Rekomendasi 11 Ide Bisnis Kosmetik Online untuk Ibu Rumah Tangga

ide bisnis kosmetik online untuk ibu rumah tangga

Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga tidak bisa menghasilkan uang. Pernyataan tersebut tidak berlaku di era yang sudah serba digital seperti ini. Sekarang bekerja bisa dikerjakan darimana saja. Tak harus dari kantor dan berpakaian rapi.

Inilah kesempatan untuk para ibu rumah tangga dengan mudah untuk mendapat penghasilan. Hanya bermodalkan perangkat elektronik seperti handphone, laptop ataupun computer dan internet, bisnis bisa dijalankan.

Saat ini bisnis yang paling menjanjikan untuk ibu rumah tangga adalah kosmetik. Bisnis kosmetik dinilai lebih menguntungkan dari pada yang lain. Sebab kini pengguna kosmetik semakin bertambah pesat. Orang semakin sadar akan kecantikan dan kesehatan kulit itu sangat penting.

Tak hanya perempuan saja, namun kini laki-laki juga sudah tidak asing dengan kosmetik. Maka tak heran jika di era ini banyak sekali jenis kosmetik baru yang bermunculan. Kesempatan ini tidak hanya dapat dimanfaatkan produsen untuk membuat berbagai brand atau produk kosmetik.

Namun juga untuk para ibu rumah tangga. Sembari menjaga anak, kamu bisa mendapatkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Jadi tidak hanya bergantung pada penghasilan suami saja.

Lantas apa saja sih bisnis kosmetik online yang cocok untuk ibu rumah tangga. Tenang, karena setelah ini kami akan membahas lengkap untuk kamu mengenai bisnis kosmetik online apa saja yang cocok dijalankan para ibu rumah tangga. Simak artikelnya hingga selesai ya. Happy Reading!

11 + Ide Bisnis Kosmetik Online Untuk Ibu Rumah Tangga

ide bisnis kosmetik online untuk ibu rumah tangga

Sebenarnya di era digital ini banyak sekali ide bisnis yang bisa dijalankan dari rumah. Tidak memerlukan modal yang tinggi, namun dapat menghasilkan jumlah yang banyak dalam kurun waktu tertentu. Tentu saja dibutuhkan kesabaran yang tinggi untuk menjalankan sebuah bisnis.

Nah, untuk itu, apa saja sih bisnis kosmetik online yang cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut daftarnya.

Dropshipper

Buat kamu para penikmat belanja online tentu sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Dropshipper memang belakangan ini cukup popular untuk pelaku belanja online.

Sebetulnya apa sih dropshipper itu? Dropshiper merupakan pelaku usaha yang menjual produk orang lain. Atau hampir bisa dibilang hampir mirip dengan reseller.

Namun bedanya dropshipper ini tidak perlu membeli barang yang akan dijual terlebih dahulu. Kamu cukup memasang foto barang yang akan kamu jual, lalu mengirimnya kepada pembeli. Untuk menjadi dropshipper kosmetik, secara teknis hampir sama dengan dropshipper lainnya.

Kamu hanya perlu memasang foto produk kosmetik yang sedang  dijual, memasang harga dan mengirimnya kepada pembeli. Yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini hanyalah laptop atau handphone beserta internet.

Apalagi menjadi dropshipper kosmetik juga bisa dikerjakan darimana saja, jadi kamu tidak perlu khawatir tidak bisa mengurus anak. Praktis dan simple. Yang lebih penting, menjadi dropshipper tidak memakai modal. Jadi bisa lebih hemat di awal.

Reseller

Secara teknis menjadi reseller kosmetik hampir sama dengan dropshipper. Namun bedanya, jika dropshipper tidak menggunakan modal di awal, reseller cenderung menggunakan modal. Jika dilihat dari keunggulannya, reseller bisa menjual dengan harga yang lebih murah daripada dropshipper.

Tentu saja harga yang lebih murah ini akan lebih dilirik oleh konsumen daripada yang mahal. Menjadi reseller juga tidak terikat pada satu tempat jual online saja. Namun juga beragam.

Misalnya kamu membeli produk dengan harga yang lebih murah di marketplace A. Kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal di marketplace B.

Hal ini akan lebih terlihat menguntungkan. Kamu juga bisa menjual berbagai produk kosmetik. Tidak harus berkutat pada satu jenis saja. Lebih beragam produk yang kamu jual, akan lebih beragam pula jumlah pembeli yang akan kamu dapatkan. Keuntungan pun juga akan semakin meningkat.

Ingin tahu cara memulai bisnis sebagai reseller kosmetik? Ikuti tipsnya di sini!

Penulis Beauty Review

Ibu rumah tangga ingin tampil dengan kulit sehat tapi tidak mau keluar uang? Tentu sangat bisa. Salah satunya adalah dengan menjadi penulis beauty review. Ini kesempatan bagi ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan punya blog.

Memang mungkin awalnya menjadi penulis review kosmetik tidak mendapat keuntungan. Sebab kamu harus memiliki modal sendiri untuk membeli kosmetik yang ingin kamu review. Namun setelah berselang beberapa lama, blog atau website yang kamu bangn itu akan membuahkan hasil.

Pasti para brand atau produk kecantikan akan melirik blog kamu. Dengan adanya blog ini, para peimilik produk akan diuntungkan. Sebab ini juga menjadi salah satu bentuk dari promosi yang mereka lakukan. Jadi mereka tidak akan segan untuk membayarmu menulis review untuk produk mereka.

Kamu pun bisa diuntungkan dengan mendapat berbagai produk kecantikan secara gratis. Tak hanya itu, selain kulit mulus yang didapat, potensi pundi-pundi rupiah pun juga akan mengalami hal yang sama.

Sebab jika website atau blog yang kamu bangun sudah berkembang dengan pesat, kamu bisa memasang tarif untuk mereka yang ingin berpromosi di tempatmu.

Beauty Vlogger

Sebenarnya profesi yang satu ini hampir mirip dengan penulis beuty review, Namun bedanya, konten yang dikemas beauty vlogger lebih ke berbasis video. Biasanya beauty vlogger akan lebih cenderung memasang kontennya di Youtube.

Namun sekarang hal itu tidak berlaku lagi. Sebab berbagai aplikasi sudah menyediakan platform video untuk konten mereka. Oleh karena itu beauty vlogger tidak harus memasangnya di Youtube saja. Namun juga bisa saja di Tik Tok, Facebook ataupun Instagram.

Ketika platform sosial media tersebut merupakan yang paling popular di Indonesia. Jadi akan menjadi lebih efektif untuk digunakan sebagai platform mencari uang. Kamu pun tidak perlu keluar rumah dan meninggalkan anak untuk membuatnya.

Bahkan pekerjaan yang satu ini juga tidak ada waktu tertentu alias fleksibel. Jadi kamu bisa lebih leluasa membagi waktumu sendiri. Apalagi hal ini juga sangat efektif untuk dilakukan di waktu senggang.

Membuat Masker Alami

Rekomendasi bisnis lain untuk para ibu rumah tangga adalah dengan membuat masker alami. Tentu saja bisnis ini dibutuhkan keterampilan khusus. Namun membuat masker secara alami untuk dijual ini bisa dikategorikan tidak terlalu rumit.

Bahkan kamu bisa melihat dan mengikuti tutorialnya di Youtube. Bahan-bahan yang kamu siapkan pun harus sesuai anjuran. Sebelum terjun ke bisnis yang satu ini juga alangkah baiknya kamu mengikuti kursus dalam bidang yang relevan. Hal ini bertujuan untuk menunjang keterampilan.

Selain itu yang paling menarik dalam bisnis ini adalah kamu bisa dengan mudah memiliki brand kosmetikmu sendiri. Semua desain produk dan kemasan juga bisa kamu yang menentukan. Apalagi untuk proses produksinya juga bisa dilakukan di rumah.

Jadi kamu nggak perlu ribet menyewa baby sitter untuk mngurus anak. Sebab kamu sendiri bisa melakukannya tanpa harus meninggalkan anak.

Membuat Lulur Organik

Selain masker alami yang dapat dibuat di rumah, kosmetik lain yang bisa kamu bikin di rumah adalah lulur. Tentu saja lulur ini bersifat organic. Sebab semua bahan akan cenderung alami dan dapat diproduksi di rumah sendiri.

Bahan-bahan itu bisa berupa kopi, the hijau, oatmeal, kunyit dan bahan organic lainnya. Tentu saja mudah didapat dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu juga kamu bisa melabeli sendiri produk lulur yang kamu buat.

Untuk penjualannya bagaimana? Sebenarnya bisnis yang satu ini tidak hanya dapat dipasarkan secara online saja. Namun kamu juga dapat menjualnya secara konvensional dengan membuka toko kosmetik di rumah.

Tapi jika dilihat dari segi digital lebih menguntungkan, tak ada salahnya kamu juga mempromosikannya secara online. Sebab saat ini promosi memang secara ampuh dilakukan secara onine dibandingkan secara konvensional. Pembeli pun lebih beragam dan tidak terbatas oleh jarak.

Membuat Sabun Organik

Sekilas membuat sabun organic akan terlihat susah dan mustahil. Sebab bisnis yang satu ini belum cukup popular di masyarakat. Membuat sabun tidak hanya bisa dilakukan oleh pabrik saja. Namun untuk ibu rumah tangga yang ingin memproduksinya sendiri di rumah pun juga sangat bisa.

Yang dibutuhkan adalah keterampilan dalam membuat sabun tersebut. Komposisi dan takaran setiap bahannya pun juga harus tepat. Oleh karena itu, meskipun bisa dilakukan dimana saja, membuat produk kosmetik yang satu ini tidak boleh sembarang. Apalagi untuk dijual.

Sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis sabun, alangkah baiknya kamu mengikuti kursus terlebih dahulu. Dengan mengikuti kursus, bekal dan ilmu yang kamu dapat akan lebih banyak dan bermanfaat.

Baca Juga: Cara Membuat Sabun Herbal Sendiri, Jenis Bisnis Kosmetik Rumahan yang Menjanjikan!

Jastip Online

Hayo ngaku siapa yang suka nitip barang ke orang yang suka belanja? Nah, ini juga kesempatan untuk para ibu-ibu yang suka ngemall atau pergi ke suatu tempat tertentu. Kamu bisa melakukan bisnis jastip kosmetik online.

Jastip atau jasa titip ini sudah menjadi bisnis yang cukup popular. Banyak orang yang memanfaatnya untuk menitip barang atau kosmetik tertentu karena mereka malas untuk keluar. Kesempatan nih untuk para ibu-ibu untuk membuka usaha online ini.

Sembari jalan-jalan bersama anak dan suami, kamu bisa memposting produk tertentu di sosial media lalu menawarkan siapa dari mereka yang ingin menitip. Kamu bisa mengambil komisi lebih dari 10 persen untuk setiap produk. So, kamu pun akan sangat diuntungkan dalam bisnis ini.

Ingin tahu bagaimana keuntungan dan cara memulai bisnis jastip? Cek informasinya di sini!

Jual Kosmetik Anak

Siapa bilang hanya remaja dan dewasa saja yang membutuhkan kosmetik. Anak juga butuh keperluan yang satu ini untuk menjaga kulit mereka agar lebih sehat. Ini juga bisa menjadi ide bisnis tertentu untuk para ibu rumah tangga.

Biasanya ibu rumah tangga juga akan mempunyai koneksi ibu rumah tangga yang cukup banyak pula. Hak ini dapat kamu manfaatkan untuk membangun bisnis. Sembari sering sharing tentang perkembangan anak, kamu juga bisa mempromosikan produk apa saja yang sering digunakan untuk si buah hati.

Dengan begini para ibu-ibu itu akan tertarik untuk melakukan hal yang sama. Sebab rekomendasimu sudah terbukti dan kamu bisa memulai untuk membuka toko online.

Dengan membuka toko online ini kamu juga bisa lebih bisa menarget siapa konsumen yang akan kamu tuju. Targeting akan membuat bisnismu berkembang lebih pesat.

Spa Rumahan

Tidak hanya bisnis dagang saja yang dapat dilakukan ibu rumah tangga secara online. Namun juga bisnis jasa secara online. Kamu bisa membuka jasa untuk memulai bisnis. Manfaatkan lahan kosong di rumah dan desain sedemikian rupa.

Bahan-bahan untuk spa kamu juga bisa membuatnya dengan alami. Yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur yang ada. Seperti kopi, the, kunyit, bengkoang dan masih banyak lainnya. Kamu bisa melakukan promosinya secara online.

Baik itu melalui Instagram, Facebook ataupun Tik Tok. Berbagai platform sosial media ini dapat menunjang bisnismu dalam melakukan promosi. Jadi akan sangat efektif bagi kamu para ibu rumah tangga yang ingin berkecimpung dalam dunia bisnis.

Beauty Influencer

Rekomendasi bisnis selanjutnya yang dapat dilakukan dengan mudah oleh ibu rumah tangga adalah dengan menjadi beauty influencer. Hah, apa bedanya dengan beauty vlogger? Tertu ini adalah dua hal yang berbeda namun hampir mirip.

Jika beauty vlogger, konten yang dihasilkan adalah berbasih video. Sedangkan beauty influencer cenderung ke video dan foto. Sosial media yang dituju pun tidak hanya Youtube. Namun juga Instagram, Facebook dan Tik Tok.

Yang diperlukan dalam pekerjaan ini adalah, secara teknis kamu harus merekomendasikan produk kepada follower di sosial media. Sebalum melangkah jauh ke merekomendasikan, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah melakukan review.

Dengan adanya review ini, berbagai brand pun akan melirik kontenmu. Jika mereka tertarik pasti kamu akan dapat endorese. Selain mendapat kosmetik, kamu juga bisa mendapat uang tambahan dengan memasang nilai tarif untuk promosi.

Jadi selain bisa cantik dan di rumah aja, kamu juga bisa dapat penghasilan tanpa harus mengandalkan penghasilan dari suami.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Alasan Pentingnya Membuka Bisnis Sendiri Bagi Perempuan

Nah, itulah beberapa rekomendasi bisnis kosmetik online yang cocok untuk ibu rumah tangga. Perlu diketahui bahwa saat ini pekerjaan dapat dilakukan dari mana saja. Termasuk dari rumah dan tidak meninggalkan kewajiban sebagai istri dan ibu.

Tinggal bagaimana kita dapat mengatur waktu sebaik mungkin dan kreatif dalam mengembangkan bidang yang dimiki. Jadi kamu tidak harus bergantung pada suami saja untuk mendapatkan penghasilan. Sebab kamu sendiri juga bisa mendapatkan penghasilan itu.

Selamat mencoba!

About Author

Related posts

Leave a Comment