Ketahui Berbagai Alasan Pentingnya Membuka Bisnis Sendiri Bagi Perempuan

pentingnya membuka bisnis untuk kecantikan (1)

Kamu pasti belakangan sangat menyadari bagaimana struktur sosial bergerak dan berubah. Salah satunya, bagaimana kedudukan perempuan dalam dunia bisnis dan industry.

Tak hanya berperan dalam ranah domestic, kini kamu bisa menemukan dengan mudah perempuan-perempuan yang juga aktif dalam berbagai kegiatan industry dengan membuka usaha mereka sendiri.

Kalau kamu kurang yakin, coba perhatikan data yang telah dikumpulkan oleh databoks.katadata.co.id berikut ini.

36-perempuan-indonesia-memilih-menjadi-pengusaha-by-katadata

Ya, berdasarkan data laporan dari Women Entrepeneurs in Indonesia pada tahun 2016 lalu tersebut, tercatat sebanyak 55 juta penduduk Indonesia bergerak dalam usaha skala mikro, kecil, hingga menengah.

Pada laporan tersebut juga menunjukkan bahwa sebanyak 36 persen dari total perempuan Indonesia pada usia produktif, telah memilih untuk menjadi pengusaha secara mandiri.

Dibandingkan dengan beberapa negara lain, tingkat pengusaha perempuan di Indonesia pada tahun itu lebih tinggi daripada di Malaysia, China, dan India.

Ini menunjukkan bahwa perempuan pun memiliki daya dan kemampuan yang sama besarnya dengan laki-laki dalam merintis bisnis pribadi.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah kamu juga berkeinginan untuk memulai bisnis dan membuka peluangan usahamu secara mandiri?

Kalau iya, kamu wajib banget membaca ulasan mengenai pentingnya membuka bisnis sendiri bagi perempuan, ide-ide bisnis yang bisa dijadikan inspirasi, hingga kendala-kendala apa yang bisa kamu pelajari jika benar-benar ingin menekuninya berikut ini.

Pentingnya Membuka Usaha Sendiri Bagi Perempuan

pentingnya membuka bisnis untuk kecantikan (2)

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa membuka bisnis sendiri menjadi hal yang perlu kamu pertimbangkan dengan teliti?

Langsung saja, simak beberapa alasan yang membuat membuka usaha sendiri untuk perempuan begitu penting. Jangan sampai terlewat dan catat baik-baik, ya!

Ketimpangan Pemberian Upah Pekerja Antar Gender

Alasan pertama yang membuatmu patut mempertimbangkan untuk membuka usaha sendiri adalah karena masiha danya ketimpangan pemberian upah pekerja antar gender.

Meski sulit dipercaya, hal ini secara statistic telah dibuktikan dalam tabel dari databoks.katadata.co.id berikut.

masih-ada-ketimpangan-upah-buruh-antargender-pada-februari-2021-by-katadata

Seperti yang kamu lihat, per Februari tahun 2021 tersebut tampak adanya ketimpangan atas upah buruk yang diterima laki-laki dan perempuan.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) di atas, rata-rata upah buruh laki-laki sebesar 3.1 juta rupiah, sementara perempuan sebesar 2,86 juta per bulan.

Ketimpangan upah ini pun terbilang sangat merata dan hampir terjadi pada smeua jenjang pendidi kan terakhir yang ditamatkan.

Melihat adanya ketimpangan dalam sistem pemberian upah kerja ini, kamu pasti menyadari bahwa hingga kini kesetaraan gender dalam dunia kerja masihlah belum begitu diimplikasikan dengan baik.

Kemampuan yang kamu miliki pun akan terhambat dan tidak mendapatkan bayaran yang setimpal. Untuk itu, pilihan untuk membuka bisnis atau usaha sendiri menjadi begitu penting dan disarankan untuk kamu lakukan.

Peluang Jenjang Karir yang Rendah Sebagai Pekerja

Selain ketimpangan upah, sebenarnya peluang jenjang karir perempuan di dunia kerja juga tidak setinggi laki-laki, lho.

Sebagai contoh, kamu bisa memperhatikan data perempuan yang menempati posisi manager di bawah ini.

hanya-33-manajer-di-indonesia-merupakan-perempuan-by-katadata

Ya, dari data di atas digambarkan bahwa presentase perempuan yang menduduki posisi manager masih kalah jauh dibandingkan laki-laki.

Padahal jika diperhatikan, kenaikkan jumlah manager perempuan pun sangat signifikan dari tahun ke tahun. Ini artinya, perempuan pun bisa dan kompatibel untuk memimpin tim kerja.

Sayangnya, mau diakui atau tidak, hingga kini banyak faktor yang membuat perempuan tidak bisa naik pangkat secepat pekerja laki-laki. Misalnya, para atasan yang masih menilai peforma kerja berdasarkan gender, meremehkan dedikasi pekerja perempuan, dan masih banyak lainnya.

Karena kemungkinan pengembangan karir yang minim inilah, maka akan lebih baik bila kamu membangun usaha sendiri. Kamu jelas bisa mengambil bagian kerja yang besar, mengatur laju usahamu, dan perkembangannya bisa jauh lebih terkontrol.

Sebuah studi yang diterbitkan di hardvard bussiner review, menguji teori bahwa perempuan tidak dipromosikan secepat lellaki di kantor tempat mereka bekerja.

Perbedaan dalam tingkat promosi ini bukanlah karena prilaku mereka, tetapi bagaimana mereka diperlakukan.

Tak hanya itu, sebuah penelitian pun menunjukkan bahwa perempuan memiliki kemungkinan 15% lebih rendah darpada pria untuk mendapatkan promosi. Tak mengherankan jika perempuan akan beralih menjadi seorang wirausahawan untuk memajuka  karir lebih cepat.

Waktu Kerja yang Lebih Fleksibel

Meski sudah memiliki peranan yang besar dan bekerja, enggak sedikit juga perempuan yang mengurus segala masalah domestic. Hal ini juga yang menjadikan perempuan selalu memiliki tanggung jawab ganda.

Bekerja sebagai pegawai kantor atau di perusahaan orang lain, tentunya harus mematuhi waktu kerja yang ditentukan dan tidak bisa sembarangan bolos.

Karenanya, memiliki usaha dan menjadi bos bagi diri kamu sendiri tentulah alternatif yang sangat ideal. Kamu bisa memiliki banyak kebebasan dan mengatur waktu untuk diri sendiri dan keluarga.

Mendapatkan Penghasilan Sendiri

Kamu tentu sudah sangat sering menjumpai fenomena perempuan yang berhenti bekerja setelah mereka menikan dan melahirkan. Bagaimana pendapatmu?

Tentu hal ini sama sekali bukan masalah besar, apalagi kalau keputusan itu diambil dengan pertimbangan yang matang dan telah melalui kesepakatan bersama pasangan.

Meski begitu, memiliki usaha sendiri dan berpenghasilan secara pribadi bisa menjadi nilai tambahan. Waktu yang fleksibel dan kontrolmu yang besar tentu membuat bisnis ini jadi lebih mudah untuk disesuaikan dengan kehidupan rumah tangga.

Selain mendapat masukan tambahan, kamu bisa menjadi lebih mandiri dan dapat memberikan jaminan kesejahteraan pada anak secara aktif lewat simpanan finansial.

Memiliki Kontrol yang Lebih Besar untuk Masa Depan

Dibandingkan bekerja pada orang lain, mengurus usaha sendiri tentu memberikanmu keleluasaan untuk mengontrol dan menentukan arah tujuan dari bisnis tersebut.

Selain laju perkembangan bisnis, kamu pun memiliki kontrol yang sama besarnya dalam menentukan jaringan relasi yang ingin dibuat, memilih klien atau mitrabisnis, dan masih banyak lainnya.

Ide untuk Membuka Usaha Sendiri

cara menjadi distributor kosmetik (2)

Setelah melihat beberapa alasan di atas, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang wirausaha perempuan? Kalau iya, berikut ini ada beberapa ide untuk membuka usaha sendiri yang bisa kamu pertimbangkan.

Membuka Toko Online dan Jadi Reseller

Ide bisnis ini terbilang cukup mudah dan bisa kamu coba langsung di rumah. Yap, karena kamu hanya perlu menyetok beberapa produk kosmetik, baju, dan lain sebagainya. Kemudian dipromosikan dan dijual kembali lewat media online.

Untuk memulai bisnis ini, kamu enggak perlu menyetok banyak barang sekaligus. Kamu bisa mulai sedikit demi sedikit, atau melakukan PO terlebih dahulu sembari terus melakukan promosi.

Dengan demikian, modal yang kamu perlukan juga tidak akan terlalu besar di muka. Sehingga tak akan terlalu membebanimu secara finansial.

Membuka Pelayanan Jasa Kecantikan

Ide membuka usaha sendiri di bidang kecantikan selanjutnya adalah dengan membuka pelayanan jasa kacantikan.

Misalnya dengan membuka bisa barbershop, salon kecantikan, hingga jasa MUA. Pilih mana yang sesuai dengan keahlian dan pengetahuanmu.

Lakukan secara bertahap, tidak perlu langsung membuka toko besar atau membeli banyak alat sekaligus. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masyarakat sekitar, dan sesuai dengan modal yang kamu punya terlebih dahulu.

Membuat Brand Kosmetik

Bisnis satu ini lumayan berkembang, bahkan kini sudah dibilang sangat marak dilakukan oleh pengusaha-pengusaha muda. Kamu juga bisa ambil bagian di dalamnya.

Pembuatan brand kosmetik ini tidaklah susah, malah dapat dibilang sangat mudah dipraktekkan. Tak hanya itu, modalnya pun terbilang jauh lebih miring dibandingkan pembuatan brand kosmetik di era dulu.

Kok bisa? Ya, kamu hanya perlu membuat brand kosmetikmu bersama PT Mash Moshem Indonesia. Kami bisa membantumu dari awal pembuatan konsep dan formula kosmetik, memproduksinya, mengurus legalitasnya, hingga memberikan media pemasaran yang efektif.

Mash Moshem Indoneseia telah berpengalaman dalam bidang manufaktur kosmetik, yakni selama 10 tahun lamanya. Kami juga telah bekerja sama dengan lebih dari 300 brand kecantikan lokal dan menyajikan piliha produk kosmetik berkualitas serta berdaya saing tinggi.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment