Octisalate dalam Kosmetik, Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya?

octisalate dalam kosmetik

Octisalate, meski namanya terdengar cukup asing di telinga, kandungan ini terbilang cukup populer dalam industri kosmetik. Utamanya dalam produk-produk dengan fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Apakah kamu sudah pernah dengar soal kandungan Octisalate ini?

Belakangan ini produk dengan kandungan UV Filter menjadi populer di kalangan beauty enthusiasts. Bagaimana tidak? Masyarakat kian sadar bahwa untuk membuat kulit tetap terawat, mereka harus memastikan kulit mereka sehat dan terhindari dari berbagai dampak buruk radikal bebas, termasuk sinar UV.

Sebab itu, sebagai seorang brand owner kosmetik, kamu juga harus mengenali berbagai kandungan yang dapat memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari. Salah satunya adalah Octisalate, yang sebenarnya telah dikenal luas dan cukup populer di industri kosmetik.

Kandungan ini bisa dengan mudah kamu temukan dalam produk-produk perawatan kulit, seperti body lotion, body serum, krim wajah, hingga sunscreen. Mengombinasikannya dengan senyawa kimia lain yang memiliki fungsi sejenis, Octisalate bisa membantu meningkatkan perlindungan kulit dan mencegah dampak buruk sinar matahari sepanjang hari.

Nah, selain itu bagaimana sih penggunaan dan manfaat Octisalate dalam kosmetik? Juga apa mungkin untuk menggunakan kandungan ini dalam produk riasan wajah?

Untuk menjawab semua pertanyaanmu itu, kamu bisa baca ulasan lengkap soal penggunaan Octisalate dalam kosmetik berikut ini, ya. Enjoy reading, Beautypreneurs!

Apa itu Octisalate?

Kamu mungkin bertanya-tanya apa sih kandungan Octisalate itu? Well, Octisalate merupakan bahan kimia yang kerap digunakan dalam tabir surya dan berfungsi untuk memperpanjang perlindungan terhadap sinar matahari.

Melansir dari Byrdie, meski fungsi utamanya ada pada perlindungan kulit dari sinar UV, kandungan ini juga bisa berguna sebagai bahan wewangian dalam kosmetik. Kandungan ini merupakan salah satu bahan kimia tabir surya yang sangat umum dalam industri kosmetik. Bahan-bahan lain yang mungkin pernah kamu dengar termasuk avobenzone, oxybenzone, homosalate, dan octocrylene.

Octisalate-1

Octisalate melingdungi kulit dengan menyaring sinar UVB dari matahari. Karena itu, bahan ini juga sering digunakan bersamaan dengan bahan tabir surya lain yang bekerja untuk menangkal sinar UVA. Dengan begitu perlindungan kulit yang akan pengguna dapatkan akan jauh lebih optimal.

Tak hanya itu, kandungan ini juga bsia meningkatkan ketahanan sediaan produk dari air. Dengan begitu ketika kamu mengaplikasikan skincare dengan Octisalate, fungsi tabir surya tak akan mudah luntur meski kamu berkeringat ataupun berenang.

Lantas apakah Octisalate hanya bisa digunakan dalam sunscreen?

Nope. Kandungan ini bisa dan cukup umum berada dalam formulasi berbagai produk kecantikan, bahkan dalam produk-produk riasan wajah. Seperti BB Cream, CC Cream, foundation, dan produk perawatan kecantikan kulit tubuh.

Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan kandungan ini untuk melengkapi fungsi produk yang akan kamu buat nantinya, meskipun itu produk-produk riasan wajah.

Manfaat Octisalate untuk Kulit

manfaat octisalate untuk kulit

Sama seperti bahan UV Filter lainnya, semua kandungan ini bekerja dengan cara yang sama, yakni meresap dalam kulit dan kemudian menyerap serta menangkal sinar matahari. Kemudian mengubahnya (sinar UV) menjadi bentuk yang tidak merusak kulit.

Pembedanya terletak pada focus pemblokiran jenis sinar UV, sebagian bekerja untuk menangkal sinar UVA dan lainnya menolak sinar UVB. Nah, dalam hal ini Octisalate bekerja untuk menangkal sinar UVB dan umumnya dikombinasikan dengan bahan lain yang menangkal UVA.

Seperti yang kamu tahu, sinar UVA merupakan salah satu penyebab kemunculan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Sementara itu sinar UVB dapat memberikan sengatan panas yang bisa memicu kerusakan pada area terluar kulit.

Oleh karena itu, octisalate selalu dipasangkan dengan bahan kimia lain yang dapat menghalangi sinar UVA. Sehingga produk akhirnya adalah tabir surya spektrum luas yang cukup melindungi kulit pengguna.

Selain manfaat utama tersebut, bahan ini juga memiliki manfaat sekunder yang cukup penting. Octisalate juga dikenal membantu menstabilkan bahan tabir surya lainnya serta membantu membuat formula lebih tahan air.

Adakah Efek Samping Octisalate terhadap Kulit?

Kabar baiknya Octisalate termasuk kandungan yang ramah untuk semua jenis kulit. Kecuali untuk orang-orang yang memang memiliki alergi khusus terhadap kandungan ini.

Melansir dari Byrdie, meski perlu adanya penelitian lebih lanjut, bahan ini umumnya diakui cukup aman dan efektif untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Meski begitu, tak ada salahnya bagi pengguna untuk mencari tahu keamanan produk dan reaksi kulit mereka terhadap Octisalate dengan melakukan test patch terlebih dahulu.

Peluang Produk dengan UV Filter di Pasar Kosmetik

Termasuk ke dalam lima produk terlaris di e-commerce versi Compas Market Insight, sunscreen dan produk perlindungan dari sinar UV memiliki peluang yang cukup besar untuk dapat masyarakat terima di pasar kosmetik.

Lebih lanjut, skincare satu ini meraih jumlah penjualan lebih dari 882 ribu kali di e-commerce hanya dalam kurun waktu 17-23 Mei 2022. Antusiasme masyarakat ini bukan tanpa alasan, sunscreen menjadi produk wajib dan paling dasar untuk merawat kesehatan serta kecantikan kulit.

Menurut berbagai sumber, penyebab utama masalah kesehatan dan kecantikan kulit banyak disebabkan oleh paparan sinar UVA dan UVB. Mulai dari sun burning, iritasi, penggelapan atau hiperpigmentasi, hingga munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Karena itu, sunscreen atau produk kosmetik dengan kandungan SPF maupun UV Filter memiliki peluang besar dan permintaan tinggi di pasaran. Menurut BASF Care Chemicalas, permintaan akan produk-produk pelindung kulit dari sinar matahari akan terus meningkat dan populer di masa mendatang.

Menciptakan skincare dengan octisalate yang aman dan berkualitas dengan brand sendiri

formulasi produk kosmetik

Menyadari betapa besar peluang untuk berbisnis skincare dan kosmetik lain menggunakan UV Filter seperti Octisalate di pasaran, kamu pasti tertarik untuk menciptakan produk ini dengan brand-mu sendiri, bukan?

Memformulasikan Octisalate sendiri tidaklah mudah, kamu memerlukan tenaga ahli di bidangnya untuk mampu menciptakan formula skincare yang imbang dan sempurna. Ah, inilah alasan Mash Moshem Indonesia ada untukmu.

Kami menyediakan tim formulator yang handal dan berpengalaman di bidang penciptaan formulasi kosmetik, termasuk yang mengandung bahan-bahan UV Filter seperti Octisalate. Kamu bisa berdiskusi secara aktif bersama tim kami untuk mengembangkan konsep produk multifungsimu sesempurna mungkin.

Termasuk efek seperti apa yang kamu inginkan dari produk tersebut, jenis perlindungan seperti apa, aroma, tekstur, dan warna sediaan. Apapun itu, kamu hanya perlu mendiskusikan dan mempercayakannya pada tim kami.

Setelah itu, formulator kami akan membantu mewujudkan konsep produk tersebut ke dalam sampel dan kembali mendiskusikan hasilnya denganmu. Bila kamu puas, tim kami akan memproduksinya dalam skala besar.

Kamu hanya perlu duduk manis, karena kami juga akan membantu proses pengurusan legalitas, desain kemasan, hingga menciptakan media promosi untuk semua produkmu. Menarik, bukan?

Yuk, segera mulai pembuatan skincare dengan kandungan Octisalate dari brand kosmetikmu dengan klik ikon WhatsApp di bawah atau langsung klik di sini, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment