan ekstrak akar marshmallow harus kamu pertimbangkan. Sebab produk ini sangat cocok dan ampuh uuntuk mengatasi masalah kulitmu yang satu ini. 

Ekstrak akar marshmallow mengandung antiooksidan dan bersifat anti-peradangan. Sehingga sangat membantu menyembuhkan kulitmu yang sedang mengalami iritasi. Seperti bruntusan atau iritasi lainnya yang diakibatkan oleh dermatitis atau eksim. 

Kamu bisa menjadikan ekstrak akar marshmallow sebagai salep dan mengoleskannya setiap hari secara rutin. Bahkan sebuah studi penelitian yang dilakukan pada 2013 lalu, menemukan fakta jika saleb yang mengandung 20 persen ekstrak akar marshmallow dapat mengurangi iritasi kulit dengan ampuh dan cepat.

Mencegah Dan Menyembuhkan Jerawat Meradang

Buat kamu para pejuang jerawat, its a good news! Karena selain mengatasi iritasi, manfaat ekstrak akar marshmallow yang lain adalah untuk membantu menyembuhkan jerawat yang meradang. Kandungan ekstrak akar marrshmallow yang bersifat antibakteri cocok untuk mengurangi peradangan pada kulitmu yang disebabkan oleh jerawat. 

Selain itu kandungan antioksidan yang tinggi pada ekstrak akar marshmallow juga sangat membantu mengurangi dan mencegah jerawat. Sebab antioksidan ini bersifat menangkal radikal bebas yang membuat jerawat itu bermunculan. 

Tak hanya jerawat saja, namun kandungan ini juga cocok untuk mengatasi luka pada kulit. Seperti luka gores yang disebabkan oleh benda tajam. Karena sifat antibakteri pada ekstrak akar marshmallow berpotensi tinggi untuk membunuh bakteri gram-positif yang ditemukan pada luka-luka infeksi. 

Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan Dini

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, belakangan ini banyak sekali produk-prooduk anti aging yang mengusung ekstrak akar masrhmallow sebagai bahan utama. Sebab ekstrak tanaman ini mengandung antioksidan yang tingga. Sehingga sangat cocok untuk mencegah penuaan dini. 

Kandungan antioksidan yang tinggi pada ekstrak akar marshmallow dipercaya dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan readikal bebas. Sebab jika jumlah radikal bebas terlalu banyak dalam kulit akan mengurangi jumlah produksi kolagen dalam tubuh.

Tak hanya itu, radikal bebas juga dapat menghambat perbaikan alami kulit dan memicu peradangan. Hal terrsebut akan memicu penuaan dini dengan cepat. 

Oleh karenanya, di sinilah peran antioksidan pada ekstrak akar marshmallow diperlukan. Yaitu untuk mencegah aktivitas oksidatif sel dan meningkatkan vitamin E dalam tubuh. Sehingga proses produksi kolagen dalam kulit dapat meningkat. Dan kamu bisa mmenjadi lebih awet muda. 

Membantu Mencerahkan Kulit

Kulit cerah dan sehat adalah kebanggan bagi para perempuan Indonesia. Oleh karena itu, marshmallow ini sangat cocok untuk kamu yang mendambakan hal itu. Sebab salah satu manfaat ekstrak akar masrhmallow adalah untuk mencerahkan kulit. 

Paparan sinar matahari sering membuat warna kulitmu tidak merata. Sinar matahari bisa memicu perubahan melanin pada kulitmu. Jika ini terjadi, kulitmu akan menjadi lebih gelap dan kusam. 

Tenang dulu, karena kandungan antioksidan pada akar marshmallow ini akan membantu mengatasinya Antioksidan di sini akan berperan sebagai penghambat tirosinase. Yaitu enzim yang merangsang produksi melanin. Sehingga kuulitmu bisa cerah merata. 

Melindugi Dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari memang membawa berbagai dampak bagi kulit. Radikal bebas yang dihasilkan sinar itu dapat membawa kerusakan. Bahkan paparan sinar maharari yag berlebihan bisa sangat membahayakan kulit kamu loh. 

Salah satunya bisa merusak DNA dan menyebabkan mutasi sel hingga memicu timbulnyya kanker kulit. Serem banget kan. Namun kandungan ekstrak akar marshmallow ini bisa membantumu mencegah hal tersebbut.

Antioksidan memiiliki sifat anti-inflamasi yang beguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.  Sifat anti inflamasi ini dapat mengurasi respon mengurangi peradangan pada kulit, mencegah kulit terbakar dan juga meningkatkan pelindungan pada kulit oleh paparan sinar matahari berlebih. 

Mengenyalkan Kulit

Jika kamu menggunakan atau mengkonsumsi ekstrak akar marshmallow secara rutin, dijamin kulitmu akan menjadi kenyal dan sehat. Sebab kandungan antioksidan pada ekstrak akar marshmallow ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. 

Kolagen sendiri berfungsi untuk menyehatkan kulit. Jadi jika kolagen pada tubuhmuu terproduksi dengan baik, kulitmu akan menjadi lebih kenyal dan sehat. 

Mengencangkan payudara

Well, lagi-lagi manfaat ekstrak akar marshmallow ini tidak perlu diragukan lagi. Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, ternyata estrak akar marshmallow juga berguna untuk mengencangkan payudara. 

Payudara sendiri secara garis besar terdiri dari kelenjar lemak, payudara dan kelenjar susu. Nah kelenjar susu ini adalah penguhubung antara kelenjar payudara dan kulit. Kelenjar susu itu sendiri terbentuk dari kolagen. Jika kolagen dalam tubuh kurang, ituu dapat membuat kelenjar susu menjadi kendur.

Selain itu, keadaan kulit pada payudara juga menjadi pengaruh bagi kekencangannya. Jika kulit di sekitar payudara kendur, hal itu juga memengaruhi bentuknya.

Oleh karena itu kandungan antioksidan pada ekstrak akar marshmallow sangat membantu merangsang pertumbuhan kolagen dalam tubuh. Jika kolagen terproduksi dengan baik, maka itu akan meningkatkan pula kekencangan payudara. 

Menghidrasi Kulit

Buat kamu yang punya kulit kering, jangan khawatir. Sebab salah satu manfaat ekstrak akar marshmallow untuk kecantikan adalah untuk menghidrasi kulit. Kamu bisa menggunakan ekstrak akar ini sebagai serum atau pelembab.

Tektur yang berbentuk esens ini sangat lembut dan bisa menghidrasi kulit. Sehingga dapat mengatasi masalah kulit keringmu. Karena kulit kering jika tidak segera diatasi akan menyebabkan aktivasi eksim, seperti kulit pecah-pecah, peradangan, kemerahan, dan gatal.

Menghilangkan Selulit

Manfaat ekstrak akar marshmallow untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk menghilangkan selulit. Seringkali masalah yang satu ini membuat kita tidak percaya diri. Apalagi buat kamu yang suka berpakaian terbuka seperti bikini. Pasti selulit akan sangat menganggu.

Kandungan kolagen pada ekstrak akar marshmallow bisa menghaluskan selulit dengan memperkuat lapiran dermis. Dengan mengkonsumsi ekstrak akar marshmallow secara rutin, elastisitas dan ketebalan kulitmu akan meningkat, sehingga perkembangan selulit bisa dicegah.

Membuat Rambut Menjadi Lebih Tebal Dan Sehat

Nggak hanya untuk kulit saja, manfaat ekstrak akar marshmallow untuk kecantikan juga bisa sebagai sampo untuk rambut. Kandungan anti-oksidan dan kolagen yang ada di dalam ekstrak akar ini dapat memicu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Sehingga rambut terlihat tebal, kuat dan sehat.

Tak hanya itu, ekstrak akar marshmallow ini juga bisa berguna untuk memperlambat munculnya uban dan penipisan rambut. Jadi buat kamu yang mengalami rambut rusak, sampo dengan kandungan ekstrak akar ini bisa menjadi pilihan utama. Selamat mencoba!

Nah, itu semua adalah manfaat ekstrak akar marshmallow untuk kecantikan. Banyak banget kan. Tapi ada nggak sih efek samping dari penggunaan ekstrak akar dari tumbuhan yang satu ini? Well, kamu harus simak ulasan berikut!

Efek Samping Penggunaan Ekstrak Akar Marshmallow Dalam Industri Kosmetik

Sampai tulisan ini dibuat, belum ada studi dan penelitian khusus yang menerangkan jika ekstrak akar marshmallow ini mempunyai efek samping. Baik dari segi indrustri kesehatan maupun kosmetik.

Bahkan beberapa penelitian mengatakan jika ekstrak akar ini sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari. Namun juga jangan berlebihan ya! Karena ekstrak akar marshmallow ini cenderung manis, jadi kamu yang punya riwayat diabetes harus ekstra hati-hati. Jika kamu ingin mengkonsumsinya secara rutin, lebih baik konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Namun untuk kamu yang menggunakan ekstrak akar marshmallow sebagai serum, sabun cuci wajah atau yang lainnya, sangat aman digunakan.

Setelah baca uraian di atas, enggak nyangka banget kalau ternyata manfaat akar marshmellow untuk kecantikan kulit dan rambut sangat beragam. Tak heran, banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan alami ini ke dalam formulanya.

Nah, Ladies, kamu juga bisa membuat produk kecantikan sendiri dengan akar marshmellow ini. Pengen tahu caranya?

Gampang aja! Kamu hanya perlu maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia.

Yap, hanya dengan empat langkah super sederhana, kamu bisa membuat brand kosmetik sendiri tanpa ribet dan banyak aksi melelahkan. Semua proses formulasi, pembuatan sampel, pengurusan sertifikat dan legalitas, kemasan, hingga produksi massal kami yang handle.

Dijamin deh, kamu tinggal duduk manis dan tunggu produk kosmetik impianmu jadi terus siap dipasarkan. Gimana, tertarik?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment