Sering Diabaikan, Ketahui Manfaat Kondisioner untuk Rambut Ini

manfaat conditioner untuk kecantikan rambut

Rambut yang kering, mengembang, dan sulit di atur merupakan permasalahan yang sangat sering terjadi. Kondisi ini tentunya akan berpengaruh pada penampilanmu, misalnya menimbulkan kesan tidak rapi dan tidak terawatt.

Karenanya, banyak orang yang rela meluangkan waktu untuk pergi ke salon kecantikan dan mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk membuat rambut mereka lebih mudah diatur.

Padahal, untuk mengatasi rambut kering, mengembang, dan susah diatur ini bisa diatasi dengan menggunakan kondisioner secara rutin.

Kondisioner merupakan salah satu produk perawatan rambut yang dapat membantu melembapkan folikel secara instan, melembutkan batang rambut, dan membuatnya lebih mudah diatur.

Penggunaan kondisioner secara rutin pun diyakini akan membuat rambut jadi terasa lebih lembut dan tidak mudah kusut.

Sayangnya enggak sedikit juga yang suka melewatkan penggunaan conditioner setelah mencuci rambut karena dinilai terlalu ribet, serta kurang paham akan manfaatnya untuk kecantikan rambut.

Nah, biar kamu juga enggak gampang skip conditioner, yuk cek beberapa manfaat kondisioner untuk rambut berikut ini.

Berbagai Manfaat Kondisioner untuk Rambut

manfaat conditioner untuk rambut

Seperti halnya dengan rangkaian produk perawatan kesehatan rambut lainnya, kondisioner bisa memberikan banyak manfaat untuk kecantikan rambut.

Perawatan ini sangat direkomendasikan buat kamu yang memiliki masalah rambut kering, mengembang, susah diatur, bahkan yang suka menggunakan alat styling rambut.

Nah, kira-kira apa saja manfaat kondisioner untuk rambut? Segera ketahui ulasan lengkap soal hair treatment product tersebut di bawah ini, Ladies!

Memberikan Kelembapan Ekstra pada Rambut

Salah satu manfaat kondisioner untuk rambut adalah memberikan kelembapan ekstra pada folikel dan batang rambut. Terlebih, setelah keramas rambut akan rentan menjadi kering, karena minyak alami yang ada turut terangkat bersama kotoran.

Nah, karenanya penggunaan kondisioner akhirnya menjadi penting. Produk ini dapat membantu mengembalikan kelembapan alami pada rambut, juga memberikan lapisan pelindung agar batang rambut tidak menyerap air terlalu berelebihan.

Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

Selain memberikan kelembapan alami, penggunaan kondisioner secara teratur bisa membuat rambut kamu jadi lebih mudah diatur.

Ini dikarenakan, umumnya kondisioner diformulasikan dengan berbagai bahan yang bisa mengisi ruang kosong pada batang rambut, mengembalikan kelembapannya, dan memberikan volume tambahan.

Dengan demikian, rambut tidak akan mengembang dan jadi lebih mudah diatur.

Bikin Rambut Jadi Terasa Lebih Lembut

Tak hanya membuat rambut jadi lebih mudah diatur, kondisioner pun bisa memberikan perubahan yang sangat baik untuk tekstur rambut.

Produk ini akan membantu menutrisi dan menjadikan tekstur rambut jadi jauh lebih lembut. Hebatnya lagi, manfaat ini umumnya bisa kamu rasakan sesaat setelah kamu menggunakan kondisioner.

Menjaga dan Memberikan Kilau Alami pada Rambut

Jika terawat dan ternutrisi dengan baik, warna alami pada rambut pun akan lebih terjaga, bahkan akan menimbulkan efek berkilau.

Nah, penggunaan kondisioner ini bisa membantu menjaga dan memberikan kilau alami pada rambut. Apalagi kalau kamu sering menggunakan alat stylish yang panas tiap hari, pasti rambut jadi kering dan kehilangan kilau alaminya.

Kondisioner bisa memberikan lipid penghalang tambahan pada rambut, sehingga melindungi dari panas alat styling dan menjaga kilau alaminya agar tidak menghilang.

Mengatasi Masalah Rambut Kusut

Rambut yang kering dan kasar akan rentan kusut serta mudah rontok. Namun kamu tak perlu khawatir, karena kondisioner pun bisa mengatasi masalah rambut kusut ini.

Ini dikarenakan kondisioner bersifat melembapkan, melembutkan, dan menjadikan rambut jadi lebih mudah diatur. Penggunaan produk ini secara rutin sehabis keramas, akan membantu mengatasi tekstur rambut secara signifikan dan menghilangkan kusut.

Mencegah Adanya Kerusakan pada Rambut

Sama halnya dengan kulit, rambut pun rentan mengalami kerusakan akibat polusi, sinar matahari, penggunaan alat styling yang panas terlalu sering, dan mengikat rambut cukup ketat.

Untuk menggunakan conditioner bisa mmebantu merawat kesehatan rambut dan mencegah adanya kerusakan. Khususnya dengan bekerja untuk menutrisi dan menyuplai kebutuhan protein pada rambut kamu.

Merawat Elastisitas Rambut

Umumnya, setelah mencuci rambut dengan sampo, batang rambut akan terasa kaku bahkan rentan mengalami kerontokan. Hal ini terjadi karena keramas membuat semua minyak alami pada rambut terangkat bersama kotoran.

Nah, untuk mengembalikan elastisitas rambut yang menghilang karena keramas ini, kamu perlu menggunakan kondisioner sehabis keramas.

Mencegah Rambutmu Rontok

Masalah kesehatan rambut lain yang cukup meresahkan dan kerap terjadi adalah kerontokan. Rambut yang mudah rontok biasanya lebih kering, rapuh, dan tidak memiliki asupan nutrisi yang cukup.

Kabar baiknya, manfaat kondisioner untuk rambut adalah membantu mencegah rambut rontok. Yakni dengan memberikan nutrisi dan protein yang dibutuhkan rambut, menjaga kelembapan alaminya, dan membuat rambut lebih kuat.

Jenis-jenis Conditioner yang Perlu Kamu Tahu

hair conditioner

Seperti yang kamu tahu, kini banyak sekali merk-merk kecantikan yang memproduksi berbagai jenis produk perawatan rambut, termasuk kondisioner.

Berbagai inovasi, mulai dari kandungan-kandungan yang digunakan, tekstur, hingga ragam manfaatnya juga sangatlah banyak.

Namun, secara umum ada dua jenis conditioner yang perlu kamu tahu. Apa saja? Langsung cek ulasan kedua produk tersebut berikut ini.

Deep Conditioner

Selaras dengan namanya, deep conditioner merupakan jenis kondisioner yang dibuat untuk merawat rambut lebih intens dari kondisioner biasa.

Karena kandungannya juga sangat kaya, produk ini tidak bisa digunakan setiap hari. Cukup gunakan deep conditioner ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Perawatan ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki rambut super kering, terlalu sering menggunakan catokan rambut atau alat styling sejenis, maupun yang sering mengganti cat warna rambut.

Leave in Conditioner

Jenis kondisioner satu ini memang dibuat untuk menjawab kegelisahan kamu yang terlalu malas untuk menggunakan kondisioner setelah keramas, karena leave in conditioner bisa dipakai tanpa perlu dibilas dan tidak akan meninggalkan residu pada rambut.

Menarik bukan? Enggak hanya itu, produk ini pun bisa memberikan kelembapan dan perlindungan ekstra pada rambut kamu. Sehingga akan mencegah batang rambut jadi kering, kusam, ataupun menimbulkan kerusakan lanjutan.

Nah dari kedua jenis kondisioner di atas, manakah yang paling cocok dengan kebutuhan dan kondisi rambutmu? Penggunaan produk perawatan yang tepat akan memberikan kerja yang lebih efektif dan manfaat optimal bagi rambutmu.

Jadi, jangan asal pilih, ya, Guys!

Cara Memakai Kondisioner yang Benar

conditioner

Setelah mengetahui manfaat kondisioner untuk rambut dan jenis-jenisnya, apakah kamu sudah tertarik untuk menggunakan produk ini dalam rangkaian perawatan rambut rutinmu?

Nah, sebelum mencobanya di rumah, perhatikan dulu cara memakai kondisioner rambut yang benar berikut ini.

Cuci Rambut Terlebih Dahulu

Sebelum memulai perawatan apapun, hal yang perlu diperhatikan adalah mengangkat dan membersihkan kotoran yang ada terlebih dahulu, termasuk ketika kamu akan menggunakan kondisioner.

Hal ini akan membuat kerja kondisioner lebih optimal, kandungan dan nutirisi yang ada dalam produk pun akan terserap ke batang rambut secara maksimal.

Pastikan tidak ada sisa busa sampo yang tertinggal, jadi bilas rambutmu hingga benar-benar bersih, ya!

Gunakan Kondisioner Saat Rambut Setengah Basah

Banyak orang yang menggunakan kondisioner dengan salah, yakni langsung memakainya saat rambut dalam keadaan terlalu basah.

Padahal ketika menggunakan kondisioner ketika rambut masih basah, akan membuat kerja produk tidak maksimal. Sebab, air akan melarutkan kondisioner dan tercucui sehingga tidak dapat menurtisi dengan benar.

Untuk itu, ada baiknya untuk meggunakan kondisioner saat rambut dalam keadaan setengah basah. Atau kamu bisa mengangkat air berlebih dari rambutmu dengan menggunakan handuk, setelah itu baru kamu aplikasikan kondisioner.

Gunakan Secukupnya

Ketika menggunakan conditioner, kamu pun perlu memperhatikan takaran produk, yakni dengan menyesuikan dengan volume rambut kamu.

Ini akan membuat pemakaian kondisioner jadi lebih efektif, karena rambut bisa menyerap dengan lebih maksimal kandungan-kandungan yang ada dalam produk tersebut.

Hindari Pemakaian Kondisioner pada Kulit Kepala

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah menghindari area kulit kepala saat sedang menggunakan kondisioner. Cukup aplikasikan produk ini dari ujung rambut hingga ke bagian tengah batang rambut saja.

Penggunaan kondisioner pada kulit kepala akan memicu produksi minyak berlebih, membuat kulit kepala jadi terlalu lembap, dan akhirnya bisa menimbulkan lepek dan ketombe.

Ratakan Kondisioner dengan Sisir

Langkah penggunaan conditioner satu ini akan memudahkan rambut untuk diatur. Pastikan kamu menggunakan sisir yang tidak terlalu rapat dan menggunakannya secara perlahan.

Setelah semua kondisioner telah merata pada rambut, maka kamu harus mendiamkan kondisioner selama beberapa menit. Atau paling tidak selama dua hingga tiga menit, ini untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan terserap dengan baik.

Bilas Rambut dengan Air Hangat Hingga Bersih

Nah, kalau semua langkah di atas telah kamu lakukan dan kandungan dalam kondisioner telah terserap. Maka kamu perlu membilasnya dengan air hangat hingga rambut tak lagi licin dan residu kondisioner jadi terangkat.

Penggunaan air hangat akan memudahkan pengangkatan minyak pada batang rambut, dan membuat proses penggunaan kondisioner jadi lebih cepat.

Well itu adalah berbagai serba-serbi conditioner yang perlu kamu tahu, mulai dari manfaatnya, jenisnya, hingga cara penggunananya yang benar.

Meski kadang dinilai cukup merepotkan, manfaat kondisioner untuk rambut sangatlah beragam. Mulai dari melembutkan, melembapkan, sampai mencegah adanya kerusakan rambut. Jadi, kalau bisa jangan melewatkan hair treatment satu ini, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

pentingnya membuka bisnis untuk kecantikan (1)

Ketahui Berbagai Alasan Pentingnya Membuka Bisnis Sendiri Bagi Perempuan

Kamu pasti belakangan sangat menyadari bagaimana struktur sosial bergerak dan berubah. Salah satunya, bagaimana kedudukan perempuan dalam dunia bisnis dan industry. Tak hanya berperan dalam ranah domestic, kini kamu bisa menemukan dengan mudah perempuan-perempuan yang juga aktif dalam berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment