Strategi Event Marketing untuk Bisnis Kosmetik dan Contoh Penerapannya

event marketing untuk bisnis kosmetik

Meski memasarkan produk secara digital memungkinkanmu menjangkau lebih banyak konsumen, bukan berarti kamu tidak perlu melakukan promosi secara konvensional. Misalnya dengan strategi event marketing yang tepat untuk bisnis kosmetik milikmu, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat.

Sebelum membahas lebih jauh soal manfaat event marketing untuk bisnis kosmetik milikmu, kamu pasti pernah menghadiri sebuah acara musik atau mungkin seminar dengan brand kosmetik besar sebagai salah satu sponsornya.

Fenomena itu adalah salah satu contoh event marketing, yang tujuannya untuk membantu mengenalkan produk ke target potensial mereka secara langsung. Dengan begitu konsumen akan jauh lebih mengenal brand dan produk yang ditawarkan. Sementara tim pemasaran mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan produk dan menjalin komunikasi dengan calon pembeli.

Hingga kini strategi event marketing masih banyak digunakan oleh pebisnis besar, karena diklaim efektif untuk meningkatkan brand awareness dan menjaga loyalitas konsumen. Nah, kamu juga bisa menerapkan strategi serupa ke dalam brand maupun bisnis kosmetikmu, Beautypreneurs.

Penasaran, seperti apa cara menerapkan strategi event marketing untuk bisnis kosmetik? Serta apa saja keuntungannya buatmu? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Apa itu Event Marketing?

Event marketing merupakan salah satu strategi pemasaran jitu yang dapat digunakan dalam semua bisnis. Strategi ini digunakan untuk mengenalkan usaha dengan cara menjadi sponsor untuk untuk sebuah acara. Sehingga para pengunjung akan tertarik dan mengenal produk dari sponsor tersebut.

Strategi ini bisa kamu pertimbangkan  untuk mengoptimalkan promosi dari bisnis yang sedang kamu jalani. Selain itu event marketing juga bisa menjadi tempat para pengunjung untuk berbagi wawasan, menghibur diri, menginspirasi dan menyatukan banyak orang dari berbagai kalangan. Para pengunjung juga tidak merasa bosan dengan teknik marketing ini karena dikemas semenarik mungkin.

Tujuan Menerapkan Event Marketing

Sama halnya dengan strategi pemasaran yang lain, pasti terdapat beberapa tujuan yang menjadi acuan event marketing. Agar strategi berjalan dengan optimal, para pebisnis harus mempelajari event marketing secara lebih dalam dan rinci.

Terlebih dahulu kamu perlu mengetahui tujuan untuk penerapan event marketing dalam bisnis kamu, seperti apa? Simak terus ya.

Meningkatkan Permintaan Produk

Saat kamu menerapkan strategi marketing ini, secara tidak langsung kamu telah mempromosikan produk yang kamu buat kepada konsumen. Sehingga konsumen memiliki keinginan untuk bisa membeli produk atau layanan yang telah kamu promosikan. Oleh sebab itu, minat untuk produk yang kamu jual akan mengalami peningkatan sesuai dengan ekspektasi bisnis yang telah kamu terapkan.

Mengenalkan Produk Baru

Memakai strategi pemasaran ini, konsumen akan dengan mudah mengenal dan mengetahui produk baru yang beredar di pasaran. Hal ini karena konsumen akan merasat termanjakan langsung saat mencoba tester produk. Sehingga konsumen yang tertarik bisa mencobanya terlebih dahulu dan memantapkan pilihannya pada barang yang mereka suka.

Tentu hal seperti ini akan membuat konsumen yakin dan membuat pembelian produk menjadi meningkat. Cara ini biasa digunakan untuk brand-brand kecantikan, mereka akan memberikan tester agar konsumen tidak kebingungan untuk menentukan barang yang mau dibeli.

Memperluas Target Konsumen

Menyelenggarakan evet marketing tidak hanya berkutat di satu tempat saja, melainkan kamu bisa mencobanya di berbagai tempat. Dengan begini, kamu akan lebih mudah mendapatkan konsumen di tempat yang berbeda-beda.

Sehingga target konsumen yang ingin jangkau menjadi lebih luas dan jumlah konsumen baru makin banyak.

Membangun Hubungan dengan Konsumen

Bila produk yang kamu pasarkan sering mengikuti event, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu tertentu. Konsumen yang sering melihat produkmu berkeliaran di acara-acara tertentu, mereka akan merasa mengenali dan menjadi dekat dengan produk yang kamu tawarkan. Jadinya strategi ini bisa membuatmu memperoleh banyak keuntungan sekaligus.

Manfaat Event Marketing untuk Bisnis Kosmetik

Bisnis kosmetik sangatlah banyak di pasaran. Agar produk yang kamu jual dapat masyarakat kenali, maka kamu patut mencoba teknik marketing ini. Biar makin yakin, ini beberapa manfaat yang kamu dapatkan ketika menjalani event marketing:

Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan yang paling penting dari event marketing adalah meningkatkan brand awareness dari produk yang kamu promosikan. Konsumen akan lebih mudah untuk mengenali produkmu. Jadi jika nantinya kamu akan mengeluarkan produk baru, maka kamu dengan gampang menargetkan konsumen yang telah mengenali produkmu sebelumnya.

Menghasilkan Prospek yang Lebih Baik

Berkat adanya teknik pemasaran melalui event, konsumen akan mengetahui produk apa yang ngin kamu tawarkan. Sebabnya, strategi ini akan meningkatkan prospek penjualanmu menjadi lebih baik. Jadi untuk kedepannya kamu akan mendapatkan keuntungan dari pelanggan-pelanggan setia tersebut.

Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Konsumen adalah Raja, oleh sebab itu sebagai pebisnis harus lapang dada untuk menerima kritik dan saran yang mereka berikan. Dengan strategi ini, komunikasi antara konsumen dengan perusahaan menjadi lebih mudah. Saat suara konsumen didengarkan, otomatis bisa memiliki keterlibatan yang lebih dalam dengan perusahaan.

Memperluas Jaringan Bisnis

Tak hanya menggaet konsumen saja, strategi ini ternyata berguna untuk memperluas jaringan bisnis yang kamu punya. Dengan kamu mengenalkan produk kepada pihak tertentu, maka banyak orang yang mengenali bisnismu. Sehingga nantinya potensi kerja sama dengan jaringan bisnis lain akan jauh lebih mudah dan maksimal.

Jenis Event Marketing yang Cocok untuk Bisnis Kosmetik

Ada banyak event yang bisa kamu coba untuk menjalankan bisnis kosmetik yang sedang kamu rintis. Kamu perlu cermat dalam memilih event yang cocok untuk tempat menawarkan produkmu. Beberapa contoh tersebut antara lain:

Pameran

Di setiap tahunnya pasti ada beberapa pameran besar yang banyak ditunggu masyarakat. Dengan mengikuti pameran besar, maka produk yang ingin kamu tawarkan menjadi lebih mudah. Sebab setiap pameran selalu memiliki massa yang banyak.

Tetapi faktanya tidak semua pameran kamu bisa ikuti. Biasanya pameran akan memiliki temanya sendiri misalnya pameran kecantikan, bila kamu memilki bisnis kosmetik maka kamu perlu mencobanya.

Seminar

Seminar tak selalu terkesan serius dan kaku, di era sekarang banyak seminar yang diselenggarakan secara menarik dan fun. Umumnya acara tersebut akan menghadirkan bintang tamu yang akan menjelaskan produkmu.

Kamu bisa memili public figure atau orang tertentu yang seusai dengan produk yang kamu tawarkan. Dalam bisnis kosmetik kamu bisa bekerja sama dengan beauty enthusiat, beauty influencer, dokter kecantikan dan lain sebagainya.

Konser

Mau coba promosi di konser musik? Siapa takut!. Mungkin event ini menjadi keputusan yang tepat, sebab dimanapun konser selalu memilki penonton yang membeludak. Beberapa konser musik biasanya menyediakan tempat untuk kamu mempromosikan produkmu.

Biasanya yang paling banyak adalah sponsor makanan dan minuman. Tapi jangan salah, produk kosmetik juga bisa dipromosikan dalam konser musik. Selama produkmu sejalan dengan semangat konser maka kamu bisa menjangkau banyak konsumen baru.

Workshop atau Lokakarya

Sedikit mirip denga seminar karena memiliki tujuan yang sama, yakni berbagi ilmu pengetahuan. Bedanya, workshop bisa dilakukan secara daring maupun langsung. Meski tidak selalu tentang promosi, tetapi topik workshop bisa disesuaikan dengan produk yang kamu tawarkan, agar nantinya perusahaan yang kamu jalankan makin kredibel di mata masyarakat.

Konferensi Bersama Brand Ambassador

Biasanya, setiap bisnis pasti memiliki brand ambassadornya sendiri. Oleh sebab itu kamu bisa mempromosikan produkmu dalam acara konferensi. Konferensi sendiri adalah acara besar yang diselenggarakan oleh perusahaan besar dan mendapatkan sponsor dari bisnis-bisnis kecil.

Acara ini memiliki agenda yang beragam, bisa berupa seminar, pameran dan semua yang bermanfaat untuk perusahaan B2B dan B2C. Nantinya, brand ambassador yang kamu pilih turut mempromosikan bisnis kosmetikmu dalam konferensi yang diselenggarakan.

Peluncuran Brand atau Produk Baru

Semakin banya event yang kamu ikuti, maka besar pula kesempatanmu untuk mendapatkan banyak konsumen. Bila nantinya konsumen ini akan berubah menjadi pelanggan setia, maka kamu perlu memanjakan mereka dengan acara perayaan.

Konsumen setia akan merasa lebih diapresiasi setelah membeli produkmu. Bila nantinya kamu ingin meluncurkan brand kosmetik baru atau produk baru, maka dengan mudahnya kamu merebut hati para pelanggan.

Pop Up atau Bazar

Sama halnya seperti pameran, acara ini hanya diselenggarakan beberapa hari saja. Nantinya kamu akan diberi ruang tersendiri untuk mengenalkan produkmu kepada konsumen. Event ini sangatlah berguna saat baru merintis bisnis dan memungkinkan pemiliki brand online menjangkau pelanggan dengan toko fisik mereka. Sehingga konsumen dengan mudah melihat produk secara langsung.

Faktor yang Menentukan Keberhasilan Event Marketing

Tertarik dengan strategi event marketing, maka kamu perlu tahu beberapa faktor yang menentukan keberhasilanmu saat melakukan promosi produk, seperti berikut ini:

Susunan Acara

Kompones paling utama saat menyelenggarakan event adalah susunan acara atau rundown. Kamu tak boleh sembarangan untuk menyusun rangkaian acara, kamu perlu pertimbangan yang matang agar acaramu berjalan lancar.

Semakin detail rundown yang kamu buat, maka pelaksanaannya nanti akan menjadi mudah. Selain itu kamu perlu menargetkan sesuatu saat membuat susunan rencana, nantinya hal itu akan menjadi evaluasi apakah rencanamu sempurna ataukah malah hancur berantakan.

Perizinan

Bagian yang tak kalah penting saat membuat event adalah membuat perizinan kepada pihak yang berwenang. Tentunya kamu tak inginka acara yang kamu buat terkendala masalah saar hari H. Oleh sebab itu dari jauh-jauh kamu harus membuat permohonan izin agar acara berjalan dengan aman dan nyaman.

Biaya Operasional

Faktor lain yang menentukan adalah dana yang mencukupi. Bukan berarti kamu harus menggelontorkan banyak uang, kamu juga bisa menghemat pengeluaran dengan cara memangkas hal-hal yang terbilang kurang penting untuk acaramu nanti.

Biaya operasional ini bisa kamu tentukan saat kamu sudah memiliki susunan acara yang tepat, sehingga dana yang dikeluarkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Cara lain agar kamu tak mengeluarkan uang banyak adalah mengajak sponsor untuk menyumbang acara yang kita buat. Sebabnya, kamu perlu membuat rincian biaya operasioanl yang rinci dan detail.

Promosi

Suatu event bisa dikatakan berhasil apabila promosi yang dilakukannya sukses besar. Dari promosi inilah yang menentukan banyaknya pengunjung yang akan menghadiri eventmu. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk promosi, yakni online dan offline.

Promosi online lebih mudah digunakan karena semua orang menggunakan sosial media. Kamu bisa mempromosikan eventmu melalui berbagai platform online seperti website, blog, email, media sosial dan lain sebagainya. Sedangkan promosi offline biasanya kamu lakukan dengan cara menyebar brosur, memasang baliho dan sebagainya.

Sumber Daya yang Mumpuni

Menyelenggarakan event tentunya tak bisa kamu lakukan sendiri saja. Perlu adanya tim yang solid agar acara yang kamu buat bisa lebih mudah merencanakannya.

Tentunya kamu perlu sumber daya manusia (SDM) yang memiliki komitmen kuat untuk menyukseskan acara yang kamu buat. Namun jika kamu merasa hal ini terlalu sulit, kamu bisa menyewa jasa event organizer (EO) untuk membuat acara yang kamu berjalan dengan sukses dan lancar.

Strategi Event Marketing untuk Bisnis Kosmetik

Untuk berbisnis kosmetik, kamu perlu memiliki strategi yang handal agar produkmu makin banyak dikenal orang. Strategi event marketing  ini akan membantumu mencapai target yang kamu inginkan, seperti halnya sebagai berikut:

Penentuan Anggaran dan Tujuan Event

Perlu banyak pertimbangan untuk mengikuti sebuah event. Kamu perlu menyiapakan tujuan dan perkiraan dana yang kamu butuhkan. Pikirkan dengan matang apakah produk kosmetik yang kamu tawarkan sudah sesuai dengan event yang kamu ikuti. Dan pastikan tujuanmu dengan dana yang keluarkan sudah sesuai semuanya. Jangan sampai kamu menggelontorkan banyak uang, tetapi ternyata event yang kamu ikuti sepi peminat. Wah bisa gak balik modal tuh!

Membentuk Tim Pelaksanaan

Saat membuat event, tentunya kamu harus menyiapkan banyak hal,  salah satunya adalah laporan perencanaan. Dengan laporan itu setidaknya kamu akan berfokus dengan goals yang kamu buat. Untuk mencapainya, kamu perlu membentuk tim pelaksana yang tugasnya telah kamu tentukan jauh hari. Sebagai leader, pastikan bila semua anggota tim meiliki visi dan misi yang sama, sehingga dapat meminimalisir konflik yang terjadi nantinya.

Mematangkan Desain Acara

Setelah tergambar mengenai event yang kamu buat, tahapan berikutnya yang tak kalah penting adalah mematangkan desain acara. Kamu perlu memastikan berulang kali alur acara sebelum mulai dipromosikan ke publik. Berapa hal yang wajib kamu perhatikan adalah:

Susunan Acara             

Pastikan susunan acaramu sudah sesuai dengan tujuan yang telah kamu targetkan. Jangan malas untuk terus mengecek susunan acara berkali-kali. Sehingga nantinya saat event berlangsung, semuanya bisa terkendali dan lancar.

Tempat Pelaksanaan

Kamu perlu menentuka tempat pelaksanaan yang strategis, agar acaramu berjalan lancar dan pengunjung merasa nyama. Bila tempat yang kamu pilih sembarangan, jangan harap kamu bisa mendapatkan banyak pengunjung nantinya.

Waktu

Perhatiakan waktu acara yang kamu buat, bila menyelenggarakan acara pada weekday pasti hasil pengunjung akan beda daripada saat weekend. Nah, faktor penentu untuk menjaring banyak pengunjung ya berdasarkan waktu yang telah ditentukan.

Mempromosikan Acara di Berbagai Saluran Pemasaran

Bagian promosi menjadi yang penting, sebab kamu harus merencanakan event-mu akan dipromosikan dengan cara apa dan bagaimana. Sebisa mungkin kamu mempromosikan ke berbagai saluran pemasaran yang ada. Sehingga cakupan untuk mendapatkan audiens menjadi lebih luas.

Lakukan Evaluasi Secara Bertahap

Jangan hanya terpaku membuat event marketing saja, kamu juga perlu adanya evalusi secara bertahap. Nantinya, kamu akan mengetahui apakah goals yang ingin kamu capai sudah terlaksana dengan baik atau tidak. Jika masih belum, kamu bisa memperbaikinya lagi untuk event yang kamu buat selanjutnya.

Contoh Event Marketing Kreatif ala Brand Kosmetik Populer

Agar makin yakin dengan strategi event marketing, ada beberapa contoh brand yang berhasil menggunakan teknik ini. Setidaknya kamu memiliki gambaran atau inspirasi seperti apa sih event marketing bila terlaksana dengan baik. Berikut beberapa acara serupa yang bisa kamu jadikan referensi untuk bisnismu ke depan:

Konferensi “Sky High Make Up Square” oleh Maybelline New York

Brand besar Maybelline New York sukses menyelenggarakan sky high makeup square pada 1-3 Juli 2022 di food society mall, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Mengingat brand tersebut berasal dari Amerika Serikat, tim event marketing dengan kreatif membuat desain acara yang mirip dengan suasana Time Square di New York. Pengunjung akan menikmati acara dengan vibes yang unik dan berbeda.

Selain itu, Maybelline juga mengundang beberapa public figure yang makin memeriahkan suasana acara. Pengunjung makin dibuat betah dengan serangkaian acara menarik seperti games dan doorprize. Tak ketinggalan, acara yang mereka usung memiliki pesan agar konsumen menjadi percaya diri dengan karakter make-up masing-masing.

Virtual Meetup Khusus Member oleh Innisfree

Brand kecantikan asal Korea Selatan Innisfree, memilih untuk menyelenggarakan virtual meetup khusus untuk member VIP. Pelanggan setia yang menggunakan produk Innisfree selama bertahun-tahun memiliki kesempatan untuk dimanja dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Event ini bekerja sama dengan platform Beauty Journal dan diselenggarakan saat akhir tahun 2020.

Innisfree turut mengundang beauty influencer ternama, Furry Citra untuk membagikan pengalamannya menggunakan produk kecantikan tersebut. Beberapa aktifitas menarik yang Innisfree tawarkan ialah games, skin care class dan hadiah menarik yang bisa peserta dapatkan secara gratis. Jadi menarik bukan strategi event marketing ini.

Nah itu adalah semua hal yang perlu kamu ketahui dari strategi event marketing dan penerapannya untuk bisnis kosmetik. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan tips di atas sebagai bagian dari strategi promosi brand kosmetikmu?

Selain event marketing, kamu bisa menyimak tips bisnis dan branding produk kosmetik lainnya di laman Berita Terkini. Atau, kamu bisa mengikuti informasi terbaru seputar maklon kosmetik dan indusrti kecantikan di laman media sosial Mash Moshem Indonesia, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts