Cara Mengelola Komunitas untuk Toko Online, Pelanggan Kian Setia!

cara mengelola komunitas untuk toko online

Peluang berbisnis online memang sangat besar, siapa saja bisa memulai usaha mereka dengan mudah. Namun, untuk membuat toko online milikmu menghasilkan penjualan dan keuntungan yang tinggi adalah perkara berbeda. Kamu harus memiliki strategi pemasaran yang matang untuk menarik lebih banyak konsumen, misalnya dengan cara mengelola komunitas untuk toko online milikmu.

Penggunaan komunitas ke dalam strategi pemasaran sebenarnya bukan hal baru. Dalam praktiknya, banyak penjual online yang mempromosikan produk mereka di komunitas jual beli di sosial media dan membangun grup diskusi bersama konsumen mereka.

Namun, komunitas untuk toko online ini sedikit berbeda dengan grup jual beli. Lebih dari itu, komunitas ini merupakan sebuah wadah khusus untuk menampung konsumen yang pernah membeli produkmu, hingga menjadi member resmi tokomu.

Adanya komunitas ini akan membantumu melakukan retensi konsumen dan membantu mengelola pelanggan lama untuk terus melakukan pembelian produk.

Nah, penasaran bagaimana cara mengelola komunitas untuk toko online milikmu? Serta apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan? Langsung cek ulasannya berikut ini, ya!

Pentingnya Komunitas untuk Toko Online

Kehadiran komunitas untuk toko online dapat membantu perkembangan bisnis yang akan kamu jalankan. Komunitas dapat membantu kamu untuk memperluas sistem kerja dan juga jaringan.

Di era digital setiap pelaku usaha sangat memerlukan cara untuk menyalurkan kreatifitas mereka agar dapat menjalanka  strategi pemasaran mereka scara efektif. Berikut ini adalah beberapa poin yang akan kamu dapat ketika menggunakan komunitas untuk bisnis toko online kamu seperti;

Mendapatkan Lebih Banyak Leads

Jika kamu dapat memberikan ruang untuk komunitas, secara tidak langsung kamu sudah memberikan komunitas tersebut untuk bertukar pengalaman, komunikasi dan juga membahas brand milikmu sendiri. Hal tesebut pastinya dapat membuat kamu memperoleh leads yang banyak dan juga promosi dari mulutu ke mulut.

Mampu Menampung Pendapat Pelanggan

Dengan adanya perspektif pelanggan yang bergabung dengan komunitas, kamu dapat melihat bagaimana komunitas tersebut bisa memberikan feedback untuk brand yang akan kamu bangun.

Hal ini bisa diperoleh dari pertanyaan-pertanyaan pelanggan dengan cara melalui layanan dan juga produk.

Mengubah Feedback Jadi Kesempatan

Setiap pelanggan pastinya mempunyai kecenderungan dan karakter yang berbeda-beda sehingga kamu memerlukan untuk mendengarkan masukan atau kriti dari mereka satu per-satu.

Hal tersbut dapat meningkatkan kredibilitas kamu sebagai salah satu pelaku bisnis. Kemudian feedback yang akan mereka berikan kepadamu bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga produk.

Membentuk Prioritas Pelanggan

Apakah kamu tahu bahwa orang-orang akan cenderung merasa bosan dengan teknik hard selling. Maka dari itu kamu sangat memerlukan untuk memperkenalkan produk dengan cara yang beda.

Kamu dapat menggunakannya melalui brand communtiy. Ceritakan bagaiamana produk yang kamu jual dan tawarkan ini bisa menjadi slusi yang tepat untuk para pelanggan.

Baca Juga: Mau Bikin Toko Kosmetik, Ini Dia Perincian Modal dan Kiat-kiat Suksesnya!

Cara Mengelola Komunitas untuk Toko Online

cara mengelola komunitas toko online

Apa saja hal yang kamu perlukan dan lakukan agar bisa mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalankan? Pastinya kamu tidak hanya perlu untuk fokus pada sebuah angka penjualan saja bukan? Kamu harus dapat memperhatikan setiap hal lain dengan cara membangun komunitas.

Hadirnya komunitas untuk toko online bisa menjembatani hubungan antara pelanggan dengan bisnis kamu. Nah, saat kamu akan membangun komunitas dengan cara yang efektif, kamu harus dapat  menerapkan 12 hal seperti berikut ini.

Memahami Karakter Audiens

Sebelum kamu memulai untuk membentu suatu komunitas, kamu memerlukan kineja riset terlebih dahulu agar kamu dapat mengetahui platfrom manakah yang biasa audiens gunakan.

Kemudian kamu baru dapat menentukan platfrom media sosial manakah yang akan kamu prioritaskan serta sesuaikan dengan target demografis audiens.

Membuat Konten yang Menarik dan Interaktif

Kampanye dan juga kegiatan promosi melalui media sosial dapat menjadi sukses jika kamu dapat menghasilkan serta menampilkan konten-konten yang menarik.

Maka dari itu, saat kamu akan menyusun konten untuk komunitas, kamu perlu mempersiapkan konten yang sesuai untuk para audiens.

Misalnya konten yang berisi solusi untuk mengatasi masalah kecantikan pelanggan, penjelasan langkah-langkah untuk melakukan sesuatu dan juga konten yang informatif serta menghibur.

Bangun Hubungan Dekat dengan Pelanggan

Agar bisa membangun komunitas yang berkelanjutan kedepannya, kamu memerlukan interaksi dan juga mendengarkan pendapat serta masukan dari para pelanggan.

Kehadiran media sosial saat ini telah menjadi platform yang sangat tepat untuk kamu dan juga pelanggan agar bisa saling bertukar feedback terkait dengan layanan dan juga produk.

Masukan serta saran dari para pelanggan pastinya bisa membantu kamu utnuk meningkatkan kualitas produk serta layananya.

Buat Narasi yang Menarik

Dibandingakn dengan penyampaian secara langsung, pelanggan akan lebih dimudahkan dengan cara memahami brand melalui cerita.

Kamu dapat membuat dan menyusun cerita yang menarik sehingga bisa diingat dipikiran pelanggan dengan mudah.

Lewat hasil riset oleh Hravard Business Review, memperlihatkan bahwa mendengarkan cerita yang positif bisa menghasilkan hormon oktosin yang dapat membuat diri kita menjadi lebih baik.

Cerita yang sudah kamu susun ini bisa membangkitkan rasa empati audiens yang pastinya akan berdampak postif untuk komunitas.

Adakan Kompetisi dan Games

Suatu komunitas tidak harus selalu berhubungan dengan persoalan yang serius. Kamu juga harus memasikan apakah komunitas yang kamu bangun bisa menghibur.

Hal tersebut dapat membuat audiens yang bergabung akan semakin banyak. Buatlah dan adakanlah permainan atau games yang menarik yang bisa momotivasi anggota komunitas untuk berpartisipasi.

Buat Event Tertentu untuk Mempromosikan Toko dan Produk

Jika kamu ingin membuat komunitas yang kamu bentuk di media sosial semakin berkembang, kamu harus daapt membuka diri.

Contohnya dengan cara mengadakan event atau acara tertentu seperti peluncur produk, meet and greet, talkshow dan juga hadirnya layanan terbaru.

Acara yang kamu buat ini bisa secara virtual juga loh, agar kamu dapat menjangkau audiens baru diberbagai penjuru daerah.

Bekerjasama dengan Influencer

Membangun sebuah bisnis yang dapat dikelola sendiri pastinya bukan tantangan yang mudah. Ada baiknya kamu juga membutuhkan bantuan dari pihak lain.

Seperti menggunakan jasa influencer yang dapat memperkenalkan brand kamu kepada followersnya dan orang disekitarnya.

Melakukan Word Of Mouth Marketing

Agar dapat memperluas jangkauan produk kamu dapat menggunakan tindakan sederhana untuk berbagai informasi dengan orang yang sudah dikenal sebelumnya.

Tindakan ini biasa dinamankan word of mouth marketing. Pada umumnya tindakan ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara untuk memasarkan produkmu, yakni lewat merekomendasin sebuah produk untuk orang-orang yang berada di dalam kelompoknya.

Fokus untuk Menawarkan Solusi

Kumpulan orang di dalam komunitas dunia maya atau internet kebanyakan mencari sebuah solusi serta arahan terkait dengan produk yang akan mereka beli.

Kamu bisa mengambil kesempatan ini dengan cara menawarkan solusi terkait permasalahan yang pelanggan alami dengan cara menawarkan produk yang kamu miliki.

Jadilah Transparan dan Jujur

Suatu komunitas pastinya dibangun dari kepercaayan. Nah, untuk membuat audience atau peserta komunitas tersebut percaya, kamu harus transparan dan jujur ketika mengomunikasikan produk maupun brand bisnismu.

Kedual hal tersebut dapat membantu kamu untuk menjaga reputasi bisnis yang sedang kamu jalankan. Walaupun saat itu kamu sedang mengalami masa-masa yang sangat sulit, lho.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, kamu pasti setuju bahwa membuat komunitas untuk toko onlinemu adalah hal yang cukup penting. Karena lewat ruang ini, kamu bisa membagikan informasi terbaru seputar produk kosmetik jualanmu dan membujuk konsumen untuk melakukan pembelian.

Selain tips di atas, kamu bisa menemukan berbagai strategi pemasaran dan branding untuk bisnis kosmetikmu di laman Berita Terkini. Atau, kamu bisa tinggalkan pertanyaanmu di kolom komentar. See you!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts