Strategi Brand Essence untuk Tingkatkan Awareness Merk Kosmetikmu!

strategi brand essence adalah

Membuat produk kosmetik dengan kualitas internasional saja tidak cukup untuk membuat bisnismu memimpin pasar. Melainkan, kamu juga harus membarenginya dengan strategi promosi yang tepat untuk membuat masyarakat memahami nilai unik dari produk-produkmu. Dalam hal ini, menerapkan strategi brand essence untuk merek dan produk kosmetikmu adalah pilihan yang tepat.

Beautypreneurs, tahukah kamu kalau bahan baku berkualitas tak menjamin kesuksesan merek kosmetikmu mengusai pasar? Yap! Lebih dari itu, kamu harus memiliki strategi pemasaran terbaik untuk dapat menonjolkan esensi dari merek kosmetik yang kamu miliki.

Ketika kamu bisa menyampaikan esensi dan nilai unik dari produkmu dengan baik pada masyarakat, maka konsumen akan semakin mudah menerima dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Menggunakan strategi brand essence dapat membantumu menyampaikan nilai merek tersebut kepada masyarakat, khususnya calon target konsumenmu, dengan efektif. Penasaran, kan?

Langsung simak penjelasan mengenai brand essence, manfaat, cara penerapan, dan contohnya pada brand kosmetik besar dalam ulasan berikut ini!

Apa itu Brand Essence?

Brand essence adalah sesuatu yang diciptakan oleh sebuah perusahaan atau industri untuk menunjukkan sifat utama dari berbagai produk yang dimilikinya. Strategi ini menunjukkan perasaan yang konsumen harapkan ketika mereka berinteraksi dengan brand. Atribut itulah yang kemudian akan konsumen rasakan atau temukan sebagai pembeda antara brand tersebut dengan brand lainnya di pasar.

Brand essence dianggap sebagai jiwa atau DNA dari sebuah brand yang bisa dirasakan kapan pun dan di mana pun brand tersebut berada. Brand essence pada dasarnya berfungsi untuk menyatukan konsep, tujuan, proposisi nilainya, nilai, dan prinsip brand.

Dalam hal ini, brand essence yang baik adalah brand essence yang mampu menjelaskan manfaat unik yang brand tersebut tawarkan pada target konsumennya. Pengembangan brand essence ini bertujuan untuk menonjolkan identitas yang berbeda dengan para kompetitor bisnisnya.

Dengan memiliki ciri khas dan identitas yang kuat, sebuah brand bisa membedakan jati dirinya dalam ranah kompetitif pasar yang makin besar. Memiliki produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau mungkin akan menarik perhatian konsumen. Akan tetapi, di era serba modern ini, setiap brand harus bisa menarik perhatian konsumen melalui berbagai kampanye pemasaran yang mengunggulkan kepribadian.

Baca Juga: Strategi Green Marketing dalam Industri Kosmetik, Begini Potensinya!

Karakteristik Brand Essence

Sebagaimana strategi pemasaran lainnya, brand essence memiliki berbagai karakteristik tersendiri yang menjadikannya sangat berguna bagi perusahaan. Berikut ini beberapa karakteristik brand essence yang harus ada dalam suatu brand untuk menonjolkan identitasnya di pasar.

Unique

Salah satu karakteristik brand essencea adalah unique. Itu artinya, brand essence mampu membangun identitas brand di pasar sehingga produk kosmetik tersebut akan terlihat unik dan menarik.

Intangible

Selain unique, sebuah brand essence harus memiliki sifat intangible. Pasalnya, brand essence tidak seperti properti berbentuk fitur dan harga produk. Aspek branding di dalamnya menjadi tujuan dan nilai dari sebuah brand yang tidak tertulis secara resmi.

Customer Defined

Pada dasarnya, brand essence adalah sesuatu yang muncul dan konsumen rasakan sehingga brand essence pada sebuah brand ditentukan oleh konsumennya sendiri. Dalam hal ini, brand tersebut hanya bertugas untuk menggiring konsumennya agar bisa memiliki opini yang bagus tentang brand dan produk yang perusahaan hasilkan.

Meaningful and Emotional

Sebuah brand essence juga harus memiliki karakteristik meaningful and emotional. Pasalnya, sebuah brand essence akan mewakili berbagai penawaran yang diberikan sebuah brand, proposisi nilai, prinsip, serta jati diri di dalamnya. Oleh karena itu, sebuah brand harus memiliki tingkat nilai emosional yang tinggi.

Manfaat Brand Essence untuk Bisnis Kosmetik

manfaat brand essence

Seperti yang ada dalam penjelasan di atas bahwa brand essence menjadi poin penting bagi sebuah brand untuk menonjolkan sisi unik dan berbeda di mata konsumennya. Meskipun begitu, fungsi dan manfaat dari brand essence masih banyak lagi loh! Bahkan, beberapa brand besar menjadikan brand essence sebagai kompas bisnisnya di pasar.

Jadi, apa saja manfaat brand essence untuk bisnis kosmetik? Ini dia di antaranya!

Memudahkan Kegiatan Promosi Produk

Salah satu manfaat brand essence untuk bisnis kosmeti adalah kemampuannya untuk memudahkan kegiatan promosi produk. Bagaimana tidak, brand essence dipercaya mampu mempermudah performa promosi produk secara tidak langsung.

Kenapa bisa begitu? Ya, hal ini karena suatu brand sudah bisa memahami nilai dan tujuan yang ingin dicapainya. Maka dari itu, mereka bisa mengembangkan strategi kampanye iklan dan kesadaran merek yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Artinya, brand essence akan membantu brand tersebut dalam mencari emosi konsumen dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan.

Menggaet Emosi Target Audience

Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan penjualan produk adalah meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Dengan kuatnya kesadaran merek, hal ini akan meningkatkan loyalitas dan kepercayaan konsumen pada suatu brand. Tidak heran jika konsumen cenderung membeli dan melakukan pembelian ulang pada setiap produk yang dijual oleh suatu brand tanpa tertarik untuk membeli pada brand lain.

Nah, cara meningkatkan brand awareness salah satunya dengan menonjolkan brand essence. Brand essence di sini berperan untuk menginspirasi calon konsumen agar tertarik pada produk yang ditawarkan yang berujung pada keputusan pembelian. Dengan memiliki brand essence yang kuat, calon konsumen pun akan mengaitkan karakteristik kemanusiaan di dalam produk yang ditawarkan.

Menjaga Konsistensi

Di tengah gempuran persaingan bisnis yang makin ketat, akan sulit sekali untuk bisa menyadari tren yang sedang berjalan dan mempertahankan identitas brand yang konsisten secara bersamaan. Tapi, dengan memahami tujuan dan nilai perusahaanm sebuah brand akan lebih mudah membuat keputusan yang kohesif bagi bisnis yang dijalankan.

So, kapan pun brand tersebut merasa tidak yakin dengan rencana atau strategi pemasaran yang akan dijalankan, maka tim pemasaran bisa menjadikan brand essence sebagai media kompas strategi bisnis.

Contoh Brand Essence pada Perusahaan Kosmetik Besar

Berikut ini ada beberapa contoh brand kosmetik yang unggul dengan brand essencenya. Kamu bisa menyontek apa yang mereka usung untuk mengembangkan kesadaran merekmu dan meningkatkan loyalitas konsumenmu.

L’Oreal Paris – Beauty, Confident

loreal-logo

L’Oreal Paris merupakan salah satu brand kosmetik terkemuka di dunia. Brand dari Paris ini memiliki banyak sekali produk kecantikan mewah, mulai dari produk tata rias, perawatan kulit, perawatan rambut, cat rambut, hingga perawatan seluruh tubuh. Ketenaran L’Oreal Paris selama lebih dari seratus tahun ini tidak lepas dari komitmennya untuk menjaga keselamatan, keefektifian, dan kualitas produknya.

L’Oreal Paris telah menjadi ikon kecantikan Prancis di seluruh dunia di mana brand ini mewakili kecantikan dalam segala bentuknya. Artinya, tidak ada visi kecantikan yang sesuai untuk semua orang karena kecantikan bersifat unik dan relatif. Oleh karena itu, konsumen L’Oreal Paris datang dari berbagai daerah, kalangan, dan usia.

Sebagai brand yang mengusung tema pemberdayaan wanita, L’Oreal Paris mempertentangkan stereotip dengan visi modern kefeminiman. Dengan kata lain, brand ini mendukung semua anita dalam perjalanan pencarian jati diri menurut keinginan mereka sendiri.

Tag line L’Oreal Paris yang berbunyi “Because you are worth it” menjadi deklarasi ikonik kecantikan dan pemberdayaan wanita yang menjadikan brand ini bisa masyarakat akses dengan bebas, tak ada batasan kalangan manapun. Melalui tag line tersebut, L’Oreal Paris menekankan rasa percaya diri
di atas semuanya.

Innisfree – Skin Loving, Earth Caring

Innisfree adalah salah satu brand kosmetik dan perawatan kulit yang ternama di Korea. Brand Innisfree berkomitmen untuk menciptakan produk kecantikan yang aman untuk kulit. Hal ini karena Innisfree sangat peduli dengan bumi sehingga mereka memihak pada kecantikan yang berdampak baik bagi lingkungan. Hal ini bisa kamu lihat dari formula produk yang terbuat dari bahan alami yang ringan di kulit.

Dalam hal ini, mereka memiliki lima poin penting yang mendukung visinya, seperti clean formula, vegan friendly, coral reef- friendly, less plastic, dan green forest campaign. Nah, bahan-bahan yang Innisfree gunakan pastinya aman, berkualitas, dan tidak mencemari lingkungan. Bahkan, Innisfree menggalakkan upaya penanaman pohon kembali (reboisasi) sebanyak 500.000 pohon untuk meminimalkan dampak buruk bagi lingkungan.

Make Over – Bold, Independent, and Trendy

Make Over sebagai brand kosmetik terkenal di Indonesia secara konsisten mengajak para wanita untuk mengekspresikan kecantikannya yang autentik. Salah satu visi Make Over adalah menunjukkan kecantikan wanita yang memiliki karakter kuat dan autentik dengan karakter yang bold, dauntless, serta empowering.

Melalui brand essencenya, Make Over ingin mengajak konsumennya untuk lebih berani menonjolkan kecantikannya secara mandiri dan selalu trendy. Kamu bisa lihat dari produk-produk kosmetiknya yang memiliki warna-warni yang bold atau berani.

Nah, itu dia penjelasan mengenai brand essence lengkap dengan karakteristik, manfaat, dan contoh-contohnya. Seperti yang kita tahu, brand essence sangat penting bagi suatu perusahaan atau brand untuk meningkatkan kesadaran merek, sehingga konsumen dapat mengenal baik nilai merek dan produk mereka.

Keunikan dan kekhasan yang suatu brand kosmetik ini tunjukkan akan melekat di ingatan konsumen sehingga mereka akan lebih mudah mengenali produk dari brand tersebut di pasar.

Penerapan brand essence yang sukses akan mengantarkan brand untuk mengembangkan brand awarenessnya. Dengan begitu, permintaan dan penjualan produk pun akan ikut meningkat. Sebagai kesimpulan, dengan menerapkan brand essence secara maksimal, kamu bisa mencapai tujuan bisnismu dengan mudah.

Selain strategi brand essence ini, kamu juga bisa menyimak tips branding merek dan produk kosmetik lainnya di laman Berita Terkini. Atau, kamu bisa berdiskusi langsung dengan tim pemasaran kami lewat Contact Us. See you!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment