Mau Bikin Toko Kosmetik, Ini Dia Perincian Modal dan Kiat-kiat Suksesnya!

PT mash moshem indonesia

Berbisnis di bidang kosmetik memang sangat menjanjikan. Karena peminat kosmetik kian meningkat dan bervariasi dari tahun ke tahun. Hal ini menjadikan bisnis kosmetik selalu mengalami peningkatan dan tak sekedar jadi bisnis musiman.

Misalnya nih, dilansir dari Tempo.com bisnis kosmetik ditargetkan tumbuh 9% di tahun 2020 lalu. Pertumbuhan tersebut bertumpu pada perluasan ragam jenis kosmetik serta personal care. Tak hanya itu, produk dengan sertifikasi halal juga memiliki peranan tersendiri untuk menaikkan minat masyarakat terhadap kosmetik.

Nah, dari sana dapat dipahami bahwa bisnis kosmetik semakin berpeluang besar. Lebih lanjut, dalam Tempo.com juga dikatakan bahwa ekspor produk kosmetik nasional pada tahun 2019 lalu mencapai 600 juta Dolar Amerika. Jumlah yang lebih tinggi dibandingkan pada capaian pada tahun sebelumnya.

Untuk itu memilih berbisnis di bidang kosmetik adalah pilihan yang sangat tepat. Kamu bisa mencari referensi ide berbisnis kosmetik di sini.

Ide-ide bisnis kosmetik pun sangat banyak macamnya, salah satunya adalah membuka toko kosmetik. Jenis usaha ini dapat dibilang sangat populer dibanding yang lain. Hal ini karena toko kosmetik lebih mudah dan sederhana untuk dijalankan oleh pemula.

Tapi apakah benar begitu? Sebagai jawaban, mari simak ulasan mengenai modal-modal dan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membuka toko kosmetik baik online dan offline di bawah ini.

Berbisnis Kosmetik Dengan Membuka Toko Kosmetik Rumahan

Modal yang Diperlukan

rupiah

Modal yang perlu disiapkan untuk mulai menggeluti bisnis toko kosmetik meliputi dua hal. Yakni investasi awal dan modal operasional. Kalau kamu mau membuka toko yang lebih besar, Anda juga harus mempersiapkan gaji karyawan.

Modal Investasi Toko Kosmetik Offline

Modal ini meliputi biaya-biaya yang sifatnya tetap, atau dengan kata lain bisa dijadikan investasi. Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.

Modal Investasi Toko Kosmetik OfflineBesarnya Biaya (Rp)
Etalase2.000.000
Kursi dan meja700.000
Rak1.000.000
Renovasi Ruang750.000
1.1 Tabel Modal Investasi Toko Kosmetik Offline

Modal Operasional Toko Kosmetik Offline

Sementara itu biaya operasional toko kosmetik meliputi upah karyawan, sewa lokasi, biaya telp dan listrik, dan belanja produk-produk kosmetik yang akan dijual. Karena rumahan, maka lokasi dapat dilakukan di rumah atau di sekitar pemukiman tempat tinggal.  Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.

Modal Operasional Toko Kosmetik OfflineBesarnya Biaya (Rp)
Pembelian Kosmetik10.000.000
Listrik dan air100.000
Telepon100.000
Upah Karyawan800.000 – 1.000.000
Biaya lain-lain100.000
Bangun toko kosmetik sederhana2.000.000
Sewa tempat di lingkungan sekitar2.000.000-5.000.000
1.2 Tabel Modal Operasional Toko Kosmetik Offline

Langkah-langkah Membuka Toko Kosmetik Offline

Riset Pasar

reseller dandropship

Anda tidak mungkin membuat toko kosmetik tanpa produk. Namun sebagian besar orang merasa kesulitan untuk menentukan produk dan merk apa yang ingin mereka jual. Hasilnya tidak banyak yang sembarangan saja membeli karena harganya yang murah atau tergiur dengan laba instan.

Untuk mengetahui tipe produk yang akan dijual sangatlah mudah. Misalnya dengan menggunakan pertanyaan kepada diri sendiri tentang produk kecantikan apa yang paling kamu butuhkan.

Kamu bisa juga mengecek tren melalui media sosial. Misalnya jenis make up apa yang paling viral, banyak digunakan dan responnya bagus.

Sementara itu, kamu juga dapat memperhatikan usia rata-rata pengguna make up yang ada di lingkunganmu. Serta bagaimana daya beli mereka, sehingga kamu dapat menyesuaikan produk-produk apa yang akan diminati dan cepat dibeli oleh masyarakat.

Lokasi Toko Kosmetik Rumahan

Untuk mulai berbisnis toko kosmetik rumahan, kamu cukup menyiapkan bagian di rumahmu untuk dijadikan sebagai toko. Biaya renovasinya tentu lebih murah dibanding membangun dari awal.

Namun jika modal terbatas dan kamu tidak memiliki ruang yang cukup di rumah, maka dapat dengan menyewa tempat usahanya saja.

Siapkan Daftar Supplier

syarat maklon kosmetik

Suplier tentu sangat berperan penting dalam membuka toko kosmetik, karena dari sanalah kamu mengambil stok produk kosmetik yang ingin kamu jual. Pertimbangkan harga beli, jauh dekat lokasinya dari tokomu, dan kualitas kosmetik yang dijual.

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Kosmetik Offline

Kelengkapan Produk Toko Kosmetik

toko kosmetik

Berbisnis toko kosmetik sudah sangat menjamur, untuk itu saingannya juga sangatlah banyak. Dengan begitu kamu harus terlihat menonjol agar banyak pembeli yang datang atau membeli produk dari tokomu.

Kamu bisa mulai menarik pelanggan dengan menyediakan produk yang lengkap. Misalnya mulai dari perawatan rambut, wajah, badan hingga ke ujung kaki. Usahakan pula, banyak pilihan dan variasi dari berbagai produk itu.

Perhatikan hal-hal mendasar seperti merk-merk kosmetik paling laku dan yang paling ngetrend. Kamu juga harus pandai memilih stok barang. Misalnya untuk barang yang kurang diminati, maka jangan terlalu banyak. Dan jika danamu cukup, tak ada salahnya berinvestasi pada produk yang paling banyak diinginkan pembeli.

Maksimalkan Pelayanan Pembeli

DIskusi Produk Kosmetik

Hal ini sangat krusial untuk toko kosmetikmu, lho. Kalau pelayanan yang kamu berikan tidak maksimal, bisa saja seorang pembeli akan merasa sangat tidak nyaman dan akhirnya batal bertransaksi.

Agar pelayananmu maksimal, kenalilah produkmu dengan lebih baik. Kamu harus tahu manfaat dan kandungan dari produk itu. Dengan demikian kamu juga dapat memberikan saran-saran yang bermanfaat kepada pembeli.

Tak hanya itu, kamu juga butuh karyawan yang berpengalaman dan dapat berkomunikasi dengan baik. Misalnya tetap ramah kepada konsumen dan telaten memberikan penjelasan produk yang dijual.

Dengan menerapkan hal-hal itu, pembeli akan merasa nyaman dan akhirnya menjadi loyal dengan tokomu. Mereka akan dengan senang hati melakukan pembelian lagi dan bahkan bisa saja dalam jumlah yang lebih besar.

Adakan Promosi

Cara ini dapat dibilang cukup efektif untuk menarik pelanggan, apalagi kalau toko kosmetikmu tergolong baru. Promosi yang efektif akan membuat nama tokomu dengan mudah dikenal dan dikenang oleh calon pembeli.

Kamu bisa berpromosi melalui nama toko yang keren dan trendi, membuat papan poster yang mencolok dan mempromosikan lewat media sosialmu.

Beri Nilai Lebih

nilai lebih

Untuk sukses pada usaha toko apapun maka usahamu harus memiliki nilai lebih, tak terkecuali pada usaha toko kosmetik.

Hal-hal yang dapat kamu maksimalkan dan jadikan nilai lebih dari tokomu misalnya melalui kenyamanan bertransaksi, harga yang lebih ekonomis, keramahan pada pembeli, dan penampilan yang baik (bisa dari desain toko, hingga penampilan karyawan).

Dengan demikian pembeli akan merasa nyaman untuk datang ke tokomu. Mereka akan selalu mempertimbangkan toko kosmetikmu ketika ingin membeli produk-produk kecantikan.

Cantumkan Toko Kosmetikmu di Google Maps

google maps

Agar bisnismu dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan diketahui oleh banyak orang, tidak ada salahnya menambahkan lokasi toko kosmetikmu di Google Maps.

Fitur ini berguna untuk mempermudah calon konsumen mengetahui lokasi, nama bisnis, nomor telp, hingga memuat ulasan-ulasan pelanggan. Dengan demikian toko kosmetikmu akan lebih mudah dikenal dan diketahui oleh calon pembelimu.

Dengan kata lain, Google Maps adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis toko kosmetikmu ke calon konsumen terdekat.

Berbisnis Kosmetik Dengan Membuka Toko Online

Kini membuka toko kosmetik tak hanya dapat dilakukan secara offline, melainkan dapat juga melalui media sosial. Di era digital ini, toko kosmetik online menjadi salah satu jenis bisnis kosmetik yang paling digandrungi.

Proses transaksi yang mudah dan praktis juga semakin membuat banyak konsumen beralih melakukan belanja daring. Tak hanya itu, produk-produk kosmetik yang disediakan juga jadi lebih beragam dan bervariasi. Untuk memulai bisnis online ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut.

Modal yang Dibutuhkan

reseller

Modal yang dibutuhkan dalam berbisnis toko kosmetik online bisa dibilang lebih sedikit daripada offline. Hal ini karena biaya-biaya untuk toko fisik dan karyawan dapat dikurangi. Sehingga kamu dapat menjalankan bisnismu dari rumah.

Sarana yang diperlukan bisa sangat sederhana, yakni smartphone dan laptop. Selebihnya, media promosi dan pembayaran dilakukan secara online. Supaya dapat mengira-ira, berikut rincian dana modal untuk membuat toko online.

Modal Investasi Toko Kosmetik Online

Modal ini meliputi biaya-biaya yang sifatnya tetap, atau dengan kata lain bisa dijadikan investasi. Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.

Modal Investasi Toko OnlineBesarnya Modal (Rp)
Laptop5.000.000
Smartphone3.000.000
2.1 Tabel Modal Investasi Toko Kosmetik Online

Modal Operasional Toko Kosmetik Online

Sementara itu biaya operasional toko kosmetik meliputi upah karyawan, sewa lokasi, biaya telp dan listrik, dan belanja produk-produk kosmetik yang akan dijual.  Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.

Modal Operasional Toko Kosmetik OnlineBesar Biaya (Rp)
Pembelian Kosmetik10.000.000
Listrik100.000
Kuota100.000
Lakban dan ATK200.000
Biaya Iklan di Media Sosial300.000
Biaya Iklan di Marketplace500.000
2.2 Tabel Modal Operasional Toko Kosmetik Online

Langkah Membuka Toko Kosmetik Online

digital marketing

Memilih Platform Toko Online yang Diinginkan

Ada tiga cara utama untuk berjualan secara online, dan masing-masing memenuhi kebutuhan penjualan dan pemasaran tertentu.

Toko Kosmetik di Media Sosial

Cara ini terbilang cukup sederhana dan mudah. Karena kamu hanya perlu membuat akun media sosial untuk bisnismu. Misalnya lewat facebook, Instagram, Line dan sebagainya.

Apalagi banyak dari media sosial telah menyediakan beberapa fitur khusus untuk pebisnis yang mudah digunakan. Yakni Facebook for Business, Facebook Ad, Insta Ads, dan sebagainya.

Tampilan adalah hal yang sangat penting kalau menjual sesuatu di media sosial, termasuk kosmetik. Apalagi tak semua kalangan memakai media sosial yang sama. Misalnya Instagram dan Twitter yang didominasi oleh anak-anak remaja atau anak-anak muda, dan Facebook yang didominasi oleh dewasa hingga paruh baya.

Dengan menentukan konsep yang pas untuk toko kosmetikmu, kamu jadi bisa memilih media sosial mana yang cocok dan potensial untuk usahamu.

Toko Kosmetik lewat Market Place

Beberapa marketplace yang populer di Indonesia antara lain Tokopedia, Buka Lapak, Lazada dan Elevenia.

Marketplace mempertemukan banyak penjual dengan banyak pembeli. Mereka menyediakan tempat, fasilitas dan infrastruktur agar penjual dengan pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi.

Cara membuka toko online di marketplace juga cenderung lebih mudah. Kamu hanya perlu membuat akun di marketplace yang kamu inginkan. Misalnya di Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Selebihnya kamu hanya perlu mengunggah foto produk kosmetik yang ingin dijual. Lengkap dengan harga, deskripsi produk dan bahan-bahannya.

Kosmetik Melalui Website

Cara ini juga bisa disebut sebagai e-commerce. Proses promosi dan pelayanan konsumen dilakukan di website. Contoh e-commerce kosmetik besar di Indonesia adalah sociolla.com.

Untuk membuat website untuk toko kosmetik online ada dua media yang dapat digunakan, yaitu melalui CMS WordPress dan plugin WooCommerce. Analisis dulu kelebihan dan kekurangan membuat website toko online pada kedua media tersebut. Lalu pilih yang cocok dengan kemampuan dan kebutuhanmu.

Melakukan Riset Pasar

riset

Riset ini diperlukan untuk menentukan produk kosmetik apa yang ingin kamu jual. Misalnya adakah produk tertentu yang sedang viral, digemari, dan mendapat feedback yang bagus dari para pembelinya.

Tak hanya itu, riset juga dapat membantumu untuk mencari tahu nilai-nilai yang bisa kamu kembangkan lewat toko kosmetik online-mu. Misalnya dari toko lain, mereka tidak memiliki konsep yang baik, atau barangnya tidak lengkap dan bahkan bisa saja pelayanannya sangat buruk.

Dengan demikian kamu dapat belajar dari mereka dan membuat toko kosmetikmu memiliki nilai lebih di mata pembeli. Hal ini sangat penting untuk membuat pembeli jadi setia dengan brand kosmetikmu.

Cari Supplier yang Terpercaya

menyiapkan daftar

Jangan tergiur harga yang super miring ya, kamu tetap harus memperhatikan keamanan dan kelayakan produk kosmetik yang ingin kamu jual. Karena tidak semua yang murah itu berkualitas. Apalagi untuk kosmetik, pasti akan sangat bahaya jika produk yang kamu jual itu ilegal dan tidak aman.

Mengatur Pengiriman dan Pembayaran

pengiriman

Pengiriman dan pembayaran adalah hal yang sangat penting dalam bisnis online. Seperti yang kamu ketahui, orang-orang beralih ke belanja daring karena sifatnya yang praktis. Nah, kalau dengan membeli di tokomu malah bikin ribet, mereka pasti enggak akan ingin melakukan repurchasing.

Namun kamu tak usah khawatir, berbagai jasa pengiriman dan pembayaran kini semakin beragama. Marketplace besar seperti Shopee bahkan memiliki dompet virtual sendiri yang dapat membantu mempermudah transaksi pembayaran.

Sama halnya dengan layanan pengiriman yang juga turut meramaikan pasar online. Mereka menyediakan berbagai pilihan jasa, dari pengiriman barang-barang kecil hingga yang dikemas dalam kardus-kardus besar.

Seiring dengan perkembangan teknologi, disediakan pula aplikasi yang mengizinkan pelanggan untuk melacak pesanan mereka. Pedagang maupun pembeli dapat memasukkan kode resi yang diterima untuk mengetahui posisi barang secara berkala. Tak hanya itu, kamu juga dapat dengan mudah membandingkan tarif pengiriman di antara semua operator untuk menemukan yang paling ideal.

Menyediakan perlengkapan untuk Pengiriman

kardus

Yang satu ini emang wajib untuk dipersiapkan oleh pebisnis toko online demi menjamin keamanan produk sampai ke tangan konsumen. Karena apa yang terjadi saat pengiriman di luar kendali kamu. Misalnya apa jangan-jangan selama perjalanan tertindih oleh barang yang lebih besar, atau malah terkena tetesan air dan lain sebagainya.

Kamu tentu tidak ingin mengecewakan pelangganmu bukan? Hal-hal yang dapat kamu persiapkan antara lain, kardus dan bubble wrap. Akan lebih bagus lagi kalau kualitas dar kedua perlengkapan itu terjamin.

Cara Scale Up Pembelian Di Toko Kosmetik

scale-up

Setelah toko onlinemu jadi, kamu tentu harus mempertahankan agar pembelian terus naik. Apakah kamu tahu apa yang harus dilakukan? Simak lebih jauh ulasan di bawah ini, ya.

Lakukan Promosi yang Tepat

distribusi

Pemasaran bisnis online memerlukan strategi yang tepat. Kamu tidak boleh asal-asalan dan seenaknya, sehingga iklan dari produk kosmetik yang akan kamu jual dapat menjangkau lebih banyak pembeli. Nah, berikut strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan.

Optimasi SEO

Agar mudah ditemukan oleh calon pembeli di mesin pencarian Google, website bisnis online yang kamu kelola harus berada di halaman pertama hasil pencarian. Hal ini bisa dilakukan dengan memaksimalkan SEO.

Memaksimalkan Media Sosial

Untuk bisnis online, memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing sudah menjadi kewajiban bagi kamu. Apalagi masyarakat Indonesia tergolong sangat aktif di media sosial.

Namun, dalam praktiknya kamu tidak boleh asal-asalan, melainkan memperhitungkan dan membuat strategi sendiri. Kamu juga harus menentukan target yang ingin diselesaikan.

Buat Foto Produk yang Menarik

foto produk

Dalam usaha toko kosmetik online, penampilan produk adalah hal yang utama. Orang akan tertarik untuk tahu lebih banyak tentang produk yang dijual ketika dikemas dan ditampilkan dengan cantik.

Berikan Promo dan Gift Untuk Pelanggan Setia

pelayanan konsumen 2

Sebagai layanan konsumen, kamu bisa memberikan mereka hadiah dan bonus atas keloyalan mereka. Meski sedikit, namun para pembeli biasanya akan sangat merasa senang dan dihargai karena itu. Hal ini dapat membantu konsumen semakin setia kepada toko kosmetik online yang kamu dirikan.

Berikan Pelayanan yang Sangat Baik Kepada Pembeli

Kamu pasti mengamati bahwa dalam lapak jual beli online pelayanan penjual  menjadi salah satu kategori penilaian yang paling sering disampaikan oleh konsumen. Sebaik apapun produk dan harga kosmetik yang kamu jual, jika pelayananmu kurang baik, pembeli juga akan memberi penilaian buruk dan tak ingin melakukan repurchasing.

Hal ini terjadi karena kredibilitas toko online seringnya diragukan, apalagi yang belum memiliki track record penjualan yang banyak. Sebagai pemula, kamu juga pasti akan menemui kesulitan ini.

Membangung kepercayaan konsumen memanglah tidak mudah. Kamu harus memberikan pelayanan terbaik, jujur dan cepat tanggap dalam menanggapi permasalahan yang berkaitan dengan keamanan produk atau cara transaksi.

Kamu telah membaca ulasan lengkap tentang bisnis toko kosmetik, baik online maupun offline. Mulai dari modal, langkah membuka toko online/offline, serta bagaimana kiat-kiat untuk menaikkan penjualan.

Jadi jenis toko kosmetik seperti apa yang ingin kamu bangun? Diskusikan di kolom komentar, yuk!

Tapi masa tidak ada bisnis kosmetik yang dapat dijalankan dengan mudah dan lebih terjamin? Kayaknya untuk menjawab pertanyaan itu, kamu perlu membaca hal itu di sini.

Setiap memulai bisnis sendiri memang memiliki kesulitannya masing-masing. Artinya tidak ada yang benar-benar bebas resiko. Namun yang jadi hal paling penting adalah bagaimana kamu mengatasi permasalahan ini. Untuk itu jangan mudah patah semangat. Kamu harus stay positive dan mampu berpikir out of the box. Dengan demikian bisnis toko kosmetik yang kamu mulai dapat memberikan vibe yang baik pada karyawan dan pelangganmu. Yang mana pastinya memberi banyak keuntungan agar bisnismu makin dikenal dan digemari oleh pembeli.

About Author

Related posts

Leave a Comment