Cara Merawat Rambut Kering dan Kasar Jadi Sehat dan Berkilau

cara merawat rambut kering dan kusut

Rambut yang tampak kusam, kusut, dan sulit diatur merupakan mimpi buruk untuk kita. Kondisi yang sangat mudah muncul ketika rambut kehilangan kelembapannya ini, hampir dialami oleh sebagian besar orang. Lantas bagaimana cara merawat rambut kering dan kasar hingga kembali sehat?

Pada dasarnya banyak hal yang bisa menyebabkan rambut kita menjadi kering dan kusut. Termasuk penggunaan alat styling secara berlebihan, menggunakan produk yang salah, hingga paparan radikal bebas.

Tak hanya menyebabkan teksturnya kasar, rambut kering pun sangat rentan mengalami masalah lain. Seperti membuat ujung rambut bercabang dan menjadi mudah rontok.

Meski begitu, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Karena cara merawat rambut kering dan kusut ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, kamu bisa mencegah masalah kecantikan rambut ini terjadi, lho!

Penasaran, kan? Langsung simak ulasan mengenai penyebab serta cara merawat rambut kering dan kasar berikut ini!

Penyebab Rambut Kering dan Kasar yang Harus Dihindari

Sebelum membahas apa saja cara merawat rambut kering dan kasar, ada baiknya kamu mengenali berbagai penyebabnya terlebih dahulu. Karena sebenarnya, memang lebih baik mencegah daripada mengobatinya, bukan?

Nah, lantas apa saja penyebab rambut kering dan kasar yang harus kamu hindari tersebut? Ketahui daftanya di bawah ini, ya!

Terlalu Sering Menggunakan Alat Hair Styling

Salah satu penyebab rambut kering dan kasar yang pertama adalah terlalu sering menggunakan alat hair styling. Seperti yang kamu tahu, alat-alat ini bisa mengeluarkan panas yang dapat membuat kelembapan alami rambut menghilang.

Karena kelembapan alami ini menghilang, serat-serat rambut jadi mudah kering, kusut dan bahkan rentan mengalami kerontokan.

Menggunakan Pewarna Rambut Kimiawi Secara Berlebihan

Tak hanya penggunaan alat styling, memakai pewarna rambut kimiawi secara berlebihan juga bisa berdampak buruk pada rambutmu. Well, tentu saja salah satunya membuat rambut jadi mudah kering dan kasar.

Salah satu contoh yang sangat mudah ditemui adalah ketika kamu menggunakan bleaching (pemutih rambut). Ini bisa menyebabkan rambut menjadi begitu rapuh, kering, dan bahkan sangat mudah mengalami kerontokan.

Terlalu Sering Keramas

Banyak yang beranggapan bahwa dengan keramas tiap hari bisa membuat rambut dan kulit kepala jadi sehat. Nah, apakah benar begitu?

Sayangnya anggapan ini enggak sepenuhnya benar, lho. Apalagi kalau kamu tipe orang yang memiliki kulit kepala yang cenderung kering. Tentu dengan keramas terlalu sering akan membuat rambutmu jadi lebih mudah kering dan kasar.

Kondisi ini lebih rentan terjadi lagi kalau kamu menggunakan shampoo dengan kandungan zinc, menthol atau bahan lain untuk mengangkat minyak serta ketombe.

Cuaca yang Tidak Mendukung

Selain faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya, cuaca yang terlalu dingin atau panas bisa sama buruknya untuk rambutmu. Yap! Cuaca yang ekstrim dan tidak mendukung ini bisa bikin rambutmu jadi lebih mudah kering!

Kulit Kepala yang Terlalu Kering

Batang rambut tidak bisa memproduksi minyak alami sendiri, justru kelembapan ini diperoleh pada minyak yang dibuat pada kulit kepala.

Nah, karenanya ketika akar rambut yang ada di bawah kulit kepala ini tidak dapat menyerap kelembapan yang cukup. Maka, rambut akan mudah kering dan kusam.

Pertambahan Usia

Seiring dengan bertambahnya usai kita, rambut akan menghasilkan lebih sedikit minyak dari sebelumnya. Perubahan hormone setelah menopause pun akan menyebabkan rambutmu mudah kering.

Kurangnya Perlindungan

Setiap helai rambut sehat memiliki lapisan pelindung yang disebut kutikula. Sama seperti skin barrier yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, kutikula melindungi rambut dari panas dan kerusakan akibat sinar matahari.

Dalam kutikula yang sehat, lapisan-lapisan itu saling menempel erat dan menjaga kelembapan. Ketika lapisan kutikula terpisah dan terkelupas dari rambut, ia tidak dapat menahan kelembapan dan sebagian minyak keluar.

Cara Merawat Rambut Kering dan Kasar Hingga Kembali Sehat

Meski rambut kering dan rusak sangat mengganggu, bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya sama sekali. Justru cara merawat rambut kering dan kasar ini bisa dengan mudah kamu lakukan, lho!

Nah, berikut ini ada cara merawat rambut kering dan kasar hingga sehat yang bisa kamu peraktekkan di rumah. Simak baik-baik ya, Ladies!

Pijat Rambut dengan Minyak Alami Secara Teratur

Langkah pertama dalam cara merawat rambut kering dan kasar adalah dengan memijat rambut menggunakan minyak alami secara teratur. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memanaskan minyak tersebut dan menunggunya hangat.

Pemijatan kulit kepala dengan minyak hangat ini enggak hanya bikin rambutmu kembali lembut. Melainkan bisa merangsang pertumbuhan rambut baru yang sehat.

Kamu bisa memijat kepala dengan lembut selama 30 menit, kemudian diamkan hingga satu jam sebelum kamu mencuci rambut.

Kamu bisa menggunakan minyak-minyak alami seperti extra virgin olive oil, coconut oil, argan oil, dan berbagai minyak alami lainnya. Untuk menambah aroma, kamu bisa menggunakan beberapa tetes minyak esensial dengan minyak alami tersebut.

Gunakan Produk Perawatan Rambut dari Bahan Organik

Langkah selanjutnya adalah menggunakan produk yang terbuat dari bahan-bahan organic. Karena ketika rambut kering, kelembapan yang ada di batang rambut sangatlah sedikit.

Dan, enggak sedikit bahan-bahan kimia yang terlalu keras pada shampoo bisa menyebabkan kekeringan lebih parah. Misalnya, alcohol, sulfat, menthol, dan bahan-bahan lain yang dapat menghilangkan minyak alami dari rambut serta kulit kepala.

Ketika beralih ke produk shampoo organic, kamu bisa mencegah hal ini dan dapat membantu mencegah rambut kehilangan lebih banyak kelembapan alami.

Gunakan Kondisioner Rambut Setiap Keramas

Cara merawat rambut kering dan kasar selanjutnya adalah dengan menggunakan kondisioner rambut setiap habus keramas. Langkah ini bisa membantu mengembalikan kelembapan alami rambut yang menghilang setelah kamu keramas.

Tak hanya itu, kondisioner dapat membantu melembutkan rambut dan membuatnya tampak lebih sehat berkilau. Kamu bisa menggunakan kondisioner yang harus dibilas maupun tanpa bilas. Pokoknya sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Aplikasikan Serum Rambut dengan Teratur

Cara merawat rambut kering dan kasar selanjutnya adalah dengan secara teratur menggunakan serum rambut. Produk satu ini tidak hanya menambah kelembapan alami pada rambut, melainkan melindunginya dari pengaruh berbagai dampak buruk radikal bebas.

Yap! Radikal bebas emang enggak hanya bisa berpengaruh buruk sama kulit wajah dan tubuhmu. Melainkan bisa membuat rambut jadi makin kering, bercabang, memudarkan warna alaminya, hingga menjadikannya mudah rontok.

Gunakan Masker Rambut Tiap Minggu

Selain menggunakan serum rambut, kamu juga dapat memakai masker tiap minggu sebagai cara merawat rambut kering dan kasar lainnya.

Masker rambut umumnya memiliki kandungan yang lebih kompleks dibandingkan dengan kondisioner ataupun serum. Misalnya mengandung minyak alami, vitamin, keratin, dan bahan-bahan lainnya yang bisa memperkuat dan kembali menyehatkan rambut.

Penggunaan masker rambut ini pun adalah cara yang sangat ampuh untuk merawat rambut yang rusak parah akibat menggunakan alat styling yang panas dan pewarna rambut kimiawi.

Tips Tambahan untuk Menjaga Kesehatan Rambut dari Dalam

Selain melakukan cara merawat rambut kering dan kasar di atas, kamu juga harus menjaga kesehatan rambutmu dari dalam, lho.

Karena makanan yang kita makan akan sangat berpengaruh pada penampilan luar kita, baik pada kulit maupun rambut.

Nah, berikut ini ada beberapa tips dan kebiasaan yang harus kamu perhatikan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambutmu. Simak bareng-bareng ya, Beauties!

Hindari Penggunaan Alat Styling Rambut

Menggunakan alat styling yang pans untuk mengeriting, meluruskan, atau mengeringkannya dapat menyebabkan banyak kerusakan. Karenanya, langkah pertama untuk menjaga kesehatan rambut adalah menghindari penggunaan alat panas pada rambut dalam bentuk apapun.

 Jika memungkinkan, jangan mencuci rambut dengan air panas. Setidaknya bilas dengan air dingin terakhir untuk mengunci kelembapan alami yang ada.

Makan Makanan yang Bisa Menghidrasi Tubuh dari Dalam

Tidak peduli apa yang kamu gunakan sebagai perawatan rambut, pada dasarnya sangat penting untuk menghidrasi tubuh dari dalam. Kamu bisa mulai minum banyak air putih, serta menghindari minuman beralkohol.

Tak hanya itu, kamu juga bisa secara rutin meminum air kelapa. Kenapa? Air kelapa sangat kaya akan mineral yang bisa menyegarkan tubuh dan membantu menghidrasi dari dalam.

Mengatur Diet Sehat

Diet kaya protein, vitamin dan mineral sangat penting untuk kesehatan rambut. Beberapa makanan yang dapat kamu sertakan dalam diet ini adalah telur, ikan, beri, kacang-kacangan, bayam dan sayuran hijau lainnya, dan buah-buahan seperti alpukat dan jeruk.

Vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan rambut. Kamu pun dapat mengonsumsi multivitamin yang dijual bebas atau bertanya kepada dokter tentang multivitamin dan suplemen lain yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan rambut.

Mikronutrien seperti biotin, vitamin C dan vitamin E dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat dan lebih tebal. Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 seperti kapsul minyak ikan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu tentang tips mencegah dan cara merawat rambut kering hingga bisa kembali sehat. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya di rumah? Tulis di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment