Cara Membangun Brand Positioning untuk Bisnis Kosmetik, Banyak Manfaatnya!

cara membangun brand positioning

Saat akan membangun bisnis kosmetik dengan brand sendiri, tak hanya modal dan tempat usaha saja yang masuk dalam skala prioritasmu. Terkadang ada banyak hal kecil yang juga harus kamu pertimbangkan baik-baik, misalnya Brand Positioning.

Bagi kamu yang baru mulai membuat brand kosmetik sendiri, brand positioning mungkin masih terdengar cukup asing. Namun, strategi ini justru sangat penting untuk dipelajari dan telah banyak digunakan oleh berbagai pelaku usaha dalam menjalankan bisnis mereka.

Lantas bagaimana cara membangun brand positioning untuk bisnis kosmetik ini? Keuntungan dan manfaat apa yang akan kamu dapatkan?

Simak ulasan berikut ini sampai habis, supaya kamu tahu jawabannya!

Apa itu Brand Positioning?

Ketika akan membeli kosmetik di retail-retail besar, kamu pasti melihat banyak etalase yang tertata rapi. Semua produk ini ditata sesuai dengan merk dan jenisnya, entah skincare, body care, dan banyak lainnya.

Penataan ini dibuat untuk membantu pembeli memilih dan mencari produk yang mereka inginkan dengan mudah.

Nah, tak hanya dapat digunakan untuk menata barang di etalase toko. Konsep kerja yang sama juga bisa kamu terapkan dalam brand kosmetik yang kamu rintis lho, Beautypreneur!

Yap! Strategi satu ini dapat kita sebut sebagai brand positioning atau penempatan brand. Dalam prosesnya, kamu dapat memahami bagaimana posisi brand dalam masyarakat. Sehingga brand kosmetik milikmu bisa mendapatkan tempat yang istimewa di mata pelanggan.

Menurut para ahli, brand positioning merupakan tindakan merancang penawaran dan membangun citra perusahaan sedemikian rupa. Tujuannya, brand akan mendapatkan citra positif dan mendapatkan tempat di hati target pasar brand kosmetikmu.

Sederhananya, strategi ini bertujuan untuk membuat brand kosmetikmu dapat diterima dan disambut oleh masyarakat dengan baik.

Nah, cara membangun brand positioning untuk bisnis kosmetik sebenarnya bisa dilakukan melalui beberapa langkah. Termasuk membuat harga yang kompetitif, lewat promosi, pengemasan, distribusi, dan banyak lainnya.

Ketika semua hal tersebut telah kamu persiapkan dengan maksimal, maka kesan dan citra unik dari brand kosmetikmu akan sampai pada benak masyarakat.

Manfaat Membangun Brand Positioning untuk Bisnis Kosmetik

cara membangun brand positioning

Setelah mengetahui sekilas tentang konsep dan cara kerja brand positioning, apakah kamu sudah memiliki gambaran mengenai pentingnya menggunakan strategi ini untuk bisnis kosmetikmu?

Well, sama halnya dengan strategi bisnis lainnya, brand positioning juga sangat berpengaruh besar pada perkembangan bisnis kosmetikmu. Khususnya pada bagaimana masyarakat menerima produk-produk yang akan kamu jual di pasaran nantinya.

Lantas apa sih yang membuat brand positioning ini manfaatnya untuk bisnis kosmetik? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Pada dasarnya, strategi brand positioning ini diciptakan untuk meningkatkan dan mempertahakan kesetiaan konsumen pada bisnismu. Misalnya, dengan membuat image brand jelas dan kredibel di mata masyarakat.

Membuat Brand Kosmetik Lebih Mudah Dikenali

Manfaat yang kedua adalah membuat brand kosmetik jadi lebih mudah dikenali. Seperti yang kamu tahu, pasar kosmetik Indonesia belakangan sangat ramai.

Enggak hanya didominasi oleh brand-brand local, tapi juga brand kosmetik luar negeri. Tentu, ini akan jadi tantangan tersendiri buatmu, utamanya dalam membuat brand kosmetikmu dikenal dan diterima oleh masyarakat.

Nah, ketika menerapkan staretgi brand positioning dalam menjalankan bisnis kosmetikmu. Enggak hanya brand kosmetikmu dapat lebih mudah dikenali, tapi juga bisa memberi kesan pertama yang positif pada mereka.

Dengan begitu, calon konsumen yang terpikat tersebut akan tertarik untuk mencoba produk kosmetikmu, dan beralih dari kompetitor.

Menciptakan Kesan dan Image Brand yang Positif

Telah banyak disinggung sebelumnya, bahwa strategi brand positioning ini membantu menciptakan kesan positif pada image brand.

Kamu bisa memaksimalkan manfaat ini dengan menggunakan strategi pemasaran yang efisien dan efektif. Sehingga kesan positif yang kamu bangun tersebut dapat dengan mudah ditangkap oleh masyarakat.

Misalnya dengan memperhatikan penggunaan kemasan, bahan-bahan dalam produk, juga bagaimana konten promosi yang tepat. Atau, kamu juga bisa menggaet brand ambassador tersendiri agar hasilnya maksimal.

Cara Membangun Brand Positioning untuk Bisnis Kosmetik

Agar posisi brand di masyarakat bisa mendapat tempat yang spesial, maka kamu harus memperhatikan betul bagaimana cara membangun brand positioning untuk bisnis kosmetik itu sendiri.

Ada beberapa langkah yang harus kamu simak, sehingga kamu bisa menciptakan value yang tepat dan unik untuk menarik perhatian atau minat konsumen.

Berikut beberapa cara membangun brand positioning untuk bisnis kosmetik yang perlu kamu tahu. Yuk, simak baik-baik, Beautypreneur!

Jangan Asal Pilih Nama Brand

Banyak pengusaha baru yang kerap menganggap bahwa nama brand sangat sepele. Enggak jarang juga, yang baru memikirkan persoalan nama ini ketika produk yang diidamkan sudah jadi. Padahal, nama brand kosmetik ini bisa berpengaruh besar pada brand positioning. Kok bisa?

Tahu enggak, sebenarnya selain membawa karakter dari bisnismu, nama brand juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Sebab itu, penting bagimu untuk memilih nama brand yang unik dan mudah untuk diucapkan. Sehingga konsumen akan mudah mengingatnya dan mudah mengenali brandmu di kemudian hari.

Meski ingin membuat nama yang unik, kamu juga enggak boleh terlalu bereksperimen, ya. Artinya, jangan menggunakan gabungan kata yang kurang enak didengar, atau bahkan memakai singkatan yang sulit dilafalkan. Karena konsumen akan merasa kurang nyaman dan membuat nama lebih susah diingat.

Yang jadi persoalan, nama brand kosmetik juga tidak bisa dibentuk sembarangan. Kamu juga enggak boleh asal jiplak nama brand ternama tertentu.

Bukannya malah membuat brandmu dipercaya, hal ini justru membuat kepercayaan masyarakat menurun. Untuk itu, ketika memilih nama tertentu ada baiknya kamu mengecek ke halaman resmi HAKI di internet.

Bingung bagaimana cara memilih nama brand kosmetik yang menarik? Cari tahu di sini.

Perhatikan Kemasan Produk dengan Baik

Kemasan dalam produk kosmetik memiliki fungsi ganda. Selain sebagai pelindung sediaan/isi produk, juga bisa digunakan dalam strategi branding. Karenanya, cara membangun brand positioning untuk bisnis kosmetik selanjutnya adalah memperhatikan pemilihan kemasan produk dengan baik.

Tentu ketika menentukan kemasan produk, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah nilai praktis dan keamanannya. Jangan sampai kosmetik yang kamu buat ini tumpah, pecah, atau bahkan teroksidasi selama penyimpanan.

Selain itu, kamu juga perlu membuat kemasan ini sesuai dengan karakter brand kosmetikmu. Misalnya, brand-mu menghadirkan kampanye tentang go natural. Kemasan yang kamu pakai bisa menggunakan bahan yang mudah didaur ulang, menggunakan desain dengan warna-warna alam, dan sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Kemasan Produk untuk Brand Kosmetik dan Cara Memilihnya

Harga Jual Produk Kosmetik

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan dalam cara membangun brand positioning untuk bisnis kosmetik adalah harga jual produk.

Yap! Kamu pasti mendapati banyak jenis produk kecantikan yang kini dibandrol dengan harga cukup kompetitif. Tentu, ini merupakan strategi yang sangat efektif untuk menarik minat masyarakat agar mencoba produk tersebut.

Tapi pertanyaannya, apakah kamu juga perlu memasang harga yang sama pada produkmu? Apalagi kalau spesifikasi dan fungsinya hampir serupa.

Ada dua kemungkinan yang harus kamu perhatikan. Pertama, bila kamu mau membuat harga yang lebih murah, ini berkemungkinan besar akan lebih menarik konsumen. Tapi, apakah harga tersebut bisa menutupi biaya produksi?

Jangan sampai hanya ingin menarik perhatian konsumen dengan harga yang murah, kamu akhirnya menciptakan produk dengan kualitas standar. Mereka mungkin akan mencobanya sekali, tapi kalau tidak ada hasil yang terlihat, tidak ada jaminan konsumen ini akan kembali.

Kedua, kalau kamu ingin membuat harga yang lebih mahal dari competitor. Kamu harus bisa mengunggulkan nilai unik dari brand kosmetikmu dengan baik pada masyarakat.

Jangan takut untuk bereksperimen dalam hal ini, karena konsumen kosmetik kini telah sangat teredukasi. Mereka enggak akan asal pilih produk hanya karena harganya yang murah, tapi juga meneliti manfaat dan risikonya pada kulit.

Ketahui Juga: Cara Menentukan Harga Jual Produk Kosmetik yang Tepat dan Menguntungkan

Perhatikan Manfaat Produk Kosmetik

Cara membangun brand positioning untuk bisnis kosmetik selanjutnya adalah dengan memperhatikan manfaat produk tersebut.

Pada dasarnya, produk kosmetik memiliki manfaat yang hampir mirip satu sama lain. Bahan-bahan yang mereka pakai pun cenderung sama. Lantas apa yang membuat masyarakat jadi berminat pada suatu produk tersebut?

Ketika ada brand kosmetik A yang menyatakan bisa mengatasi masalah jerawat membandel dengan cepat. Sementara brand kosmetik B pun memiliki manfaat utama yang sama.

Nah, di sisi lain kamu juga ingin membuat produk skincare serupa. Bagaimana caramu bisa menyingkirkan dua brand kosmetik tersebut?

Yap! Kamu harus bisa menciptakan manfaat baru dalam produk yang kamu miliki. Misal dengan mengunggulkan bahannya, juga sifatnya di kulit, dan bagaimana efek lanjutannya kepada jerawat.

Sebagai contoh, produkmu menggunakan bahan alami yang tidak akan mengiritasi kulit, tak hanya membuat jerawat hilang tapi membuat bekasnya tersamarkan.

Tentu, konsumen yang membaca manfaat produkmu akan lebih tertarik dan beralih dari kedua brand yang ada pada contoh di atas.

Gunakan Sudut Pandang Konsumen

Langkah selanjutnya dalam cara membangun brand position untuk bisnis kosmetik adalah dengan menggunakan sudut padang konsumen.

Artinya, kamu perlu membuat konten promosi yang bisa menggambarkan manfaat dan keuntungan yang akan diperoleh konsumen ketika menggunakan produkmu.

Cara ini umumnya membutuhkan adanya sosok riil untuk menggambarkan manfaat produk. Misalnya, ketika kamu memiliki produk skincare khusus untuk remaja dan memiliki manfaat melawan jerawat. Maka, kamu perlu menampilan sosok/model yang dapat menggambarkan manfaat tersebut.

Dengan begitu, konsumen akan semakin percaya dan tertarik dengan klaim skincare yang kamu buat. Apalagi jika produkmu benar-benar bisa membuktikan klaim yang ada, pasti konsumen akan terus melakukan pembelian ulang.

Menggunakan Prespektif dari Kompetitor

Tak hanya mengambil sudut pandang konsumen, kamu juga bisa membangun brand position untuk brand kosmetik dengan menggunakan prespektif dari competitor.

Sebagai contoh, misalnya skincare dari merk A menjanjikan dapat mengatasi jerawat dalam 14 hari pemakaian. Sementara skincare dari merk B mengklaim dapat mengatasi jerawat dalam waktu 7 hari saja.

Secara tak langsung, merk skincare B menggunakan skincare A untuk menaikkan posisi brandnya di mata konsumen. Karena konsumen akan membandingkan dan memilih produk mana yang paling menggiurkan dari mereka.

Perhatikan Kategori Produk

Kalau kamu sering melihat toko-toko online di Shopee, Tokopedia, atau berbagai jenis e-commerce lainnya. Kamu pasti sering menjumpai adanya tagline ‘Produk Terlaris’. Nah, tahukah kamu kalau pengkategorian produk ini bisa jadi salah satu cara membangun brand positioning untuk bisnis kosmetik?

Kalau kamu memiliki banyak jenis produk kosmetik, cara ini bisa kamu terapkan. Kamu bisa memilih satu produk yang menjadi unggulan, baik karena manfaatnya, bahannya, ataupun seberapa besar minat masyarakat akan produk tersebut.

Tak hanya itu, akan lebih baik juga kalau kategori produk ini enggak hanya memiliki satu jenis saja. Sebagai contoh, ketika produk unggulanmu adalah produk pereda jerawat. Maka untuk menambah nilai, kamu bisa memberikan klaim tambahan.

Misalnya, produk untuk mengatasi jerawat membandel, cocok untuk kulit sensitive, dan dapat mengatasi noda jerawat.

Lakukan Riset Kompetitor Secara Berkala

Ketika menjalankan sebuah bisnis, kamu akan menemui banyak persaingan di pasar. Karenanya, agar dapat menyusun strategi yang efektif, kamu juga perlu memahami bagaimana cara kerja kompetitor untuk memenangkan pasar.

Dengan begitu kamu dapat menyusun rencana yang lebih progresif dan efisien. Tak hanya untuk menjangkau target pasar secara khusus, tapi juga memenangkan pasar itu sendiri.

Kamu bisa melakukan riset dengan mencari tahu produk apa saja yang mereka jual, apa nilai uniknya, bagaimana cara mereka mempromosikan suatu produk, dan banyak lainnya.

Baca juga: Manfaat dan Cara Melakukan Riset Kompetitor Brand Kosmetik

Kembangkan Ide Branding yang Kamu Miliki

Langkah selanjutnya adalah dengan mengembangkan ide branding yang kamu miliki. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa inovasi sangat diperlukan untuk membuat bisnis kosmetik cepat berkembang.

Cara membangun brand positioning untuk bisnis kosmetik pun enggak boleh stagnan. Kamu harus paham tren kecantikan, isu-isu terkini, sehingga dapat membuat konten pemasaran dan branding yang fresh.

Lakukan Uji Pasar

Setelah mengembangkan ide dan membentuk branding yang segar kamu harus mengujinya pada target pasar. Apakan konten ini sudah cukup efisien atau masih memerlukan adanya perbaikan kembali?

Jika hasil yang kamu dapatkan setelah pengujian tersebut di bawah ekspektasi, artinya kamu harus melakukan evaluasi kembali. Kemudian, menyusun ulang strategi yang lebih menarik dan dapat membangun image brand yang kamu inginkan.

Nah, itu adalah berbagai hal tentang cara membangun brand positioning yang mungkin belum kamu ketahui dengan rinci.

Dari uraian di atas kamu pasti memahami bahwa sangat penting untukmu menyusun strategi bisnis terbaik agar dapat memenangkan pasar kosmetik di Tanah Air. Misalnya dengan membuat produk kosmetik yang unik dan berkualitas.

Mash Moshem Indonesia bisa membantumu memaksimalkan poin satu itu, lho! Yap, bersama tim RnD kami, kamu dapat menciptakan produk kosmetik terbaik dengan formula yang unik dan tidak ada duanya.

Tak hanya satu atau dua jenis kosmetik, kami bisa membuatkan berbagai jenis produk sesuai dengan kebutuhanmu. Mulai dari skincare, body care, hair care, make up, dan banyak produk lainnya.

Caranya mudah dan biaya yang kamu keluarkan enggak perlu terlalu besar. Karena Mash Moshem Indonesia menawarkan jumlah minimal produksi yang rendah, yakni hanya 1000 pcs saja.

Tak hanya itu, kami juga akan membantumu mengurus segala bentuk legalitas, sertifikasi, hingga menyediakan media pemasaran untuk kegiatan promosi brand kosmetikmu. Mulai dari FAQ, brosur dan katalog, hingga foto dan video produksi.

Menarik, bukan? Segera buat produk kosmetikmu bersama Mash Moshem Indonesia, yuk!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment